23 C
Padang
Rabu, Oktober 20, 2021
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Pasar Bawah Bukittinggi Bakal Direnovasi
P

Kategori -
- Advertisement -

Bukittinggi, BeritaSumbar.com, — Senin 5/4 Menteri Perdagaan RI Kunjungi pasar bawah Bukittinggi. Kunjungan tersebut dalam rangka meninjau harga sembako dan sekaligus pemetaan rencana renovasi pasar tradisional menjadi pasar modern.

Menteri tiba di Pasar Bawah sekitar Pukul 17.30 WIB. Ia dan rombongan langsung memasuki pasar dan berdialog dengan pedagang.

Menteri berkeliling pasar ditemani sejumlah pejabat, Anggota DPR RI Andre Rosiade, Gubernur Sumbar Mahyeldi, Wali Kota Erman Safar, Wawako Marfendi, Forkopimda dan sederet pejabat dinas terkait.

“Bagaimana harga dan persediaan jelang puasa buk? Jika pasar ini saya benahi apa bapak tidak keberatan?” ujar Luthfi menyapa pedagang.

Kepada awak media yang meliput, Luthfi menerangkan harga sejumlah barang kebutuhan pokok terbilang stabil. Begitu juga kesediaan pasokan yang diprediksi mencukupi selama bulan puasa.

“Tadi umumnya harga relatif stabil, tidak mengalami kenaikan signifikan. Hanya yang paling mencolok itu minyak goreng. Ini pun naiknya memang secara global. Nanti akan kami kaji di Jakarta agar kenaikannya bisa dikontrol,” ujarnya.

Ditanyakan soal rencana renovasi Pasar Bawah, Luthfi menekankan pihaknya segera merumuskan dengan kementerian terkait. Dia berharap psar tradisional itu menjadi salah satu pusat perekonomian yang juga berbasis pariwisata.

“Nanti diharapkan pasar ini tidak hanya sisi modernnya saja. Tapi juga seperti yang diinginkan pak Wali Kota, yaitu menopang julukan Bukittinggi sebagai Kota Wisata,” katanya.

Ditanyakan berapa besaran anggaran yang akan dikucurkan untuk merenovasi pasar, Luthfi menyebut akan disesuaikan dengan kajian Kementerian PUPR.

“Kami ingin benahi Pasar Bawah ini supaya tatanan ekonomi di Kota Bukittinggi menjadi kelas satu. Pasar yang bersih, modern dan bernilai baik. Komitmen pemerintah untuk menjadikan Pasar Bawah ini lebih baik,” katanya.

Anggota DPR RI Andre Rosiade menimpali berdasarkan Detail Engineering Design (DED) yang diajukan Pemko Bukittinggi biaya renovasi diajukan sebesar Rp 400 miliar.

“Itu DED usulan. Nanti akan disesuaikan dengan DED hasil kajian yang disodorkan Kementerian Perdagangan ke Kementerian PUPR. Yang jelas tidak akan di bawah Rp 150 miliar,” katanya.

Menanggapi hal itu, Luthfi menjelaskan lagi angka di atas Rp 150 miliar itu sudah bisa dipastikan.

“Benar di atas Rp 150 miliar itu pasti. Namun yang jelas bagaimana bersama-sama menjadikan Kota Bukittinggi ini tidak hanya maju secara perekonomian tapi juga menunjang pariwisata. Pasar ini dibenahi agar tatanan kota menjadi lebih baik,” pungkasnya.(*)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img