26 C
Padang
Sabtu, Desember 4, 2021
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Nagari Sungai Durian Gelar Prosesi Arakan Calon Jamaah Haji
N

- Advertisement -

Padang Pariaman, beritasumbar.com ,-Setiap ada warga nagari Sungai Durian Kecamatan Patamuan Padang Pariaman yang akan menunaikan ibadah ketanah suci pada bulan haji akan diarak sampai keperbatasan nagari. Yang menggiring arakan ini adalah ulama dan masyarakat setempat. Tahun ini 6 calon jamaah haji dari Nagari ini menjalani proses arak arakan ini.
Kegiatan maarak calon jamaah haji sampai keperbatasan nagari sudah menjadi tradisi dari dahulu sampai sekarang.
Wali Nagari Sungai Durian, Zulkarnidi mengatakan, untuk tahun sekarang ini ada 6 calon jamaah haji yang dilepas di masjid nagari, akan tetapi juga ada calon jamaah haji asal nagari itu tidak dilepas secara bersama oleh masyarakat. ” 6 orang calon jamaah haji itu dilepas secara bersama dari masjid nagari,” ujarnya pada Minggu 24/6 saat acara arakan yang dimulai dari jam 10 .00 wib.
Dia menjelaskan, meski calon jamaah haji berangkat dari rantau tapi selalu dilepas secara bersama di masjid nagari terlebih dahulu. “Yang dilepas sekarang ini, 6 calon jamaah haji berangkat dari Pekan Baru, Riau. Sepanjang jalan dari masjid menuju keperbatasan, semua pengiring terdiri dari alim ulama dan masyarakat membacakan shalawat dan sampai di perbatasan ditutup dengan doa yang bertujuan semua calon jamaah itu selamat pulang pergi dan mendapatkan haji yang mabrur, ” terang Zulkarnidi.
Dia menambahkan, meski tahun sekarang ini ada calon jamaah haji yang diarak dari masjid, tapi masih ada yang tidak dilepas secara bersama.” Saat pelepasan, keluarga calon jamaah haji itu melompatkan uang receh keudara, dan masyarakat yang hadir berebut mengambil uang, dan tradisi ini selalu bertahan sampai sekarang, “ulasnya. (bb)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img