28.1 C
Padang
Minggu, Juni 20, 2021
Beritasumbar.com

Pada Mapaba XX STIT Syekh Burhanuddin, Armaidi Tanjung Tekankan Pentingnya Pola Hidup Sehat
P

Padang Pariaman, BeritaSumbar.com,-Dalam catatan dinas kesehatan Kabupaten Padang pariaman, Jumlah masyarakat yang menderita penyakit terus meningkat. Walau Pemerintah sudah melakukan berbagai kebijakan dalam pelanyanan kesehatan masyarakat ini. Untuk itu dibutuhkan peran mahasiswa sebagai agen perubahan dan pelopor dalam berperilaku hidup sehat. Sehingga penyakit penyakit yang disebabkan dari prilaku/kebiasaan tidak baik di tengah masyarakat bisa di tekan seminim mungkin.
Hal itu dikatakan oleh Sekretaris Forum Kabupaten Sehat (FKS) Kabupaten Padang Pariaman, Armaidi Tanjung dihadapan peserta Masa Penerimaan Anggota Baru (Mapaba) ke-XX, Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Syekh Burhanuddin, Sabtu (14/4) di Kampung Baru, Kecamatan Pariaman Tengah, Kota Pariaman. Mapaba yang berlangsung dua hari, Jumat-Sabtu (13-14/4), dibuka Sekretaris Pengurus Cabang PMII Kota Pariaman Mulya Rizki.
Menurut Armaidi, perilaku hidup yang tidak sehat, tidak saja mendatangkan penyakit bagi yang bersangkutan, namun juga bisa menular kepada orang lain yang masih dalam kondisi sehat. Kemudian orang yang sehat, setelah mendapat kiriman penyakit dari orang yang sakit tersebut, dirinya juga menderita penyakit yang ditularkan.
Armaidi mencontohkan, penyebaran penyakit akibat buang air besar sembarangan (BABS). BABS ini bisa dilakukan dengan buang air di aliran air seperti sungai, drainase maupun irigasi, di kolam ikan yang kotoran manusia dijadikan makanan ikan. Atau melalui aster alias asoi terbang (kantong plastik). Jika kotoran BAB dari orang yang mengalami penyakit tertentu di sungai/irigasi, maka orang yang mencuci, mandi atau memanfaatkan air di sepanjang aliran sungai itu bisa terjangkit penyakit yang dialami oleh orang BABS tersebut.
Menjawab pertanyaan dari salah seorang peserta yang menyebutkan masih adanya warga yang membuang BAB ke sungai, Armaidi menyebutkan, mahasiswa sebagai agen perubahan dan pelopor di tengah masyarakat, harus mampu melakukan perubahan perilaku masyarakat yang masih BAB di sembarangan.
“Mahasiswa diminta turut merubah perilaku tidak sehat tersebut menjadi sehat. Mahasiswa sebagai orang berpendidikan, harusnya mampu menjelaskan kepada orang yang masih BABS agar membuat jamban (WC) di rumah masing-masing. Khusus di Kabupaten Padang Pariaman, awal Mei mendatang akan dideklarasikan 100 korong Open Defecation Free (ODF). Artinya, warga di 100 korong di Padang Pariaman tersebut sudah bebas dari buang air sembarangan. Setiap keluarga sudah memiliki akses terhadap jamban. Mereka tidak lagi BABS ke sungai, irigasi, kolam ikan atau kantong plastik,” kata Armaidi yang juga penulis buku ini.
Armaidi juga menambahkan, masih ada 493 korong lainnya yang masih belum bisa ODF. Mahasiswa dapat berperan aktif agar korong yang belum ODF tersebut bisa secara bertahap bebas dari BABS. “Perilaku BABS tidak saja disebabkan kurangnya sarana prasarana jamban, namun terkait dengan perilaku manusianya. Meskipun dibangun jamban umum, namun kurang dimanfaatkan. Hal ini disebabkan perilaku masyarakatnya yang masih merasa nyaman buang air besar di sungai atau di kolam,” kata Armaidi yang juga Penerima Mandat PMII Kota Pariaman ini.
Ketua Panitia Mapaba PMII Maidison Edi Putra menyebutkan, Mapaba berlangsung sejak Jumat (13/4/2018) hingga Sabtu (14/4/2018) malam. Mapaba bertema, “Menggagas Citra Mahasiswa Intelektual, Progresif dan Pluralis melalui Jalur Pergerakan Mapaba.” Peserta berasal dari mahasiswa STIT Syekh Burhanuddin yang beralamat di Kota Pariaman dan Kabupaten Padang Pariaman. (bb)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Kakankemenag Raih Penghargaan Inovasi SELALU SAMAWA dari Walikota Padang Panjang

Padang Panjang, BeritaSumbar.com,_Kakankemenag Kota Padang Panjang H. Gusman Piliang hadiri Launching Inovasi dan Pemanfaatan Data Kependudukan program Disdukcapil Kota Padang Panjang yang dibuka langsung oleh Walikota Padang Panjang H. Fadly Amran sekaligus menerima Piagam Penghargaan Inovasi SELALU SAMAWA bersama seluruh jajaran Forkopimda di di Hall Lantai III Balaikota Padang Panjang, Kamis (17/06/2021)
- Advertisement -

Kakanwil Hadiri Sosialisasi KMA No. 660 Tahun 2021 oleh Kakankemenag Padang Panjang

Padang Panjang,BeritaSumbar.com,_Kementerian Agama Kota Padang Panjang Sosialisasi KMA Nomor 660 tentang Pembatalan Keberangkatan Jemaah Haji Tahun 2021 Masehi/1442 Hijriyyah dipimpin langsung Kakankemenag Kota Padang Panjang H. Gusman Piliang bersama Kasi PHU Endang Sriyani dan jajarannya di Masjid Taqwa Kauman Muhammadiyah Kota Padang Panjang, Kamis (14/06/2021)

Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, PLN UIW Sumbar Adakan “Program Menanam Buku”

Padang, beritasumbar.com - PT PLN Unit Induk Wilayah (UIW ) Sumbar adakan "Program Menanam Buku" sebagai peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia pada Jumat (18/06). Kegiatan ini...
- Advertisement -

BUMN Berburu di Kebun Binatang

Sangat menarik menyimak perjalanan PT POS Indonesia sebuah perusahaan BUMN yang pionir dalam bidang jasa pengiriman barang dan serta pengiriman uang dalam bentuk wesel.

Wako Fadly Amran Terima Penghargaan Nirwasita Tantra 2020

Padang Panjang, beritasumbar.com - Wali Kota, H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano menerima penghargaan Green Leadership “Nirwasita Tantra 2020” kategori Pemerintah Daerah Kota Kecil...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Tim Dari Polres Padang Pariaman Lakukan Kegiatan Power On Hand

Padang Pariaman,BeritaSumbar.com- Polres Padang Pariaman melaksanakan kegiatan tim Power On Hand yang dipimpin langsung oleh Kapolres Padang Pariaman AKBP Dian Nugraha HBWPS, SH.SIK. Kegiatan yang diadakan pada Jumat 18/6 siang tersebut merupakan rangka pengecekan terhadap Korong yang dinyatakan zona orange.

Tingkatkan Kompetensi Guru Madrasah, MTsN 2 Padang Pariaman Gelar Lokakarya di Bukittinggi

Padang Pariaman,BeritaSumbar.com,_Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Padang Pariaman gelar Kegiatan Lokakarya Peningkatan Kompetensi Guru di Hotel Pusako Bukittinggi, Sabtu (19/06/2021)

Pasca Penetapan Zona Merah di Kabupaten Padang Pariaman, Polsek Nan Sabaris Gelar Operasi Yustisi

Padang Pariaman, beritasumbar.com,-Dalam upaya pencegahan dan pengendalian Covid-19 di Kecamatan Ulakan Tapakih (Ultap), Kabupaten Padang Pariaman pasca penetapan zona merah oleh Satgas Covid-19 Provinsi Sumatera Barat, yang berlaku selama satu Minggu, sejak tanggal 13 - 19 Juni 2021. Jajaran Polsek Nan Sabaris dan Koramil 07 Pauh Kambar bersama Pemerintah Kecamatan Ulakan Tapakih dan Puskesmas Ulakan, melakukan Operasi Yustisi di lokasi-lokasi strategis dan beresiko tinggi terhadap penyebaran Covid-19.

BAZNAS Padang Pariaman Bantu Keluarga Punya Rumah Tak Layak Melalui Program Padang Pariaman Peduli

Padang Pariaman, beritasumbar.com - Hari Jum'at, (18/6) berkah sangat dirasakan oleh Keluarga Ali Syofyan yang merupakan salah satu penerima bantuan Rumah Tidak Layak Huni...

Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, PLN UIW Sumbar Adakan “Program Menanam Buku”

Padang, beritasumbar.com - PT PLN Unit Induk Wilayah (UIW ) Sumbar adakan "Program Menanam Buku" sebagai peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia pada Jumat (18/06). Kegiatan ini...

10 Orang Pelaku Pungli Dicokok Tim Satreskrim Polres Padang Pariaman

Padang Pariaman,BeritaSumbar.com,- Satreskrim Polres Padang Pariaman berhasil mengamankan 10 orang yang diduga melakukan pungutan liar (pungli). Mereka tersebut diamankan di lokasi yang berbeda-beda. Selasa 15/6/2021

Ketua Bawaslu Padang Pariaman Buka Sosialisasi Pengawasan Pemilu 2024

Padang Pariaman, beritasumbar.com,- Jika ada pelanggaran pemilu yang terjadi nanti, silahkan saja laporkan ke Badan pengawas pemilihan umum (Bawaslu) Kabupaten Padang Pariaman, jangan pula ragu dan takut. Hal itu dikatakan oleh Ketua Bawaslu Kabupaten Padang Pariaman, Anton Ishaq saat membuka sosialisasi pengawasan pemilu/pemilihan partisipatif tahun 2024, Selasa (15/6) di Hotel Minang Jaya Lubuak Aluang.

Wako Fadly Amran Terima Penghargaan Nirwasita Tantra 2020

Padang Panjang, beritasumbar.com - Wali Kota, H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano menerima penghargaan Green Leadership “Nirwasita Tantra 2020” kategori Pemerintah Daerah Kota Kecil...

Curah Hujan Tinggi Sebabkan Sejumlah Jalan Di Sijunjung Rusak-Terban

Sijunjung, beritasumbar.com - Curah hujan yang tinggi beberapa waktu terakhir, membuat beberapa titik jalan di Kabupaten Sijunjung rusak dan ada juga yang terban. Sekretaris Dinas PUPR...

Pasca Ditetapkan Zona Merah Covid-19, TNI-Polri Di Pariaman Kunjungi-Pantau Wilayah Penyebaran Tinggi

Padang Pariaman, beritasumbar.com -Pasca ditetapkannya Kabupaten Padang Pariaman dalam zona merah oleh Tim Satgas Covid-19 Provinsi Sumatera Barat pada Sabtu (12/6),  jajaran polres setempat bersama...
- Advertisement -