23 C
Padang
Rabu, Oktober 20, 2021
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Lima Orang Calon Panwascam Tak Hadir Ujian Tulis
L

Kategori -
- Advertisement -

Agam, Sumbar – Sebanyak lima dari 181 calon anggota Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) di Kabupaten Agam, Sumatera Barat, tidak hadir saat ujian tulis, Jumat (19/6).

Ketua Panwaslu Kabupaten Agam, Elvis di Lubuk Basung, Sabtu, mengatakan, ini berdasarkan absen kehadiran saat mereka mengikuti ujian tulis di aula Kantor Camat Lubuk Basung, UDKP Banuhampu dan kantor camat Ampek Angkek.

“Ini data yang saya peroleh dari petugas pengawas ujian tulis dan kita tidak mengetahui penyebab mereka tidak hadir,” katanya.

Ia menambahkan, ujian di aula kantor camat Lubuk Basung untuk calon anggota Panwascam dari Kecamatan Tanjung Raya, Tanjung Mutiara, Palembayan, Ampek Nagari dan Lubuk Basung dengan jumlah sebanyak 60 orang dan hadir sebanyak 58.

Lalu ujian di UDK Banuhampu meliputi Kecamatan Ampek Koto, Banuhampu, Malalak, Sungai Pua dan Malalak sebanyak 53 orang dan hadir sebanyak 52 orang.

Sedangkan ujian di aula kantor camat Ampek Angkek meliputi Kecamatan Baso, Tilatang Kamang, Palupuh, Canduang dan Kamang Magek dengan jumlah sebanyak 68 orang dan hadir sebanyak 66 orang.

“Hasil ujian tulis ini akan diumumkan pada Senin (22/6), untuk mencari empat sampai enam calon Panwascam setiap kecamatan,” katanya.

Pada Rabu (24/6), dilanjutkan wawancara dan lokasi belum ditentukan oleh Panwaslu Agam.

Pendaftaran anggota Panwascam pada 2 sampai 8 Juni 2015. Namun sampai jadwal penutupan pada Senin (8/6), dua dari 16 kecamatan di Agam belum memenuhi kuota, sehingga diperpanjang dari 9 sampai 11 Juni 2015.

“Ini sesuai Undang-undang No 15 tahun 2011 tentang penyelenggara pemilu,” katanya.

Dari hasil perpanjangan jadwal tersebut, sebanyak 184 orang yang memasukkan berkas pendaftaran. Setelah dilakukan seleksi adminitrasi, hanya 181 berkas yang memenuhi syarat dan tiga berkas tidak memenuhi syarat.

(Ant/Oleh Agung Pambudi)
- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img