25 C
Padang
Sabtu, April 17, 2021
Beritasumbar.com

Mahasiswa UNP Gelar Kegiatan Kuliah Kerja Nyata Di Kecamatan Tambang
M

Pesisir Selatan,BeritaSumbar.com,-Kondisi Indonesia bahkan dunia yang masih dilanda pendemi COVID-19 (Corova Virus Disease 2019) menjadi salah satu faktor penting yang harus menjadi perhatian seluruh masyarakat. Tetap waspada dan selalu memperhatikan protokol kesehatan COVID-19 adalah tindakkan yang tepat dalam menyikapi pendemi ini. Ditetapkannya era New Normal setelah pembatas sosial berskala besar (PSBB) adalah peraturan pemerintah yang wajib dilaksanakan oleh seluruh masyarakat Indonesia. Banyak perubahan sistem di dunia pendidikan, sosial-budaya dan pekerjaan lainnya. Salah satunya adalah sistem pendidikan berbasis daring yang diberlakukan oleh pendidikan di Indonesia pada saat sekarang pendemi ini.
Merujuk kepada Kebijakan Pemerintahan Republik Indonesia, melalui Dirjen Pendidikan Tinggi Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan menetapkan bahwa kebijakan proses belajar mengajar dilakukan secara daring. Menyikapi kebijakkan tersebut, Universitas Negeri Padang melaksanakan KKN secara daring yang dinamakan Program Kegiatan KKN Daring Covid-19 (KKN Daring COVID-19).
Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Universitas Negeri Padang sebelumnya pernah dilaksanakan sekitar 20 tahun yang lalu namun vakum dan dilaksanakan lagi pada tahun 2020 ini sebagai awal dari kevakuman yang cukup lama. “Kegiatan KKN tahun 2020 untuk mahasiswa angkatan tahun 2017 ini tercatat dalam sejarah Universitas Negeri Padang sebagai KKN yang dilakukan secara Daring” Ujar Bapak Prof. Ganefri, Ph.D. selaku Rektor Universitas Negeri Padang.
Kegiatan kuliah kerja nyata (KKN) yang biasanya dilakukan secara langsung sekarang dilakukan secara daring. Hal ini tidak menutup kemungkinan dalam pelaksanaannya harus terjun langsung ke masyarakat dengan syarat tetap mematuhi aturan pemerintah dan selalu memperhatikan protokol kesehatan COVID-19. Kegiatan KKN yang awalnya direncanakan di berbagai pelosok desa di Sumatera Barat dirubah menjadi kegiatan KKN yang dilaksanakan di kampung sendiri, melaksanakan di tempat mahasiswa berada sekarang.
Tim Kuliah Kerja Nyata Universitas Negeri Padang yang beranggotakan Kurnia Safriani dari Program Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam dan Nela Yunita dari Program Pendidikan Anak Usia Dini melakukan pengabdian di Kenagarian Tambang, Kecamatan IV Jurai, Kabupaten Pesisir Selatan, Provinsi Sumatera Barat.
Sebelumnya Tim KKN Kenagarian Tambang meminta izin dengan Wali Nagari Kenagarian Tambang (19/06), dan kami mendapat sambutan positif. “Kegiatan KKN ini sangat bagus sekali dilaksanakan di Nagari Tambang, karena ini merupakan salah satu bentuk pengabdian adik-adik mahasiswa langsung ke masyarakat, harapannya bisa membawa dampak bagi masyarakat melalui kegiatan yang adik-adik lakukan” Ujar Bapak Akbar Malik Mustafa, S.Kom, Wali Nagari Tambang. Setelah meminta izin kepada Wali Nagari Tambang kami memulai beberapa program kegiatan diantaranya melakukan pengecekkan suhu sebagai tindakkan awal melaksanakan protokol kesehatan dalam tindakkan pencegahan COVID-19 di era New Normal ini.
“Kegiatan pengecekkan suhu ini bukan saja dilakukan di area kantor wali nagari dan di jalan, tetapi sangat penting sekali juga dilakukan langsung terhadap PT Dempo Maju Cemerlang yang ada di Tambang ini, harus dilakukan pemeriksaan suhu terhadap karyawan yang bekerja disana” Ujar bapak Dayunis, kepala kampung Tambang mesin gergaji.
Kegiatan pemeriksaan suhu pekerja PT Dempo Maju Cemerlang selaku Pabrik Tambang yang ada di Kenagarian Tambang dengan berbagai karyawan yang berdomisili hampir di seluruh daerah yang ada di Indonesia ini kami laksanakan bersama bapak kepala kampung Tambang mesin gergaji  dihari ke 4 (22/06)  program kerja KKN kami.
“Karyawan kami yang dari kampung balik kesini setelah PSBB sudah melakukan rapid test, Alhamdulillah disini sehat semua” Ungkap bapak Suhendra Evrizal, Kepala Teknik Tambang.
Oleh karena itu, jika ingin mengetahui kegitan kami lainnya silahkan mengikuti instagram @kkn_unp_kenagariantambang_2020. Youtube: KKNUNPkenagarianTambang. Dan blog: KKNUNPkenagarianTambang.blogspot.com
 
Laporan oleh : Kurnia Safriani
dengan tema:
Pemeriksaan suhu karyawan PT Dempo Maju Cemerlang di Kenagarian Tambang  sebagai tindakkan awal pencegahan COVID-19 di era New Normal oleh Mahasiswa Universitas Negeri Padang sebagai salah satu program kerja Kuliah Kerja Nyata (KKN)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Pasca Bencana Angin Kencang, Kantor Wali Nagari Sungai Balantiak Belum Diperbaiki.

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,- Angin kencang yang terjadi beberapa hari yang lalu mengakibatkan rusaknya Kantor Walinagari Sungai Balantiak Kecamatan Akabiluru Kabupaten 50Kota. Sebagian atap kantor tersebut terbang dibawa angin dan salah satu gonjongnya patah.
- Advertisement -

Untuk Pertama Kali, School Of Randang Digelar di Kota Payakumbuh

Payakumbuh ,BeritaSumbar.com,— Agar dapat mengenalkan dan melestarikan kearifan lokal masakan tradisional ranah Minang dalam memasak Randang, Dinas Tenaga Kerja dan Industri melalui UPTD Sentra Randang kota Payakumbuh laksanakan kegiatan School of Randang yang berlangsung di dapur utama sentra rendang IKM kota Payakumbuh, Senin (12/4/2021).

Pariwisata Nagari Batu Taba Semakin Bersolek, Laksma TNI Angkasa Dipua Resmikan Mushalla Fii Sabilillah

Padang Panjang,BeritaSumbar.com,-Rangkaian kegiatan terpadu yang terdiri dari peresmian mushalla fii sabilillah, sunat masal, kegiatan bernuansa alek nagari berupa 'maarak galundi', makan bajamba, dan atraksi seni budaya lainnya telah berhasil dilaksanakan di Nagari Batu Taba Kecamatan Batipuh Selatan, Minggu (11/04).
- Advertisement -

Dipercaya Jadi Pengisi Soundtrack Film, Heniikun Bay Optimis Rilis Album Trilogy ke Dua

Eksistensi Heniikun Bay punya daya tarik tersendiri bagi para penikmat musik di Tanah Air pada saat ini. Kesuksesan grup musik asal Kota Yogyakarta tersebut merilis Extended Play (EP) album trilogy pertama Hexalogy Yakin Wae, membuat mereka optimis untuk meluncurkan album trilogy ke dua yang akan dirilis pada Senin 12 April 2021 di channel YouTube Prima Founder TV.

Untuk Tingkatkan Pelayanan, RSUD Sijunjung Tampung Kritik Dan Saran Masyarakat

Sijunjung, beritasumbar.com - Pada usia yang relatif muda keberadaan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sijunjung memerlukan perbaikan dan peningkatan dari semua sisi,  guna memberikan...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

LAZIS Caturbakti Sumatera Barat Luncurkan Launching Event di Ramadhan 1442 H

Gn.Pangilun-Padang, LAZIS Caturbakti Sumatera Barat mengadakan program Sebarkan Barokah Ramadhan (SABAR) perdana pada Jumat pertama Ramadhan 1442 H hari ini (16/4/2021), kegiatan berlangsung...

Luncurkan Program Lumbung Air Wakaf, Wako Payakumbuh Apresiasi ACT

Payakumbuh, beritasumbar.com - Aksi Cepat Tanggap (ACT) meluncurkan program Lumbung Air Wakaf di Halaman PT. Multi Rezeki Selaras, di Kelurahan Padang Data Tanah Mati, Kecamatan...

Untuk Tingkatkan Pelayanan, RSUD Sijunjung Tampung Kritik Dan Saran Masyarakat

Sijunjung, beritasumbar.com - Pada usia yang relatif muda keberadaan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sijunjung memerlukan perbaikan dan peningkatan dari semua sisi,  guna memberikan...

Ustadz Orange, Sampaikan Tausiah di Masjid Terapung Samudera Ilahi Carocok

Pesisir Selatan,BeritaSumbar.com,-Ustadz Narlis Nazar, yang dikenal dengan Ustadz Orange ini, memberikan Tausiah agama di Masjid Terapung Samudera Ilahi Carocok Painan, Kabupaten Pesisir Selatan Kamis (8/4).

Danlantamal II Teluk Bayur Siap Kerjasama Kembangkan Kampung Bahari Di Kawasan Mandeh

Pesisir Selatan,BeritaSumbar.com,-Komandan Pangkalan Utama TNI AL/II Padang, Laksamana Pertama TNI Hargianto, S.E.,M.M.,M.Si memastikan siap jalin kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, dalam hal pengembangan potensi budidaya ikan kerapu di kawasan objek wisata bahari Mandeh, Kecamatan Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan

Pesisir Selatan,BeritaSumbar.com,- Polres Pesisir Selatan mengadakan Survei Tata Kelola Eksternal Polres 2021 intuk mendorong perbaikan kinerja Kepolisian Republik Indonesia, khususnya di jajaran Polres Pesisir Selata. Penilaian Indeks Tata Kelola (ITK) tersebut bertempat di aula pertemuan Mapolres Pessel, Kamis (8/4/2021).

Polres Sijunjung Beri Penghargaan Untuk Personil-Masyarakat Yang Penanganan Tindak Kejahatan

Sijunjung, beritasumbar.com - Kapolres Sijunjung AKBP Andry Kurniawan SIK.M.Hum memberikan apresiasi berupa reward/penghargaan berupa sertifikat kepada enam orang masyarakat dan 29 personel polres setempat atas...

Mengintip Pemilihan Legislatif Tingkat Nagari Di Simpang Kapuak Dalam Kabupaten Lima Puluh Kota

Lima Puluh Kota, beritasumbar.com - Pada Rabu (7/4) puluhan warga Jorong Lobuah Tunggang Nagari Simpang Kapuak berbondong-bondong menuju bangunan Taman Kanak-kanak (TK) yang terletak...

Saat Rampungkam RPJMD, Bupati Minta OPD Sijunjung Himpun Data Ril Ke Lapangan

Sijunjung, beritasumbar.com - Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kabupaten Sijunjung diberi waktu selama dua minggu untuk turun ke lapangan dan menyusun langkah strategis untuk...

Polres Payakumbuh Amankan Tiga Tersangka Terduga Penggelapan Dana Koperasi

Payakumbuh, beritasumbar.com - Polres Payakumbuh, Sumatera Barat mengamankan tiga orang tersangka terduga penggelapan dana Koperasi Serba Usaha (KSU) Sutra Ketinggian Sarilamak, Kabupaten Limapuluh Kota. Kasat...
- Advertisement -