Bogor – Keluarga Mahasiswa Nahdlatul Ulama Institut Pertanian Bogor (KMNU IPB) menggelar Seminar Nasional Membangun Indonesia bertema “Optimalisasi Sumber Daya Manusia Perguruan Tinggi dalam Menyongsong Pembangunan NKRI,” di Gedung Andi Hakim Nasution IPB di Bogor, Minggu.

Ketua Pelaksana Seminar Nasional Membangun Indonesia KMNU IPB, Mulya Tarmizi pada pembukaan seminar itu mengatakan, negara yang kuat adalah negara yang mempunyai sumber daya manusia yang cerdas dan berkualitas.

“Perguruan Tinggi mempunyai peranan penting dalam mencerdaskan dan membentuk SDM yang handal, yang nantinya dapat membangun Indonesia,” katanya.

Mulya Tarmizi mengatakan lebih lanjut, IPB sebagai salah satu perguruan tinggi terbaik di Indonesia mempunyai tanggung jawab besar dalam hal ini.

Karena itu, mahasiswa IPB yang tergabung dalam KMNU menyelenggarakan seminar nasional membangun Indonesia.

“Kita percaya Indonesia bisa mengudara. Ini menjadi jargon dalam seminar hari ini,” ujarnya.

Mulya mengemukakan pula, hadir dalam seminar tersebut Rektor IPB Prof Dr Ir Herry Suhardiyanto MSc yang akan memberikan dukungan terhadap upaya pengoptimalisasian sumber daya manusia di IPB agar dapat berguna bagi Indonesia.

“Hadir Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Prof Muhammad Nasir, sebagai pembicara kunci yang akan menyampaikan keseriusan Kemenristek membangun Indonesia harus dimulai dari pendidikan sumber daya manusi di perguruan tinggi,” katanya.

Ia menambahkan, selain Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, seminar nasional membangun Indonesia juga dihadiri oleh PCNU Kota Bogor, dan juga PBNU yang diwakili Ivan Hariyanto dan Adnan Anwar.

“Sejarah telah membuktikan bahwa santri dan Ulama yang tergabung dalam NU memiliki peran penting dalam menjaga keutuhan NKRI, sehingga PCNU dan PBNU sangat mengapresiasi acara ini yang digagas oleh KMNU IPB.

Hal ini menjadi langkah untuk menciptakan SDM yang mapan secara intelektual dan matang secara spiritual,” katanya.

Seminar Nasional itu mengundang sekitar 350 perserta yang terdiri atas mahasiswa IPB baik yang tergabung dalam KMNU-IPB, dan KMNU dari sejumlah perguruan tinggi lainnnya.

Guna menyebarluaskan informasi mengenai seminar yang juga menggandeng LKBN Antara sebagai salah satu Media Partner, juga dipublikasikan melalui media sosial twitter serta facebook.

Para peserta dapat menulis hastag #iniSEMNASIPB #7uni2015, atau twitter di @semnasipb.

 

[Ant/Oleh Laily Rahmawati]
loading...