31 C
Padang
Senin, Januari 18, 2021
Beritasumbar.com

Menteri PU Turunkan SEKDITJEN SDA ke Payakumbuh
M

Kategori -

Sekretaris Direktorat Jenderal Sumber Daya Air (Ditjen SDA)  Kementerian PU Republik Indonesia,   Ir. Mujiadi, M.Sc, pimpin langsung tim Penilaian Kinerja Pemerintahan Daerah Pekerjaan Umum (PKDP-PU) Bidang Pengairan ke Payakumbuh, Senin (4/11).  Kota Payakumbuh disampaikan Sekretaris Ditjen SDA Mujiadi,  masuk nominasi tiga besar dalam kegiatan PKDP-PU Bidang  Pengairan 2013 antarkota di Indonesia.

Sebelum turun ke lapangan, rombongan tim penilai yang melibatkan seluruh direktur di lingkungan Ditjen SDA, diterima pasangan Walikota Payakumbuh Riza Falepi dan  Wakil Walikota H. Suwandel Muchtar di ruang kerja Walikota. Dalam penyambutan ini juga hadir Kadis PU Ir. Muswendri Evites, Kadis Pertanian Drs. Iqbal dan sejumlah pejabat terkait lainnya di lingkungan PU dan PDAM Payakumbuh.

Dalam pertemuan singkat itu, Walikota Riza Falepi menyampaikan komitmen Pemko dan DPRD dalam pembangunan bidang pengairan di kota ini.  Keterbatasan finansial daerah, dikatakan Walikota, dalam membangun infrastruktur pengairan dan normalisasi sungai di kota ini, banyak mendapat bantuan dari Pemerintah Pusat, Pemerintah Propinsi. “Jika tak dibantu  Kementerian PU sulit bagi Payakumbuh dalam membangun irigasi teknis dan melakukan normalisasi sungai di kota ini,” sebut Riza.

Dikatakan, sejak Oktober 2012 hingga sepanjang tahun 2013 ini,  Dinas PU  Payakumbuh,  melakukan perbaikan menyeluruh terhadap  saluran irigasi primer dan sekunder serta normalisasi Sungai Batang Agam, Sungai Batang Pulau  dan Sungai Batang Lampasi di kota ini. Untuk perbaikan irigasi dan normalisasi ketiga  sungai besar dan kecil  yang membelah Payakumbuh, menelan biaya lebih kurang Rp45,3 Miliyar.

Pekarjaan irigasi Sungai Batang Agam dengan alokasi dana Rp2,2 M, akan mampu mengairi 530 hektar sawah, mulai dari Kelurahan Daya Bangun, Labuh Baru, Muaro sampai ke Kelurahan Kubu Gadang, Balai Batimah dan Payobasung. Sedangkan, normalisasi Sungai Batang Agam dan Batang Lampasi dengan dana tersedia Rp4,6 M, membuat dan pengamanan tebing sungai dengan kawat bato baroronjong  dari Jembatan Ibuh ke Jembatan Ratapan Ibu di Jalan A. Yani Payakumbuh  serta di kawasan Kelurahan Payolinyam.

Sementara itu, normalisasi Sungai Batang Lampasi dari Kelurahan Tanjung Anau sampai ke Kelurahan Balai Betung dan Talawi, sepanjang lebih kurang 1,5 Km menelan biaya sekitar Rp38,5 M.  Proyek-proyek yang  tengah dipacu pekerjaanya itu akan ditinjau ke lapangan oleh tim penilai PKPD-PU.

Pelaksanaan pembangunan infrastruktur irigasi dan normalisasi sungai di Payakumbuh itu, berdasarkan laporan tertulis  yang diterima Ditjen SDA Kementerian PU sudah lebih baik dibanding peserta lainnya. Karena itu, tim penilai PKDP-PU Bidang Pengairan perlu melakukan verifikasi ke Payakumbuh, guna menetapkan daerah mana yang terbaik di Indonesia, sebut Kadis PU Muswendri.

Tuntaskan Keluhan Petani

Pekerjaan sejumlah irigas teknis dan normalisasi sungai di Payakumbuh itu, menurut Kadis PU Payakumbuh Muswendri Evites, sedikit mengganggu petani turun ke sawah. Karena dampak pekerjaan itu, sawah-sawah penduduk, terutama di kawasan Nagari  Lampasi  Kecamatan Latina dan kawawan Koto nan Gadang, Kecamatan Payakumbuh Utara, tidak berair. Musim turun ke sawah petani jadi terganggu.

Keluhan petani itu, diminta Walikota Riza Falepi, untuk segera diantisipasi dengan memacu pekerjaan. “Kita jajaran Dinas PU sudah diinstruksikan untuk melakukan koordinasi dengan pihak provinsi, pemilik proyek perbaikan irigasi itu,” sebut Muswendri.

Untuk mengantisipasi persoalan tersebut,  melalui Dinas Pertanian Payakumbuh, petani diajak  tidak mengolah  tanaman padi. Melainkan, menggantinya dengan tanaman holtikultura lainnya. Sehingga pendapatan petani tidak terlalu berkurang.

Sementara itu, pihak Pemko juga melakukan koordinasi dengan Dinas PSDA  Pemprop Sumatera Barat, agar memacu pekerjaan perbaikan irigasi dan normalisasi sungai di Payakumbuh. “Kita sudah menyurati Pak Gubernur melalui Kadis PSDA, agar seluruh proyek provinsi itu dapat dipacu perbaikannya,” sebut Muswendri.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Polres Pessel Gelar Giat AYO PAKAI Masker

Anggota Satlantas Polres Pesisir Selatan memasang stiker bertuliskan " Ayo Pakai Masker", di kendaraan roda dua dan roda empat, yang melintas di kota Painan, Jum'at (15/1). Selain stiker, juga dibagikan masker pada warga, juga pengendara di wilayah Hukum Polres Pessel, Jum'at (15/1).
- Advertisement -

Perumnas Kubang Gajah Wakili Kota Payakumbuh Dilomba Kampung Tangguh Tingkat Sumbar

Sebagai salah satu kampung tangguh yang masih aktif sampai sekarang, kampung tangguh Perumnas Kubang Gajah Kelurahan Limbukan ditunjuk sebagai salah satu perwakilan Kota Payakumbuh untuk lomba kampung tangguh tingkat Provinsi Sumatera Barat.

Gugatan SALAM Terhadap Sengketa Pilkada Limapuluh Kota Terregistrasi MK

Limapuluh Kota, beritasumbar.com - Gugatan Pasangan Darman Sahladi-Maskar, M Dt. Pobo (SALAM) terhadap hasil Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Limapuluh Kota tahun 2020 terregistrasi...
- Advertisement -

Tingkatkan Pelayanan, Di Payakumbuh Buku KIR Ditiadakan, Diganti Smart Card

Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Dinas Perhubungan (Dishub) untuk meningkatkan layanan kepengurusan pengujian kendaraan bermotor KIR atau uji kelayakan kendaraan pada kendaraan umum, baik itu angkutan umum maupun kendaraan barang. Sehingga, sekarang telah diterapkan sistem Smart Card (Kartu Pintar) KIR.

Kerugian Capai Angka 600 Juta lebih, Pemko Siap Bantu Ponpes Cahaya Islami

Musibah kebakaran yang menimpa Asrama Putri Pondok Pesantren Cahaya Islam di Lingkungan Padang Kaduduak Kelurahan Tigo Koto Diate yang terjadi pada Sabtu (16/1) dini hari sekitar pukul 01.10 WIB menyebabkan 124 santriwati dan 20 orang ustadzah harus dirumahkan.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Nofrijal Hidupkan Wisata Kuliner Lewat Gowes Wes Wes

Suasana pagi di Kota Padang dihidupkan oleh olahraga bersepeda yang dikenal dengan gowes. Saat ini komunitas bersepeda tumbuh bagaikan jamur di musim penghujan, dipicu pandemi Covid-19 yang tengah melanda Sumatera Barat dan Indonesia pada umumnya sejak Maret 2020 lalu.

Ribuan Guru Di Payakumbuh Telah Ikuti Rapid Tes

Payakumbuh, beritasumbar.com - Ribuan guru di Kota Payakumbuh mengikuti rapid tes antibodi untuk mengantisipasi penyebaran virus corona disease 2019 (Covid-19) di sekolah. "Sekarang proses belajar...

Payakumbuh Minta Guru Beri Contoh Pada Siswa Dalam Mematuhi Protokol Kesehatan

Payakumbuh, beritasumbar.com -Kepala Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh Bakhrizal memaparkan perihal pembelajaran tatap muka yang telah dilaksanakan, beberapa catatan atau evaluasi yang didapatkan oleh tim gugus...

Hadapi Pemberian Vaksin, Payakumbuh Siapkan 49 Vaksinator

Payakumbuh, beritasumbar.com - Menghadap pemberian vaksin, Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat meyiapkan 49 tenaga vaksin. Petugas tersebut yang akan memberikan vaksin...

Padang Panjang Siap Laksanakan Belajar Tatap Muka

Padang Panjang, beritasumbar.com- Wakil Walikota Padang Panjang  Asrul menyatakan daerah tersebut siap menjalankan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) yang akan dimulai Senin, 11 Januari. "Kami meninjau...

Pada Usia 17 Tahun, Solok Selatan Alami Berbagai Kemajuan

Padang Aro - Pada usia Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat yang sudah menginjak usia 17 tahun berbagai kemajuan daerah terus akan dicapai. Pejabat Sekdakab Solok...

Terkait Visi-Misi Bupati Ke Depannya, Ini Penegasan DPRD Solok Selatan

Padang Aro, beritasumbar.com - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Solok Selatan, Zigo Rolanda menegaskan pihaknya akan mendukung visi dan misi pasangan bupati-wakil terpilih...

Momentum HAB Ke-75, Wako Padang Panjang: Tanpa Toleransi Tidak Ada Kerukunan

Padang Panjang, beritasumbar.com -  Kerukunan umat beragama sebagai salah satu modal bangsa ini untuk maju. Tanpa kerukunan, akan sukar menggapai cita-cita besar bangsa agar sejajar...

DPRD Solok Selatan “Jemput Bola” Dana Hibah Rehab Rekon BNPB

Padang Aro, beritasumbar.com - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Solok Selatan melakukan jemput bola untuk mendapatkan dana hibah rehabilitasi dan rekonstruksi (Rehab Rekon)...

Warga Dua Nagari Di Tanah Datar Goro Bersama Perbaiki Jalan 1,5 Kilometer

Tanah Datar beritasumbar.com - Warga pada dua nagari yang ada Kabupaten Tanah Datar melakukan gotong royong  memperbaiki jalan kabupaten sepanjang 1,5 kilometer, Senin...
- Advertisement -