Payakumbuh,BeritaSumbar.com,-STAI DARUL QUR’AN PAYAKUMBUH atau yang lebih dikenal dengan STAIDA Payakumbuh sebagai peguruan tinggi al-Qur’an pertama dan satu-satunya di luak limopuluah yang saat ini memiliki dua program studi yaitu Pendidikan Bahasa Arab (PBA) dan Ilmu al-Qur’an dan Tafsir (IAT), yang masing-masing prodinya telah terakreditasi BAN-PT kembali mengadakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang berlokasi di tempat tinggal peserta KKN masing-masing, yang telah berjalan sejak awal Ramadhan tahun ini.

Ketua STAIDA, Ahmad Deski mengatakan Alhamdulillah pada momen Ramadhan 1441 H ini kita kembali melaksanakan program Kuliah Kerja Nyata (KKN), yang merupakan wujud dari salah satu tridharma peguruan tinggi yaitu pengabdian masyarakat yang berbobot 4 sks. Namun, berbeda dari sebelumnya, KKN tahun ini dilaksanakan dari rumah sesuai dengan edaran DIRJEN PENDIS sehubungan dengan makin meluasnya wabah covid-19.

“Kegiatan KKN yang biasanya dilaksanakan di desa/nagari tertentu, sekarang dialihkan pada kegiatan dirumah masing-masing atau dengan istilah KKN-DR,” ujar alumni S2 Tafsir Hadis IAIN IB ini.

Di samping itu, ketua BP-KKN STAIDA, Muhammad Ikhwan menyampaikan bahwa peserta KKN-DR tahun ini dimulai sejak awal Ramadhan 1441 H bertepatan dengan 24 April 2020 sampai dengan 30 Mei 2020, sekitar 36 hari. Mahasiswa peserta KKN-DR ini diikuti oleh 39 orang yang tersebar di beberapa daerah, yaitu; Payakumbuh, Kab. Limapuluh Kota, Bukittinggi, Mandailing Natal, Padang Sidempuan, Bengkulu, dll. “Walau tidak dapat terjun secara maksimal di masyarakat, namun semangat mahasiswa untuk menebar manfaat di tengah-tengah masyarakat tidak berkurang.

Sebagai anak muda atau kaum milenials mereka tidak kehabisan ide dalam menggarap program pengabdian masyarakat berupa quote Ramadhan bergambar, video edukatif, buletin dakwah, dan sebagainya,” terang dosen tetap asal Balai Gurah-Agam ini.

“Dengan adanya program-program ini kita berharap masyarakat tetap mendapatkan ilmu-ilmu agama di tengah wabah ini. Tidak lupa keluarga besar STAIDA Payakumbuh tetap menghimbau masyarakat agar tetap di rumah saja dan jikalau harus keluar tetap mematuhi protokol kesehatan,” tambahnya.

Selain program utama, mahasiswa KKN juga melaksanakan program tambahan promosi dan sosialisasi kampus, sehubungan dengan penerimaan mahasiswa baru untuk kedua prodi sampai dengan Agustus 2020 nanti, di kampus yang telah berdiri sejak 2010 tersebut.(rel)

loading...