26 C
Padang
Jumat, Mei 27, 2022
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Pacu Peningkatan Produksi, Pemko Diminta Siapkan Reward
P

Kategori -
- Advertisement -

Pemerintah Kota Payakumbuh diminta sejumlah anggota kelompok tani di Payakumbuh menyediakan reward untuk kelompok tani yang mampu mengkatrol peningkatan produksi padi ke depan.  Guna memacu peningkatan produksi, berbagai cara sudah dilakukan  Dinas Pertanian. Tapi, semuanya sebatas  motivasi lewat kegiatan penyuluhan dan penyaluran bibit unggul.

 

Ide  atau gagasan tersebut disampaikan dua anggota Kelompok Tani di Sungai Durian, Kecamatan Latina (Lamposi Tigo Nagori),  saat kunjungan Walikota Payakumbuh Riza Falepi, melihat sistem irigasi atau pengairan di Kecamatan Latina,  Rabu (9/10).  Walikota Riza meminta,  agar  kelompok tani tak pernah berhenti mencari inovasi dan  solusi dalam meningkatkan mutu dan produksi pertanian.

 

Keinginan Walikota itu direspon positif sejumlah anggota kelompok tani. Hanya saja, dua orang anggota kelompok tani Latina, Furqan dan Y. Buyung Bulan, menyarakan, agar keberhasilan   keltan meningkatan produksi diberi reward oleh Pemko.

 

Di Kecamatan Latina, beberapa kelompok tani sudah mampu meningkatkan hasil produksi padi 8,9 ton per hektar. Menurut Furqan, angka tersebut akan dapat ditingkatkan, dengan sentuhan teknologi dan pemilihan bibit yang tepat. Selain dukungan air  irigasi yang  memadai. Untuk memotivasi petani,  tambah Furqan, seyogianya Pemko menyediakan reward berupa alat-alat pertanian, seperti hand traktor.  Misalnya, terhadap keltan yang mampu meningkatkan produksi maksimal 10 ton per hektar, akan diberi reward mesin pertanian, sebutnya.

 

Keinginan sejumlah anggota keltan itu, sebuah ide positif yang perlu dipikirkan. Walikota Riza yang dikonfirmasikan,  mengaku akan mempertimbangkan ide kreatif dimaksud. “Saya akan sampaikan kepada pimpinan SKPD terkait, agar merencanakan reward dimaksud,” katanya.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img