29 C
Padang
Jumat, Juli 30, 2021
Beritasumbar.com

Muslim Kasim Daftar Jadi Cagub ke Gerindra, Irwan Prayitno Blunder
M

Kategori -

Padang – Calon gubernur yang saat ini masih menjabat sebagai Wakil Gubernur Sumbar, Muslim Kasim mendaftarkan diri sebagai calon gubernur ke DPD Partai Gerindra, mengikuti calon petahana Irwan Prayitno yang telah mendaftar terlebih dahulu.

Pendaftaran itu membuat wacana koalisi Gerindra-PKS untuk mendukung calon gubernur dan wakil gubernur Sumbar yang sempat mengemuka sebelumnya menjadi semakin mengambang.

“Saya mendaftar setelah memikirkannya masak-masak. Saya meyakini Gerindra akan memilih calon yang terbaik untuk diusung pada Pemilu Kepala Daerah nanti.

Semua calon tentu memiliki kesempatan yang sama,” katanya saat mendaftar ke sekretariat DPD Gerindra Sumbar, Selasa.

Dia menambahkan, berdasarkan hasil survey yang telah dilakukan secara independen, masyarakat masih mendukung dirinya untuk menjadi gubernur Sumbar.

“Karena itu saya yakin akan mendapatkan dukungan Gerindra untuk maju sebagai calon gubernur,” katanya.

Menurutnya, dia juga akan menfasilitasi komunikasi politik antara Gerindra dan Partai Golkar untuk menjajaki kemungkinan koalisi.

Dengan mendaftarnya Muslim Kasim ke Gerindra, maka hingga saat ini, telah ada empat calon gubernur di Gerindra yaitu Irwan Prayitno(Gubernur Sumbar dari PKS), Fauzi Bahar(Mantan Walikota Padang dari PAN), Khairul Abrar(Umum), dan Muslim Kasim(Wakil Gubernur Sumbar dari Golkar).

Sementara untuk calon wakil gubernur telah mendaftar, Syamsu Rahim (Bupati Kabupaten Solok) dan Nasrul Abit(Bupati Pesisir Selatan).

Sebelumnya beredar wacana, DPD Partai Gerindra Sumbar sudah dipastikan mengusung Irwan Prayitno sebagai calon gubernur periode 2015-2020. Bahkan, calon wakilnya juga sudah disebut-sebut.

Hal itu semakin menguat setelah Gerindra membuka pendaftaran pada 3 Juni 2014, hanya Irwan Prayitno yang mendaftar sebagai calon gubernur ke partai itu.
Ketua tim seleksi DPD Partai Gerindra Sumbar, Zulkifli Jaelani berkali-kali membantah wacana tersebut. Menurut dia, pihaknya membuka pintu selebar-lebarnya untuk semua calon yang ingin maju dengan partai berlambang garuda itu.

“Tidak ada yang diistimewakan dalam seleksi calon gubernur dan wakil gubernur di Partai Gerindra. Semua mendapatkan porsi yang sama untuk dinilai oleh kader partai hingga ke tingkat Pengurus Anak Cabang,” katanya.

Penegasan katua tim seleksi itu ternyata ditanggapi positif oleh calon gubernur yang ada di Sumbar dan mulailah satu persatu mendaftarkan diri ke Partai Gerindra.

Ketua tim seleksi DPD Gerindra Sumbar, Zulkifli Jaelani pasca pendaftaran Muslim Kasim, Selasa siang mengatakan pihaknya akan segera menutup pendaftaran calon pada Rabu(17/6) pukul 18.00 WIB.

“Setelah itu kita akan mulai mendistribusikan visi misi dan biodata calon gubernur dan wakil gubernur ke seluruh organ partai hingga tingkat terbawah. Prosesnya akan menghabiskan waktu sepuluh hari hingga tim seleksi menerima masukan dari kader, apakah itu dukungan maupun penolakan terhadap masing-masing calon,” katanya.

Dia mengatakan, hasil itu nanti akan menjadi pertimbangan tim seleksi untuk menentukan kerangka koalisi partai serta siapa yang diusulkan untuk mendapat rekomendasi dari tim seleksi nasional.

“Paling tidak, dari semua calon yang mendaftar, kita akan usulkan dua pasang calon ke tim seleksi nasional untuk direkomendasikan sebagai calon gubernur dan wakil gubernur dari Gerindra,” katanya.

Sementara itu, sekretaris tim seleksi DPD Gerindra Sumbar, Sam Salam mengatakan, selain calon dari luar partai itu, ikut mendaftar pula tiga orang kader Gerindra yaitu Ketua DPD Gerindra Sumbar, Syuir Syam(Mantan Walikota Padangpanjang dan anggota DPR RI) sebagai calon gubernur.

Kemudian, Syafruddin Putra Dt. Sungguno (Mantan Walikota Jakarta Barat) dan Zulkifli Jaelani(Mantan anggota DPRD Sumbar).

“Meski ada kader yang ikut, tetapi dijamin, instrumen penilaian akan sama untuk semua calon, tidak ada yang istimewa,” katanya.

(Ant/Oleh Agung Pambudi)
- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Kadiv Pemasyarakatan Kemenkunham Sumbar Serahkan Bantuan Sembako

Sijunjung, Berita Sumbar—Kepala Divisi Permasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Barat M. Ali Syeh Banna, menyerahkan bantuan dalam bentuk Paket Sembako kepada masyarakat terdampak Covid-19 didampingi Bistok Aloan Situngkir Kalapas kelas ll B Muaro Sijunjung, Subhan Maliq Karutan Sawahlunto dan Robi Kepala Lapas Narkotika Sawahlunto di Lapas Kelas ll B, Muaro Sijunjung, Kamis (29/7).
- Advertisement -

Kawa Naik Daun Terima Kujungan Tim Penilai Pemuda Pelopor Provinsi Sumatera Barat

Limapuluh Kota_ Beritasumbar.com _ Pada tahun 2021 ini, Kawa Naik Daun dipercaya sebagai peserta lomba Pemuda Pelopor tingkat provinsi Sumatera Barat, mewakili Kabupaten Limapuluh Kota, menerima kunjungan dari tim penilai lomba Pemuda Pelopor tingkat Sumbar Pada Selasa 27/07. Bertempat dikediaman M.Hadid Qosim.ST sekaligus rumah produksi Kawa Naik Daun, Padang Ambacang Situjuh Limo Nagari Kab. Limapuluh kota.

Jadi Lokus Studi Tiru, GTP UIakan Kembali Dikunjungi Pokdarwis se Kabupaten Sijunjung.

Padang Pariaman, beritasumbar.com.,-Nagari Ulakan melalui potensi kawasan Ekowisata dan Edukasi Green Talao Park (GTP) yang dimiliki, kembali menjadi pusat perhatian. Hal itu dibuktikan, dengan adanya kunjungan Studi Tiru ke destinasi wisata ini, yang digagas oleh Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Barat. Dalam kesempatan kali ini, Dinas Pariwisata Provinsi selaku penyelenggara Pelatihan Sadar Wisata di Kabupaten Sijunjung memboyong seluruh peserta untuk melakukan Studi Tiru ke kawasan Ekowisata dan Edukasi Green Talao Park di Nagari Ulakan Kecamatan Ulakan Tapakih Kabupaten Padang, pada Selasa (27/7).
- Advertisement -

617 Siswa SLTP Dan SLTA Dapat Bantuan Beasiswa Dari Program Sijunjung Cerdas

Sijunjung, Berita Sumbar--Sebanyak 617 Orang Siswa SLTP dan SLTA sekabupaten Sijunjung mendapat bantuan biaya pendidikan dari program Sijunjung Cerdas Tahap l tahun 2021, dana untuk Mustahik yang dikelola Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Sijunjung. Adapun nilai bantuan yang diserahkan hari ini senilai Rp. 186.850.000, (Seratus Delapan Puluh Enam Juta Delapan Ratus Lima Puluh Ribu Rupiah), penyerahaan diberikan oleh Bupati secara simbolis kepada sekolah kata Ketua Baznas Sijunjung H. Hidayattullah, Muaro Sijunjung hari ini.

Unit Pemberantasan Pungli Kota Payakumbuh laksanakan Sosialisasi Pencegahan Pungli dan Gratifikasi bagi ASN dan Penyedia/Rekanan

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,-Dalam rangka pelaksanaan kegiatan Unit Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar Kota Payakumbuh mengadakan sosialisasi pencegahan pungli dan gratifikasi dalam pengadaan barang dan jasa bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) serta bagi penyedia/rekanan yang bekerjasama dengan Instansi di Pemerintah Kota Payakumbuh yang digelar di Aula Ngalau Indah lantai 3 Kantor Wali Kota Payakumbuh, Rabu(28/7).
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Paket Tender Solok Selatan Rp299,2 juta Tanpa Ada Penawar

Padang Aro, beritasumbar.com - Satu paket tender di Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat dengan Pagu dan Rp299,2 juta dinyatakan gagal karena tidak ada penawaran...

Besok, Belajar Tatap Muka Akan Dimulai Di Kabupaten Sijunjung

Sijunjung,  - Kegiatan proses belajar mengajar tatap muka di Kabupaten Sijunjung akan dimulai pada Senin (12/7), akan tetapi belajar tatap muka akan dilangsungkan 50...

Audiensi Dengan Kepala Sekolah, DPRD Sijunjung Tampung Aspirasi Masalah Pendidikan

Sijunjung, beritasumbar.com - Banyak aspirasi dan permasalahan di dunia pendidikan yang belum terwujud selama ini, maka Kepala Sekolah Paud/TK, SD, dan SLTP se-Kecamatan Koto Vll...

Disdukcapil Lima Puluh Kota Imbau Masyarakat Proaktif Urus Administrasi Kependudukan

Sarilamak, beritasumbar.com - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Lima Puluh Kota mengimbau masyarakat setempat agar proaktif mengurus administrasi kependudukan. Kadis Dukcapil Kabupaten Lima...

Buka Akses Unggan-Pamusian, Jarak Kabupaten Sijunjung-Tanah Datar Bisa Dipangkas

Sijunjung, beritasumbar.com - Dalam waktu dekat ini diperkirakan, hubungan Kabupaten Sijunjung dengan Kabupaten Tanah Datar lewat jalur Unggan ke Pamusian akan terhubung. Perbatasan kedua daerah yang...

Sambut HUT RI ke-76, DHD-BPK 45 Sumbar Buka Pendaftaran Lomba Baca Puisi dan Lagu Perjuangan

Sebagai salah satu bentuk upaya berkesinambungan dalam penanaman nilai-nilai kejuangan 45 pada generasi muda, Dewan Harian Daerah Badan Pembudayaan Kejuangan 45 Provinsi Sumatera Barat (DHD BPK 45 Sumbar) mengadakan Lomba Baca Puisi dan Lagu Perjuangan Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2021, dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76, pendaftaran calon pesertanya resmi dibuka pada Jumat, 2 Juli 2021.

Bantu Para Petani, Pemkab Sijunjung Salurkan 114 Alsintan

Sijunjung, beritasumbar.com - Untuk mempermudah pekerjaan lahan usaha pertanian, mulai dari kegiatan pengolahan lahan dan perawatan tanaman pertanian, maka Dinas Pertanian Kabupaten Sijunjung menyalurkan sebanyak...

Mangombang Nan Talipek, Rang Kampai Nagari Simpang Kapuak Bapanghulu

Limapuluh Kota, beritasumbar.com - Setelah belasan tahun gelar penghulu Datuak Monti Bosa talipek atau tidak dipakainya, Warga Suku Kampai Nagari Simpang Kapuak, Kecamatan Mungka,...

Pimpin Rapat Percepatan Pembangunan Infrastruktur, Wabup Sijunjung Minta Camat-Walnag Jalin Komunikasi Dengan Masyarakat

Sijunjung, beritasumbar.com - Wakil Bupati Sijunjung, Sumatera Barat, Iraddatillah memimpin rapat kerja usaha percepatan penanganan dan pembangunan infrastruktur di wilayah tersebut, Rabu, 30/6. Raker tersebut melibatkan...

Kapolres Padang Pariaman Semprot Disinfektan di Seputar Rumah Warga Isolasi Mandiri

Padang Pariaman,   - Mendengar laporan terkait adanya satu keluarga sedang isolasi mandiri melanggar protokol kesehatan, Kapolres Padang Pariaman AKBP. Dian Nugraha HBWPS. SH. SIK,...
- Advertisement -