26 C
Padang
Minggu, Juli 25, 2021
Beritasumbar.com

Liko SC Kurang Puas dengan Hasil Buruannya
L

Kategori -

Payakumbuh, BeritaSumbar.com,- Menindaklanjuti keluhan petani RW III Talawi Kelurahan Ompang Tanah Sirah (OTS) Kecamatan Payakumbuh Utara, akan mewabahnya hama tupai yang merusak tanaman petani, Lurah OTS, Majri sengaja mengundang Lima Puluh Kota Shooting Club (Liko SC) untuk ikut mengendalikan hama tersebut.

Sekira pukul 06.00 WIB di halaman SDN 47 Payakumbuh, Minggu (28/02/2021) dilangsungkan prosesi melepas Tim Liko SC dibawah komando Maizul Chatib untuk melaksanakan hobi menembak tupai bersama puluhan penembak tupai.

Dalam sambutan singkatnya Lurah Majri yang didampingi Ketua RT III, IV dan V kelurahan OTS menyampaikan selamat datang dan selamat menjalankan misi.

“Terima kasih, semoga pertemuan ini menjadi awal silaturahim antara warga OTS dengan komunitas Liko SC, walau kegiatan ini sudah dimulai 2 tahun lalu. Pengendalian hama tupai hari merupakan kali yang ketiga dilakukan oleh Liko SC. Semoga dengan kegiatan ini bisa membantu dan meringankan masalah hama tupai yang dikeluhkan warga. Semoga sukses,”sambut Lurah Majri, diamini salah seorang Kasi yang ikut mendampinginya.

Apresiasi juga disampaikan Bhabinkantibmas Polres Payakumbuh, Tommy yang ikut mendampingi kegiatan pagi itu.

“Saya ingatkan agar kita berhati-hati dalam mempergunakan senjata. Jangan sampai niat baik kita, berujung duka. Selamat bertugas dan tetap hati-hati,”pesan Tommy.

Gayung bersambut, Ketua Liko SC Maizur Chatib mengucapkan terima kasih atas kepercayaan warga OTS terhadap Liko SC dalam pengendalian hama tupai.

Terima kasih atas kepercayaan warga kepada Kami Liko SC, Kami akan berupaya maksimal. Semoga mendapatkan hasil buruan yang maksimal,”sahut Maizur Chatib

Pengendalian hama tupai diawali dengan doa yang dipimpin Korlap Rinaldi. Jelang perburuan Rinaldi mengingatkan rekannya agar mematuhi peraturan organisasi dalam melakukan perburuan tupai. Rinaldi juga mengingatkan rekannya terhadap apa yang dilarang dalam perburuan, yakni menembak burung, musang dan biawak. Karena saat ini hewan tersebut sudah menjadi peliharaan komunitas.

Sesuai draft permintaan warga, perburuan hama tupai dibagi menjadi 4 grup. Setiap gruop didampingi 2 orang warga sebagai penunjuk jalan.

Memasuki semak, masuk kebun keluar kebun pun dilakukan tim Liko SC guna pengendalian hama tupai di kelurahan OTS, terkhusus di 5 RT yang ada di RW III Talawi.

Sementara, kaum ibu PKK tampak sibuk menyiapkan jeddah, kopi dan makan siang untuk disantap bersama usai perburuan. Kaum ibu sibuk memasak nasi di pondok H. Win, sementara sebagian lain sibuk membuat samba kampuang, goreng jariang jo ikan asin, sayur pucuk ubi dan samba lado. Sebagian lain sibuk menyusun daun pisang di gang manggis sebagai lokasi tempat makan siang.

Setelah melakukan perburuan sekitar 3 jam, Tim Liko SC berkumpul di Seberang Torok sebagai posko terakhir. Para penembak memfokuskan kegiatannya di lokasi terakhir ini.

Dari perburuan Minggu pagi tersebut, tim Liko SC berhasil memusnahkan 119 ekor tupai sebagai bukti nyata kinerja kepada warga yang mengundang tim. Namun, menurut Rinaldi (Korlap Liko SC) tim Liko SC masih kurang puas dengan hasil buruannya yang menurun 30% dari 2 tahun lalu. Namun begitulah kenyataannya.

“kami sudah berusaha, baru ini hasilnya dan cuaca mulai panas. Tupai mulai tak keluar sarang. Banyak tupai yang sudah tertembak, namun mayatnya tidak dapat kami temukan. Tersangkut di pohon kelapa dan semak berduri. Menurut kami, kerusakan pada tanaman warga bukan oleh tupai, tapi hama tikus. Pengendaliannya berbeda. Ini juga sebagai bukti hama tupai mulai berkurang di Talawi,”lapornya Rinaldi kepada Lurah OTS.

“Penyambung lidah warga, Kami mengucapkan terima kasih kepada Liko SC, yang telah melakukan pengendalian hama tupai di OTS. Semoga hasil pertanian warga meningkat. Kiranya, silaturahim ini terus terjaga. Insyaallah, 2 tahun kedepannya kita ulangi lagi pengendalian. Kiranya kerjasama ini tetap berjalan baik. Terima kasih,”ucap Lurah Majri.

“Sama-sama, Pak Lurah. Kami juga sangat tersanjung. Setiap kali kami diundang membasmi hama tupai disini, kami selalu dijamu. Inilah sebuah keistimewaan bagi kami. Semoga menjadi amal ibadah, dan pertanian warga meningkat. Aamiin,”balas Rinaldi.

Usai makan siang bersama, tim Liko SC mohon pamit, dan dilepas langsung Lurah OTS bersama warga. Pada momen bersamaan Lurah OTS juga mengikuti gotong royong di Surau Ambacang dan mushalla yang ada di RW III Talawi Kelurahan OTS.(WU/rel)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Padang Panjang PPKM Level 4, Kakankemenag Ikuti Rapat Bersama Walikota

Padang Panjang, BeritaSumbar.com,_Kakankemenag Kota Padang Panjang diwakili Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Wahyu Salim mengikuti Rapat Persiapan Pelaksanaan Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 23 Tahun 2021 Tentang Perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Berbasis Mikro dan Mengoptimalkan Posko Penanganan Corona Virus Disease 2019 di Tingkat Desa dan Kelurahan Untuk Pengendalian Penyebaran Covid-19 serta Evaluasi Pelaksanaan PPKM Darurat di Kota Padang Panjang, Rabu (21/07/2021)
- Advertisement -

Bupati Sijunjung Buka Kegiatan Gebyar PKH Cinta Vaksin

Sijunjung, BeritaSumbar.com,- Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir membuka secara resmi kegiatan Gebyar PKH Cinta vaksin Nagari Tanjung Gadang, Kecamatan Tanjung Gadang, Senin (19/7).

Kunjungan Wagub Sumbar Ke Sijunjung, Ini Rangkaian Kegiatannya

Sijunjung, beritasumbar.com - Wakil Gubernur Sumatera Barat Audy Joinaldy mengunjungi Kabupaten Sijunjung pada Kamis, 22/7 dengan sejumlah rangkaian kegiatan bersama pemkab setempat. Selama berada berada...
- Advertisement -

HUT Adhyaksa, Ini Capaian Kinerja Kejari Sijunjung

Sijunjung, beritasumbar.com - Kejaksaan Negeri (Kejari) Sijunjung, Sumatera Barat meraih beberapa keberhasilan dalam menggungkap berbagai kasus dan penyelamatan uang negara, sedikitnya ada Rp.4,5 miliar...

Kunjungan Wagub Sumbar Ke Sijunjung, Ini Rangkaian Kegiatannya

Sijunjung, beritasumbar.com - Wakil Gubernur Sumatera Barat Audy Joinaldy mengunjungi Kabupaten Sijunjung pada Kamis, 22/7 dengan sejumlah rangkaian kegiatan bersama pemkab setempat. Selama berada berada...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Sopir L300 PT Suka Fajar Meninggal Di Pencucian Mobil

Payakumbuh,Beritasumbar.com _Payakumbuh- Warga kelurahan Limbukan dikejutkan dengan kabar meninggalnya seorang sopir profit L300 PT. Suka fajar di tempat pencucian mobil Sutan Kelurahan Limbukan Kecamatan Payakumbuh selatan.

Ayo Ikut! Mega Gebyar Vaksinasi Bakal Dipusatkan Di Balaikota Payakumbuh Selama Seminggu

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Demi menjawab tingginya animo masyarakat Payakumbuh yang ingin mendapatkan haknya untuk divaksin Covid-19, Pemerintah Kota Payakumbuh akan melaksanakan mega gebyar vaksinasi selama satu minggu di halaman balaikota.

Ular Piton Berukuran Besar Berhasil Dievakuasi Damkar Payakumbuh Di Taman Ratapan Ibu

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Seekor ular jenis piton berukuran besar sepanjang 3 meter berhasil dievakuasi oleh Tim Animal Rescue Pemadam Kebakaran Kota Payakumbuh di kawasan Ruang Terbuka Hijau Taman Ratapan Ibu, Ibuh, Jumat (16/7).

2 Pelajar Asal Payakumbuh Wakili Sumbar Tampil Di Paduan Suara Peringatan HUT RI Ke 76 Di Istana Negara

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Di tengah pandemi Covid-19, tak menyurutkan semangat dua pelajar asal Kota Payakumbuh yang berhasil menjadi perwakilan Provinsi Sumatera Barat dalam seleksi audisi Gita Bahana Nusantara (GBN) 2021.

Terjadi Penambahan 8 Kasus Positif Covid-19 dan 3 Bebas Isolasi Di Payakumbuh

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, - Kembali terjadi penambahan masyarakat Kota Payakumbuh yang dinyatakan positif kasus Covid-19 sebanyak 8 orang, sehingga sampai saat ini kasus aktif Kota Payakumbuh menjadi 137 kasus.

Peduli Anak Muda, Edward DF Bantu Bangun Lapangan Bola Voli Jorong Lareh Nan Panjang

Luak Limopuluah,BeritaSumbar.com,- Remaja Jorong Lareh Nan Panjang, Kenagarian Batu Payuang, Kecamatan Lareh Sago Halaban sedang giat-giatnya membangun Lapangan bola voli. Mereka hampir setiap hari melakukan gotong royong. Kalau tidak pagi, sore mereka turun ke lapangan mengerjakannya.

Tingkatkan Kualitas Layanan, Pemko Payakumbuh Gelar Sosialisasi Pengelolaan dan Evaluasi Kinerja BLUD

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Dalam rangka meningkatkan cakupan dan kualitas layanan kesehatan masyarakat, Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Bagian Perekonomian menggelar Sosialisasi Pengelolaan dan Evaluasi Kinerja Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) berdasarkan Permendagri Nomor 79 Tahun 2018 di ruang Rapat Ampangan, Selasa(13/7)

Rakor Bersama Pengurus Masjid dan Tokoh Agama, ini pesan Walikota Riza Falepi untuk penanganan covid-19

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, — Dengan telah terbitnya surat Intruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 20 tahun 2021 tentang perubahan Intruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 17 tahun 2021 tentang perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Berbasis Mikro dan mengoptimalkan posko penanganan covid-19 di tingkat desa dan kelurahan untuk pengendalian penyebaran covid-19, Pemko Payakumbuh melalui bagian Kesra Setdako laksanakan rapat koordinasi (Rakor), Selasa (13/7).

Evaluasi Penilaian Kota Sehat Tahun 2021, Kota Payakumbuh Siap Mempertahanankan Penghargaan Swastisaba Wistara Yang Ke 7.

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,—Kota Payakumbuh telah 6 kali mendapatkan penghargaan Kota Sehat pada tingkat swastisaba wistara, yang merupakan penghargaan tertinggi pada penilaian Kota Sehat, Hal ini dapat tercapai dengan bantuan dari instansi dan kelembagaan terkait dan kepedulian bersama dari masyarakat.

Terjadi Penambahan 22 Kasus Positif Covid-19 Di Payakumbuh

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, - Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh kembali mengumumkan terjadinya lonjakan kasus masyarakat Kota Payakumbuh yang dinyatakan positif Covid-19 sebanyak 22 kasus.
- Advertisement -