27 C
Padang
Sabtu, April 17, 2021
Beritasumbar.com

Pasar Bawah Bukittinggi Bakal Direnovasi
P

Kategori -

Bukittinggi, BeritaSumbar.com, — Senin 5/4 Menteri Perdagaan RI Kunjungi pasar bawah Bukittinggi. Kunjungan tersebut dalam rangka meninjau harga sembako dan sekaligus pemetaan rencana renovasi pasar tradisional menjadi pasar modern.

Menteri tiba di Pasar Bawah sekitar Pukul 17.30 WIB. Ia dan rombongan langsung memasuki pasar dan berdialog dengan pedagang.

Menteri berkeliling pasar ditemani sejumlah pejabat, Anggota DPR RI Andre Rosiade, Gubernur Sumbar Mahyeldi, Wali Kota Erman Safar, Wawako Marfendi, Forkopimda dan sederet pejabat dinas terkait.

“Bagaimana harga dan persediaan jelang puasa buk? Jika pasar ini saya benahi apa bapak tidak keberatan?” ujar Luthfi menyapa pedagang.

Kepada awak media yang meliput, Luthfi menerangkan harga sejumlah barang kebutuhan pokok terbilang stabil. Begitu juga kesediaan pasokan yang diprediksi mencukupi selama bulan puasa.

“Tadi umumnya harga relatif stabil, tidak mengalami kenaikan signifikan. Hanya yang paling mencolok itu minyak goreng. Ini pun naiknya memang secara global. Nanti akan kami kaji di Jakarta agar kenaikannya bisa dikontrol,” ujarnya.

Ditanyakan soal rencana renovasi Pasar Bawah, Luthfi menekankan pihaknya segera merumuskan dengan kementerian terkait. Dia berharap psar tradisional itu menjadi salah satu pusat perekonomian yang juga berbasis pariwisata.

“Nanti diharapkan pasar ini tidak hanya sisi modernnya saja. Tapi juga seperti yang diinginkan pak Wali Kota, yaitu menopang julukan Bukittinggi sebagai Kota Wisata,” katanya.

Ditanyakan berapa besaran anggaran yang akan dikucurkan untuk merenovasi pasar, Luthfi menyebut akan disesuaikan dengan kajian Kementerian PUPR.

“Kami ingin benahi Pasar Bawah ini supaya tatanan ekonomi di Kota Bukittinggi menjadi kelas satu. Pasar yang bersih, modern dan bernilai baik. Komitmen pemerintah untuk menjadikan Pasar Bawah ini lebih baik,” katanya.

Anggota DPR RI Andre Rosiade menimpali berdasarkan Detail Engineering Design (DED) yang diajukan Pemko Bukittinggi biaya renovasi diajukan sebesar Rp 400 miliar.

“Itu DED usulan. Nanti akan disesuaikan dengan DED hasil kajian yang disodorkan Kementerian Perdagangan ke Kementerian PUPR. Yang jelas tidak akan di bawah Rp 150 miliar,” katanya.

Menanggapi hal itu, Luthfi menjelaskan lagi angka di atas Rp 150 miliar itu sudah bisa dipastikan.

“Benar di atas Rp 150 miliar itu pasti. Namun yang jelas bagaimana bersama-sama menjadikan Kota Bukittinggi ini tidak hanya maju secara perekonomian tapi juga menunjang pariwisata. Pasar ini dibenahi agar tatanan kota menjadi lebih baik,” pungkasnya.(*)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Wako Erman Safar Ditunjuk Sebagai Ketua Alumni SMALBI 2020 – 2023

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar ditunjuk sebagai Ketua Alumni SMA Negeri 5 Kota Bukittinggi, atau yang lebih akrab disebut alumni SMALBI...
- Advertisement -

Wako Riza Harapkan ASN Jadi Contoh Bagi Masyarakat, Jaga Kinerja Demi Pelayanan Prima

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Wali Kota Riza Falepi mengatakan ASN harus menjadi pionir dan contoh bagi masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan saat menjalankan ibadah shalat berjemaah di mesjid selama bulan Ramadhan.

Diusia 180 Tahun Usung Perwujudan Limapuluh Kota Yang Madani,Beradar dan Berbudaya Dengan Mematuhi Protokol Kesehatan

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,-Kabupaten Lima Puluh Kota merupakan satu dari sembilan belas Kabupaten/Kota yang ada di Provinsi Sumatera Barat yang memiliki luas wilayah 3.354,30 Km² . Kabupaten Lima Puluh kota terdiri dari 13 Kecamatan, 79 Nagari, dan 401 Jorong.
- Advertisement -

Pemko Payakumbuh Terima Penghargaan Dari BI Sumatera Barat

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, – Pemerintah Kota Payakumbuh menerima penghargaan dari Bank Indonesia Provinsi Sumatera Barat sebagai Kota yang telah melaksanakan pembentukan dan penandatanganan SK Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) Provinsi Sumatera Barat yang diserahkan secara langsung oleh Gubernur Sumatera Barat yang dalam hal ini diwakilkan oleh Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Barat Benni Warlis di Kantor Bank Indonesia (BI) Sumatera Barat, Jumat (9/4).

Wako Riza Harapkan ASN Jadi Contoh Bagi Masyarakat, Jaga Kinerja Demi Pelayanan Prima

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Wali Kota Riza Falepi mengatakan ASN harus menjadi pionir dan contoh bagi masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan saat menjalankan ibadah shalat berjemaah di mesjid selama bulan Ramadhan.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Ingin Dapat BPUM Rp1,2 Juta, Ayo Daftar Sebelum 21 April

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Pemerintah Kota (Pemkot) Bukittinggi, membuat program Bantuan Bagi Pelaku Usaha Mikro (BPUM), untuk pelaku usaha yang terdampak covid-19 di kota itu. Pendaftaran...

Erman Safar Larang Tempat Hiburan Beroperasi di Bulan Ramadhan

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Pemerintah Kota (Pemkot) Bukittinggi, mengimbau seluruh kegiatan yang berhubungan dengan hiburan, agar dihentikan pada waktu ibadah puasa dan shalat tarawih di...

Wako Erman Safar Ditunjuk Sebagai Ketua Alumni SMALBI 2020 – 2023

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar ditunjuk sebagai Ketua Alumni SMA Negeri 5 Kota Bukittinggi, atau yang lebih akrab disebut alumni SMALBI...

Musda X DPD Golkar Kota Bukittinggi Melanggar AD dan ART

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Ketua Pimpinan Sidang Musda X DPD GOLKAR Kota Bukittinggi, Aguswanto mengatakan, Musyawarah Daerah ke X kota Bukittinggi pada 8 April 2021...

Pilih Bukittinggi Tempat Acara, Pemkot Apresiasi KPU Provinsi

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Pemerintah Kota (Pemkot) Bukittinggi mengapresiasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sumatera Barat, karena telah memilih Bukittinggi sebagai tempat penyelenggaraan Rapat Evaluasi...

Musda Golkar Bukittinggi Berlansung Panas

Bukittinggi, BeritaSumbar.com,- Musda ke X Partai Golkar Kota Bukittinggi berlansung panas. proses pemilihan ketua DPD Partai Golkar Kota Bukittinggi yang dilansungkan di hotel Dymens Bukittinggi pada Kamis 8/4 berlansung penuh interupsi dan nyaris ricuh.

Andre Minta Kader Kerja Keras Untuk Hadapi Pemilu 2024

Bukittinggi, BeritaSumbar.com,- Rabu 7/4 malam rakorda Gerindra Sumbar digelar. Rapat Konsolidasi dan Koordinasi Daerah ini lansung langsung dihadiri Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP Gerindra Ahmad Muzani dan Ketua DPD Gerindra Sumbar Andre Rosiade.

Program Erman Safar dalam RKPD Bukittinggi di 2022, Berlandaskan ABS – SBK

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Pemerintah Kota (Pemkot) akan memprioritaskan percepatan pemulihan ekonomi dan reformasi struktural melalui pengembangan potensi lokal, yang disesuaikan dengan visi - misi...

Pertahankan Heritage di Bukittinggi, Marfendi: Banyak yang Bisa Dipatenkan di Unesco

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Pemerintah Kota Bukittinggi perlu mempertahankan heritage, dengan membuat pola dan sejarah tertulis sehingga nantinya dapat diusulkan ke Unesco. Demikian disampaikan Wali Kota...

Bukittinggi Rawan Longsor, Wawako Marfendi: Masyarakat agar Selalu Waspada

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Kota Bukittinggi rawan longsor terutama di daerah tepi ngarai. Masyarakat berada di zona merah agar selalu waspada. Demikian disampaikan Wali Kota Bukittinggi,...
- Advertisement -