25 C
Padang
Sabtu, Juli 27, 2024
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Pembangunan Jalan Padang Aro-Dharmasraya, Zigo: Penentu Baiknya Perekonomian Solok Selatan
P

- Advertisement -

Padang Aro, beritasumbar.com – Pembangunan jalan yang menghubungkan Padang Aro dengan Kabupaten Dharmasraya akan menjadi salah satu faktor penentu peningkatan perekonomian di Solok Selatan, kata Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Solok Selatan Sumatera Barat, Zigo Rolanda.

“Nanti akan dibahas dan dikaji lebih jauh oleh pihak terkait ruas mana yang akan dibantu oleh Kemenko Maritim dan juga oleh Pemprov Sumbar,” katanya, di Padang Aro baru-baru ini.

Ia berharap Pemerintah pusat dan Provinsi mendukung upaya pembangunan jalan tembus yang menghubungkan dua kabupaten, yakni Solok Selatan – Dharmasraya.

Jalan tembus yang menghubungkan Solok Selatan dengan Dharmasraya dapat melalui beberapa alternatif yakni Padang Aro lewat Abai tembus di Sungai Dareh atau Padang Aro via Sungai Sungkai terus ke Sungai Rumbai.

Untuk ruas jalan Abai – Sungai Dareh berstatus jalan propinsi dan berharap agar pihak Pemprov Sumbar dapat melanjutkan secara bertahap pembangunannya yang sebelumnya telah dimulai oleh pihak Kemenko Maritim.

“Perlu dukungan dan alokasi dana yang lebih besar dari pihak Pemprov melalui APBD provinsi untuk membantu peningkatan jalan yang menjadi tanggung jawab Provinsi yang saat ini dalam kondisi rusak parah,” ujarnya.

Sedangkan untuk jalan kabupaten di ruas Sungai Sungkai-Sungai Dareh, yang terhubung juga dengan jalur Simpang PB – Tandai nantinya juga menjadi jalan strategis yang diharapkan dapat terus ditingkatkan pembangunannya.

Ruas tersebut menurutnya akan menghubungkan berbagai daerah, bukan hanya Solok Selatan, Dharmasraya, dan Pesisir Selatan, tetapi juga beberapa daerah di Propinsi Jambi seperti Kerinci dan Muaro Bungo.

Menurutnya saat ini Solok Selatan berada di ujung tetapi dengan adanya akses tembus ke Dharmasraya, Solok Selatan bisa menjadi gerbang Sumbar bagian selatan langsung ke jalan lintas sumatera.

“Saat ini Solok Selatan seperti daerah “botol”, dimana pintu masuk dan pintu keluarnya sama, hanya di satu pintu saja” katanya.

Dengan dibukanya akses ke Dharmasraya ujarnya, maka akan menambah alternatif tambahan pintu keluar masuk ke Solok Selatan. Selain itu harapannya juga dapat menjadi gerbang depan pintu keluar masuknya Sumbar.

Selanjutnya dengan dibukanya jalan tersebut, juga akan mendukung upaya kolaborasi dalam pembangunan Solsel bersama Kabupaten Dharmasraya nantinya. “Dan hal ini akan terus diurus dan diupayakan bagaimana jalan tembus tersebut bisa diwujudkan,” tegas Mantan Anggota DPRD Sumbar 2014-2019 itu. (Akbar)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img