24 C
Padang
Minggu, Januari 17, 2021
Beritasumbar.com

Mahasiswa UNP Gelar Kegiatan Kuliah Kerja Nyata Di Kecamatan Tambang
M

Pesisir Selatan,BeritaSumbar.com,-Kondisi Indonesia bahkan dunia yang masih dilanda pendemi COVID-19 (Corova Virus Disease 2019) menjadi salah satu faktor penting yang harus menjadi perhatian seluruh masyarakat. Tetap waspada dan selalu memperhatikan protokol kesehatan COVID-19 adalah tindakkan yang tepat dalam menyikapi pendemi ini. Ditetapkannya era New Normal setelah pembatas sosial berskala besar (PSBB) adalah peraturan pemerintah yang wajib dilaksanakan oleh seluruh masyarakat Indonesia. Banyak perubahan sistem di dunia pendidikan, sosial-budaya dan pekerjaan lainnya. Salah satunya adalah sistem pendidikan berbasis daring yang diberlakukan oleh pendidikan di Indonesia pada saat sekarang pendemi ini.
Merujuk kepada Kebijakan Pemerintahan Republik Indonesia, melalui Dirjen Pendidikan Tinggi Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan menetapkan bahwa kebijakan proses belajar mengajar dilakukan secara daring. Menyikapi kebijakkan tersebut, Universitas Negeri Padang melaksanakan KKN secara daring yang dinamakan Program Kegiatan KKN Daring Covid-19 (KKN Daring COVID-19).
Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Universitas Negeri Padang sebelumnya pernah dilaksanakan sekitar 20 tahun yang lalu namun vakum dan dilaksanakan lagi pada tahun 2020 ini sebagai awal dari kevakuman yang cukup lama. “Kegiatan KKN tahun 2020 untuk mahasiswa angkatan tahun 2017 ini tercatat dalam sejarah Universitas Negeri Padang sebagai KKN yang dilakukan secara Daring” Ujar Bapak Prof. Ganefri, Ph.D. selaku Rektor Universitas Negeri Padang.
Kegiatan kuliah kerja nyata (KKN) yang biasanya dilakukan secara langsung sekarang dilakukan secara daring. Hal ini tidak menutup kemungkinan dalam pelaksanaannya harus terjun langsung ke masyarakat dengan syarat tetap mematuhi aturan pemerintah dan selalu memperhatikan protokol kesehatan COVID-19. Kegiatan KKN yang awalnya direncanakan di berbagai pelosok desa di Sumatera Barat dirubah menjadi kegiatan KKN yang dilaksanakan di kampung sendiri, melaksanakan di tempat mahasiswa berada sekarang.
Tim Kuliah Kerja Nyata Universitas Negeri Padang yang beranggotakan Kurnia Safriani dari Program Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam dan Nela Yunita dari Program Pendidikan Anak Usia Dini melakukan pengabdian di Kenagarian Tambang, Kecamatan IV Jurai, Kabupaten Pesisir Selatan, Provinsi Sumatera Barat.
Sebelumnya Tim KKN Kenagarian Tambang meminta izin dengan Wali Nagari Kenagarian Tambang (19/06), dan kami mendapat sambutan positif. “Kegiatan KKN ini sangat bagus sekali dilaksanakan di Nagari Tambang, karena ini merupakan salah satu bentuk pengabdian adik-adik mahasiswa langsung ke masyarakat, harapannya bisa membawa dampak bagi masyarakat melalui kegiatan yang adik-adik lakukan” Ujar Bapak Akbar Malik Mustafa, S.Kom, Wali Nagari Tambang. Setelah meminta izin kepada Wali Nagari Tambang kami memulai beberapa program kegiatan diantaranya melakukan pengecekkan suhu sebagai tindakkan awal melaksanakan protokol kesehatan dalam tindakkan pencegahan COVID-19 di era New Normal ini.
“Kegiatan pengecekkan suhu ini bukan saja dilakukan di area kantor wali nagari dan di jalan, tetapi sangat penting sekali juga dilakukan langsung terhadap PT Dempo Maju Cemerlang yang ada di Tambang ini, harus dilakukan pemeriksaan suhu terhadap karyawan yang bekerja disana” Ujar bapak Dayunis, kepala kampung Tambang mesin gergaji.
Kegiatan pemeriksaan suhu pekerja PT Dempo Maju Cemerlang selaku Pabrik Tambang yang ada di Kenagarian Tambang dengan berbagai karyawan yang berdomisili hampir di seluruh daerah yang ada di Indonesia ini kami laksanakan bersama bapak kepala kampung Tambang mesin gergaji  dihari ke 4 (22/06)  program kerja KKN kami.
“Karyawan kami yang dari kampung balik kesini setelah PSBB sudah melakukan rapid test, Alhamdulillah disini sehat semua” Ungkap bapak Suhendra Evrizal, Kepala Teknik Tambang.
Oleh karena itu, jika ingin mengetahui kegitan kami lainnya silahkan mengikuti instagram @kkn_unp_kenagariantambang_2020. Youtube: KKNUNPkenagarianTambang. Dan blog: KKNUNPkenagarianTambang.blogspot.com
 
Laporan oleh : Kurnia Safriani
dengan tema:
Pemeriksaan suhu karyawan PT Dempo Maju Cemerlang di Kenagarian Tambang  sebagai tindakkan awal pencegahan COVID-19 di era New Normal oleh Mahasiswa Universitas Negeri Padang sebagai salah satu program kerja Kuliah Kerja Nyata (KKN)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Tokoh Masyarakat Latina Duduk Semeja Dengan Riza Falepi, Bahas Pembangunan Kedepan

Wali Kota Riza Falepi didampingi Sekda Rida Ananda dan Camat David Bachri menjamu tokoh masyarakat Kecamatan Lamposi Tigo Nagori (Latina) di salah satu rumah makan di Payakumbuh, Senin (11/1) siang.
- Advertisement -

Irfendi Arbi Serahkan APD Bantuan Donatur

Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi menyerahkan bantuan mesin hand sprayer, cairan desinfektan, masker dan hand sanitizer serta vitamin bagi sekolah-sekolah, kantor wali nagari, kantor camat dan lainnya di Kecamatan Payakumbuh Kabupaten Limapuluh Kota. Ia berharap bantuan donatur yang disalurkan melalui forum peduli Sumatera Barat itu mampu mencegah penyebaran Covid-19 di daerah ini.

Tokoh Masyarakat Latina Duduk Semeja Dengan Riza Falepi, Bahas Pembangunan Kedepan

Wali Kota Riza Falepi didampingi Sekda Rida Ananda dan Camat David Bachri menjamu tokoh masyarakat Kecamatan Lamposi Tigo Nagori (Latina) di salah satu rumah makan di Payakumbuh, Senin (11/1) siang.
- Advertisement -

Melalui Disperkim, Pemko Payakumbuh Lanjutkan Program peningkatan Kualitas RTLH

Pemerintah Kota (Pemko) Payakumbuh melalui Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (Perkim) Kota Payakumbuh kembali lanjutkan program kegiatan bantuan swadaya peningkatan kualitas Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di Payakumbuh untuk tahun 2021.

LIMAPIA Gelar Diskusi Dan Bedah film Bersama HMI, XTC Dan Institut Petarung

Sabtu (9/1) Malam Minggu lingkaran mahasiswa Piaman (LIMAPIA) mengadakan diskusi dan bedah film bersama Kawan-kawan HMI, XTC, Institut petarung untuk mengembalikan budaya literasi di kalangan pemuda dan mahasiswa agar generasi penerus bangsa (Iron Box).
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Nofrijal Hidupkan Wisata Kuliner Lewat Gowes Wes Wes

Suasana pagi di Kota Padang dihidupkan oleh olahraga bersepeda yang dikenal dengan gowes. Saat ini komunitas bersepeda tumbuh bagaikan jamur di musim penghujan, dipicu pandemi Covid-19 yang tengah melanda Sumatera Barat dan Indonesia pada umumnya sejak Maret 2020 lalu.

Diduga Takut Lihat Polisi Patroli, Sopir L 300 Tinggalkan Mobil Bermuatan Kayu

Diduga takut saat melihat anggota Polsek Lengayang melakukan patroli wilayah, mobil L 300 warna bermuatan kayu diduga hasil Ilegal Logging ditinggal sopir ditengah jalan, di simpang Lubuak Bagalung, Nagari Lakitan Induk, Kecamatan Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan.

Polres Pessel Gelar Giat AYO PAKAI Masker

Anggota Satlantas Polres Pesisir Selatan memasang stiker bertuliskan " Ayo Pakai Masker", di kendaraan roda dua dan roda empat, yang melintas di kota Painan, Jum'at (15/1). Selain stiker, juga dibagikan masker pada warga, juga pengendara di wilayah Hukum Polres Pessel, Jum'at (15/1).

BPC. HIPMI Pessel Periode 2021 – 2024 dilantik

Para pengusaha muda di Kabupaten Pesisir Selatan diajak untuk lebih bersatu lagi dalam suatu wadah atau organisasi. Ini diperlukan untuk lebih memproteksi para pengusaha muda hingga meningkatkan kompetensinya.

Ribuan Guru Di Payakumbuh Telah Ikuti Rapid Tes

Payakumbuh, beritasumbar.com - Ribuan guru di Kota Payakumbuh mengikuti rapid tes antibodi untuk mengantisipasi penyebaran virus corona disease 2019 (Covid-19) di sekolah. "Sekarang proses belajar...

Payakumbuh Minta Guru Beri Contoh Pada Siswa Dalam Mematuhi Protokol Kesehatan

Payakumbuh, beritasumbar.com -Kepala Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh Bakhrizal memaparkan perihal pembelajaran tatap muka yang telah dilaksanakan, beberapa catatan atau evaluasi yang didapatkan oleh tim gugus...

Hadapi Pemberian Vaksin, Payakumbuh Siapkan 49 Vaksinator

Payakumbuh, beritasumbar.com - Menghadap pemberian vaksin, Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat meyiapkan 49 tenaga vaksin. Petugas tersebut yang akan memberikan vaksin...

Turun Tinjau Lokasi Banjir Dan Longsor, Kapolres Pessel Serahkan Bantuan

Kapolres Pesisir Selatan AKBP. Sri Wibowo, S.Ik turun menuju lokasi longsor di Kampung Langgai, Nagari Ganting Mudiak Utara Surantih, Kecamatan Sutera, Kabupaten Pesisir Selatan. Lokasi longsor ini ada sekitar 35 km dari jalan nasional yang melintasi kabupaten ini.

Bupati Pessel Serahkan Bantuan 8 Ton Beras

Walaupun sedang hari libur, Bupati Pesisir Selatan Hendrajoni tetap melaksanakan tugas nya sebagai kepala daerah, kali ini Sabtu (9/1/2021) turun ke kampung Akad, Koto Tangah, Kecamatan Lengayang, Kabupaten Pesisir Selatan menyerahkan bantuan sembako pada warga terkena dampak banjir.

Padang Panjang Siap Laksanakan Belajar Tatap Muka

Padang Panjang, beritasumbar.com- Wakil Walikota Padang Panjang  Asrul menyatakan daerah tersebut siap menjalankan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) yang akan dimulai Senin, 11 Januari. "Kami meninjau...
- Advertisement -