26 C
Padang
Jumat, Juni 21, 2024
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Mahasiswa KKN UNAND 2023 Sosialisasikan Ilmu Fisika Lewat Proyek Roket Air di MTs N 6 Tanjung Bonai Aur
M

Kategori -
- Advertisement -

Sijunjung,BeritaSumbar.com,- Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Andalas (UNAND) tahun 2023 telah sukses menyelenggarakan program kerja KKN dengan mengajak siswa kelas 7 di MTs Negeri 6 Tanjung Bonai Aur dalam pembelajaran ilmu fisika. Program yang digelar pada tanggal 1 Agustus ini fokus pada materi hukum Newton, momentum, gravitasi, dan aplikasinya dalam pembuatan roket air.

Dalam upaya meningkatkan pemahaman dan minat siswa terhadap ilmu fisika, mahasiswa KKN UNAND dengan penuh semangat menyajikan materi-materi fisika secara interaktif dan aplikatif. Mereka membagi siswa menjadi kelompok kecil untuk menerapkan konsep-konsep fisika yang diajarkan.

Kegiatan dimulai dengan pemaparan hukum Newton, di mana siswa diajak untuk memahami prinsip dasar gerak benda dan interaksi antara gaya dan massa. Selanjutnya, materi tentang momentum mengajarkan siswa tentang hubungan antara massa dan kecepatan suatu benda, serta dampaknya terhadap gerak.

Puncak acara adalah pembelajaran tentang gravitasi dan aplikasinya dalam pembuatan roket air. Mahasiswa KKN UNAND membantu siswa merancang dan membangun roket air sederhana yang mampu meluncur tinggi dengan menggunakan prinsip gravitasi dan hukum Newton. Selain mendemonstrasikan prinsip-prinsip fisika dalam aksi nyata, kegiatan ini juga memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengembangkan kreativitas dan kemampuan bekerja dalam tim.

“Kami sangat antusias melibatkan siswa dalam pembelajaran fisika melalui kegiatan yang menarik dan praktis seperti ini. Tujuan kami adalah membuat ilmu fisika lebih mudah dipahami dan menginspirasi minat siswa terhadap sains,” ujar Hafizha Fitri Annisa, salah satu mahasiswa KKN UNAND.

Dengan suksesnya program ini, mahasiswa KKN UNAND berhasil menjembatani pemahaman siswa mengenai ilmu fisika secara lebih nyata dan menginspirasi mereka untuk lebih tertarik dalam belajar sains. Semangat kolaborasi antara perguruan tinggi dan sekolah diharapkan dapat terus tumbuh demi perkembangan pendidikan yang lebih baik di masa depan.

Oleh: Tim KKN Unand 2023 Nagari Tanjung Bonai Aur dengan DPL Dr. Dedi Mardiansyah

DOKUMENTASI

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img