30 C
Padang
Sabtu, Januari 23, 2021
Beritasumbar.com

KKN STAIDA Payakumbuh Ditengah Pandemi Covid-19
K

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,-STAI DARUL QUR’AN PAYAKUMBUH atau yang lebih dikenal dengan STAIDA Payakumbuh sebagai peguruan tinggi al-Qur’an pertama dan satu-satunya di luak limopuluah yang saat ini memiliki dua program studi yaitu Pendidikan Bahasa Arab (PBA) dan Ilmu al-Qur’an dan Tafsir (IAT), yang masing-masing prodinya telah terakreditasi BAN-PT kembali mengadakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang berlokasi di tempat tinggal peserta KKN masing-masing, yang telah berjalan sejak awal Ramadhan tahun ini.
Ketua STAIDA, Ahmad Deski mengatakan Alhamdulillah pada momen Ramadhan 1441 H ini kita kembali melaksanakan program Kuliah Kerja Nyata (KKN), yang merupakan wujud dari salah satu tridharma peguruan tinggi yaitu pengabdian masyarakat yang berbobot 4 sks. Namun, berbeda dari sebelumnya, KKN tahun ini dilaksanakan dari rumah sesuai dengan edaran DIRJEN PENDIS sehubungan dengan makin meluasnya wabah covid-19.
“Kegiatan KKN yang biasanya dilaksanakan di desa/nagari tertentu, sekarang dialihkan pada kegiatan dirumah masing-masing atau dengan istilah KKN-DR,” ujar alumni S2 Tafsir Hadis IAIN IB ini.

Di samping itu, ketua BP-KKN STAIDA, Muhammad Ikhwan menyampaikan bahwa peserta KKN-DR tahun ini dimulai sejak awal Ramadhan 1441 H bertepatan dengan 24 April 2020 sampai dengan 30 Mei 2020, sekitar 36 hari. Mahasiswa peserta KKN-DR ini diikuti oleh 39 orang yang tersebar di beberapa daerah, yaitu; Payakumbuh, Kab. Limapuluh Kota, Bukittinggi, Mandailing Natal, Padang Sidempuan, Bengkulu, dll. “Walau tidak dapat terjun secara maksimal di masyarakat, namun semangat mahasiswa untuk menebar manfaat di tengah-tengah masyarakat tidak berkurang.
Sebagai anak muda atau kaum milenials mereka tidak kehabisan ide dalam menggarap program pengabdian masyarakat berupa quote Ramadhan bergambar, video edukatif, buletin dakwah, dan sebagainya,” terang dosen tetap asal Balai Gurah-Agam ini.
“Dengan adanya program-program ini kita berharap masyarakat tetap mendapatkan ilmu-ilmu agama di tengah wabah ini. Tidak lupa keluarga besar STAIDA Payakumbuh tetap menghimbau masyarakat agar tetap di rumah saja dan jikalau harus keluar tetap mematuhi protokol kesehatan,” tambahnya.
Selain program utama, mahasiswa KKN juga melaksanakan program tambahan promosi dan sosialisasi kampus, sehubungan dengan penerimaan mahasiswa baru untuk kedua prodi sampai dengan Agustus 2020 nanti, di kampus yang telah berdiri sejak 2010 tersebut.(rel)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Panitia ASN Berkurban 1442 H Kota Payakumbuh Gelar Rapat Persiapan

Sukses dalam pelaksanaan ASN Berkurban tahun lalu serta lebih terkoordinirnya untuk pelaksanaan ibadah kurban tahun 2021, panitia ASN berkurban 1442 H melaksanakan rapat persiapan di ruangan Sekretaris Daerah, Selasa (19/01).
- Advertisement -

Angka Positif Covid-19 Naik Lagi Di Kalangan Guru, Pemko Payakumbuh Gencar Sidak Sekolah

Masih didominasi tenaga pendidik, Payakumbuh terus mendapatkan peningkatan kasus positif Covid-19. Prediksi dinas kesehatan setempat akan terus bertambah, karena saat ini baru setengah dari target 3600 guru dan tenaga pendidik yang dites swab.

Disnakerin Payakumbuh: 51 Paket Pelatihan Akan Diselenggarakan Pada 2021

Payakumbuh, beritasumbar.com- Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian (Disnakerperin) Kota Payakumbuh, mengemukakan pada tahun 2021 akan  ada 51 pelatihan keterampilan dari berbagai bidang yang akan...
- Advertisement -

Sidang Di Lokasi Perkara, PN Batusangkar Periksa Objek Sengketa

Tanah Datar, beritasumbar.com - Guna menentukan dan pemeriksaan Objek sengketa,Pengadilan Negeri Batusangkar melakukan sidang di lahan perkara yang terletak di Pinggang Bukik Gunung Seribu...

Beny Dwifa Yuswir Terpilih Secara Aklamasi Sebagai Ketua DPD Golkar Sijunjung

Beny Dwifa Yuswir, Bupati terpilih,mendapat Amanah secara aklamasi menjadi Ketua Dewan Pimpinan Daerah ( DPD) Partai Golkar Kabupaten Sijunjung, priode 2020-2025, dalam Musyawarah Daerah ( Musda) X Partai Golkar Kabupaten Sijunjung, di Gedung Pancasila Muaro. Minggu ( 17/1).
- Advertisement -

Tulisan Terkait

PDAM Payakumbuh Buka Loket Pembayaran Air Di MPP

Kabar gembira bagi warga Payakumbuh, dalam rangka meningkatkan pelayanan bagi masyarakat pelanggan, Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tirta Sago Payakumbuh telah melaunching payment point (loket pembayaran-red) di Mal Pelayanan Publik (MPP) Balai Kota Payakumbuh.

Kunjungi Maek, Anggota DPRD Sumbar Siap Bantu Proses Pemekaran Nagari

Limapuluh Kota, beritasumbar.com - Anggota DPRD Provinsi Sumbar, Muhammad Ridwan kunjungi Nagari Maek, Kabupaten Limapuluh Kota, Jumat (22/1). Kunjungan itu dalam rangka menjemput aspirasi masyarakat...

Hadir MPP Payakumbuh, PAM Tirta Sago Siap Maksimalkan Pelayanan Kepada Pelanggan

Payakumbuh, beritasumbar.com - Perumda Air Minum Tirta Sago (PAM Tigo) Kota Payakumbuh, Sumatera Barat telah hadir di Mal Pelayanan Publik (MPP) daerah setempat sehingga...

Sekolah TK dan Paud Dimasa Pandemi, Ini Komentar Bunda Paud Payakumbuh

Guna memutus mata rantai penyebaran wabah Covid 19 dan aktifitas masyarakat bisa berjalan, Pemerintah telah membolehkan masyarakat beraktifitas dengan ketentuan tetap menjalani protokol kesehatan.

Dalam Prokes Sekdako Payakumbuh Ke Sekolah, Kunjungi Siswa Dari Keluarga Tak Mampu

Dalam sidak protokol kesehatan ke berapa sekolah yang dilakukan Sekretaris Daerah Rida Ananda, Rabu (20/1), terungkap laporan dari Kepala SMPN 4 Payakumbuh Mardiyus kalau ada siswanya yang tinggal di rumah tidak layak huni, memperihatinkan, sehingga Sekda tersentuh dan ingin melihat langsung kondisinya.

Antisipasi Penyebaran Covid-19 Pemko Payakumbuh Sidak Sekolah

Tingginya kasus positif covid-19 dilingkungan pendidikan beberapa hari terakhir ini, membuat Pemerintah Kota Payakumbuh mengambil langkah cepat dengan melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) untuk melihat keadaan sekolah dalam penerapan protokol kesehatan.

Polres Payakumbuh Aman Pria Pembuat-Pengedar Uang Palsu, Diedarkan 10 Lokasi

Payakumbuh, beritasumbar.com- Polres Payakumbuh, Sumatera Barat mengamankan seorang pria atas nama GUNTUR TRIMERLANDA (26) karena membuat dan mengedarkan uang palsu. Kapolres Payakumbuh AKBP Alex Prawira...

Segera ! Kota Payakumbuh Akan Miliki Cagar Budaya Yang Terlindungi Undang-Undang

Guna menjaga dan terlindungi ya cagar budaya kota Payakumbuh kedepannya, Pemerintah kota Payakumbuh melalui Dinas Pariwisata Kota Payakumbuh laksanakan Focus Group Discussion (FGD) tentang proses penetapan cagar budaya kota Payakumbuh serta sosialisasi Undang-Undang Nomor 11 tahun 2010 tentang cagar budaya.

Pemko Payakumbuh Ikuti Meeting Zoom Dengan Kemendagri

Menindaklanjuti Surat Edaran Mendagri Nomor 903/145/SJ TGL 12 Januari 2021 tentang percepatan pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2021 dalam rangka mendorong pertumbuhan ekonomi di daerah, Pemerintah Kota Payakumbuh mengikuti kegiatan Webbinar yang digelar melalui via zoom meeting, Rabu(20/1).

Sidak Ke Sekolah, Pemko Payakumbuh : Jangan Ada Rekayasa Prokes

Menindaklanjuti rapat evaluasi pelaksanaan sekolah tatap muka, Selasa, (19/1), lalu, banyak ditemukan pasien positif Covid-19 dari kalangan tenaga pendidik. Pemko Payakumbuh melakukan sidak protokol kesehatan ke sekolah-sekolah, Rabu (20/1).
- Advertisement -