28.4 C
Padang
Rabu, Agustus 4, 2021
Beritasumbar.com

Motivasi dalam Mengembangkan Kreativitas Anak
M

Kategori -

BeritaSumbar.com,-Motivasi berasal dari kata motif yang berarti dorongan, rangsangan atau daya penggerak yang ada pada diri seseorang maupun yang didapatnya dari lingkungan. Motivasi merupakan proses yang menjelaskan intensitas, arah dan ketekunan seorang individu untuk mencapai tujuanya. Menurut Abraham Maslow, seorang tokoh psikologi barat menyebutkan bahwa motivasi merupakan alasan yang mendasari sebuah perbuatan yang dilakukan oleh seorang individu.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kreativitas berarti kemampuan untuk mencipta. Menurut Solso (2007), kreativitas merupakan salah satu aktivitas otak yang menghasilkan suatu pandangan baru mengenai  bentuk permasalahan dan tidak dibatasi pada hasil yang pragmatis.

Kreativitas merupakan suatu potensi yang sangat bermakna bagi hidup anak, melalui kreativitas, anak akan menemui berbagai cara memecahkan persoalan yang dihadapi secara efektif dan efisien sehingga kemungkinan lebih besar untuk sukses di masa depan. Setiap anak memiliki kreativitas atau kemampuan masing-masing dan setiap anak juga mempunyai bakat dan minat yang berbeda dengan anak yang lain, karena pada dasarnya setiap anak itu unik dan memiliki keistimewaan masing-masing.

Peran orang tua dan orang sekitar sangat dibutuhkan dalam membantu anak menyalurkan kreativitas yang ia miliki. Dalam mengembangkan kreativitas anak agar anak terus belajar menciptakan karya yang lebih bagus. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Dominikus David Biondi Situmorang (2006) dapat dilihat bahwa ada hubungan yang signitifikan antara potensi kreativitas dan motivasi, dimana motivasi sangat dibutuhkan dalam tumbuh kembang kreativitas seorang anak. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa adanya hubungan yang positif antara motivasi dengan sikap kreatif, semakin tinggi motivasi yang didapatkan anak maka akan semakin tinggi pula tingkat kreatif anak tersebut.

Setiap anak yang mempunyai kreativitas membutuhkan dukungan atau dorongan dari dirinya serta lingkungan agar tujuannya tercapai dan kebutuhannya terpenuhi, kreativitas yang sering diasah dan dilatih akan menetap pada diri anak menjadi bakat dan akan mampu menghasilkan karya yang lebih baik. Anak yang memiliki potensi untuk berkreativitas lebih namun tidak mendapat dorongan dan sokongan berupa motivasi dari lingkungan berpotensi besar menurunkan kreativitas anak. Akibatnya, kreativitas yang ada pada dirinya akan melemah dan lama-kelamaan akan pudar.

Berbeda dengan anak yang memiliki kreativitas “kecil” yang mendapat dorongan dari dirinya dan lingkungannya sehingga berpotensi besar meningkatkan kreativitas dalam berkarya dan akan terus belajar agar ia mampu mencapai tujuan sesuai dengan apa yang diinginkannya. Anak yang mempunyai motivasi yang kuat dari dirinya serta dukungan dari lingkungannya biasanya akan terus membuat karya-karya yang lebih baik serta menarik lagi dari karya sebelumnya sampai pada satu titik anak tersebut benar-benar berada di puncak keberhasilannya. Ada ungkapan yang paling terkenal dari Ali bin Abi Thalib ra: “Didiklah anak-anakmu. Sesunggunya mereka dilahirkan untuk hidup dalam suatu zaman yang benar-benar berbeda denganmu”.

Penelitian yang dilakukan oleh R. Rachmy Diana (2009) membuktikan bahwa setiap anak adalah cerdas dan setiap anak juga kreatif. Sementara itu, sekitar tahun 1995-an, Daniel Goleman telah mempopulerkan konsep emotional inteligence yang meyakini bahwa kecerdasan emosi jauh lebih penting dibandingkan kecerdasan intelektual. Menurut Howard Gardner seorang Psikolog dari Harvard University menyatakan bahwa anak memiliki delapan jenis kecerdasan dan tersusun menjadi satu dengan cara yang unik dan kombinasi yang berlainan.

Dan penelitian lain juga membuktikan bahwa anak yang mendapatkan motivasi dari orang tua akan merasakan beberapa hal diantaranya terpenuhi kebutuhan psikisnya, tidak terfokus pada kekuranganya, serta anak bisa membangun suasana yang menyenangkan. Dengan demikian anak bisa dengan bebas mengembangkan kreativitasnya.

Orang tua memiliki andil yang sangat besar dalam kesuksesan seorang anak dan orang tua harus bisa memainkan perannya secara benar. Orang tua harus bisa menjadi motivator utama bagi anaknya. Karena model utama dari seorang anak adalah orang yang paling dekat dengan dirinya, dan itulah orang tua. Kemudian, orang tua juga harus bisa memberikan kebebasan kepada anaknya dalam berpikir menentukan apa yang akan menjadi tujuan dan yang dicita-citakan oleh anaknya.

Hal sederhana yang bisa dilakukan untuk memotivasi anak dalam mengembangkan kreativitasnya adalah dengan memberikan pujian disaat mereka melakukan hal baik atau sesuatu yang membanggakan, kemudian juga mendukungnya disaat mereka mengalami keterpurukan. “Kamu sudah melakukan yang terbaik”, sembari mengelus kepalanya, atau bisa dengan “Kamu sudah hebat untuk berada di titik ini nak, mari kita belajar lagi, dan banyak kaliamat-kalimat ringan yang bisa kita sampaikan untuk memotivasi anak. Dengan demikian nampak jelas bahwa motivasi dari luar juga sangat dan amat dibutuhkan oleh seorang anak dalam upaya mengembangkan kreativitasnya, jika orang tua tidak setuju dengan apa yang diinginkan anaknya maka sudah seharusnya orang tua menolak dengan halus serta memberikan penjelasan kepada anaknya tanpa harus melukai semangat kreativitasnya.

Penulis: Resa Febriani
Prodi   : Psikologi Islam
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI IMAM BONJOL PADANG

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Jadi Lokus Studi Tiru, GTP UIakan Kembali Dikunjungi Pokdarwis se Kabupaten Sijunjung.

Padang Pariaman, beritasumbar.com.,-Nagari Ulakan melalui potensi kawasan Ekowisata dan Edukasi Green Talao Park (GTP) yang dimiliki, kembali menjadi pusat perhatian. Hal itu dibuktikan, dengan adanya kunjungan Studi Tiru ke destinasi wisata ini, yang digagas oleh Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Barat. Dalam kesempatan kali ini, Dinas Pariwisata Provinsi selaku penyelenggara Pelatihan Sadar Wisata di Kabupaten Sijunjung memboyong seluruh peserta untuk melakukan Studi Tiru ke kawasan Ekowisata dan Edukasi Green Talao Park di Nagari Ulakan Kecamatan Ulakan Tapakih Kabupaten Padang, pada Selasa (27/7).
- Advertisement -

Mahasiswa KKN Unand Padang Lakukan kegiatan bagi-bagi masker dan hand sanitizer buatan sendiri.

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, - Sebanyak 18 mahasiswa Universitas Andalas Padang angkatan 2018 yang dari berbagai jurusan melaksanakan bakti masyarakat di kelurahan Bulakan Balai Kandi kecamatan Payakumbuh Barat Kota Payakumbuh.

Dua Meninggal dan 28 Positif Covid-19 Di Payakumbuh

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, - Angka kematian akibat Covid-19 di Payakumbuh terus meningkat, dimana dalam beberapa hari terakhir ini terdapat masyarakat yang dinyatakan meninggal karena terpapar virus corona.
- Advertisement -

BNPT dan YHPB bersama Pemuda-Mahasiswa Berikan Bantuan pada Mahasiswa Perantauan dan Masyarakat Terdampak Covid-19

Badan Nasional Penanggulangan Terorisme Republik Indonesia (BNPT RI) bekerjasama dengan Yayasan Harmoni Pemersatu Bangsa (YHPB) membuat gerakan bakti sosial, bertajuk ‘Pemuda dan Mahasiswa Bergerak untuk Indonesia Harmoni: Bakti Sosial kepada Mahasiswa Perantauan se-Indonesia di wilayah Jakarta, Depok, Tangerang, Bekasi (Jadetabek), dan masyarakat terdampak pandemi Covid-19’.

Kuliah Daring, Belajar Sambil Bekerja Di Masa Pandemi

Penerapan Kuliah Daring berawal sejak pandemi Covid-19 pada bulan Maret tahun 2020 di Indonesia, dimana segala aktivitas perkuliahan di lakukan melalui Program Daring, adapun beragam fitur media sosial di gunakan untuk bertatap muka guna kegiatan tersebut antara lain ; Zoom Meeting, Google Meet, WAG, E-Learning,serta aplikasi media lainnya.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Kuliah Daring, Belajar Sambil Bekerja Di Masa Pandemi

Penerapan Kuliah Daring berawal sejak pandemi Covid-19 pada bulan Maret tahun 2020 di Indonesia, dimana segala aktivitas perkuliahan di lakukan melalui Program Daring, adapun beragam fitur media sosial di gunakan untuk bertatap muka guna kegiatan tersebut antara lain ; Zoom Meeting, Google Meet, WAG, E-Learning,serta aplikasi media lainnya.

Mengenal Politik Praktis & Pragmatisme

Dalam praktik perebutan maupun mempertahankan sebuah kekuasaan Politik Praktis dan Pragmatisme seolah menjadi dua hal yang sulit dipisahkan, khususnya di negara Demokrasi seperti Indonesia.

Filosofi Lidi

Dari filosofi pohon kelapa yang sangat banyak manfaatnya, bahkan hampir seluruh bagian tanaman kelapa tersebut memberi manfaat untuk kehidupan manusia. Manusia sebagai makhluk yang paling sempurna tentu seharusnya juga memberi manfaat dan berperan menjaga bumi dan lingkungan setelah mengambil manfaat untuk kehidupan. Sesuai juga dengan perintah Tuhan dalam ajaran agama bahwa tujuan Tuhan menurun-kan manusia ke muka bumi ini adalah untuk beribadah dan berbuat yang bermanfaat.

Raih Keridhaan Allah melalui Etos Kerja

Dalam Manajemen Pendidikan Islam, etos kerja (semangat/motivasi kerja) dilandasi oleh semangat beribadah kepada Allah Swt. Maksudnya, bekerja tidak sekedar memenuhi kebutuhan duniawi melainkan juga sebagai pengabdian kepada Allah Swt,

Rugi Rasa Untung

Apakah beberapa fenomena terbalik yang terjadi ditengah masyarakat bangsa ini atau mungkin juga ditengah masyarakat dunia adalah pertanda bahwa kiamat sudah dekat ? Wallahu a’lam bishawab hanya Allah pencipta langit dan bumi yang tahu persis.

Mengatur Konflik dengan Teknik Mind Mapping

Konflik. Ketika kita mendengar kata itu, kebanyakan orang akan membayangkan seperti perang, rusuh, gontok-gontokan, atau orang yang berkelahi antarkampung. Tidak, sebenarnya konflik bisa dimulai dari sesuatu yang kecil. Kalau menurut psikologi, konflik itu bisa dimulai dari ketika kita merasa ada perbedaan, entah perbedaan pendapat atau perasaan tentang sesuatu hal.

DPW PTPI Sumbar Buka Bimbel & Bimtes CPNS 2021 Online

Dewan Pimpinan Wilayah Perkumpulan Trainer Profesional Indonesia Wilayah Sumatera Barat (DPW PTPI Sumbar) resmi membuka kegiatan Bimbingan Belajar (BIMBEL) dan Bimbingan Test CPNS 2021...

BUMN Berburu di Kebun Binatang

Sangat menarik menyimak perjalanan PT POS Indonesia sebuah perusahaan BUMN yang pionir dalam bidang jasa pengiriman barang dan serta pengiriman uang dalam bentuk wesel.

Kita Pancasila

Bangsa yang besar adalah bangsa yang memiliki komitmen dan memahami buah pemikiran dan cara pandang hidup yang disarikan para pendiri bangsa. Mereka telah membuat rumusan atau intisari yang digali dari jiwa bangsa ini, dari ruh bangsa ini, dari sikap hidup bangsa ini, yang berbhineka dan penuh nilai-nilai luhur.

Menanamkan Pendidikan Karakter Kepada Anak Sejak Dini

Pendidikan karakter memiliki peranan penting dalam dunia pendidikan dan sangat menarik untuk diteliti, terutama karena pendidikan karakter berorientasi pada pembentukan karakter siswa.
- Advertisement -