29.8 C
Padang
Jumat, Maret 29, 2024
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Muslim Kasim Daftar Jadi Cagub ke Gerindra, Irwan Prayitno Blunder
M

Kategori -
- Advertisement -

Padang – Calon gubernur yang saat ini masih menjabat sebagai Wakil Gubernur Sumbar, Muslim Kasim mendaftarkan diri sebagai calon gubernur ke DPD Partai Gerindra, mengikuti calon petahana Irwan Prayitno yang telah mendaftar terlebih dahulu.

Pendaftaran itu membuat wacana koalisi Gerindra-PKS untuk mendukung calon gubernur dan wakil gubernur Sumbar yang sempat mengemuka sebelumnya menjadi semakin mengambang.

“Saya mendaftar setelah memikirkannya masak-masak. Saya meyakini Gerindra akan memilih calon yang terbaik untuk diusung pada Pemilu Kepala Daerah nanti.

Semua calon tentu memiliki kesempatan yang sama,” katanya saat mendaftar ke sekretariat DPD Gerindra Sumbar, Selasa.

Dia menambahkan, berdasarkan hasil survey yang telah dilakukan secara independen, masyarakat masih mendukung dirinya untuk menjadi gubernur Sumbar.

“Karena itu saya yakin akan mendapatkan dukungan Gerindra untuk maju sebagai calon gubernur,” katanya.

Menurutnya, dia juga akan menfasilitasi komunikasi politik antara Gerindra dan Partai Golkar untuk menjajaki kemungkinan koalisi.

Dengan mendaftarnya Muslim Kasim ke Gerindra, maka hingga saat ini, telah ada empat calon gubernur di Gerindra yaitu Irwan Prayitno(Gubernur Sumbar dari PKS), Fauzi Bahar(Mantan Walikota Padang dari PAN), Khairul Abrar(Umum), dan Muslim Kasim(Wakil Gubernur Sumbar dari Golkar).

Sementara untuk calon wakil gubernur telah mendaftar, Syamsu Rahim (Bupati Kabupaten Solok) dan Nasrul Abit(Bupati Pesisir Selatan).

Sebelumnya beredar wacana, DPD Partai Gerindra Sumbar sudah dipastikan mengusung Irwan Prayitno sebagai calon gubernur periode 2015-2020. Bahkan, calon wakilnya juga sudah disebut-sebut.

Hal itu semakin menguat setelah Gerindra membuka pendaftaran pada 3 Juni 2014, hanya Irwan Prayitno yang mendaftar sebagai calon gubernur ke partai itu.
Ketua tim seleksi DPD Partai Gerindra Sumbar, Zulkifli Jaelani berkali-kali membantah wacana tersebut. Menurut dia, pihaknya membuka pintu selebar-lebarnya untuk semua calon yang ingin maju dengan partai berlambang garuda itu.

“Tidak ada yang diistimewakan dalam seleksi calon gubernur dan wakil gubernur di Partai Gerindra. Semua mendapatkan porsi yang sama untuk dinilai oleh kader partai hingga ke tingkat Pengurus Anak Cabang,” katanya.

Penegasan katua tim seleksi itu ternyata ditanggapi positif oleh calon gubernur yang ada di Sumbar dan mulailah satu persatu mendaftarkan diri ke Partai Gerindra.

Ketua tim seleksi DPD Gerindra Sumbar, Zulkifli Jaelani pasca pendaftaran Muslim Kasim, Selasa siang mengatakan pihaknya akan segera menutup pendaftaran calon pada Rabu(17/6) pukul 18.00 WIB.

“Setelah itu kita akan mulai mendistribusikan visi misi dan biodata calon gubernur dan wakil gubernur ke seluruh organ partai hingga tingkat terbawah. Prosesnya akan menghabiskan waktu sepuluh hari hingga tim seleksi menerima masukan dari kader, apakah itu dukungan maupun penolakan terhadap masing-masing calon,” katanya.

Dia mengatakan, hasil itu nanti akan menjadi pertimbangan tim seleksi untuk menentukan kerangka koalisi partai serta siapa yang diusulkan untuk mendapat rekomendasi dari tim seleksi nasional.

“Paling tidak, dari semua calon yang mendaftar, kita akan usulkan dua pasang calon ke tim seleksi nasional untuk direkomendasikan sebagai calon gubernur dan wakil gubernur dari Gerindra,” katanya.

Sementara itu, sekretaris tim seleksi DPD Gerindra Sumbar, Sam Salam mengatakan, selain calon dari luar partai itu, ikut mendaftar pula tiga orang kader Gerindra yaitu Ketua DPD Gerindra Sumbar, Syuir Syam(Mantan Walikota Padangpanjang dan anggota DPR RI) sebagai calon gubernur.

Kemudian, Syafruddin Putra Dt. Sungguno (Mantan Walikota Jakarta Barat) dan Zulkifli Jaelani(Mantan anggota DPRD Sumbar).

“Meski ada kader yang ikut, tetapi dijamin, instrumen penilaian akan sama untuk semua calon, tidak ada yang istimewa,” katanya.

(Ant/Oleh Agung Pambudi)
- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img