24.4 C
Padang
Rabu, Desember 1, 2021
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Mona, Penerima Beasiswa dari Yeni Halim dan Andriwarman Raih Nilai Cumlaude
M

Kategori -
- Advertisement -

Bukittinggi, beritasumbar.com — Mona Riski Ilahi, warga Nagari Kubang Putih, Kabupaten Agam, meraih gelar sarjana teknik perminyakan di UPN Veteran, Yogyakarta dengan IPK 3,56.

Mona demikian panggilan akrab seharinya, tamat di UPN Veteran, dengan menempuh pendidikan dalam waktu 4 tahun.

Berhasil meraih gelar sarjana dengan nilai tinggi (cumlaude), telah membuat bangga orangtua, dan pemberi beasiswa yang membantu biaya selama perkuliahan Mona.

Yeni Halim, merupakan pemberi beasiswa Mona kepada media ini, Sabtu (23/10/2021), berharap Mona dapat mengangkat perekonomian keluarganya.

“Dengan telah tamat kuliah, Mona supaya memulai untuk mencari pekerjaan. Dengan telah bekerja, akan dapat membantu orangtuanya,” ungkapnya.

Yeni Halim berharap, setelah Mona mendapatkan pekerjaan, agar bisa pula peduli kepada generasi muda di kampungnya, yaitu agar dapat pula memberikan bantuan pendidikan bagi yang membutuhkan.

Untuk diketahui, Mona kuliah di UPN Veteran atas bantuan beasiswa secara pribadi dari Yeni Halim, dan Andriwarman, yang saat ini menjabat sebagai Bupati Agam.

Mona terbilang anak berprestasi. Sebelum kuliah di UPN, ia sempat lolos di universitas lain, pasca tamat sekolah menengah atas (SMA).

Tamat SMA sekitar empat tahun silam, dan diterima di universitas lain, telah membutuhkan biaya mahal, yakni mencapai puluhan juta rupiah.

Mona, rupanya sering dibantu biaya oleh ibu dari Yeni Halim, berupaya mencari pinjaman agar berkuliah di universitas yang telah menerimanya setelah lulus tes secara mandiri itu.

Yeni, tahu akan kondisi perekonomian keluarga Mona, lalu menawarkan agar Mona untuk tidak mengambilnya dulu. Pasalnya, jika Mona tetap kuliah bagai mana biaya semester, dengan apa akan dibayar nanti.

Lalu, Yeni menyarankan agar Mona mendaftar di universitas lain di tahun depannya. Mengikuti tes di tahun berikutnya itu, Mona lulus di UPN Veteran.

Diterima di UPN Veteran, orang tua Mona secara ekonomi tergolong sulit ini, apa lagi orang tuanya bekerja tidak tetap, Yeni Halim berinisiatif secara pribadi untuk membantu beasiswa Mona selama kuliah di UPN Veteran.

Membantu biaya Mona kuliah, Yeni Halim belum lagi tergabung di Minang Diaspora. Setiap bulan, Mona dibantu dana sebesar Rp500 ribu oleh Yeni Halim.

Membantu Mona biaya Rp500 ribu, Yeni Halim sebelumnya juga telah membantu warga kurang mampu biaya kuliah atas nama, Syaiful di ITB dengan jurusan Pertambangan Perminyakan, telah menamatkan pendidikan.

Kebetulan Andriwarman, selaku Ketua Bagian Beasiswa di SMAN 1 Bukittinggi, oleh Yeni, ditemuilah Andriwarman kala itu agar dapat membantu beasiswa Mona.

Akan tetapi tidak bisa, lantaran tak kuliah di tahun sebelumnya. Namu, Andriwarman juga penduli akan pendidikan bagi warga kurang mampu, turut membantu dana Rp500 ribu per bulannya, untuk biaya kuliah Mona.

Andriwarman –sebelum menjadi Bupati Agam– pada awal Mona kuliah, dimana tadinya memberikan bantuan sebesar Rp500 ribu per bulan, beberapa bulan kemudian menambahkan nilai bantuan menjadi Rp1 juta per bulannya.

“Alhamdulillah, Mona yang merupakan anak terakhir dari keluarganya itu, talah tamat kuliah di UPN Veteran dengan nilai tinggi. Mudah-mudahan, Mona cepat mendapatkan pekerjaan, sehingga bisa membantu orang tuanya dan peduli juga kepada adik-adiknya di kampung yang membutuhkan bantuan untuk pendidikan,” harapan Yeni. (adil)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img