25 C
Padang
Sabtu, Mei 8, 2021
Beritasumbar.com

Laut dan Bandara Internasional Minangkabau Prioritas Akibat Asap
L

Kategori -

Pekanbaru – Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Riau menyebut pemulangan 4.017 orang jamaah haji Riau ke daerah asal menempuh jalur laut dan Bandara Internasional Minangkabau Padang akibat asap menutupi bandara Pekanbaru.

“Bagi jamaah haji terbiasa jalur laut, maka kita persilakan untuk tempuh jalur tersebut dari debarkasi Batam. Sedangkan lewat udara, maka kita siapkan alternatif melalui Bandara Minangkabau,” papar Kakan Kemenag Provinsi Riau, Tarmizi Tohor di Pekanbaru, Senin.

Ia berujar, kebijakan itu merupakan alternatif karena Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru belum bisa berfungsi akibat jarak pandang terbatas, sehingga membahayakan keselamatan terutama bagi jamaah haji.

Seperti diketahui, sebulan lebih terakhir bandara terletak di Ibu Kota Provinsi Riau terganggu akibat asap kebakaran di Sumatera. Bahkan dalam beberapa hari terakhir, bandara di Pekanbaru lumpuh seperti kemarin 68 penerbangan dibatalkan.

Musim haji tahun 2015, embarkasi Batam memberangkatkan 8.901 orang calon haji terdiri dari 795 orang asal Kepri (kloter 1 dan 15), 4.026 asal Riau (kloter 2-10 dan kloter 20), 1.872 asal Kalimantan Barat (kloter 11-15) dan 2.108 asal Jambi (kloter 16-20).

Hari ini, ucap Tarmizi, 223 orang jemaah hari dari Kabupaten Rohul diterbangkan menggunakan pesawat dari Batam ke bandara di Padang. Selanjutnya, rombongan jemaah akan menempuh jalur darat menuju Pasir Pengaraian menggunakan bus.

“Sedang sisanya jamaah Bengkalis, bertolak dari Pelabuhan Sekupang Batam ke menuju Bengkalis gunakan kapal cepat. Kalau jemaah Bengkalis, mereka sudah terbiasa. Selama ini tempuh jalur laut dari Bengkalis ke Batam atau sebaliknya,” kata dia.

Bagi 455 orang jamaah haji kloter 3 debarkasi Batam berasal dari 307 jamaah Kabupaten Rokan Hilir dan 138 jamaah Kabupaten Pelalawan tiba hari ini, lanjut dia, mereka akan menginap selama satu malam di asrama haji Batam dan dipulangkan esok.

“Tetap ada alternatif, apa jalur laut atau diterbangkan ke Padang. Sampai saat ini kami terima informasi, jarak pandang di Pekanbaru masih 400 meter. Jadi kita lihat kondisi kabut asap hingga esok hari,” terangnya.

Data Kemenag Provinsi Riau menyebut musim haji tahun ini, sembilan orang jamaah daerah itu meninggal dunia di Tanah Suci, sehingga 4.017 jamaah akan kembali ke Tanah Air dari total diberangkatakan 4.026 orang dalam sembilan kloter. (Ant/Oleh Muhammad Said)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Program Kesos DPD PKS Bukittinggi Bagikan Ratusan Paket Sembako

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Membantu se samanya, merupakan bahagian dari program bidang sosial Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Tak tanggung-tanggung, di bulan Ramadhan ini, sebanyak 100...
- Advertisement -

Program Kesos DPD PKS Bukittinggi Bagikan Ratusan Paket Sembako

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Membantu se samanya, merupakan bahagian dari program bidang sosial Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Tak tanggung-tanggung, di bulan Ramadhan ini, sebanyak 100...

Terkait Akad Kontrak Kerja Di Universitas Muhammadiyah Sumbar, Komunitas Amar Ma’ruf Nahi Mungkar Layangkan Petisi

Sesuai dengan khittahnya, Muhammadiyah sebagai Persyarikatan memilih dan menempatkan diri sebagai Gerakan Islam amar-ma'ruf nahi mungkar dalam masyarakat, dengan maksud yang terutama ialah membentuk keluarga dan masyarakat sejahtera sesuai dengan Dakwah Jamaah.
- Advertisement -

Komisi C DPRD Desak RSUD Adnaan WD Selesaikan Tunggakan Pembayaran Jasa Tenaga Medis

Payakumbuh ,BeritaSumbar.com,- Komisi C DPRD Kota Payakumbuh melaksanakan pertemuan bersama Dinas Kesehatan dan Rumah Sakit RSUD Adnaan WD Kota Payakumbuh untuk mendengarkan penjelasan terkait polemik pembayaran jasa medis dan insentif Covid-19 yang terjadi di RSUD, bertempat di Ruang Rapat Paripurna DPRD, Kamis (6/5).

RSUD-Disdukcapil Sijunjung Kerja Sama Penerbitan Anla-Aksi

Sijunjung, beritasumbar.com - Rumah Sakit Umum Daerah ( RSUD) Sijunjung kembali berinovasi menjalin kerja sama dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) setempat untuk penerbitan...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Roda Ekonomi Bukittinggi Mulai Bergerak

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Daya beli masyarakat di pasar kota Bukittinggi, berangsur-angsur mulai membaik, namun suasana perdagangan tetap menerapkan protokol kesehatan covid-19. Seperti terlihat di Pasar...

Bupati Sijunjung Pimpin Apel Gabungan, 198 Personil Ditugaskan Amankan Lebaran

Sijunjung, beritasumbar.com - Untuk melihat kesiapan menyambut Hari Raya Idul Fitri 1442 H, Bupati Sijunjung Beeny Dwifa Yuswir memimpin langsung ‎Apel gelar pasukan dalam...

BNPT Dianugerahi Gatra Innovation Awards 2021 Atas Rilis BNPT TV

Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) dianugerahi Gatra Innovation Awards 2021 atas Inovasi Edukasi, Kontraradikalisme, dan Deradikalisasi Melalui BNPT TV. Gatra Innovation Awards tahun ini mengangkat tema ‘Inovasi Nyata Membangkitkan Asa Masyarakat’, digelar secara daring pada Jumat, 30 April 2021.

Bersama Forkopimda, Bupati Kunjungi Warga Terdampak Bencana Banjir

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,-Pasca banjir di Nagari Manggilang, Kabupaten Lima Puluh Kota, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), Bupati Lima Puluh Kota Safaruddin DT. Bandaro Rajo bersama dengan unsur Forkopimda meninjau langsung lokasi banjir dan menyerahkan bantuan kepada warga terdampak.

Hergun : THR 100 Persen Kado Terindah Dalam Peringatan May Day

Jakarta,- Pemerintah memberlakukan kebijakan semua perusahaan wajib membayarkan THR kepada karyawannya 100 persen tanpa dicicil demi pemulihan ekonomi nasional di tengah pandemi.

Dewan Penasehat IMO-Indonesia ; Saatnya KPK Bersihkan Oknum Pegawai Yang “Bermain Mata” Dengan Markus

JAKARTA | Ketua Komisi Pemberantaaan Korupsi (KPK) Firli Bahuri didesak untuk membersihkan lembaganya dari oknum anggota yang melakukan praktik tidak terpuji.

Anggota DPR RI Rezka Oktoberia Tampung Aspirasi, Warga Minta Akses Penghubung Bukik Limbuku-Payobasuang

Lima Puluh Kota, beritasumbar.com - Sejumlah tokoh masyarakat Nagari Bukik Limbuku, Kecamatan Harau, Lima Puluh Kota menyampaikan aspirasi kepada anggota DPR RI, Rezka Oktoberia...

Selama Libur Lebaran Idul Fitri Objek Wisata Bukittinggi Tetap Buka, Wako: Pengunjung Masuk Dibatasi

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Objek wisata yang ada di Kota Bukittinggi, Sumatera Barat tetap dibuka selama libur lebaran hari raya Idul Fitri 1442 hijriah. "Objek wisata...

DEMA STAIDA Payakumbuh Gelar Aksi Sosial-Edukasi Dengan Anak Yatim

Payakumbuh, beritasumbar.com - DEMA STAIDA Payakumbuh atau yang dulu dikenal dengan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) langsungkan kegiatan Daurah Tahfizh Juz 30 di Panti Asuhan Muhammadiyah...

Untuk Pembangunan, Pemkab Sijunjung Jalin Silaturrahmi Dengan Masyarakat Lewat Safari Ramadhan

Sijunjung, beritasumbar.com - Jaga persatuan dan silaturrahmi dikalangan umat serta pemerintah daerah, demi kemajuan dan peningkatan pembangunan di Kabupaten Sijunjung. Hal itu penegasan Ketua Tim...
- Advertisement -