27 C
Padang
Kamis, Oktober 28, 2021
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Lomba Tahfizh, Azan dan Shalat Jenazah di SMPN 1 Patamuan memperebutkan Piala Bupati Padang Pariaman 
L

- Advertisement -

Padang Pariaman, beritasumbar.com,-Kegiatan lomba seperti ini sangat baik diadakan pada anak-anak didik, karena dengan lomba akan menanamkan rasa cinta pada Al Quran sejak dini. Hal itu dikatakan oleh Koordinator Pengawas Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) Kabupaten Padang Pariaman, Anasrul, S. Pd, MM saat membuka acara lomba tahfizh, azan, dan shalat jenazah di SMPN 1 Patamuan, Sabtu (28/4) di halaman sekolah itu .
Dia menjelaskan, sekarang ini untuk menshalatkan jenazah sudah mulai punah, artinya setiap ada pelaksanaan shalat jenazah hanya dilakukan oleh beberapa orang saja. “Tentu dengan adanya kegiatan lomba bisa membangkitkan generasi yang bisa menshalatkan jenazah, kalau seorang ayah atau ibu yang meninggal tentu lebih baik anaknya gak menjadi imam shalat jenazah,” terang Anasrul.
Kegiatan lomba seperti ini katanya, jarang sekolah yang mengadakan, dengan kegiatan ini akan menambah motivasi kawan-kawan di kecamatan lain untuk membuat lomba seperti ini. “Apalagi sekarang masih banyak anak-anak yang belum lancar membaca Al quran.” Sekarang ini setiap orang yang mau nikah harus bisa membaca quran, tentu harus dimulai belajar dengan mengadakan lomba ini, dengan kegiatan lomba juga akan mengurangi kenakalan remaja, ” katanya.
Kepala Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Patamuan, Alizar mengatakan, acara ini permintaan rekan-rekan guru dan ini adalah yang pertama diadakan, tentu kita semua berharap bisa tetap berlanjut, serta untuk meningkatkan ketakwaan anak-anak, agar lahir anak-anak ahli tahfizh quran. “Kegiatan lomba ini berkat kerja sama bersama majelis guru, dengan itu dilakukan kegiatan lomba tahfizh, azan dan shalat jenazah,” katanya.
Dan ditambah lagi lomba azan subuh, karena bisa membangkitkan masyarakat untuk bisa shalat berjamaah, dan lomba bisa diadakan untuk tingkat kabupaten bahkan untuk provinsi. “Dengan adanya dukungan dari semua kawan-kawan, tentu kita berharap bisa dilaksanakan setiap tahun, karena bisa menanamkan rasa cinta Al Quran serta bisa azan subuh di lingkungan masing-masing,” pinta Alizar.
Meski disekolah ini sekolah ini hanya ada guru agama yang honor, tapi bisa mengadakan lomba seperti ini, tentu ini sesuatu yang luar biasa. “Untuk itu kita juga berharap kepada dinas terkait untuk bisa memberikan guru agama yang PNS, kalau tidak ada tentu ini masalah juga bagi kami, karena semua guru agama yang honor sangat memiliki kualitas yang bagus, buktinya bisa mengadakan lomba yang luar biasa dengan peserta yang banyak memperebutkan piala Bupati Padang Pariaman, ” katanya.
Sementara itu, panitia pelaksana lomba, Kambarulah menyebutkan, acara pada lomba ini adalah :
lomba tahfizh, azan, dan shalat jenazah tingkat SMPN di rayon VII Koto Sungai Sariak, ditambah SMPN 1V Koto Timur serta ditambah 15 Sekolah Dasar Negeri (SDN) se Kecamatan Patamuan. “Kegiatan ini terlaksana berkat kerja sama antar kepala sekolah dan guru, dan kepala sekolah sangat merespon kegiatan yang diusulkan, kegiatan ini bertema membentuk generasi cinta al quran dan berakhlak mulia,” ujarnya.
Ketua Komite SMPN 1 Patamuan, Mulyadi sangat apresiasi terhadap kegiatan ini, dan ini adalah kegiatan perdana semenjak sekolah ini berdiri, dan kita salut kepada kepala sekolah beserta majelis guru, karena dalam waktu satu minggu bisa melaksanakan kegiatan. “Semoga kegiatan ini bisa berlanjut untuk kedepannya, serta sekolah ini menjadi pioner di kabupaten ini. Dan di kecamatan ini akan dibuat rumah tahfizh, dengan telah diadakan lomba tahfizh di sekolah ini tentu sejalan dengan ide yang telah kami cetuskan,” kata Edi Batak sapaan akrab Mulyadi ini.
Camat Patamuan yang diwakili oleh Kasi Trantib, Azas Budi mengatakan, kegiatan ini sangat bagus sekali diadakan dalam mengurangi kenakalan remaja, karena sekarang ini sangat banyak anak-anak yang terjerumus ke pergaulan bebas. Acara ini juga dihadiri oleh Koordinator Wilayah Satuan Pendidikan Kecamatan Patamuan, Syamsul Bahri, Kepala SMPN se Rayon VII Koto Sungai Sariak, Kepala SDN se Kecamatan Patamuan serta tamu undangan lainnya. (bb)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img