25 C
Padang
Sabtu, Mei 8, 2021
Beritasumbar.com

Komunitas Seni Intro Gelar Silaturahim Sastra Sumbar
K

Kategori -

Payakumbuh – Komunitas Seni Intro Payakumbuh mengadakan pertemuan dengan sastrawan se-Sumatera Barat bertajuk “Silaturahmi Sastra Sumbar” di Payakumbuh, Sabtu.

“Gagasannya, untuk menghimpun sastrawan Sumbar dalam satu kegiatan, merajut kembali tali silaturahmi sekaligus ajang berbagi terkait perkembangan sastra hari ini dan ke depan,” kata “pentolan” Komunitas Seni (KS) Intro Payakumbuh, Iyut Fitra dihubungi melalui telepon dari Padang, Sabtu.

Menurutnya, “out put” yang diinginkan dari pertemuan tersebut adalah sebuah pemahaman bersama, apa yang harus dilakukan agar kesastraan di Sumbar makin menggeliat di kancah nasional maupun internasional.

Dia menilai, dari segi individu, tidak ada masalah yang berarti di Sumbar. Dari tahun ke tahun, ada saja sastrawan Sumbar yang diundang ke ajang bergengsi seperti Ubud Writers and Readers Festival di Bali.

“Untuk tahun ini, sastrawan Deddy Arsya terpilih mewakili Sumbar,” katanya.

Namun, menurutnya, itu mungkin belum cukup. Harus dimaksimalkan bagaimana sumbar atau Minangkabau sebagai wilayah budaya, terus menanamkan sastra sebagai sentral kehidupan.

“Ini adalah kelebihan kita dibanding daerah lain,” katanya.

Walaupun bertajuk “Sastra Sumbar”, namun kegiatan ini bakal dihadiri juga oleh sejumlah aktivis seni dan teater yang tersebar di beberapa kampus maupun lainnya.

“Selain Intro, Ranakustik, Nan Tumpah, Teater langit, Teater Langkah (Unand), Teater Imam Bonjol (IAIN), Oase (UNP) dan beberapa komunitas lainnya juga sudah konfirmasi untuk hadir,” ujar Fariq, penyair muda Sumbar yang juga turut membantu jalannya acara ini.

Sedangkan undangan kepada penyair sudah dilakukan oleh Iyut Fitra melalui jaringan pribadi dan media sosial. Ia berharap, yang diundang dan tak terundang dapat menghadiri acara ini.

Silaturahmi Sastra Sumbar tersebut akan dimulai Sabtu(6/6) pukul 16.00 WIB. Selain diskusi dan musikalisasi puisi, Komunitas Seni Intro juga mengajak seluruh elemen masyarakat untuk turut berpartisipasi dalam “wakaf buku” yang diperuntukan bagi Pustaka Payakumbuh Membaca.

Dia mengatakan, Pustaka Payakumbuh Membaca (PPM) yang telah diresmikan oleh Wali Kota Payakumbuh, Riza Falepi pada 4 September 2013, merupakan respon aktif dari Komunitas Seni Intro dalam melihat kondisi masyarakat terutama generasi muda yang mulai jauh dari buku.

Terhitung sudah lebih dari 700 buku yang tertata rapi di Pustaka tersebut meliputi sumbangan-sumbangan dari berbagai pihak yang peduli, tambahnya.

 

[Ant/Agung Pambudi]
- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Jelang Idul Fitri, Gema Sehat Juken BKKBN Sumbar Bagi-Bagi Sembako untuk Kaum Dhuafa di Padang

Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1442 H, Persatuan Juang Kencana Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional Provinsi Sumatera Barat (Juken BKKBN Sumbar) melalui Gerakan Amal Sedekah Harian Anggota (Gema Sehat) mendistribusikan paket sembako kepada warga dhuafa di Kota Padang, pada Kamis (6/5/2021).
- Advertisement -

Tim Yustisi Penegak Perda Kota Payakumbuh Gelar Razia

Payakumbuh ,BeritaSumbar.com,- Razia yang dilakukan Tim Yustisi penegakan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 6 Tahun 2020 tentang adaptasi kebiasaan baru terus dilaksanakan di Payakumbuh, mengingat saat ini kasus Covid-19 terus meningkat.

Komisi C DPRD Desak RSUD Adnaan WD Selesaikan Tunggakan Pembayaran Jasa Tenaga Medis

Payakumbuh ,BeritaSumbar.com,- Komisi C DPRD Kota Payakumbuh melaksanakan pertemuan bersama Dinas Kesehatan dan Rumah Sakit RSUD Adnaan WD Kota Payakumbuh untuk mendengarkan penjelasan terkait polemik pembayaran jasa medis dan insentif Covid-19 yang terjadi di RSUD, bertempat di Ruang Rapat Paripurna DPRD, Kamis (6/5).
- Advertisement -

Kebakaran Di Ibuh, Damkar Payakumbuh Kerahkan Seluruh Armada

Payakumbuh, BeritaSumbar.com,- Pemadam kebakaran (DAMKAR) Kota Payakumbuh segera bergerak meluncur setelah mendapat informasi dari warga via telepon kalau ada kebakaran rumah di Jalan Lampuang Kelurahan Ibuah, Kamis (6/5) sekitar pukul 13.00 siang.

Program Kesos DPD PKS Bukittinggi Bagikan Ratusan Paket Sembako

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Membantu se samanya, merupakan bahagian dari program bidang sosial Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Tak tanggung-tanggung, di bulan Ramadhan ini, sebanyak 100...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Roda Ekonomi Bukittinggi Mulai Bergerak

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Daya beli masyarakat di pasar kota Bukittinggi, berangsur-angsur mulai membaik, namun suasana perdagangan tetap menerapkan protokol kesehatan covid-19. Seperti terlihat di Pasar...

Bupati Sijunjung Pimpin Apel Gabungan, 198 Personil Ditugaskan Amankan Lebaran

Sijunjung, beritasumbar.com - Untuk melihat kesiapan menyambut Hari Raya Idul Fitri 1442 H, Bupati Sijunjung Beeny Dwifa Yuswir memimpin langsung ‎Apel gelar pasukan dalam...

BNPT Dianugerahi Gatra Innovation Awards 2021 Atas Rilis BNPT TV

Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) dianugerahi Gatra Innovation Awards 2021 atas Inovasi Edukasi, Kontraradikalisme, dan Deradikalisasi Melalui BNPT TV. Gatra Innovation Awards tahun ini mengangkat tema ‘Inovasi Nyata Membangkitkan Asa Masyarakat’, digelar secara daring pada Jumat, 30 April 2021.

Bersama Forkopimda, Bupati Kunjungi Warga Terdampak Bencana Banjir

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,-Pasca banjir di Nagari Manggilang, Kabupaten Lima Puluh Kota, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), Bupati Lima Puluh Kota Safaruddin DT. Bandaro Rajo bersama dengan unsur Forkopimda meninjau langsung lokasi banjir dan menyerahkan bantuan kepada warga terdampak.

Hergun : THR 100 Persen Kado Terindah Dalam Peringatan May Day

Jakarta,- Pemerintah memberlakukan kebijakan semua perusahaan wajib membayarkan THR kepada karyawannya 100 persen tanpa dicicil demi pemulihan ekonomi nasional di tengah pandemi.

Dewan Penasehat IMO-Indonesia ; Saatnya KPK Bersihkan Oknum Pegawai Yang “Bermain Mata” Dengan Markus

JAKARTA | Ketua Komisi Pemberantaaan Korupsi (KPK) Firli Bahuri didesak untuk membersihkan lembaganya dari oknum anggota yang melakukan praktik tidak terpuji.

Anggota DPR RI Rezka Oktoberia Tampung Aspirasi, Warga Minta Akses Penghubung Bukik Limbuku-Payobasuang

Lima Puluh Kota, beritasumbar.com - Sejumlah tokoh masyarakat Nagari Bukik Limbuku, Kecamatan Harau, Lima Puluh Kota menyampaikan aspirasi kepada anggota DPR RI, Rezka Oktoberia...

Selama Libur Lebaran Idul Fitri Objek Wisata Bukittinggi Tetap Buka, Wako: Pengunjung Masuk Dibatasi

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Objek wisata yang ada di Kota Bukittinggi, Sumatera Barat tetap dibuka selama libur lebaran hari raya Idul Fitri 1442 hijriah. "Objek wisata...

DEMA STAIDA Payakumbuh Gelar Aksi Sosial-Edukasi Dengan Anak Yatim

Payakumbuh, beritasumbar.com - DEMA STAIDA Payakumbuh atau yang dulu dikenal dengan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) langsungkan kegiatan Daurah Tahfizh Juz 30 di Panti Asuhan Muhammadiyah...

Untuk Pembangunan, Pemkab Sijunjung Jalin Silaturrahmi Dengan Masyarakat Lewat Safari Ramadhan

Sijunjung, beritasumbar.com - Jaga persatuan dan silaturrahmi dikalangan umat serta pemerintah daerah, demi kemajuan dan peningkatan pembangunan di Kabupaten Sijunjung. Hal itu penegasan Ketua Tim...
- Advertisement -