27 C
Padang
Minggu, Januari 24, 2021
Beritasumbar.com

DEKRANASDA dan DISPARPORA Gelar Payakumbuh Karnaval 2013
D

Kategori -

Terobosan baru dalam merayakan Hari Jadi Kota Payakumbuh ke-43, tahun ini,  dilakukan Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora)  bersama Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Payakumbuh.    Ketua Dekranasda Payakumbuh Ny. Dr. Henny Riza Falepi,  mendorong agar peringatan HUT kota, tidak sekedar acara ceremonial saja, tapi punya dampak positif buat kemajuan dunia pariwisata dan industri kreatif kota ini.

Kegiatan yang akan digelar  Dekranasda bersama Disparpora, yaitu Payakumbuh Karnaval dan Pekan Seni Kota Batiah, selama sepekan, 12-17 Desember 2013. event ini akan melibatkan seluruh potensi anak nagari pada 8 nagari di Payakumbuh, paguyuban-paguyuban, pelajar, serta pelaku usaha UKM dan industri kecil menengah.

Ketua Dekranasda Payakumbuh Henny Rza Falepi, dihubungi di Payakumbuh, Selasa (5/11), mengatakan, Payakumbuh Karnaval momentum yang tepat bagi pemko untuk mempromosikan kota ini keseantero nusantara. Suatu saat nanti, kalau dikemas lebih baik dan professional, Payakumbuh Karnaval tidak akan kalah dengan  karnaval busana Jember atau JFC.

“Saya optimis, kalau dikemas secara profesional, Payakumbuh Karnaval akan lebih baik daripada karnaval di kota-kota lain yang sudah lebih awal memulainya,” sebut Ny. Henny Riza Falepi.

Menurut Ny. Henny Riza Falepi, dalam penyelenggaraan Payakumbuh Karnaval ini, Dekranasda akan merangkul  usaha kecil menengah dan industri kerajinan dan industri makanan yang ada di Payakumbuh. Mereka akan dilibatkan berperan serta mempromosikan usahanya lewat Payakumbuh Karnaval dan Pekan Seni Kota Batiah.

Kepala Disparpora Payakumbuh Drs. Syahnadel Khairi, di tempat terpisah mengatakan, Pekan Seni Kota Batiah akan terpusat di kawasan GOR Kubu Gadang di Kelurahan Balai nan Tuo Tiakar, Payakumbuh Timur. Di kawasan GOR itu, akan diadakan pameran industri dan kerajinan, pameran pembangunan dan pameran promosi dagang. Selama acara, akan diadakan pentas seni tradisional dan modern. event ini, merupakan ajang hiburan bagi warga kota yang tengah merayakan hari jadi kotanya yang ke-43.

Sebanyak 500 peserta berkarnaval, berfashion run way dan dance, di jalan utama kota Payakumbuh.  Diperkirakan,  ratusan warga kota dan masyarakat desa Kabupaten Limapuluh Kota, akan membanjiri  kiri kanan jalan utama kota, menonton Payakumbuh Karnaval.  Pihak panitia, akan menyusun serapi-rapinya defile peserta, agar tak monoton disaksikan warga. Rute yang dilewati, masih dalam pengkajian panitia, sebutnya.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Sikapi Keresahan Warga Akan Balapan Liar, Polres Pasbar Gelar Razia Malam

Akhir akhir ini warga Pasaman Barat di resahkan dengan maraknya balapan liar. Sikapi keresahan warga tersebut, Polres Pasaman Barat melalu jajarannya lakukan razia. Sabtu 23/1 malam sekira pukul 22.00 wib razia digelar di Simpang Empat Pasbar.
- Advertisement -

Jemput Bola, Sijunjung Adakan Samsat Keliling

Mobil Samsat keliling mempermudah dan meningkatkan gairah masyarakat untuk membayar pajak kendaraan mereka, kata Kepala Samsat Sijunjung, Masri, diruang kerja, Kamis (21/1).

Disnakerin Payakumbuh: 51 Paket Pelatihan Akan Diselenggarakan Pada 2021

Payakumbuh, beritasumbar.com- Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian (Disnakerperin) Kota Payakumbuh, mengemukakan pada tahun 2021 akan  ada 51 pelatihan keterampilan dari berbagai bidang yang akan...
- Advertisement -

Silaturahmi Dengan Paguyuban Jawa Di Payakumbuh, Ini Kata Walikota

Wali Kota Riza Falepi menerima kunjungan dari perwakilan masyarakat suku jawa yang berada di Kota Payakumbuh yang dikenal dengan nama Paguyuban Saduluran Ngapak dan Paguyuban Pakuwojo di Pendopo Rumah Dinas Wali Kota Payakumbuh, Minggu (17/1).

Antisipasi Penyebaran Covid-19 Pemko Payakumbuh Sidak Sekolah

Tingginya kasus positif covid-19 dilingkungan pendidikan beberapa hari terakhir ini, membuat Pemerintah Kota Payakumbuh mengambil langkah cepat dengan melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) untuk melihat keadaan sekolah dalam penerapan protokol kesehatan.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Ingatkan Kemendikbud Soal Siswi Nonmuslim Diwajibkan Berjilbab, PKB Sumbar: Aturan Sekolah Merusak Persatuan Nasional Harus Ditindak

Viralnya sebuah video tentang dipanggilnya orang tua siswa bernama Elianu Hia karena menolak mengenakan jilbab menggegerkan publik sejak Kamis (21/1) kemaren.

Terkait Tambak Udang Dan Tarok City, mahasiswa Lingkar Piaman Datangi Kantor DPRD Padang Pariaman

Pariaman,BeritaSumbar.com,-Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam LIMAPIA bersama Himpunan Mahasiswa Islam komisariat Universitas Eka sakti, pemuda xtc kota Pariaman dan pemuda amal beramal berunjuk rasa...

Polri Ambil Langkah Cepat Antisipasi Peningkatan Kasus Covid-19

Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) segera mengambil langkah cepat sebagai antisipasi melonjaknya jumlah kasus terkonfirmasi dan kematian akibat COVID-19 periode 1-14 Januari 2021.

Seleksi LTMPT Terbuka untuk Jalur Vokasi

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) siap mendukung seleksi penerimaan mahasiswa baru di perguruan tinggi vokasi se-Indonesia. Selain Politeknik, perguruan tinggi yang memiliki jalur vokasi dapat bergabung pada seleksi yang khusus dibuka untuk jenjang Diploma IV atau Sarjana Terapan.

Ketua MPR RI Apresiasi, Ormas Surosowan Indonesia Bersatu, yang Peduli Adat dan Budaya Nusantara

Organisasi Masyarakat (Ormas) Surosowan Indonesia Bersatu menjalin silaturahmi dengan Ketua MPR RI Bambang Soesatyo. Ketua MPR RI Bambang Soesatyo menerima silaturahmi DPP Surosowan Indonesia Bersatu di Black Stone, Jl Proklamasi, Jakarta Pusat pada Kamis (14-01-2021)

Ini Pesan Dewan Kehormatan PWI Sumbar Didepan Peserta KLW

Sebanyak 35 orang wartawan muda Tanah datar mengikuti kegiatan karya latihan wartawan ( KLW) yang diselenggarakan oleh PWI Tanah datar di pendopo Indojalito Kamis (14/01) kemarin.

13 Paket Kecil Sabu Ditemukan Polres Pessel, 3 Tersangka Diamankan

Pesisir Selatan, beritasumbar.com- Tim Ospnal Satnarkoba Polres Pesisir Selatan kembali membekuk tiga orang tersangka penyalagunaan narkoba, berinisial RE (46) warga Pasar 60, Kecamatan Batang...

AMPERA, Komjen. Pol. Dr. Drs. Boy Rafli Amar, M.H Sosok yang tepat menjadi Kapolri

akarta,Minggu (3/1/21). Ditengah akan habisnya jabatan KAPOLRI Idham Aziz Bapak presiden Ir. Joko widodo meminta wakil komisi 3 DPR RI diminta memanggil Komjen. Pol. Dr.Drs. Boy Rafli Amar untuk menjalani ujian kelayakan sebagai KAPOLRI.

Di Hari Jadi Ke 46, Perumda Air Minum Kota Padang Luncurkan Air Minum Dalam Kemasan

Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Kota Padang meluncurkan produk Air Minum Dalam Kemasan ( AMDK) pada momen hari jadinya yang ke-46 tahun, Rabu (30/12) kemaren.

Antisipasi Jadi Zona Merah, Wilayah Zona Oranye Diminta Perketat Penanganan Covid-19

Zona Oranye atau daerah berstatus risiko sedang penularan Covid-19 bukanlah zona yang aman untuk ditempati. Sayangnya, dalam zona ini diisi mayoritas kabupaten/kota di Indonesia. Satgas Penanganan Covid-19 menyoroti sejumlah daerah yang saat ini masih menghuni zona oranye, jumlahnya mencapai 378 kabupaten/kota berdasarkan data terakhir.
- Advertisement -