Padang Pariaman, beritasumbar.com,-Nagari Lubuak Aluang akan menyelenggarakan iven seni berbasis tradisi. Dengan label “LA art Fest 2019”, kegiatan bakal dihelat di laga-laga Korong Kayu Gadang, Nagari Lubuak Aluang, Kecamatan Lubuak Aluang. Walinagari Lubuak Aluang, Hilman mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu program nagari bersama para wali Korong untuk meningkatkan apresiasi generasi muda terhadap seni tradisi.

“Kita sudah berkoordinasi dengan rekan-rekan yang tergabung dalam gerakan Forum Batajau Snei Piaman. Alhamdulillah, mereka sangat support dan bersedia mendampingi para pemuda untuk menggelar kegiatan, dan mengisi kegiatan yang akan kita selenggarakan,” katanya. Iven ini menurut Hilman akan menjadi sangat strategis karena membawa pembaharuan baik dari pelaksanaannya maupun isiannya.

“Nantinya kita berharap agar pemuda dapat terlibat langsung dalam penyelenggaraan dan turut mengisi lewat sanggar-sanggar yang sudh ada maupun yang sedang dibentuk saat ini,” katanya.

Selama ini, di Kecamatan Lubuak Aluang, kegiatan pemuda identik dengna hiburan modern dan ekses yang cenderung negatif di belakangnya. “LA Art Fest yang direncanakan berlangsung pada awal bulan November depan akan menjadi ajang pembuktian bahwa anak muda nagari Lubuak Aluang masih menghargai dan mencintai seni tradisi Piaman. Tentu saja, ekseks positif lah yang akan timbul bila tradisi kita hidupkan. Semoga kedepannya, kegiatan ini akan menjadi kegiatan rutin yang benar-benar menjadi milik bersama masyarakat nagari Lubuak Aluang,” kata Hilman.

Untuk mendukung penyelenggaraan, Kamis (5/9) malam telah dilaksanakan pertemuan antara para wlai korong se Nagari Lubuak Aluang dengan forum Batajau Seni Piaman. Dalam pertemuan tersebut telah disepakati bahwa trema yang akan diangkat pada LA Art Fest adalah seni dan dakwah. Adit, salah seorang walikorong mengatakan, ia bersama rekan-rekan telah bersepakat untuk memberi dukungan dalam berbagai bentuk demi terselenggaranya iven ini.

“Alhamdulillah semua rekan-rekan para walikorong se nagari Lubuak Aluang sudah sepakat dan akan segera mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk penyelenggaraan,” katanya. Tema seni dan dakwah diambil untuk kembali mengangkat berbagai kegiatan kesenian yang notabene bernuansa dakwah Islam, yang mulai terlupakan.

Muhammad Fadhli selaku ketua Forum Batajau Seni Piaman menjelaskan, proses kerja gerakan yang ia pimpin selama ini mengutamakan partisipasi masyarakat dalam membangun iven kesenian yang tertata dan terencana dengan baik. “LA Art Fest akan menjadi trigger yang kuat bagi berbagai nagari lain yang ada di lingkungan Kecamatan Lubuak Aluang.

Disini seni tradisi akan kita sentuh dengan inovasi, tetapi tanpa meninggalkan akar filosofisnya. Seni Piaman yang identik dengan nuansa Islami akan menjadi sumber penciptaan oleh kelompok-kelompok yang bakal tampil,” sebut Dosen ISI Padang Panjang yang akrab dipangil Ajo Wayoik! Ini. (bus/rel)

loading...