24 C
Padang
Kamis, Juli 29, 2021
Beritasumbar.com

Memilih Capres dan Menulis Disertasi
M

Kategori -

Iseng-iseng menungu azhan shubuh waktu Andalusia dan sekitarnya. Saya membuat coretan sederhana (versi saya tentunya yang sangat mungkin salah) bagaimana memilih capres berdasarkan flow chart dalam menulis disertasi smile emoticon Analoginya sebagaimana dalam gambar smile emoticon

Pertama: setiap capres memiliki visi-misi yang ingin dicapai dalam lima tahun ke depan atau dalam penelitian sama dengan research question yang ingin dijawab. Bagian ini harus tacit dalam diri calom presiden. Namun demikian, hampir semua capres akan memiliki visi dan misi yang sama kurang lebih akan berputar pada : melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial,.. (UUD 1945)

Kedua : model kepemimpinan apa yang akan diterapkan atau kalau dalam riset/disertasi adalah meta-theoretical rationale yang dipakai dalam research. Bagian ini juga harus tacit dalam diri calon presiden. Dalam riset bagian ini yang menjelaskan apakah peneliti/doktorand seorang positivist, objectivist, penganut quantitative/qualitative, penganut deductive/inductive/abductive. Kalau pas saya sekolah dulu di Swedia, bagian ini penting karena figure opponent/penguji kita ketika sidang akan diundang semirip mungkin sebagaimana best practice meta-theoretical yang kita anut (apakah ekonom, apakah ekonom partly lawyer, atau engineer partly ekonom, apakah Agnes Monica atau Soendari Soekotjo, dsb).

Nah, bagian ini yang menurut saya paling penting dalam menilai karaketer kepemimpinan seorang capres, sama juga dalam penulisan disertasi di mana bagian ini menjadi rangka baja dalam keseluruhan bangunan disertasi. Misalnya kalau dalam bidang ekonomi, seorang capres harus memilih antara beberapa pandangan yang saling trade-off (tidak ada yang benar-benar murni benar atau salah). Contohnya, apakah seseorang dia lebih condong ke open market ataukah cenderung protectionist, mana yang lebih dipentingkan economic growth vs. (to some extent) equality, growth vs inflasi, inflasi vs. pengangguran, dan sejenisnya.

Ketiga: operational level dalam isu-isu strategis (ekonomi, sosial, hukum, energi, dsb dsb). Kita tidak sedang menyeleksi gubernur bank sentral atau menko perekonomian, tapi menyeleksi kepala negara dan pemerintahan yang cakupannya lebih luas dari sektor. Pemahaman (yang mendalam) atas isu strategik ini penting ( a BIG plus). Namun, pada prakteknya nanti (dan ini yang membedakaan dengan menulis disertasi, di mana kita harus menulis sendiri dengan bimbingan supervisor) bagian ini akan diisi secara bersama-sama dengan kementrian, kepala daerah, pun dengan persetujuan DPR.

Seleksi : Kalau hemat saya seorang capres dan nantinya menjadi pres akan memiliki waktu untuk belajar pada level-3. Level 1 sifatnya lebih generik. Nah level-2 yang akhirnya menjadi penting dalam melihat capabilitas seorang capres. Inkonssistensi pada level kedua menurut saya lebih mengkhawatirkan daripada ketidaktahuan di level ketiga. Misalnya: di satu waktu seorang capres mengatakan “kita harus meningkatkan kinerja kita sehingga cost of doing business akan lebih mudah agar investasi masuk”, di sisi lain mengatakan “kita harus menciptakan proteksi untuk melindungi pelaku ekonomi domestik”. Atau mencampuradukkan beberapa goal atau objective yang seharusnya dipilih karena trade off

Inkonssistensi pada level ini bisa dipengaruhi beberapa hal : (1) ybs memang tidak memiliki pijakan yang kuat, (2) ybs sebenarnya memiliki satu pijakan yang kuat tapi harus mengakomodir banyak kepentingan yang saling trade-off (entah karena perbedaan madzhab orang terdekatnya atau partai politik pendukungnya).

Mekaten atur kawulo, nyuwun agenging gung pangeksami menawi katah lepatipun..

Memilih Capres dan Menulis Disertasi

Dituis oleh: Ibrahim Kholilul Rohman

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Kapolres Sijunjung Pimpin Gelar Patroli Skala Besar Pembagian Bansos Malam Ini

Sijunjung, BeritaSumbar.com,--Dalam rangka menggelar Patroli Skala Besar Pembagian Bansos pada malam hari ini Kamis malam, sesuai dengan Instruksi Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo kepada seluruh Polda dan Polres se-Indonesia untuk menggelar Apel dengan dilanjutkan melakukan patroli skala besar pembagian bantuan sosial (bansos).
- Advertisement -

Kakankemenag Padang Panjang Pimpin Sosialisasi Pemutakhiran Data Mandiri Melalui Aplikasi MySAPK BKN

Padang Panjang,BeritaSumbar.com,_Kantor Kementerian Agama Kota Padang Panjang Gelar Kegiatan Sosialisasi Tetang Pemutakhiran Data Mandiri Aparatur Sipil Negara (ASN) melalui Aplikasi MySAPK BKN di Aula Kankemenag Kota Padang Panjang, Senin (26/07/2021)

Dua Meninggal dan 28 Positif Covid-19 Di Payakumbuh

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, - Angka kematian akibat Covid-19 di Payakumbuh terus meningkat, dimana dalam beberapa hari terakhir ini terdapat masyarakat yang dinyatakan meninggal karena terpapar virus corona.
- Advertisement -

Komisi B DPRD Kota Payakumbuh Desak PAM Tirta Sago Secepatnya Atasi Permasalahan Debit Air

Payakumbuh,BeritaSumbar.com- Komisi B Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Payakumbuh mendesak agar Perumda Air Minum (PAM) Tirta Sago dapat segera mengatasi permasalahan debit air di kota itu.

Puluhan Hektar Sawah Di Jorong Pudak Nagari Sijunjung Mengalami Kekeringan

Sijunjung, BeritaSumbar.com,- Puluhan hektar sawah tadah hujan di jorong Pudak Nagari Sijunjung, disinyalir gagal diolah tahun ini, karena rendahnya curah hujan saat ini, kata Malin Cahyo, Tokoh Masyarakat Jorong Pudak, Sabtu (24/7).
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Mengenal Politik Praktis & Pragmatisme

Dalam praktik perebutan maupun mempertahankan sebuah kekuasaan Politik Praktis dan Pragmatisme seolah menjadi dua hal yang sulit dipisahkan, khususnya di negara Demokrasi seperti Indonesia.

Filosofi Lidi

Dari filosofi pohon kelapa yang sangat banyak manfaatnya, bahkan hampir seluruh bagian tanaman kelapa tersebut memberi manfaat untuk kehidupan manusia. Manusia sebagai makhluk yang paling sempurna tentu seharusnya juga memberi manfaat dan berperan menjaga bumi dan lingkungan setelah mengambil manfaat untuk kehidupan. Sesuai juga dengan perintah Tuhan dalam ajaran agama bahwa tujuan Tuhan menurun-kan manusia ke muka bumi ini adalah untuk beribadah dan berbuat yang bermanfaat.

Raih Keridhaan Allah melalui Etos Kerja

Dalam Manajemen Pendidikan Islam, etos kerja (semangat/motivasi kerja) dilandasi oleh semangat beribadah kepada Allah Swt. Maksudnya, bekerja tidak sekedar memenuhi kebutuhan duniawi melainkan juga sebagai pengabdian kepada Allah Swt,

Rugi Rasa Untung

Apakah beberapa fenomena terbalik yang terjadi ditengah masyarakat bangsa ini atau mungkin juga ditengah masyarakat dunia adalah pertanda bahwa kiamat sudah dekat ? Wallahu a’lam bishawab hanya Allah pencipta langit dan bumi yang tahu persis.

Mengatur Konflik dengan Teknik Mind Mapping

Konflik. Ketika kita mendengar kata itu, kebanyakan orang akan membayangkan seperti perang, rusuh, gontok-gontokan, atau orang yang berkelahi antarkampung. Tidak, sebenarnya konflik bisa dimulai dari sesuatu yang kecil. Kalau menurut psikologi, konflik itu bisa dimulai dari ketika kita merasa ada perbedaan, entah perbedaan pendapat atau perasaan tentang sesuatu hal.

DPW PTPI Sumbar Buka Bimbel & Bimtes CPNS 2021 Online

Dewan Pimpinan Wilayah Perkumpulan Trainer Profesional Indonesia Wilayah Sumatera Barat (DPW PTPI Sumbar) resmi membuka kegiatan Bimbingan Belajar (BIMBEL) dan Bimbingan Test CPNS 2021...

BUMN Berburu di Kebun Binatang

Sangat menarik menyimak perjalanan PT POS Indonesia sebuah perusahaan BUMN yang pionir dalam bidang jasa pengiriman barang dan serta pengiriman uang dalam bentuk wesel.

Kita Pancasila

Bangsa yang besar adalah bangsa yang memiliki komitmen dan memahami buah pemikiran dan cara pandang hidup yang disarikan para pendiri bangsa. Mereka telah membuat rumusan atau intisari yang digali dari jiwa bangsa ini, dari ruh bangsa ini, dari sikap hidup bangsa ini, yang berbhineka dan penuh nilai-nilai luhur.

Menanamkan Pendidikan Karakter Kepada Anak Sejak Dini

Pendidikan karakter memiliki peranan penting dalam dunia pendidikan dan sangat menarik untuk diteliti, terutama karena pendidikan karakter berorientasi pada pembentukan karakter siswa.

Pentingnya Penggunaan Dan Pemanfaatan Teknologi Ditengah Pandemi

Pandemi covid 19 merupakan tantangan bagi kita sampai saat ini bagaimana kita menyikapinya dalam melaksanakan berbagai kegiatan. Mulai dari bidang pendidikan, ekonomi, politik, sosial dan lainnya. Seluruhnya merasakan dampaknya.
- Advertisement -