27.9 C
Padang
Senin, Agustus 2, 2021
Beritasumbar.com

LK3 Padang Pariaman Ajak Pelajar SMP dan SMA Jauhi Perilaku Menyimpang
L

Padang Pariaman, beritasumbar.com,-Sesuai dengan perkembangan zaman, kini makin banyaknya perilaku menyimpang dan masalah yang dihadapi remaja pelajar. Untuk itu, jangan sampai remaja terjerumus dalam perilaku menyimpang tersebut. Demikian diungkapkan Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P3A) Padang Pariaman diwakili Sekretaris Dinas Sosial P3A Amril Ali, Rabu (23/10), pada pembukaan sosialisasi penyegahan perilaku menyimpang yang diselenggarakan Lembaga Konsultasi Kesejahteraan Keluarga (LK3) Saiyo Sakato Padang Pariaman, di kantor Camat Sungai Geringging, Kabupaten Padang Pariaman.

Hadir Kasi Identifikasi dan Penguatan Kapasitas Dinas Sosial P3 Dedy Andhika, Camat Sungai Geringging Kecil Ardinata. Sosialisasi dihadiri pelajar SMP, SMA, MTsN, guru, walinagari di Kecamatan Sungai Geringging.

Menurut Amril, maraknya perlakuan menyimpang saat ini terutama dikalangan remaja. Seperti anak berhadapan dengan hukum, korban narkoba dan tidak tertutup kemungkinan perilaku menyimpang remaja seperti anak berhadapan hukum, korban narkotika dan LGBT.

“LK3 sebagai lembaga konsultasi keluarga, dapat dijadikan sebagai tempat berkonsultasi bagi remaja yang tengah menghadapi masalah. Sehingga masalah remaja tersebut dapat dicarikan solusinya,” kata Amril.

Dikatakan, perilaku menyimpang seksual seperti kasus pencabulan dan perkosaan, cukup tinggi di Padang Pariaman. Bahkan ada anak umur 5 tahun yang sudah dinodai. “Hal ini perlu kerjasama semua pihak untuk mencegah terjadinya perilaku menyimpang tersebut. Peran pihak nagari, kecamatan, ninik mamak, dan tokoh masyarakat sangat penting,” kata Amril.

Sekretaris LK3 Padang Pariaman Armaidi Tanjung yang tampil sebagai pemateri mengatakan, sebagian kondisi remaja saat ini sangat memprihatinkan. Mereka terlibat tawuran di kalangan pelajar, pergaulan bebas, perkosaan, penyalahgunaan narkoba, menyontek, mabuk-mabukan, bolos dari sekolah, anak berhadapan dengan hukum, candu game dan ketergantungan android.

“Fungsi sosial yang utama remaja adalah belajar. Sehingga remaja harus menjauhi perilaku yang menjadi masalah sosial remaja tersebut. Remaja yang sedang belajar di tingkat SMP dan SMA/SMK merupakan tunas-tunas bangsa yang menjadi masa depan bangsa, negara dan agama. Remaja harus mempersiapkan diri menghadapi masa depan yang penuh dengan persaingan global. Remaja rentan sekali mengalami masalah psikososial, yakni masalah psikis atau kejiwaan yang timbul sebagai akibat terjadinya perubahan sosial,” kata Armaidi.

Dikatakan Armaidi, solusi yang harus dilakukan remaja dalam menghadapi masalah sosial remata tersebut antara lain serius belajar, katakan tidak kalau diajak teman, jangan mencoba, walaupun sekalipun, fokus beraktifitas positif, jangan berlebihan dan perkuat iman, rajin beribadah.

Narasumber lain, Pekerja Sosial LK3 Padang Pariaman Fatma Yetti Kahar menyebutkan, banyaknya terjadi kasus pelecehan seksual dan pencabulan terhadap anak-anak yang dilakukan oleh orang-orang terdekatnya. Seperti ayah, ayah tiri, paman, pacar atau tetangga. Hal ini tidak saja memprihatinkan, tapi perlu kewaspadaan terhadap anak perempuan dari “ancaman” orang-orang terdekatnya.

“Kita tidak menuduh dan terlalu curiga, namun tetap waspada. Anak perempuan yang tinggal serumah dengan laki-laki, ketika tidur perlu memperhatikan agar tetap menjaga dirinya. Misalnya, kalau tidur jangan pakai rok saja. Tapi pakai celana lebih panjang sehingga sulit bagi seseorang berniat tidak baik pada dirinya,” kata Fatma yang akrab disapa Teta Sabar ini. (bus/rel)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Unit Pemberantasan Pungli Kota Payakumbuh laksanakan Sosialisasi Pencegahan Pungli dan Gratifikasi bagi ASN dan Penyedia/Rekanan

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,-Dalam rangka pelaksanaan kegiatan Unit Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar Kota Payakumbuh mengadakan sosialisasi pencegahan pungli dan gratifikasi dalam pengadaan barang dan jasa bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) serta bagi penyedia/rekanan yang bekerjasama dengan Instansi di Pemerintah Kota Payakumbuh yang digelar di Aula Ngalau Indah lantai 3 Kantor Wali Kota Payakumbuh, Rabu(28/7).
- Advertisement -

Qori Lestari Semangati Masyarakat Jalani PPKM Lewat Rilis Lagu Jangan Menyerah

Penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) membuat Qori Lestari tersentuh dan terinspirasi menulis lagu Jangan Menyerah. Dokter cantik asal Kota Bandung tersebut ingin menyemangati masyarakat Indonesia dalam menjalaninya.

MTsN 5 Padang Pariaman Gelar Kegiatan Madrasah Berbagi di Momen Idul Adha.

Padang Pariaman, beritasumbar.com,- "Bahagia itu bersama, bukan sendiri. Senang itu bersama, bukan sendiri. Bahagia itu sesungguhnya sederhana, ketika digapai bersama". Itulah ungkapan yang terucap, oleh Dra. Lismaini Amir, M.Si. Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 5 Padang Pariaman, ketika disambangi awak media di ruang kerjanya usai penyerahan bantuan paket sembako kepada beberapa murid-muridnya.
- Advertisement -

Turnamen Hercules Cup II Digelar

Sijunjung, Berita Sumbar--Sebanyak 16 ( Enam Belas) Club bola berlaga pada turnamen Hercules Cup ll Tanjung Ampalu, kecamatan Koto Vll Kabupaten Sijunjung, pertandingan perdana di mulai pada Minggu (25/7) dilapangan bola kaki Tuna Karya Tanjung Ampalu.

Kakankemenag Padang Panjang Saksikan Penandatangan Kontrak Pembangunan Gedung Kelas Baru MTsN Kota Padang Panjang

Padang Panjang, BeritaSumbar.com,_Kakankemnag Kota Padang Panjang H. Gusman Piliang menyaksikan Penandatangan Kontrak Pembangunan Gedung Kelas Baru MTsN Kota Padang Panjang oleh Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dengan Direktur Pelaksana Pekerjaan Proyek dan Konsultan Pengawas di Mushalla Kampus II MTsN Kota Padang Panjang di Jalan A. Yani Kelurahan Ngalau, Kecamatan Padang Panjang Timur, Kota Padang Panjang, Senin, (26/07/2021)
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Jadi Lokus Studi Tiru, GTP UIakan Kembali Dikunjungi Pokdarwis se Kabupaten Sijunjung.

Padang Pariaman, beritasumbar.com.,-Nagari Ulakan melalui potensi kawasan Ekowisata dan Edukasi Green Talao Park (GTP) yang dimiliki, kembali menjadi pusat perhatian. Hal itu dibuktikan, dengan adanya kunjungan Studi Tiru ke destinasi wisata ini, yang digagas oleh Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Barat. Dalam kesempatan kali ini, Dinas Pariwisata Provinsi selaku penyelenggara Pelatihan Sadar Wisata di Kabupaten Sijunjung memboyong seluruh peserta untuk melakukan Studi Tiru ke kawasan Ekowisata dan Edukasi Green Talao Park di Nagari Ulakan Kecamatan Ulakan Tapakih Kabupaten Padang, pada Selasa (27/7).

Paket Tender Solok Selatan Rp299,2 juta Tanpa Ada Penawar

Padang Aro, beritasumbar.com - Satu paket tender di Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat dengan Pagu dan Rp299,2 juta dinyatakan gagal karena tidak ada penawaran...

Pemerintah Kecamatan Ulakan Tapakih Gelar Rakor Bersama Tungku Tigo Sajarangan.

Padang Pariaman, beritasumbar.com,-Dalam pelaksanaan tugas-tugas Pemerintahan dan menjalin komunikasi dengan seluruh elemen masyarakat, Pemerintah Kecamatan Ulakan Tapakih Kabupaten Padang Pariaman menggelar Rapat Koordinasi dengan Tungku Tigo Sajarangan. Pertemuan tersebut dilaksanakan pada Senin (19/7) bertempat di aula Kantor Camat setempat.

Camat Ultap Apresiasi Nagari Sungai Gimba Ulakan, Berhasil Salurkan BLT DD Tepat Waktu.

Padang Pariaman, beritasumbar.com,- Disaat kondisi pandemi Covid-19 yang masih belum terkendali, dan Kabupaten Padang Pariaman belum keluar dari zona merah, Nagari Sungai Gimba Ulakan telah berhasil salurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD) tahun 2021 selama enam bulan terakhir tepat waktu.

Besok, Belajar Tatap Muka Akan Dimulai Di Kabupaten Sijunjung

Sijunjung,  - Kegiatan proses belajar mengajar tatap muka di Kabupaten Sijunjung akan dimulai pada Senin (12/7), akan tetapi belajar tatap muka akan dilangsungkan 50...

Audiensi Dengan Kepala Sekolah, DPRD Sijunjung Tampung Aspirasi Masalah Pendidikan

Sijunjung, beritasumbar.com - Banyak aspirasi dan permasalahan di dunia pendidikan yang belum terwujud selama ini, maka Kepala Sekolah Paud/TK, SD, dan SLTP se-Kecamatan Koto Vll...

Disdukcapil Lima Puluh Kota Imbau Masyarakat Proaktif Urus Administrasi Kependudukan

Sarilamak, beritasumbar.com - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Lima Puluh Kota mengimbau masyarakat setempat agar proaktif mengurus administrasi kependudukan. Kadis Dukcapil Kabupaten Lima...

Setelah Buron, Pelaku Pengeroyokan Berhasil Diringkus Polisi

Padang Pariaman, beritasumbar.com - Setelah sempat buron alias melarikan diri selama hampir empat bulan, akhirnya salah satu pelaku pengeroyokan korban tewas akibat teriakan maling...

Tim Terpadu Lakukan Pengawasan Perizinan Tambak di Pesisir Pantai Padang Pariaman.

Padang Pariaman, beritasumbar.com,- Untuk meningkatkan investasi dan kemudahan berusaha dalam mendukung pertumbuhan ekonomi, serta mendorong peran serta masyarakat dan sektor swasta dalam pembangunan di daerah. Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman melalui Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu dan Perindustrian (DPMPTP) melakukan pembinaan dan pengawasan terhadap usaha tambak udang, yang semakin banyak bermunculan di pesisir pantai daerah itu.

Buka Akses Unggan-Pamusian, Jarak Kabupaten Sijunjung-Tanah Datar Bisa Dipangkas

Sijunjung, beritasumbar.com - Dalam waktu dekat ini diperkirakan, hubungan Kabupaten Sijunjung dengan Kabupaten Tanah Datar lewat jalur Unggan ke Pamusian akan terhubung. Perbatasan kedua daerah yang...
- Advertisement -