26 C
Padang
Senin, Juli 26, 2021
Beritasumbar.com

44 Puskesmas Kota Padang Terapkan Kapitasi Berbasis Kinerja
4

Kategori -

Pekanbaru – Sebanyak 22 Puskesmas di Kota Padang, Provinsi Sumbar dan 20 Puskesmas di Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, berhasil menerapkan Kapitasi Berbasis Kinerja (KBK), dalam penilaian selama enam bulan periode Desember 2014-Mei 2015.

“Penilaian KBK itu ditetapkan melalui empat indikator kinerja diterapkan oleh BPJS Kesehatan pada Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) yakni di antaranya angka kontak komunikasi peserta, dan rasio rujukan non spesialistik,” kata Kepala BPJS Kesehatan Divre II Sumbagteng, Benjamin Saut PS di Pekanbaru, Rabu.

Ia mengatakan itu, terkait hasil pemaparan KBK dalam rapat baru-baru ini “diskusi fokus hasil uji coba penilaian penerapan Kapitasi Berbasis Kinerja (KBK) pada Puskesmas Kota Padang dan Puskesmas Kota Pekanbaru.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Direktur Utama BPJS Kesehatan, Fachmi Idris, dan Dewan Direksi BPJS Kesehatan, Plt. Ketua Dewan Pengawas BPJS Kesehatan, Tjarda Muchtar, Anggota Dewan Pengawas BPJS Kesehatan.

Menurut dia,bagian dai empat indikator itu juga termasuk angka perpindahan peserta ke FKTP lain, dan ratio prolanis berkunjung ke FKTP.

Ia menyebutkan, bahwa hasil uji coba terhadap empat indikator tersebut selama periode enam bulan di Kota Pekanbaru tercatat bahwa indikator angka komunikasi peserta semula berada diangka pada angka 19,83 persen pada November 2014 meningkat drastis menjadi 163,56 persen pada Mei 2015.

“Untuk indikator rasio rujukan non spesialistik juga mengalami penurunan dari angka 6,3 persen pada November 2014 menjadi 4,4 persen pada Mei 2015,” katanya.

Selain itu, perpindahan ke FKTP lain juga mengalami penurunan seperti yang diharapkan yaitu dari 0,01 persen pada Desember 2015 menjadi 0,004 persen pada Mei 2015.

Disamping itu, katanya lagi, indikator ratio kunjungan prolanis mengalami peningkatan signifikan diangka 1,13 persen menjadi 87,63 persen pada Mei 2015.

“Dari satu Puskesmas yang memenuhi ke empat indikator KBK tersebut pada Desember 2014, maka setelah enam bulan atau pada Mei 2015 sudah 20 Puskesmas yang diuji coba telah berhasil mencapai indikator KBK sebagaimana yang diharapkan,”kata Benjamin Saut.

Terkait keberhasilan itu, maka Kota Padang dan Kota Pekanbaru menjadi contoh nasional dan telah dilakukan workshop pada 12 propinsi agar diterapkan di seluruh Indonesia, demi mencapai peningkatan kualitas layanan dan efisiensi biaya Peserta.

Sementara itu, Ketua IDI Wilayah Riau sekaligus Ketua Tim Kendali Mutu Kendali Biaya (KMKB), Dr. Nuzelly, mengatakan kolaborasi dan sinergi yang baik antara Tim KMKB, Dinas Kesehatan dan BPJS Kesehatan untuk menorong perkuatan implementasi Puskesmas.

Sebab perkuatan ini, katanya akan berdampak pada peningkatan kompetensi dokter di Puskesmas dan pelayanan bermutu terhadap peserta.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, Drg. Helda bertekad akan terus menerapkan empat indikator KBK secara tersistem sekaligus menjadi penilaian kinerja Puskesmas.

Direktur Utama BPJS Kesehatan Fahmi Idris, menyampaikan bahwa bentuk sinergi dan kolaborasi Kapitasi Berbasis Kinerja (KBK) Kota Pekanbaru merupakan “role” model yang akan dijadikan contoh di Indonesia, atas kesepakatan bersama antara Kemenkes dengan BPJS Kesehatan.

(Ant/Oleh Frislidia)
- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Kakankemenag Padang Panjang Pimpin Sosialisasi Pemutakhiran Data Mandiri Melalui Aplikasi MySAPK BKN

Padang Panjang,BeritaSumbar.com,_Kantor Kementerian Agama Kota Padang Panjang Gelar Kegiatan Sosialisasi Tetang Pemutakhiran Data Mandiri Aparatur Sipil Negara (ASN) melalui Aplikasi MySAPK BKN di Aula Kankemenag Kota Padang Panjang, Senin (26/07/2021)
- Advertisement -

IKM Baruah Gunuang Terbentuk

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,-Dua puluh dua orang mahasiswa yang berasal dari Nagari Baruah Gunuang yang merupakan perwakilan dari berbagai kampus di Indonesia menghadiri kegiatan first gathering dalam pembentukan keluarga mahasiswa di nagari dengan nama Ikatan Keluarga Mahasiswa Baruah Gunuang (IKMB).

Khutbah Arafah Di Masjid Namirah

Khutbah Arafah dari Masjid Namirah tanggal 9 Dzulhijjah 1442 Hijriyyah/19 Juli 2021 Masehi disampaikan oleh Fadhilatu Syaikh Dr. Bandar bin Abdul Aziz Balilah Hafizhahullah (semoga Allah menjaganya).
- Advertisement -

Peringatan HUT IAD, Kejari-IAD Sijunjung Tabur Bunga Ke Makam Pahlawan

Sijunjung, beritasumbar.com - Dalam Rangka Peringatan HUT Ikatan Adhyaksa Dharmakarini (IAD) ke 21 Tahun 2021, Kejaksaan Negeri Sijunjung beserta pengurus IAD setempat melaksanakan Ziarah...

Kakankemenag Padang Panjang Lansung Menyembelih Hewan Qurban di Hari Tasyrik

Padang Panjang, BeritaSumbar.com,_Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Padang Panjang H. Gusman Piliang bersama seluruh jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN) Kankemenag Kota Padang Panjang melaksanakan Penyembelihan Hewan Qurban 1442 Hijriyyah / 2021 Masehi di Lapangan Parkir Kankemenag Kota Padang Panjang, Rabu (21/07/2021)
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Untuk Tingkatkan Pelayanan, RSUD Sijunjung Tampung Kritik Dan Saran Masyarakat

Sijunjung, beritasumbar.com - Pada usia yang relatif muda keberadaan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sijunjung memerlukan perbaikan dan peningkatan dari semua sisi,  guna memberikan...

Tanpa Kantongi Izin, Wako Erman Safar agar Pertimbangkan Pengoperasian RSUD Bukittinggi

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Pemerintahan Kota Bukittinggi di bawah kepemimpinan wali kota dan wakil wali kota, Erman Safar - Marfendi, agaknya perlu untuk mengkaji kembali...

Dirujuk ke RS M Djamil, Pasien Lutut Besar Dibezuk Danlantamal Padang

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Bintang Herlambang (18), pasien lutut membesar sebesar bola kaki karena kanker stadium 4, akhirnya dirujuk ke Rumah Sakit M. Djamil Padang...

Melahirkan Kepercayaan Masyarakat Untuk di Vaksinasi

Untuk lahirkan Kepercayaan Masyarakat Pada Vaksin Covid-19 pemerintah perlu lebih transparan soal vaksin Covid-19, terutama pada aspek keamanan dan biaya.

Ribuan Guru Di Payakumbuh Telah Ikuti Rapid Tes

Payakumbuh, beritasumbar.com - Ribuan guru di Kota Payakumbuh mengikuti rapid tes antibodi untuk mengantisipasi penyebaran virus corona disease 2019 (Covid-19) di sekolah. "Sekarang proses belajar...

Payakumbuh Minta Guru Beri Contoh Pada Siswa Dalam Mematuhi Protokol Kesehatan

Payakumbuh, beritasumbar.com -Kepala Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh Bakhrizal memaparkan perihal pembelajaran tatap muka yang telah dilaksanakan, beberapa catatan atau evaluasi yang didapatkan oleh tim gugus...

Hadapi Pemberian Vaksin, Payakumbuh Siapkan 49 Vaksinator

Payakumbuh, beritasumbar.com - Menghadap pemberian vaksin, Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat meyiapkan 49 tenaga vaksin. Petugas tersebut yang akan memberikan vaksin...

Menkes: Bantu para Tenaga Medis dengan Patuhi Protokol Kesehatan

Upaya keras pemerintah dalam menghadapi dan menangani pandemi Covid-19 di sisi hilir tidak akan lengkap bila tanpa dibarengi dengan upaya di sisi hulu atau pencegahan. Maka itu, kesadaran seluruh pihak untuk melakukan upaya proaktif mencegah penyebaran Covid-19 amat diharapkan.

Dinkes Payakumbuh Kirim Data Petugas Kesehatan Yang Akan Divaksin

Payakumbuh, beritasumbar.com -Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat telah mengirimkan nama-nama petugas kesehatan ke pemerintah pusat untuk nantinya dilakukan vaksin COVID-19. "Seluruh petugas...

Pasien Positif COVID-19 di Payakumbuh Hari ini Bertambah Delapan Orang

Payakumbuh, BeritaSumbar.com - Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh mencatatkan ada penambahan delapan kasus positif COVID-19 baru di daerah itu pada Rabu (2/12). Penambahan kasus tersebut...
- Advertisement -