28.4 C
Padang
Rabu, Agustus 4, 2021
Beritasumbar.com

Nyali Dinas PUPR Dipertanyakan, Bangunan Tanpa IMB Dibiarkan Berdiri
N

Kategori -

Bukittinggi, beritasumbar.com — Nyali Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kota Bukittinggi dipertanyakan. Bangunan terletak di Luak Anyir, Kubu Gulai Bancah, Mandiangin Koto Selayan atau dipinggir jalan utama menuju kantor balai kota setempat, meski telah disegel lantaran tanpa IMB tak kunjung dibongkar.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kota Bukittinggi, Rahmat AE saat dikonfirmasi terkait bangunan masih berdiri, dan bahkan telah ditempati tersebut berdalih, untuk pembongkaran akan diminta saran kepada wali kota.

“Bangunan tersebut sudah disegel. Segelnya dibukanya. Kita akan surati lagi. Kalau sudah disegel berarti ada pelanggaran seperi tidak ada izin atau IMB-nya,” kata Rahmat AE, Kamis (3/6/2021).

Diduga ada kongkalikong antara Dinas PUPR dengan pemilik bangunan, mengingat bangunan tersebut sudah mendapatkan SP-1, dan bahkan SP-2 tentang pembongkaran bangunan tanpa IMB tersebut kepada pemiliknya sudah dilayangkan sejak lama pada pertengahan 2020 lalu.

Namun bukannya dibongkar, bangunan mirip ruko dua pintu yang dinilai tidak sesuai dengan persil tersebut sudah mulai ditempati. Bidang Tata Kota Dinas PUPR yang dulu menyegel bangunan, bakalan kembali menindak pemilik bangunan tersebut.

Karena Rahmat menilai, bangunan itu harusnya dibongkar, mengingat kalau sudah disegel berarti sudah tidak boleh dilajutkan pembangunannya.

“Kalau sudah ada segel berarti sudah ada pelanggaran, seperti tidak memiliki IMB dan melanggar peruntukan. Kita akan kembali memberi surat ke pemiliknya,” tegasnya.

Sebagaimana pernah dikonfirmasi sebelumnya, Dinas PUPR Kota Bukittinggi akan bongkar bangunan tanpa izin atau tanpa IMB, yang terletak di Luak Anyir, Kubu Gulai Bancah, Mandiangin Koto Selayan atau dipinggir jalan utama menuju kantor balai kota setempat.

“Kita telah kirim Surat Peringatan 1 (SP-1) dan juga SP-2 tentang pembongkaran bangunan tanpa IMB tersebut kepada pemiliknya, tapi, tidak diindahkan. Jadi, bangunan tersebut terpaksa kami bongkar sendiri bersama Satpol PP dan tim SK-4,” katanya.

Ia mengatakan, sebelumnya, pihak PUPR telah mencoba memberitahukan agar bangunan itu dibongkar sendiri oleh pemilik atau pengembang sebelum dibongkar Satpol PP bersama tim SK-4.

Apa lagi, kata dia, selain itu pemilik maupun pengembang juga membangun jembatan dengan mengambil akses jalan menuju kantor balai kota.

“Sudah diberitahu secara persuasif agar pengembang maupun pemilik bangunan agar membongkar sendiri bangunan tersebut, termasuk jembatan akses jalan ke balai kota,” ujarnya.

Kini, bangunan tersebut bukannya dibongkar pemilik, tetapi telah ditempati. Dinas PUPR, kata Rahmat, tinggal mengesekusi bangunan tersebut. (adil)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Dua Meninggal dan 28 Positif Covid-19 Di Payakumbuh

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, - Angka kematian akibat Covid-19 di Payakumbuh terus meningkat, dimana dalam beberapa hari terakhir ini terdapat masyarakat yang dinyatakan meninggal karena terpapar virus corona.
- Advertisement -

Kuliah Daring, Belajar Sambil Bekerja Di Masa Pandemi

Penerapan Kuliah Daring berawal sejak pandemi Covid-19 pada bulan Maret tahun 2020 di Indonesia, dimana segala aktivitas perkuliahan di lakukan melalui Program Daring, adapun beragam fitur media sosial di gunakan untuk bertatap muka guna kegiatan tersebut antara lain ; Zoom Meeting, Google Meet, WAG, E-Learning,serta aplikasi media lainnya.

Kakankemenag Padang Panjang Lantik Emi Ratna Aprilana Sebagai Kasi Penmad

Padang Panjang,BeritaSumbar.com,_Kakankemenag Kota Padang Panjang Drs. H. Gusman Piliang, MM lansung pimpin Pelantikan dan Serah Terima Jabatan Kepala Seksi Pendidikan Madrasah pada Kantor Kementerian Agama Kota Padang, Senin (02/08/2021)
- Advertisement -

Instruksi Gubernur Sumbar Dalam Memperingati HUT ke-76 Kemerdekaan RI

Padang,BeritaSumbar.com,-Gubernur Sumatera Barat secara resmi menginstruksikan jajaran pemerintahan dan seluruh masyarakat di Sumbar untuk turut serta dalam peringatan HUT Kemerdekaan ke-76 RI.

Kuliah Daring, Belajar Sambil Bekerja Di Masa Pandemi

Penerapan Kuliah Daring berawal sejak pandemi Covid-19 pada bulan Maret tahun 2020 di Indonesia, dimana segala aktivitas perkuliahan di lakukan melalui Program Daring, adapun beragam fitur media sosial di gunakan untuk bertatap muka guna kegiatan tersebut antara lain ; Zoom Meeting, Google Meet, WAG, E-Learning,serta aplikasi media lainnya.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Kamasril CS Tolak Dedi Chandra Ketua DPD Golkar Bukittinggi

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Musyawarah Daerah (Musda) X DPD Golkar Kota Bukittinggi pada Jumat (9/7/2021), bertempat di kantor DPD Golkar Provinsi Sumatera Barat, di Kota...

Yuen Karnova Bisa Jabat Sekdako Bukittinggi hingga 2023

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Bukittinggi, Yuen Karnova yang saat ini sedang mengambil cuti besar, berpotensi menjadi sekdako di kota tersebut hingga...

Perselisihan Kabag Adum IPDN Bukittinggi dengan Rekanan, Ini Penyebabnya

Bukittinggi, beritasumbar.com - Setiap orang tidak luput dari kesalahan. Namun demikian, terkadang kesalahan dialami seseorang, bukan akibat kelalaian dirinya, melainkan efek dari pekerjaan yang...

Pemko Bukittinggi Minta Hentikan Aktifitas Perdagangan Sembako di BTC

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Para pedagang sembako yang berjualan di seputaran Banto Trade Center (BTC), agar mengosongkan sendiri kawasan tersebut dari aktifitas perdagangan. Hal itu menyusul...

Rekanan Disuruh Kerja, IPDN Bukittinggi Tak Membayar…?

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Malang benar nasib dialami CV. Gres Bram Karya. Disuruh mengerjakan sejumlah kegiatan di Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Regional Bukittinggi, Sumatera...

Makmurkan Masjid Tawakkal, Deny Satriadi Datangkan Ustad Terkenal Ceramah

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Patut dicontoh, apa yang dilakukan pengurus Masjid Tawakkal Surau Bacamin Magek, Kabupaten Agam. Ustad terkenal sengaja didatangkan berceramah guna memakmurkan Masjid...

Bersihkan Kawasan Potensi Banjir, Erman Safar: Ikhtiar Tanggulangi Banjir

Bukittinggi, beritsumbar.com -- Pemerintah Kota (Pemko) Bukittinggi melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), membersihkan kawasan yang berpotensi menyebabkan genangan air maupun banjir...

Pelayanan KB Sejuta Akseptor di Bukittinggi, Fiona: Sejalan dengan Kegiatan Pemerintah

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Pemerintah Kota (Pemkot) Bukittinggi, melaksanakan kegiatan Pelayanan KB Sejuta Akseptor di tiga kecamatan yang ada di kota itu pada Kamis, (24/06/2021). "Kegiatan...

Siswa Kelas X SMAN 3 Bukittinggi Belajar di Bawah Ancaman Maut

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Sebanyak lima lokal siswa kelas X SMA Negeri 3 Kota Bukittinggi belajar di bawah ancaman maut, menyusul lokal merupakan aula yang...

TPS Bukittinggi akan Dipantau CCTV

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Pemerintah Kota (Pemkot) Bukittinggi akan memasang CCTV di tempat pembuangan sampah (TPS), guna memantau warga membuang sampah tidak pada jamnya. "Sebanyak 15...
- Advertisement -