25.7 C
Padang
Senin, April 12, 2021
Beritasumbar.com

KMDM Gelar Webinar Dengan Tema Membangun Ekosistem Pemanfaatan IPTEK dengan Koperasi
K

Kategori -

Padang,BeritaSumbar.com,-Koperasi Mandiri Dan Merdeka (KMDM), hari ini Senin, 13 Juli 2020, mulai pukul 09.00 – 12.30, menyelenggarakan Seminar Online KMDM (SemOK) 2 dengan tema “Membangun Ekosistem Pemanfaatan IPTEK dengan Koperasi” bekerja sama dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Andalas. Seminar yang diikuti oleh 140 orang Peserta dari berbagai daerah di Indonesia ini dimoderatori oleh Dr. Henny Herwina (Direktur KMDM Broadcasting Network/KBN) yang juga seorang Dosen Biologi di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA), Universitas Andalas.
Dalam sambutan dan pembukaan oleh Rektor Universitas Andalas, Professor Dr. Yuliandri mengapresiasi kerja-kerja akademis yang dilakukan KMDM melalui seminar online untuk yang kedua kalinya tersebut. Selain itu, Rektor juga mengakui bahwa koperasi sebagaimana yang diselenggarakan KMDM juga mempunyai peran yang signifikan dalam menghadapi krisis selama pandemi Covid-19 ini. Rektor juga berharap KMDM dengan Pasar Rabu Tani (PRT) dan KBN menjadi model resiliensi bukan hanya di masa pandemi saja, namun juga di masa yang akan datang.
Dalam SemOK – 2 kali ini menghadirkan para narasumber yaitu Prof. Helmi sebagai Tim Ahli KMDM juga Guru Besar Fakultas Pertanian Universitas Andalas. Selain itu juga Dr. Henmaidi, seorang Akademisi dari Fakultas Teknik di Universitas Andalas yang juga Konsultan di berbagai perusahaan, juga Master of Training pada Andalasian Character Educations.
Kemudian ada Eli Ratni, seorang Kandidat Doktor di Belanda yang selain Dosen di Fakultas Peternakan Universitas Andalas, adalah Direktur PRT KMDM. Narasumber yang tidak kalah hebatnya adalah Yose Hendra, M.Hum., seorang jurnalis berpengalaman di Sumatera Barat dan Nasional, juga seorang CEO di langgam.id.
Dalam SemOK – 2 ini, antusiasme Peserta sangat tinggi bahkan ada salah satunya yang menyatakan keterkejutannya ketika KMDM dan Universitas Andalas menyelenggarakan seminar nasional tentang koperasi. Hal itu diakuinya karena selama ini koperasi dianggap sebagai sesuatu yang sudah tidak populer lagi akibat penyelenggaraan yang buruk di masa lalu dan banyaknya permasalahan koperasi di negeri ini.

Dari 250-an peserta yang terdaftar, berasal dari berbagai provinsi di Indonesia, dan juga berbagai instansi: koperasi, perguruan tinggi, lembaga pemerintahan daerah, bahkan juga pemerintahan pusat diantaranya dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, serta para Petugas Penyuluh Koperasi Lapangan di bawah Kementerian Koperasi dan UKM.
Mitra KKN-TD Mahasiswa IPB

Selain menyelenggarakan SemOK – 2, KMDM hari ini juga menghadiri undangan sosialisasi sebagai mitra pengabdian masyarakat para Mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) yang menyelenggarakan Kuliah Kerja Nyata Terpadu (KKN – T) Domisili di Kota Padang. Dalam kegiatan tersebut, KMDM diwakili oleh Sekretarisnya yaitu Donny Eros yang juga seorang master film jebolan Universitas Essex Inggris dan Dosen di Jurusan Sastra Inggris, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Andalas.
Dalam acara sosialisasi tersebut, Eros memberikan sambutan sekaligus mempresentasikan mengenai PRT KMDM yang dalam konteks Tri Dharma Perguruan Tinggi bagi para Dosen adalah sebuah bentuk pengabdian kepada masyarakat berkelanjutan. Dalam penyampaiannya, Eros menjelaskan bahwa PRT KMDM tidak mungkin diselenggarakan tanpa adanya penelitian atau riset terlebih dahulu oleh para Akademisi dan pemanfaatan teknologi.
Ekosistem Pemanfaatan IPTEK Berbasis Koperasi.
Kedua kegiatan di atas yang diselenggarakan dalam waktu yang bersamaan membuktikan kerja-kerja simultan yang saling berhubungan dan mendukung oleh KMDM untuk terus mengkampanyekan perlu dan pentingnya berkoperasi baik secara teoritik maupun praktik. Selain itu, KMDM juga telah membuktikan pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam penyelenggaraan koperasi, serta pembangunan jejaring dan kerja sama dengan berbagai pihak.
Selain dengan pihak kampus yaitu Universitas Andalas dan Institut Pertanian Bogor, juga dengan masyarakat secara umum sebagai Produsen dan Konsumen PRT KMDM, para Mahasiswa, dan tentu saja lembaga pemerintahan yang memang bersedia dan berkomitmen untuk mendampingi Petani, Peternak, dan Produsen Kecil lainnya dalam wadah Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), dan membangun serta mengembangkan koperasi di Indonesia. Kedua kegiatan tersebut juga menjadi bukti kontribusi KMDM dalam peringatan Hari Koperasi Nasional tahun 2020 ini dengan harapan bahwa koperasi benar-benar menjadi sokoguru ekonomi nasional sebagaimana pernah disampaikan Bapak Koperasi Indonesia Moh. Hatta.
Oleh: Virtuous Setyaka, Ketua KMDM, Dosen HI FISIP UNAND, Mahasiswa S3 FISIP UNPAD.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Pemko Payakumbuh Berduka, Roza Thomas Wafat Usai Tabrakan Dengan Truk Colt Diesel

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, - Kabar duka datang dari lingkungan Pemerintah Kota Payakumbuh. Pasalnya Roza Thomas (40), ASN di Kecamatan Payakumbuh Selatan mengalami kecelakaan lalu lintas setelah bertabrakan hebat dengan mobil colt diesel pada Kamis (8/4), pukul 22.30 WIB malam.
- Advertisement -

Sekda : Jangan Biarkan Warga Menunggu Di Jam Istirahat, Berikan Servis Optimal Kapanpun

Payakumbuh,BeritaSumbar.com- "Jangan biarkan warga menunggu lama, berikan servis bahkan disaat jam istirahat, jangan biarkan meja pelayanan kosong".

Saat Rampungkam RPJMD, Bupati Minta OPD Sijunjung Himpun Data Ril Ke Lapangan

Sijunjung, beritasumbar.com - Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kabupaten Sijunjung diberi waktu selama dua minggu untuk turun ke lapangan dan menyusun langkah strategis untuk...
- Advertisement -

Sekda : Jangan Biarkan Warga Menunggu Di Jam Istirahat, Berikan Servis Optimal Kapanpun

Payakumbuh,BeritaSumbar.com- "Jangan biarkan warga menunggu lama, berikan servis bahkan disaat jam istirahat, jangan biarkan meja pelayanan kosong".

Musda Golkar Bukittinggi Berlansung Panas

Bukittinggi, BeritaSumbar.com,- Musda ke X Partai Golkar Kota Bukittinggi berlansung panas. proses pemilihan ketua DPD Partai Golkar Kota Bukittinggi yang dilansungkan di hotel Dymens Bukittinggi pada Kamis 8/4 berlansung penuh interupsi dan nyaris ricuh.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Gelar Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan

Padang,BeritaSumbar.com,-Anggia Erma Rini Wakil ketua Komisi IV DPR RI melaksanakan sosialisasi 4 pilar kebangsaan bertempat di Hotel Pangeran Beach. Padang, Minggu (11/04).

Polres Sijunjung Beri Penghargaan Untuk Personil-Masyarakat Yang Penanganan Tindak Kejahatan

Sijunjung, beritasumbar.com - Kapolres Sijunjung AKBP Andry Kurniawan SIK.M.Hum memberikan apresiasi berupa reward/penghargaan berupa sertifikat kepada enam orang masyarakat dan 29 personel polres setempat atas...

Mengintip Pemilihan Legislatif Tingkat Nagari Di Simpang Kapuak Dalam Kabupaten Lima Puluh Kota

Lima Puluh Kota, beritasumbar.com - Pada Rabu (7/4) puluhan warga Jorong Lobuah Tunggang Nagari Simpang Kapuak berbondong-bondong menuju bangunan Taman Kanak-kanak (TK) yang terletak...

Saat Rampungkam RPJMD, Bupati Minta OPD Sijunjung Himpun Data Ril Ke Lapangan

Sijunjung, beritasumbar.com - Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kabupaten Sijunjung diberi waktu selama dua minggu untuk turun ke lapangan dan menyusun langkah strategis untuk...

Polres Payakumbuh Amankan Tiga Tersangka Terduga Penggelapan Dana Koperasi

Payakumbuh, beritasumbar.com - Polres Payakumbuh, Sumatera Barat mengamankan tiga orang tersangka terduga penggelapan dana Koperasi Serba Usaha (KSU) Sutra Ketinggian Sarilamak, Kabupaten Limapuluh Kota. Kasat...

Polres Sinjunjung Bekuk Dua Orang Pengedar Narkoba

Sijunjung, beritasumbar.com - Kepolisian Resos Sijunjung mengamankan dua orang pengedar dan pemakai nakorba jenis yang selama ini beroperasi di wilayah hukum polres tersebut. “Yang bersangkutan berhasil...

SIKOCI Helat Festival Mentari

Hari ini Selasa (6/4) sekitar pukul 10.00 WIB, Festival Mentari yang ditaja oleh Serikat Koreografer Cinta Indonesia (Sekoci) akan dibuka di Taman Budaya Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) di Padang. Sepuluh koreografer muda Sumbar siap menampilkan karya terbaik mereka dalam iven tersebut

Mahyeldi Dukung Pemajuan Kebudayaan Koto Gadang Koto Anau untuk Jadi Destinasi Wisata Dunia

Peninggalan sejarah memiliki potensi besar bagi kemakmuran masyarakatnya. Jika tidak dijadikan cagar budaya, keberadaannya akan mengalami kepunahan. Menyikapi hal tersebut, Dra. Zusneli Zubir, M.Hum., Peneliti di Balai Pelestarian Nilai Budaya Provinsi Sumatera Barat (BPNB Sumbar) memprakarsai Penyusunan Grand Design Pemajuan Kebudayaan Nagari Koto Gadang Koto Anau yang digelar pada 3 - 4 April 2021 di Depan Balai Adat Nagari Koto Gadang Koto Anau, Kabupaten Solok, Kecamatan Lembang Jaya, Provinsi Sumatera Barat.

Tak Sampai 24 Jam Polres Sinjujung Bekuk Sindikat Pencuri Antar Provinsi, Korban Rugi Puluhan Juta

Sijunjung, beritasumbar.com - Sekitar 12 jam setelah kejadian jajaran Polres Sijunjung berhasil membekuk enam orang pelaku pencurian dengan modus gembos ban dan pecah kaca mobil. “Pelaku...

Wako Sawahlunto: Mari Ciptakan Generasi Berlandaskan Al-Quran-Hadits

Sawahlunto, beritasumbar.com - Walikota Sawahlunto Deri Asta menyebutkan perlu menciptakan anak-anak di daerah itu agar memiliki landasan hidup yang kuat dengan Al-Quran dan Hadits....
- Advertisement -