25.6 C
Padang
Tuesday, October 20, 2020

Payakumbuh Minta Provinsi Sumbar Perhatikan RPH yang Belum Juga Beroperasi

Padang – Pemerintah Kota Payakumbuh mengimbau pemerintah provinsi (Pemprov) Sumatera Barat (Sumbar) perhatikan keberadaan Rumah Potong Hewan (RPH) sehingga dapat dengan segera dioperasikan, pasalnya hingga saat ini RPH Modern tersebut masih belum digunakan.

Wakil Wali Kota Payakumbuh, Swandel Muchtar, pada kesempatan dengar pendapat dengan anggota DPRD Sumbar di Payakumbuh, Sabtu, menyebutkan RPH tersebut dibangun tahun 2010 hingga selesai tahun 2012 lalu, dan sampai sekarang semua peralatan dan sarana prasana pada RPH belum bisa dioperasikan.

“Kami berharap dukungan dari provinsi. Sehingga persoalan ini selesai dan RPH dapat dioperasikan, ” ucapnya.
Ia menyebutkan, RPH Modern Payakumbuh belum beroperasi dikarenakan belum adanya teknisi yang akan memasang alat-alat pada RPH tersebut.

Tambahnya, teknisi tersebut didatangkan dari Spanyol, dan hingga saat ini pihak Spanyol belum meberikan kepastian yang jelas.

“Kita kecewa dengan teknisi dari Spanyol dalam menjalankan pekerjaan yang jadi bagian tanggung jawab mereka. Kondisi ini tentu akan merugikan Sumbar, jadi kita berharap provinsi dapat memberikan pehatian khusus untuk ini,” imbuhnya.

Ia menjelaskan, pemasangan alat pemotongan hewan itu pernah gagal dilakukan, karena struktur bangunan tidak sesuai secara teknis dengan kebutuhan alat yang akan dipasang, namun Dinas Peternakan Provinsi Sumbar yang mengelola RPH tersebut telah melakukan perbaikan.

“RPH sekarang berada di bawah pengelolaan Dinas Peternakan Provinsi. Namun informasi yang kita terima di Payakumbuh, RPH itu segera bisa dimanfaatkan setelah alat potongnya dipasang,” kata dia.

Melihat kondisi tersebut ia mengharapkan, ada solusi yang jelas bagi RPH itu ke depanya sehingga RPH tersebut bisa beroperasi secepatnya, karena diyakini akan memberikan kontribusi positif terhadap kesejahteraan masyarakat di Payakumbuh.

Sementara itu, anggota Komisi II DPRD Sumbar bidang ekonomi, Sabrana mengatakan, dalam waktu dekat diharapkan ada kepastian dari pihak Spanyol sehingga persoalan ini bisa terselesaikan.

“Mudah-mudahan ada keputusan dari teknisi Spanyol sehingga ini dapat difungsikan dengan segera, jika tidak, kita akan ambil tindakan tegas, sebutnya.

Ia mengatakan, pihaknya tidak mau lagi menunggu lama guna penyelesaian masalah ini. Pihak teknisi asing itu akan terus didesak segara menunaikan kewajibannya.

Untuk ini, kata dia, tenisi dari Spanyol akan diberi satu kesempatan lagi untuk menyelesaikan kewajiban selambat-lambatnya hingga Juli 2015 sekarang.

“Kalau sampai Juli mereka tetap tak mampu melaksanakan kewajiban, kontrak yang diperpanjang tadi akan kami putus,” tegasnya.

(Ant/Oleh Agung Pambudi)
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Serap Aspirasi, Alirman Sori Temui Konstituen dan Sahabat di Pessel

Pesisir Selatan,- Senator Dr. H. Alirman Sori memanfaatkan masa reses untuk menemui Konstituen dan sahabat Also kampung halaman Kabupaten Pesisir Selatan. Selasa (13/10)...

Bawaslu Sijunjung Gelar Rakor Pengawasan Partisipatif

Sijunjung, Berita Sumbar--Ketua Bawaslu Kabupaten Sijunjung Hustrial Tatul, mohon maaf kepada Kepala OPD dan ASN Ranah Lansek Manih, yang berani main api,...

Rival Pribadi Didapuk Memegang Komando Tim Kemenangan Darma-Tani

Tanah Datar,- Struktur dan formatur Tim Pemenangan Darma-Tani yang akan menjadi ujung tombak memenangkan duet Zuldafri Darma - Sultani di pilkada tahun...

P3S Gelar Webinar Dengan Tema “Masa Depan Penyiaran Analog (Konvensional) di Indonesia”

Topik menarik seputar kontroversi antara penyiaran analog dan digital akan dibedah dalam webinar Political and Public Policy Studies (P3S) dan esensinews.com yang...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Keripik Karamunting Cemilan Kaya Antioksidan

Padang,- Pandemi Covid-19 tak hanya menghentikan kegiatan perkuliahan mahasiswa secara tatap muka di kampus. Pandemi ini juga memaksa program kreativitas mahasiswa (PKM)...

Polling Pilkada Kota Bukittinggi 2020

Mari semangati calon Walikota - Wakil Walikota Bukittinggi pilihan pembaca dengan klik dukungan di polling di bawah ini.

Polling Pilgub Sumbar 2020

Mari dukung dan semangati kandidat calon Gubernur Sumbar di Pilkada serentak 2020 pilihan pembaca dengan klik polling berikut ini.

Sabar AS, Kearifan Lokal Harus Terus Dijaga

Pasaman,-Bakal calon Wakil Bupati Pasaman SABAR AS beserta rombongan hadiri tradisi buka ikan larangan di Jorong 5 Pertemuan Pasaman, Minggu, 30/8/2020
- Advertisement -