31 C
Padang
Selasa, Maret 9, 2021
Beritasumbar.com

Pemerintahan Saudi Belum Keluarkan Sidik Jari Jenazah Indonesia
P

Kategori -

Mekkah – Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Agama sebagai Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) meminta Pemerintah Arab Saudi mengeluarkan data sidik jari jenazah jamaah asal Indonesia yang telah diidentifikasi otoritas pemulasaran mayat Al Mu’ashim.

“Kami secara khusus minta ke pihak mereka tolong keluarkan hasil sidik jari, nama jamaah, yang berasal dari Indonesia,” kata Kepala Daerah Kerja (Daker) Mekkah, Arsyad Hidayat, di Mekkah, Arab Saudi, Senin.

Ia mengatakan data sidik jari tersebut, termasuk file dokumen mencakup data terkait nomor visa jamaah haji dan ada nomor kedatangan atau (roqmud-dukhul) bagi WNI yang tinggal di Arab Saudi.

Arsyad menjelaskan setelah jenazah korban peristiwa Mina dikeluarkan, ada tiga proses yang dilakukan otoritas pemulasaran mayat Al Mu’ashim, Mekkah. Tiga proses itu adalah pengambilan foto, pengambilan sidik jari, dan pengambilan sample DNA.

“Itu artinya setiap jenazah sebenarnya sudah diidentifikasi semua oleh pihak Arab Saudi,” ujarnya.

Permintaan data sidik jari tersebut, kata Arsyad, sengat penting untuk mempercepat identifikasi jamaah Indonesia yang menjadi korban meninggal dalam peristiwa Mina. Apalagi, lanjut dia, ada 1.800 jenazah yang sudah dimakamkan.

Selain itu, saat ini tidak ada lagi rilis foto jenazah terbaru, tapi langsung identifikasi dokumen jenazah.

“Dengan mendapat dokumen nomor visa maka kami bisa langsung melakukan pemeriksaan silang ke data Siskohat karena seluruh data jamaah haji yang masuk ke Arab Saudi itu terekam nomor visanya pada data Siskohat kami,” ujar Arsyad.

Terkait kedatangan dan sinergi dengan tim “Disaster Victim Identification” (DVI) Mabes Polri, ia berharap kerja sama dengan mereka bisa mempercepat proses identifikasi karena tim DVI mendapat akses penuh dari Kementerian Kesehatan Arab Saudi untuk masuk ke rumah sakit di Mu’ashim dan pemulasaraan jenazah korban.

Lebih jauh ia mengatakan sampai Senin pukul 10.30 Waktu Arab Saudi (WAS) belum ada jenazah baru yang diidentifikasi sebagai jamaah Indonesia yang menjadi korban dalam peristiwa Mina.

“Dengan demikian, jenazah yang sudah teridentifikasi tetap berjumlah 100, terdiri dari 95 jenazah jamaah haji Indonesia dan lima jenazah warga negara Indonesia (WNI) yang mukim di Arab Saudi,” tuturnya.

Demikian pula dengan jumlah jamaah yang belum kembali ke pemondokan masih berjumlah 28 orang terdiri dari jamaah asal BTH 14 (3 orang), JKS 61 (17 orang), SOC 62 (1 orang), SUB 28 (1 orang), SUB 36 (2 orang), SUB 48 (2 orang), SUB 61 (1 orang) dan UPG 10 (1 orang).

Sedangkan jumlah jamaah yang dirawat di rumah sakit berkurang dari enam menjadi lima orang. “Jamaah atas nama Sapuna Muntaha Hedan dari Kloter 48 embarkasi Surabaya atau SUB 48 sudah kembali ke pemondokan,” ungkap Arsyad. (Ant/Oleh Risbiani Fardaniah)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

3 Orang Bandar Dan Pemakai Narkoba Dibekuk Tim Sapu Jagat Polres Pessel

Pesisir Selatan,BeritaSumbar.com,-Opsnal Sapu Jagat Resnarkoba Polres Pesisir Selatan menangkap tiga orang pemakai dan pengedar narkoba jenis ganja juga sabu - sabu di dua tempat berbeda. Di wilayah hukum Polres Pesisir Selatan. Rabu (3/3).
- Advertisement -

Personil TNI Batalyon 131 Tiba Di Papua

Jayapura,BeritaSumbar.com,- Setelah mengikuti perjalanan panjang selama 21 hari dimulai dari pelabuhan Sri Junjungan Dumai, Riau menuju pelabuhan Jayapura, Papua, Satuan Petugas (Satgas) Pengaman Batas (Pamtas) RI-Papua Nugini Yonif 131/Brs akhirnya tiba di Pelabuhan umum Jayapura, Senin (08/03) dengan menggunakan KRI Tanjung Kambani 971 milik TNI-AL.

P2TP2A Kota Payakumbuh kunjungi SMPN 4 Payakumbuh

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Saat sekarang ini bahaya yang kerap menyerang anak-anak seperti kekerasan dan eksploitasi terhadap anak semakin meningkat. Tingginya kekerasan dan eksploitasi terhadap anak dapat mengancam generasi masa depan bangsa indonesia.
- Advertisement -

Datuak Pangulu Rajo Nan Hitam Terpilih Sebagai Ketua KAN Koto Nan Ompek

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,-Pemilihan Ketua Kerapatan Adat Nagari (KAN) Koto Nan Ompek akhirnya terpilih Datuak Pangulu Rajo Nan Hitam, acara ini di gelar di Balai Adat Nagari Koto Nan Ompek, Sabtu, (6/3) kemaren.

Kelurahan Padang Karambia Gelar Pemilihan Ketua LPM Dan Karang Taruna

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, - "Mamiliah Badunsanak" begitu slogan dalam pemilihan Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) dan Ketua Karang Taruna (KT) Kelurahan Padang Karambia yang dilaksanakan bak pemilihan Kepala Daerah ini, yang dilaksanakan di MTI Tarbiyah Padang Karambia, Minggu (07/03).
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Kawasan Blank Spot Di Mentawai Jadi Perhatian Pemprov Sumbar

Padang, beritasumbar.com - Empat pulau besar di Kabupaten Kepulauan Mentawai, yaitu Pulau Sipora, Pagai Selatan, Siberut, dan Pagai Utara, hanya Pulau Sipora yang sudah bisa...

Selama Menjabat Bupati dan Wakil Bupati Lima Puluh, Safaruddin Dt. Bandaro Rajo-Rizki Kurniawan Nakasri Janji tak Akan Terpecah

Sarilamak, beritasumbar.com - Selama menjabat Bupati dan Wakil Bupati Lima Puluh Kota, Sumatera Barat Safaruddin Dt. Bandaro Rajo dan Rizki Kurniawan Nakasri berjanji tidak akan...

Pemko Bukittinggi Programkan Subuh Berjamaah Setiap Jumat

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Pemerintah Kota Bukittinggi, memprogramkan setiap hari Jumat hingga tahun 2024 nanti, waji menyelenggarakan subuh berjemaah. Hal itu disampaikan Wali Kota Bukittinggi, Erman...

PD PII Padang Dilantik; SKB 3 Menteri Kembali Menuai Tantangan

Polemik SKB tiga Menteri kembali menuai tantangan berat dari berbagai elemen di Sumatera Barat, selain tokoh ulama dan tokoh adat; saat ini juga di...

Wako Bukittinggi Erman Safar Buktikan Janji dan Komitmennya

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Sering memang, seseorang setelah duduk di tahta yang telah didapat, bakal banyak lupa apa yang telah dijanjikan. Penyakit lupa, terkadang harus...

Dilantik Jadi Wako dan Wawako Bukittinggi, Erman Safar – Marfendi Minta Doa Masyarakat

Padang, beritasumbar.com -- Hari ini, Bukittinggi telah resmi memiliki wali kota dan wakil wali kota baru. Dilantik langsung Gubernur Sumbar, Erman Safar - Marfendi...

Presiden Jokowi Lantik Mahyeldi-Audi bersama Dua Gubernur dan Wagub lainnya, Masa Bakti Hingga 2024

Jakarta, beritasumbar.com - Presiden Joko Widodo melantik tiga pasang gubernur dan wakil gubernur terpilih pada Kamis, (25/2), dimana pelantikan tersebut berlangsung di Istana Negara,...

Dirujuk ke RS M Djamil, Pasien Lutut Besar Dibezuk Danlantamal Padang

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Bintang Herlambang (18), pasien lutut membesar sebesar bola kaki karena kanker stadium 4, akhirnya dirujuk ke Rumah Sakit M. Djamil Padang...

BNPT Angkat Novel ‘Si Doel Anak Jakarta’ Versi Original Jadi Webseries untuk Media Pendidikan Toleransi

Novel Si Doel Anak Jakarta versi original yang ditulis oleh Aman Datuk Madjoindo yang diterbitkan oleh Balai Pustaka pada tahun 1932 akan dijadikan webseries oleh Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT). Pesan webseries tersebut lebih menitikberatkan pada kesalehan, jiwa sosial, dan toleransi anak-anak Betawi.

Lutut Membesar Sebesar Bola Kaki, Ini Penyebabnya

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Miris, rupanya lutut membesar sebesar bola kaki dialami Bintang Herlambang (18), yang kini tengah dirawat di Rumah Sakit Yarsi Bukittinggi, karena...
- Advertisement -