21 C
Padang
Jumat, Juli 30, 2021
Beritasumbar.com

Pembangunan Jalan Padang Aro-Dharmasraya, Zigo: Penentu Baiknya Perekonomian Solok Selatan
P

Padang Aro, beritasumbar.com – Pembangunan jalan yang menghubungkan Padang Aro dengan Kabupaten Dharmasraya akan menjadi salah satu faktor penentu peningkatan perekonomian di Solok Selatan, kata Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Solok Selatan Sumatera Barat, Zigo Rolanda.

“Nanti akan dibahas dan dikaji lebih jauh oleh pihak terkait ruas mana yang akan dibantu oleh Kemenko Maritim dan juga oleh Pemprov Sumbar,” katanya, di Padang Aro baru-baru ini.

Ia berharap Pemerintah pusat dan Provinsi mendukung upaya pembangunan jalan tembus yang menghubungkan dua kabupaten, yakni Solok Selatan – Dharmasraya.

Jalan tembus yang menghubungkan Solok Selatan dengan Dharmasraya dapat melalui beberapa alternatif yakni Padang Aro lewat Abai tembus di Sungai Dareh atau Padang Aro via Sungai Sungkai terus ke Sungai Rumbai.

Untuk ruas jalan Abai – Sungai Dareh berstatus jalan propinsi dan berharap agar pihak Pemprov Sumbar dapat melanjutkan secara bertahap pembangunannya yang sebelumnya telah dimulai oleh pihak Kemenko Maritim.

“Perlu dukungan dan alokasi dana yang lebih besar dari pihak Pemprov melalui APBD provinsi untuk membantu peningkatan jalan yang menjadi tanggung jawab Provinsi yang saat ini dalam kondisi rusak parah,” ujarnya.

Sedangkan untuk jalan kabupaten di ruas Sungai Sungkai-Sungai Dareh, yang terhubung juga dengan jalur Simpang PB – Tandai nantinya juga menjadi jalan strategis yang diharapkan dapat terus ditingkatkan pembangunannya.

Ruas tersebut menurutnya akan menghubungkan berbagai daerah, bukan hanya Solok Selatan, Dharmasraya, dan Pesisir Selatan, tetapi juga beberapa daerah di Propinsi Jambi seperti Kerinci dan Muaro Bungo.

Menurutnya saat ini Solok Selatan berada di ujung tetapi dengan adanya akses tembus ke Dharmasraya, Solok Selatan bisa menjadi gerbang Sumbar bagian selatan langsung ke jalan lintas sumatera.

“Saat ini Solok Selatan seperti daerah “botol”, dimana pintu masuk dan pintu keluarnya sama, hanya di satu pintu saja” katanya.

Dengan dibukanya akses ke Dharmasraya ujarnya, maka akan menambah alternatif tambahan pintu keluar masuk ke Solok Selatan. Selain itu harapannya juga dapat menjadi gerbang depan pintu keluar masuknya Sumbar.

Selanjutnya dengan dibukanya jalan tersebut, juga akan mendukung upaya kolaborasi dalam pembangunan Solsel bersama Kabupaten Dharmasraya nantinya. “Dan hal ini akan terus diurus dan diupayakan bagaimana jalan tembus tersebut bisa diwujudkan,” tegas Mantan Anggota DPRD Sumbar 2014-2019 itu. (Akbar)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Mahasiswa KKN Unand Padang Lakukan kegiatan bagi-bagi masker dan hand sanitizer buatan sendiri.

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, - Sebanyak 18 mahasiswa Universitas Andalas Padang angkatan 2018 yang dari berbagai jurusan melaksanakan bakti masyarakat di kelurahan Bulakan Balai Kandi kecamatan Payakumbuh Barat Kota Payakumbuh.
- Advertisement -

Komisi B DPRD Kota Payakumbuh Desak PAM Tirta Sago Secepatnya Atasi Permasalahan Debit Air

Payakumbuh,BeritaSumbar.com- Komisi B Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Payakumbuh mendesak agar Perumda Air Minum (PAM) Tirta Sago dapat segera mengatasi permasalahan debit air di kota itu.

Puluhan Hektar Sawah Di Jorong Pudak Nagari Sijunjung Mengalami Kekeringan

Sijunjung, BeritaSumbar.com,- Puluhan hektar sawah tadah hujan di jorong Pudak Nagari Sijunjung, disinyalir gagal diolah tahun ini, karena rendahnya curah hujan saat ini, kata Malin Cahyo, Tokoh Masyarakat Jorong Pudak, Sabtu (24/7).
- Advertisement -

Unit Pemberantasan Pungli Kota Payakumbuh laksanakan Sosialisasi Pencegahan Pungli dan Gratifikasi bagi ASN dan Penyedia/Rekanan

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,-Dalam rangka pelaksanaan kegiatan Unit Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar Kota Payakumbuh mengadakan sosialisasi pencegahan pungli dan gratifikasi dalam pengadaan barang dan jasa bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) serta bagi penyedia/rekanan yang bekerjasama dengan Instansi di Pemerintah Kota Payakumbuh yang digelar di Aula Ngalau Indah lantai 3 Kantor Wali Kota Payakumbuh, Rabu(28/7).

Jadi Lokus Studi Tiru, GTP UIakan Kembali Dikunjungi Pokdarwis se Kabupaten Sijunjung.

Padang Pariaman, beritasumbar.com.,-Nagari Ulakan melalui potensi kawasan Ekowisata dan Edukasi Green Talao Park (GTP) yang dimiliki, kembali menjadi pusat perhatian. Hal itu dibuktikan, dengan adanya kunjungan Studi Tiru ke destinasi wisata ini, yang digagas oleh Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Barat. Dalam kesempatan kali ini, Dinas Pariwisata Provinsi selaku penyelenggara Pelatihan Sadar Wisata di Kabupaten Sijunjung memboyong seluruh peserta untuk melakukan Studi Tiru ke kawasan Ekowisata dan Edukasi Green Talao Park di Nagari Ulakan Kecamatan Ulakan Tapakih Kabupaten Padang, pada Selasa (27/7).
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Paket Tender Solok Selatan Rp299,2 juta Tanpa Ada Penawar

Padang Aro, beritasumbar.com - Satu paket tender di Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat dengan Pagu dan Rp299,2 juta dinyatakan gagal karena tidak ada penawaran...

Besok, Belajar Tatap Muka Akan Dimulai Di Kabupaten Sijunjung

Sijunjung,  - Kegiatan proses belajar mengajar tatap muka di Kabupaten Sijunjung akan dimulai pada Senin (12/7), akan tetapi belajar tatap muka akan dilangsungkan 50...

Audiensi Dengan Kepala Sekolah, DPRD Sijunjung Tampung Aspirasi Masalah Pendidikan

Sijunjung, beritasumbar.com - Banyak aspirasi dan permasalahan di dunia pendidikan yang belum terwujud selama ini, maka Kepala Sekolah Paud/TK, SD, dan SLTP se-Kecamatan Koto Vll...

Disdukcapil Lima Puluh Kota Imbau Masyarakat Proaktif Urus Administrasi Kependudukan

Sarilamak, beritasumbar.com - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Lima Puluh Kota mengimbau masyarakat setempat agar proaktif mengurus administrasi kependudukan. Kadis Dukcapil Kabupaten Lima...

Buka Akses Unggan-Pamusian, Jarak Kabupaten Sijunjung-Tanah Datar Bisa Dipangkas

Sijunjung, beritasumbar.com - Dalam waktu dekat ini diperkirakan, hubungan Kabupaten Sijunjung dengan Kabupaten Tanah Datar lewat jalur Unggan ke Pamusian akan terhubung. Perbatasan kedua daerah yang...

Sambut HUT RI ke-76, DHD-BPK 45 Sumbar Buka Pendaftaran Lomba Baca Puisi dan Lagu Perjuangan

Sebagai salah satu bentuk upaya berkesinambungan dalam penanaman nilai-nilai kejuangan 45 pada generasi muda, Dewan Harian Daerah Badan Pembudayaan Kejuangan 45 Provinsi Sumatera Barat (DHD BPK 45 Sumbar) mengadakan Lomba Baca Puisi dan Lagu Perjuangan Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2021, dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76, pendaftaran calon pesertanya resmi dibuka pada Jumat, 2 Juli 2021.

Bantu Para Petani, Pemkab Sijunjung Salurkan 114 Alsintan

Sijunjung, beritasumbar.com - Untuk mempermudah pekerjaan lahan usaha pertanian, mulai dari kegiatan pengolahan lahan dan perawatan tanaman pertanian, maka Dinas Pertanian Kabupaten Sijunjung menyalurkan sebanyak...

Mangombang Nan Talipek, Rang Kampai Nagari Simpang Kapuak Bapanghulu

Limapuluh Kota, beritasumbar.com - Setelah belasan tahun gelar penghulu Datuak Monti Bosa talipek atau tidak dipakainya, Warga Suku Kampai Nagari Simpang Kapuak, Kecamatan Mungka,...

Pimpin Rapat Percepatan Pembangunan Infrastruktur, Wabup Sijunjung Minta Camat-Walnag Jalin Komunikasi Dengan Masyarakat

Sijunjung, beritasumbar.com - Wakil Bupati Sijunjung, Sumatera Barat, Iraddatillah memimpin rapat kerja usaha percepatan penanganan dan pembangunan infrastruktur di wilayah tersebut, Rabu, 30/6. Raker tersebut melibatkan...

Kapolres Padang Pariaman Semprot Disinfektan di Seputar Rumah Warga Isolasi Mandiri

Padang Pariaman,   - Mendengar laporan terkait adanya satu keluarga sedang isolasi mandiri melanggar protokol kesehatan, Kapolres Padang Pariaman AKBP. Dian Nugraha HBWPS. SH. SIK,...
- Advertisement -