30 C
Padang
Senin, April 19, 2021
Beritasumbar.com

Liko SC Kurang Puas dengan Hasil Buruannya
L

Kategori -

Payakumbuh, BeritaSumbar.com,- Menindaklanjuti keluhan petani RW III Talawi Kelurahan Ompang Tanah Sirah (OTS) Kecamatan Payakumbuh Utara, akan mewabahnya hama tupai yang merusak tanaman petani, Lurah OTS, Majri sengaja mengundang Lima Puluh Kota Shooting Club (Liko SC) untuk ikut mengendalikan hama tersebut.

Sekira pukul 06.00 WIB di halaman SDN 47 Payakumbuh, Minggu (28/02/2021) dilangsungkan prosesi melepas Tim Liko SC dibawah komando Maizul Chatib untuk melaksanakan hobi menembak tupai bersama puluhan penembak tupai.

Dalam sambutan singkatnya Lurah Majri yang didampingi Ketua RT III, IV dan V kelurahan OTS menyampaikan selamat datang dan selamat menjalankan misi.

“Terima kasih, semoga pertemuan ini menjadi awal silaturahim antara warga OTS dengan komunitas Liko SC, walau kegiatan ini sudah dimulai 2 tahun lalu. Pengendalian hama tupai hari merupakan kali yang ketiga dilakukan oleh Liko SC. Semoga dengan kegiatan ini bisa membantu dan meringankan masalah hama tupai yang dikeluhkan warga. Semoga sukses,”sambut Lurah Majri, diamini salah seorang Kasi yang ikut mendampinginya.

Apresiasi juga disampaikan Bhabinkantibmas Polres Payakumbuh, Tommy yang ikut mendampingi kegiatan pagi itu.

“Saya ingatkan agar kita berhati-hati dalam mempergunakan senjata. Jangan sampai niat baik kita, berujung duka. Selamat bertugas dan tetap hati-hati,”pesan Tommy.

Gayung bersambut, Ketua Liko SC Maizur Chatib mengucapkan terima kasih atas kepercayaan warga OTS terhadap Liko SC dalam pengendalian hama tupai.

Terima kasih atas kepercayaan warga kepada Kami Liko SC, Kami akan berupaya maksimal. Semoga mendapatkan hasil buruan yang maksimal,”sahut Maizur Chatib

Pengendalian hama tupai diawali dengan doa yang dipimpin Korlap Rinaldi. Jelang perburuan Rinaldi mengingatkan rekannya agar mematuhi peraturan organisasi dalam melakukan perburuan tupai. Rinaldi juga mengingatkan rekannya terhadap apa yang dilarang dalam perburuan, yakni menembak burung, musang dan biawak. Karena saat ini hewan tersebut sudah menjadi peliharaan komunitas.

Sesuai draft permintaan warga, perburuan hama tupai dibagi menjadi 4 grup. Setiap gruop didampingi 2 orang warga sebagai penunjuk jalan.

Memasuki semak, masuk kebun keluar kebun pun dilakukan tim Liko SC guna pengendalian hama tupai di kelurahan OTS, terkhusus di 5 RT yang ada di RW III Talawi.

Sementara, kaum ibu PKK tampak sibuk menyiapkan jeddah, kopi dan makan siang untuk disantap bersama usai perburuan. Kaum ibu sibuk memasak nasi di pondok H. Win, sementara sebagian lain sibuk membuat samba kampuang, goreng jariang jo ikan asin, sayur pucuk ubi dan samba lado. Sebagian lain sibuk menyusun daun pisang di gang manggis sebagai lokasi tempat makan siang.

Setelah melakukan perburuan sekitar 3 jam, Tim Liko SC berkumpul di Seberang Torok sebagai posko terakhir. Para penembak memfokuskan kegiatannya di lokasi terakhir ini.

Dari perburuan Minggu pagi tersebut, tim Liko SC berhasil memusnahkan 119 ekor tupai sebagai bukti nyata kinerja kepada warga yang mengundang tim. Namun, menurut Rinaldi (Korlap Liko SC) tim Liko SC masih kurang puas dengan hasil buruannya yang menurun 30% dari 2 tahun lalu. Namun begitulah kenyataannya.

“kami sudah berusaha, baru ini hasilnya dan cuaca mulai panas. Tupai mulai tak keluar sarang. Banyak tupai yang sudah tertembak, namun mayatnya tidak dapat kami temukan. Tersangkut di pohon kelapa dan semak berduri. Menurut kami, kerusakan pada tanaman warga bukan oleh tupai, tapi hama tikus. Pengendaliannya berbeda. Ini juga sebagai bukti hama tupai mulai berkurang di Talawi,”lapornya Rinaldi kepada Lurah OTS.

“Penyambung lidah warga, Kami mengucapkan terima kasih kepada Liko SC, yang telah melakukan pengendalian hama tupai di OTS. Semoga hasil pertanian warga meningkat. Kiranya, silaturahim ini terus terjaga. Insyaallah, 2 tahun kedepannya kita ulangi lagi pengendalian. Kiranya kerjasama ini tetap berjalan baik. Terima kasih,”ucap Lurah Majri.

“Sama-sama, Pak Lurah. Kami juga sangat tersanjung. Setiap kali kami diundang membasmi hama tupai disini, kami selalu dijamu. Inilah sebuah keistimewaan bagi kami. Semoga menjadi amal ibadah, dan pertanian warga meningkat. Aamiin,”balas Rinaldi.

Usai makan siang bersama, tim Liko SC mohon pamit, dan dilepas langsung Lurah OTS bersama warga. Pada momen bersamaan Lurah OTS juga mengikuti gotong royong di Surau Ambacang dan mushalla yang ada di RW III Talawi Kelurahan OTS.(WU/rel)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Startup Milenial Bekerja Membangun Negeri: Pelatihan Gratis Digital Marketing dengan Instagram untuk KUMKM se-Indonesia

Startup digital agency Dig.It.All untuk keseskian kalinya kembali berkontribusi dalam pengembangan kapasitas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menegah (KUMKM) yang sedang berupaya melakukan transformasi, dari bisnis tradisional brick and mortar menjadi bisnis yang mampu memanfaatkan peluang dari geliat pertumbuhan pasar online.
- Advertisement -

Startup Milenial Bekerja Membangun Negeri: Pelatihan Gratis Digital Marketing dengan Instagram untuk KUMKM se-Indonesia

Startup digital agency Dig.It.All untuk keseskian kalinya kembali berkontribusi dalam pengembangan kapasitas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menegah (KUMKM) yang sedang berupaya melakukan transformasi, dari bisnis tradisional brick and mortar menjadi bisnis yang mampu memanfaatkan peluang dari geliat pertumbuhan pasar online.

Etika Politik Koalisi PKS dan PAN Dalam Menentukan Wakil Walikota Padang

Kota Padang sudah resmi memiliki walikota. Sejak dilantiknya Hendri Septa pada tanggal 7 April 2021. Dimana sebelumnya Hendri Septa menjabat sebagai wakil walikota dan selanjutnya pelaksana tugas Walikota Padang. Posisi tersebut ditempatinya untuk mengisi kekosongan setelah Buya Mahyeldi Ansharullah dilantik sebagai Gubernur Sumbar.
- Advertisement -

Luncurkan Program Lumbung Air Wakaf, Wako Payakumbuh Apresiasi ACT

Payakumbuh, beritasumbar.com - Aksi Cepat Tanggap (ACT) meluncurkan program Lumbung Air Wakaf di Halaman PT. Multi Rezeki Selaras, di Kelurahan Padang Data Tanah Mati, Kecamatan...

Untuk Tingkatkan Pelayanan, RSUD Sijunjung Tampung Kritik Dan Saran Masyarakat

Sijunjung, beritasumbar.com - Pada usia yang relatif muda keberadaan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sijunjung memerlukan perbaikan dan peningkatan dari semua sisi,  guna memberikan...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Luncurkan Program Lumbung Air Wakaf, Wako Payakumbuh Apresiasi ACT

Payakumbuh, beritasumbar.com - Aksi Cepat Tanggap (ACT) meluncurkan program Lumbung Air Wakaf di Halaman PT. Multi Rezeki Selaras, di Kelurahan Padang Data Tanah Mati, Kecamatan...

Sarang Tawon Di Depan SPBU Ngalau Dibasmi Damkar Payakumbuh

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Keberadaan sarang tawon di pohon pelindung tepatnya di depan SPBU Ngalau, Jalan Soekarno Hatta sangat meresahkan warga. Hal itu diketahui berawal dari postingan di grup facebook Informasi Payakumbuh dan Limapuluh Kota, ada warga yang mengingatkan pengendara untuk hati-hati dengan adanya keberadaan sarang tawon tersebut pada Sabtu, 10 April 2021 sore.

Untuk Pertama Kali, School Of Randang Digelar di Kota Payakumbuh

Payakumbuh ,BeritaSumbar.com,— Agar dapat mengenalkan dan melestarikan kearifan lokal masakan tradisional ranah Minang dalam memasak Randang, Dinas Tenaga Kerja dan Industri melalui UPTD Sentra Randang kota Payakumbuh laksanakan kegiatan School of Randang yang berlangsung di dapur utama sentra rendang IKM kota Payakumbuh, Senin (12/4/2021).

Wako Riza Harapkan ASN Jadi Contoh Bagi Masyarakat, Jaga Kinerja Demi Pelayanan Prima

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Wali Kota Riza Falepi mengatakan ASN harus menjadi pionir dan contoh bagi masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan saat menjalankan ibadah shalat berjemaah di mesjid selama bulan Ramadhan.

Pemko Payakumbuh Terima Penghargaan Dari BI Sumatera Barat

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, – Pemerintah Kota Payakumbuh menerima penghargaan dari Bank Indonesia Provinsi Sumatera Barat sebagai Kota yang telah melaksanakan pembentukan dan penandatanganan SK Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) Provinsi Sumatera Barat yang diserahkan secara langsung oleh Gubernur Sumatera Barat yang dalam hal ini diwakilkan oleh Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Barat Benni Warlis di Kantor Bank Indonesia (BI) Sumatera Barat, Jumat (9/4).

Himbau Warga Untuk Urus BPJS. Riza Falepi : Jangan Pas Masuk Rumah Sakit Baru Diurus

Payakumbuh ,BeritaSumbar.com,- Wali Kota Riza Falepi sangat memperhatikan bagaimana setiap warganya bisa mendapatkan pelayanan kesehatan dengan baik. Namun, masih ada beberapa warga yang terkadang tidak memperdulikan kesehatannya dan keluarga, padahal edukasi kesehatan sudah sering dilakukan petugas kesehatan dari puskesmas ke kelurahan-kelurahan.

Wali Kota Riza Falepi Tutup Objek Wisata Selama Balimau Dan Libur Lebaran

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Menyambut bulan Suci Ramadhan setiap tahunannya, ada adat istiadat dan budaya yang berkembang ditengah-tengah masyarakat, namanya ”Potang Balimau” yang dilaksanakan di lokasi-lokasi objek wisata sebagai bentuk mensucikan diri sebelum menjalankan ibadah puasa. Ada juga tradisi pulang basamo untuk merayakan hari lebaran bersama saudara dan kerabat.

Pemko Payakumbuh Kembali Sukses Gelar Lomba Karya Inovasi dan Teknologi Tepat Guna

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Untuk kedua kalinya, Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Badan Perencana Pembangunan Daerah (Bappeda) kembali menggelar Lomba Karya Inovasi dan Teknologi Tepat Guna Tingkat Kota Tahun 2021.

Disdukcapil Kota Payakumbuh Disambangi Tim Penilai Tingkat Provinsi

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Payakumbuh disambangi Tim penilai Disdukcapil kabupaten/kota terbaik Tingkat Provinsi Sumatera Barat (Sumbar).

Kota Payakumbuh kembali Raih Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) Tahun 2021

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,– Kota Payakumbuh berhasil meraih juara II Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) Tahun 2021 yang diserahkan langsung oleh Gubernur Provinsi Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah kepada Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi pada acara Musrenbang RKPD tingkat provinsi tahun 2021 di Hotel Grand Inna, Jumat(9/4).
- Advertisement -