30 C
Padang
Senin, April 19, 2021
Beritasumbar.com

Mengintip Pemilihan Legislatif Tingkat Nagari Di Simpang Kapuak Dalam Kabupaten Lima Puluh Kota
M

Lima Puluh Kota, beritasumbar.com – Pada Rabu (7/4) puluhan warga Jorong Lobuah Tunggang Nagari Simpang Kapuak berbondong-bondong menuju bangunan Taman Kanak-kanak (TK) yang terletak di samping Masjid Masjid Muslimin, Simpang Goduang.

Sepanjang perjalanan mereka dengan penuh semangat bercerita terkait calon-calon yang akan mereka pilih sebagai wakilnya untuk duduk di legislatif tingkat nagari atau Badan Musyawarah (Bamus).

Setiba di bangunan TK tersebut, warga langsung menyerahkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) kepada panitia pemilihan yang langsung melakukan pendataan dan kemudian memberikan surat suara kepada warga untuk selanjutnya melakukan pencoblosan di dalam bilik suara.

Selama proses pemilihan, beberapa calon anggota Bamus juga terlihat memantau ke TPS. Berbeda dengan pemilihan pada umumnya, para calon yang bersaing mendapatkan suara warga terlihat akrab dan saling bercanda di luar Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Ketua Panitia Pemilihan Bamus Nagari Simpang Kapuak, Novendri menyebut, pemilihan secara langsung ini adalah yang pertama dilakukan. Nantinya akan dipilih lima anggota Bamus, empat diantaranya merupakan perwakilan wilayah dan satu dari keterwakilan perempuan.

Untuk perwakilan wilayah dibagi ke dalam empat Daerah Pemilihan (Dapil), yaitu Dapil 1 untuk wilayah pemilihan Jorong Nan Duo dan Simpang Abu terdapat empat calon yang bersaing. Dapil 2 untuk wilayah Jorong Sopan dan Simpang Goduang dengan tiga calon.

Selanjutnya Dapil 3 untuk wilayah Jorong Lobuah Tunggang dan Jorong Balai Tampuak Pinang dengan lima calon. Terakhir Dapil 4 untuk wilayah Jorong Koto Tinggi dan Jorong Kubang Balambak dengan empat calon. Sementara untuk keterwakilan perempuan ada lima srikandi yang akan memperebutkan suara perempuan di kenagarian.

“Untuk pemilihan dilakukan selama empat hari, Senin (5/4) untuk Dapil 1, kemudian Selasa (6/4) untuk Dapil 2, dan hari ini Rabu (7/4) untuk Dapil 3. Sementara Kamis (8/4) besok untuk Dapil 4,” kata Novendri didampingi Anggota Panitia Pemilihan, Arifman.

Untuk warga yang dapat menggunakan hak pilih adalah warga yang berdomisili di daerah pemilihan dengan dibuktikan KTP. Berdasarkan data panitia, tercatat sebanyak 3.268 warga yang mempunyai hak pilih.

“Sebelumnya kami sudah menyebar undangan kepada warga yang memiliki hak pilih. Untuk yang tidak mendapat undangan tetap bisa menyalurkan hak suaranya dengan datang langsung ke TPS dan membawa KTP atau KK,” kata dia.

Terkait pelaksanaan pemilihan anggota Bamus yang dilakukan secara langsung, dia menilai bahwa antusiasme masyarakat cukup tinggi. Meski tidak semua calon yang berkampanye ataupun membuat alat peraga kampanye, semarak pemilihan Bamus ini cukup terasa.

Dari dua Dapil yang sudah dilaksanakan pemilihan, antusias warga cukup tinggi. Hal itu terbukti dengan partisipasi yang di atas 50 persen.

“Ini adalah hal baru bagi masyarakat tapi antusias tinggi. Karena mereka dapat langsung memilih wakilnya untuk duduk sebagai anggota Bamus,” jelas Noven. (Rel)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Berusaha Kabur, DPO Narkoba Ini Tewas Ditembak Polisi

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,- E Pria 32 tahun asal Simalanggang Kecamatan Payakumbuh Kabupaten Limapuluh Kota tewas terkena timah panas Tim Satresnarkoba Polres Limapuluh Kota. Pria yang berstatus DPO (Daftar Pencarian Orang) tersebut berusaha meloloskan diri dari kepungan pihak berwajib pada Selasa 13/4 kemaren dengan meloncat dari lantai 2 rumahnya.
- Advertisement -

Satlantas Polres Pariaman Amankan pelaku Balap Liar

Pariaman, beritasumbar.com,-Jajaran Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Pariaman kembali amankan puluhan kendaraan roda dua yang ditunggangi para Anak Baru Gede (ABG) yang hendak melakukan aksi balap liar di kawasan By Pass Kota Pariaman,Sabtu (malam) 17/4/2021.

Pengurus Karang Taruna Se-Kota Padang Panjang Sepakat Laksanakan Pesantren Leadership Ramadhan

Padang Panjang,BeritaSumbar.com,- Permasalahan sosial yang muncul di tengah masyarakat tidak dapat dipungkiri salah satunya juga disebabkan karena pemuda itu sendiri. Masih banyaknya pemuda yang tidak bisa menentukan arah masa depannya secara jelas, terkadang membuat mereka mengambil jalan pintas yang berujung pada tindakan kriminal, seperti mengonsumsi Narkoba dan prilaku yang mengganggu ketertiban umum lainnya.
- Advertisement -

Etika Politik Koalisi PKS dan PAN Dalam Menentukan Wakil Walikota Padang

Kota Padang sudah resmi memiliki walikota. Sejak dilantiknya Hendri Septa pada tanggal 7 April 2021. Dimana sebelumnya Hendri Septa menjabat sebagai wakil walikota dan selanjutnya pelaksana tugas Walikota Padang. Posisi tersebut ditempatinya untuk mengisi kekosongan setelah Buya Mahyeldi Ansharullah dilantik sebagai Gubernur Sumbar.

Startup Milenial Bekerja Membangun Negeri: Pelatihan Gratis Digital Marketing dengan Instagram untuk KUMKM se-Indonesia

Startup digital agency Dig.It.All untuk keseskian kalinya kembali berkontribusi dalam pengembangan kapasitas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menegah (KUMKM) yang sedang berupaya melakukan transformasi, dari bisnis tradisional brick and mortar menjadi bisnis yang mampu memanfaatkan peluang dari geliat pertumbuhan pasar online.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

LAZIS Caturbakti Sumatera Barat Luncurkan Launching Event di Ramadhan 1442 H

Gn.Pangilun-Padang, LAZIS Caturbakti Sumatera Barat mengadakan program Sebarkan Barokah Ramadhan (SABAR) perdana pada Jumat pertama Ramadhan 1442 H hari ini (16/4/2021), kegiatan berlangsung...

Luncurkan Program Lumbung Air Wakaf, Wako Payakumbuh Apresiasi ACT

Payakumbuh, beritasumbar.com - Aksi Cepat Tanggap (ACT) meluncurkan program Lumbung Air Wakaf di Halaman PT. Multi Rezeki Selaras, di Kelurahan Padang Data Tanah Mati, Kecamatan...

Untuk Tingkatkan Pelayanan, RSUD Sijunjung Tampung Kritik Dan Saran Masyarakat

Sijunjung, beritasumbar.com - Pada usia yang relatif muda keberadaan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sijunjung memerlukan perbaikan dan peningkatan dari semua sisi,  guna memberikan...

Berusaha Kabur, DPO Narkoba Ini Tewas Ditembak Polisi

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,- E Pria 32 tahun asal Simalanggang Kecamatan Payakumbuh Kabupaten Limapuluh Kota tewas terkena timah panas Tim Satresnarkoba Polres Limapuluh Kota. Pria yang berstatus DPO (Daftar Pencarian Orang) tersebut berusaha meloloskan diri dari kepungan pihak berwajib pada Selasa 13/4 kemaren dengan meloncat dari lantai 2 rumahnya.

Diusia 180 Tahun Usung Perwujudan Limapuluh Kota Yang Madani,Beradar dan Berbudaya Dengan Mematuhi Protokol Kesehatan

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,-Kabupaten Lima Puluh Kota merupakan satu dari sembilan belas Kabupaten/Kota yang ada di Provinsi Sumatera Barat yang memiliki luas wilayah 3.354,30 Km² . Kabupaten Lima Puluh kota terdiri dari 13 Kecamatan, 79 Nagari, dan 401 Jorong.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional RI / Kepala Bappenas Suharso Monoarfa Kunjungi Lima Puluh Kota

Lima puluh Kota, BeritaSumbar.com,- Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional RI / Kepala Bappenas Suharso Monoarfa melaksanakan kunjungan ke Kabupaten Lima Puluh Kota, Jumat, (9/4/2021). Turut hadir Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah, Anggota DPR RI Rezka Oktoberia dan Nurhayati, Bupati Lima Puluh Kota, Wakil Bupati Lima Puluh Kota, Forkopimda, dan Kepala OPD.

Pasca Bencana Angin Kencang, Kantor Wali Nagari Sungai Balantiak Belum Diperbaiki.

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,- Angin kencang yang terjadi beberapa hari yang lalu mengakibatkan rusaknya Kantor Walinagari Sungai Balantiak Kecamatan Akabiluru Kabupaten 50Kota. Sebagian atap kantor tersebut terbang dibawa angin dan salah satu gonjongnya patah.

Atlit Tenis Meja Limapuluh Kota Lolos Ke Tingkat Nasional di Ajang Pekan Olahraga Pelajar

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com, - Atlit tenis meja putri asal Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatera Barat, Ulfah Septy Annisa, dipastikan lolos ke tingkat nasional dalam ajang Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) yang digelar di Kota Padang sejak 6-8 April 2021 kemarin.

Polres Sijunjung Beri Penghargaan Untuk Personil-Masyarakat Yang Penanganan Tindak Kejahatan

Sijunjung, beritasumbar.com - Kapolres Sijunjung AKBP Andry Kurniawan SIK.M.Hum memberikan apresiasi berupa reward/penghargaan berupa sertifikat kepada enam orang masyarakat dan 29 personel polres setempat atas...

Saat Rampungkam RPJMD, Bupati Minta OPD Sijunjung Himpun Data Ril Ke Lapangan

Sijunjung, beritasumbar.com - Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kabupaten Sijunjung diberi waktu selama dua minggu untuk turun ke lapangan dan menyusun langkah strategis untuk...
- Advertisement -