26 C
Padang
Minggu, Januari 17, 2021
Beritasumbar.com

Majukan Tabuik, Pemko Pariaman Siap Kerjasama Dengan Iran
M

Kategori -

Pariaman – Konsulat Kebudayaan Iran untuk Indonesia, Hojatullah Ibrahim mengatakan pesta budaya tabuik yang ada di Pariaman mempunyai kesamaan dengan yang ada di Iran.

Hal ini diungkapkannya pada saat didaulat memberikan sambutan pada acara pembukaan prosesi hoyak tabuik, Minggu (17/11/2013) kemarin di Lapangan Merdeka, Pariaman.

“Saya bahagia sekali, bisa menyaksikan tabuik disini, tabuik pesta yang besar ditujukan untuk cucu Nabi Muhammad SAW, Imam Husen. Iran juga mempunyai tabuik, punya kesamaan dengan yang ada disini,” kata Hojatullah.

Menurutnya, tabuik menandakan kehadiran Imam Hosen, pesta ini dilaksanakan setiap bulan Muharram yang menandakan bukti kecintaan terhadap keluarga Nabi Muhammad SAW. Meski berbeda dengan peringatan 1 Muharram di Iran, namun intinya sama sebagai upaya mengenang cucu Rasulullah SAW.

“Tabuik ini sangat menarik bagi saya. Terpikir bagi kami untuk melakukan kerjasama dengan Pariaman dalam bentuk sister city. Sehingga nantinya kami membawa warga Iran untuk mengunjungi Pesta Budaya Tabuik Pariaman dan sebaliknya,”ujarnya.

Terkait dengan itu, dikatakannya, pihaknya segera akan menindak lanjuti dengan mencarikan daerah yang mempunyai kebudayaan dan peradapan yang sama dengan Kota Pariaman. Tahun depan kerjasama ini sudah bisa diwujudkan dan pihaknya bisa berpartisipasi dalam hal ini.

“Diharapkan dengannya adanya ini, hubungan antara Indonesia dengan Iran tetap terjalin dengan baik,” imbuhnya.

Sementara itu, Walikota Pariaman, Mukhlis Rahman mengatakan, Pemko Pariaman siap menjalin kerjasama dengan Iran guna memajukan pesta budaya Tabuik menjadi iven internasional, yang dapat mendatangkan wisatawan manca negara ke Pariaman.

“Dengan adanya kerjasama ini, tentunya memberikan manfaat, pesta tabuik akan lebih maju dan bisa mendatangkan wisatawan maca negara yang banyak ke Pariaman, dan bisa meningkatkan ekonomi masyarakat,” ujar Mukhlis.

Namun demikian Mukhlis menegaskan bahwa pesta tabuik yang ada di Pariaman ini adalah pesta budaya, bukan mengikut ajaran agama tertentu. Hal ini untuk membantah isu yang berkembang menyebutkan bahwa festival budaya tabuik ini mengandung ajaran Syiah.

“Pesta ini merupakan pesta budaya yang sudah berlangsung sejak lama, bukan mengikuti ajaran agama tertentu. Sehingga tidak perlu khawatir untuk mengikuti festival budaya tabuik ini,” tegas Mukhlis.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Pemko Payakumbuh Gelar Rapat Sekolah Tangguh

Menindaklanjuti persiapan program sekolah tangguh pada rapat evaluasi covid 19 beberapa waktu lalu, Pemerintah Kota Payakumbuh menggelar Rapat persiapan sekolah tangguh yang dilaksanakan di SMP Negeri 1 Payakumbuh, Rabu(13/1/2021).
- Advertisement -

Upacara Dan Tabur Bunga Peringatan Tragedi Titian Dalam

Kendati gerimis, namun upacara tabur bunga dalam rangka peringatan peristiwa gugurnya 9 Syuhada di Titian Dalam di Kenagarian Pandam Gadang, Kecamatan Gunuang Omeh, Senin (11/1) kemaren tetap berlangsung hikmat dan lancar.

Riza Falepi : JK Pensiun, Saya dan Wartawan Merasa Kehilangan

Rapat Koordinasi Pemko Payakumbuh di awal tahun 2021 terasa berbeda. Karena juga ada momen perpisahan dengan pejabat yang memasuki purna tugas atau pensiun di Kafe Agam Jua, Kawasan Batang Agam, Rabu (13/1).
- Advertisement -

Waspadai ! Perbudakan Intelektual dibalik Akreditasi Perguruan Tiggi

Perguruan Tinggi / Kampus adalah salah satu wadah pendidikan yang sangat berperan penting untuk kemajuan peradaban bangsa dengan mencetak para intelektual yang berkualitas. Melalui keilmuan yang dimilikinya mereka akan terjun kemasyarakat untuk menyelesaikan berbagai problem yang dihadapi.

Kinerja Penyelesaian Perkara Pengadilan Agama Tanjung Pati Di Tahun 2020 Alami Peningkatan

Selama tahun 2020,kinerja pengadilan agama Tanjung Pati di Kecamatan Harau Kabupaten Limapuluh Kota mengalami peningkatan.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Nofrijal Hidupkan Wisata Kuliner Lewat Gowes Wes Wes

Suasana pagi di Kota Padang dihidupkan oleh olahraga bersepeda yang dikenal dengan gowes. Saat ini komunitas bersepeda tumbuh bagaikan jamur di musim penghujan, dipicu pandemi Covid-19 yang tengah melanda Sumatera Barat dan Indonesia pada umumnya sejak Maret 2020 lalu.

Ribuan Guru Di Payakumbuh Telah Ikuti Rapid Tes

Payakumbuh, beritasumbar.com - Ribuan guru di Kota Payakumbuh mengikuti rapid tes antibodi untuk mengantisipasi penyebaran virus corona disease 2019 (Covid-19) di sekolah. "Sekarang proses belajar...

Payakumbuh Minta Guru Beri Contoh Pada Siswa Dalam Mematuhi Protokol Kesehatan

Payakumbuh, beritasumbar.com -Kepala Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh Bakhrizal memaparkan perihal pembelajaran tatap muka yang telah dilaksanakan, beberapa catatan atau evaluasi yang didapatkan oleh tim gugus...

Hadapi Pemberian Vaksin, Payakumbuh Siapkan 49 Vaksinator

Payakumbuh, beritasumbar.com - Menghadap pemberian vaksin, Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat meyiapkan 49 tenaga vaksin. Petugas tersebut yang akan memberikan vaksin...

Padang Panjang Siap Laksanakan Belajar Tatap Muka

Padang Panjang, beritasumbar.com- Wakil Walikota Padang Panjang  Asrul menyatakan daerah tersebut siap menjalankan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) yang akan dimulai Senin, 11 Januari. "Kami meninjau...

Pada Usia 17 Tahun, Solok Selatan Alami Berbagai Kemajuan

Padang Aro - Pada usia Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat yang sudah menginjak usia 17 tahun berbagai kemajuan daerah terus akan dicapai. Pejabat Sekdakab Solok...

Terkait Visi-Misi Bupati Ke Depannya, Ini Penegasan DPRD Solok Selatan

Padang Aro, beritasumbar.com - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Solok Selatan, Zigo Rolanda menegaskan pihaknya akan mendukung visi dan misi pasangan bupati-wakil terpilih...

Momentum HAB Ke-75, Wako Padang Panjang: Tanpa Toleransi Tidak Ada Kerukunan

Padang Panjang, beritasumbar.com -  Kerukunan umat beragama sebagai salah satu modal bangsa ini untuk maju. Tanpa kerukunan, akan sukar menggapai cita-cita besar bangsa agar sejajar...

DPRD Solok Selatan “Jemput Bola” Dana Hibah Rehab Rekon BNPB

Padang Aro, beritasumbar.com - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Solok Selatan melakukan jemput bola untuk mendapatkan dana hibah rehabilitasi dan rekonstruksi (Rehab Rekon)...

Warga Dua Nagari Di Tanah Datar Goro Bersama Perbaiki Jalan 1,5 Kilometer

Tanah Datar beritasumbar.com - Warga pada dua nagari yang ada Kabupaten Tanah Datar melakukan gotong royong  memperbaiki jalan kabupaten sepanjang 1,5 kilometer, Senin...
- Advertisement -