25 C
Padang
Minggu, Januari 17, 2021
Beritasumbar.com

Karang Taruna Sawahlunto Kelola 2 Jenis UEP
K

Ketua Karang Taruna Sawahlunto, Andri Maha Putra: Dorong Ekonomi Masyarakat, Bantu Kelola Usaha Ekonomi Produktif (UEP) Budidaya Jahe Merah dan Ikan Nila

Kategori -

SAWAHLUNTO – Mendorong peningkatan ekonomi dan Sumber Daya Manusia (SDM) generasi muda, dilaksanakan Karang Taruna Kota Sawahlunto melalui program Usaha Ekonomi Produktif (UEP). Saat ini Karang Taruna Sawahlunto telah mulai mengelola 2 jenis UEP, yakni budidaya jahe merah dan budidaya ikan nila.

Walikota Sawahlunto, Deri Asta sangat mengapresiasi kegiatan Karang Taruna tersebut, kemudian mengarahkan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait untuk turut membantu pengelolaan UEP oleh Karang Taruna itu.

Pada Jum’at 28 Agustus 2020 tadi, Walikota Deri Asta meninjau langsung 3 lokasi pengelolaan UEP Karang Taruna tersebut, yaitu di Kelurahan Aur Mulyo, Kelurahan Tanah Lapang dan Desa Pasar Kubang.

“Ada semangat yang hebat dari pemuda – pemuda kita di Desa/Kelurahan untuk mencoba memulai kegiatan – kegiatan yang bisa meningkatkan ekonomi, itulah yang disupport adik – adik di Karang Taruna ini dengan memfasilitasinya melalui Usaha Ekonomi Produktif (UEP). Kita lihat bersama, yang paling diandalkan dari ini memang semangat dan kebersamaan para pemuda – pemudi pengelola dengan para pengurus Karang Taruna. Karena kalau dari sisi anggaran segala macam kan semua serba terbatas, Alhamdulillah dengan semangat menggelora melahirkan juga kreatifitas sehingga apa pun rintangan tetap bisa dihadapi,” ujar Walikota Deri Asta.

Pemerintah Kota (Pemko), kata Walikota mendukung UEP ini sehingga Dinas – Dinas terkait diminta untuk membantu baik dari sisi administrasi/regulasi maupun kegiatan. Seperti Dinas Pertanian misalnya kata Walikota Deri Asta, bisa membantu pada UEP budidaya jahe merah melalui pemberian bibit dan memberikan pelatihan serta bimbingan ilmu untuk budidaya tersebut.

“Yang pasti kita dukung, kalau karena keterbatasan anggaran belum bisa maksimal, maka paling tidak dari Dinas kita bisa mendampingi untuk memberikan pelatihan atau bimbingan ilmu. Kan pelatihan dan pendampingan ilmu ini tidak kalah penting, karena kalau saat ini kita dalam bertani atau beternak tanpa ilmu tentu hasilnya tidaka akan bisa maksimal. Makanya, kita dampingi dan kita bantu dengan menyampaikan ilmu,” kata Walikota Deri Asta.

UEP yang sedang dikelola Karang Taruna dan ditinjau oleh Walikota Deri Asta tadi adalah ; budidaya jahe merah di Kelurahan Aur Mulyo dan budidaya ikan nila di Kelurahan Tanah Lapang dan Desa Pasar Kubang.

Ketua DPD Karang Taruna Kota Sawahlunto Andri Maha Putra, menyebutkan bahwa saat ini Karang Taruna Sawahlunto memang sedang memberikan perhatian khusus pada kegiatan-kegiatan untuk peningkatan ekonomi dan skill Sumber Daya Manusia (SDM) masyarakat, khususnya generasi muda, sebab itulah, program Usaha Ekonomi Produktif (UEP) itu yang saat ini digalakkan oleh Karang Taruna ‘Kota Arang’ itu.

“Kita ingin keberadaan Karang Taruna ini memang bisa memberikan dampak dan manfaat bagi masyarakat, sekaligus kita memback – up program Pemerintah Kota terutama di bidang peningkatan ekonomi produktif”, ujar Andri Maha Putra yang pernah menjadi Presiden Mahasiswa ini.

Andri Maha Putra yang juga Ketua DPD KNPI Kota Sawahlunto dulunya ini menambahkan “Kita ingin mengubah anggapan bahwa selama ini Karang Taruna hanya muncul berkegiatan saat momen HUT RI saja, sekarang kita buktikan bahwa Karang Taruna mampu bergerak membantu masyarakat,” kata Andri tokoh muda sawahlunto ini dengan penuh optimis

Dalam peninjauan ke lokasi UEP, Walikota Deri Asta didampingi Kepala Dinas Pertanian Lelis Epriyenti dan Camat Lembah Segar Afriandes. (mg)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Irfendi Arbi Serahkan APD Bantuan Donatur

Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi menyerahkan bantuan mesin hand sprayer, cairan desinfektan, masker dan hand sanitizer serta vitamin bagi sekolah-sekolah, kantor wali nagari, kantor camat dan lainnya di Kecamatan Payakumbuh Kabupaten Limapuluh Kota. Ia berharap bantuan donatur yang disalurkan melalui forum peduli Sumatera Barat itu mampu mencegah penyebaran Covid-19 di daerah ini.
- Advertisement -

Cello Elby Rilis Video Lirik Lagu ‘Bebas’ Bersama Chossy Pratama Production untuk Ajak Generasimuda Percaya Diri

Tahun baru 2021 jadi awal bagi Cello Elby dalam memasuki industri musik profesional. Jebolan The Voice Kids Indonesia tersebut merilis video lirik single perdananya yang berjudul Bebas pada Kamis (7/1/2021) di kanal YouTube Chossy Pratama Production.

Payakumbuh Minta Guru Beri Contoh Pada Siswa Dalam Mematuhi Protokol Kesehatan

Payakumbuh, beritasumbar.com -Kepala Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh Bakhrizal memaparkan perihal pembelajaran tatap muka yang telah dilaksanakan, beberapa catatan atau evaluasi yang didapatkan oleh tim gugus...
- Advertisement -

PWI Tanah Datar Gelar KLW

Persatuan Wartawan Indonesia Tanah Datar gelar karya latihan wartawan di pendopo Indojalito Kamis (14/01) ini.

Tingkatkan Pelayanan, Di Payakumbuh Buku KIR Ditiadakan, Diganti Smart Card

Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Dinas Perhubungan (Dishub) untuk meningkatkan layanan kepengurusan pengujian kendaraan bermotor KIR atau uji kelayakan kendaraan pada kendaraan umum, baik itu angkutan umum maupun kendaraan barang. Sehingga, sekarang telah diterapkan sistem Smart Card (Kartu Pintar) KIR.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

6 Siswa MTsN 2 Terima Penghargaan Internasional Di HAB Ke 75 Sawahlunto

Upacara Hari Amal Bakti (HAB) ke-75 Kementerian Agama tingkat Kota Sawahlunto digelar terbatas dengan menerapkan protokol kesehatan, Selasa (5/1).

Sawahlunto Terima Penghargaan Kota Sangat inovatif

Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menilai Pemerintah Kota (Pemko) Sawahlunto berhasil melakukan inovasi dalam mengelola pemerintahan. Untuk itu, Kemendagri memberikan 'kado' yakni predikat Kota Sangat Inovatif dalam ajang Innovative Government Award (IGA) Tahun 2020 sebagai apresiasi pada inovasi - inovasi di Pemko Sawahlunto.

Sawahlunto Tuan Rumah Kejurda Panjat Tebing Tingkat Sumbar 2020

Kejuaraan Daerah (Kejurda) Panjat Tebing Tingkat Provinsi Sumatera Barat tahun 2020, berlangsung di Kota Sawahlunto pada Sabtu dan Minggu (12 -13 Desember 2020). Kejurda ini untuk kelompok umur pemula (anak – anak dan remaja) ini diikuti oleh lebih dari 100 orang atlit.

Indra Yosef Dikukuhkan Sebagai Ketua PWI Sawahlunto

Kepengurusan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Sawahlunto periode 2020 – 2023 dikukuhkan pada Sabtu, 12 Desember 2020 kemaren di GPK Sawahlunto. Ketua PWI Sawahlunto yang baru ini Indra Yosef bersama jajaran pengurusnya dikukuhkan langsung oleh Ketua PWI Provinsi Sumbar Heranof Firdaus, juga disaksikan oleh Walikota Sawahlunto Deri Asta, Wakil Walikota Zohirin Sayuti serta Ketua DPRD Ny. Eka Wahyu Ismed.

Sawahlunto Membutuhkan Investor?

Kota Sawahlunto membutuhkan investor untuk berinvestasi dalam melengkapi sarana dan prasarana yang diperlukan menuju Sawahlunto Yang Lebih Baik. Demikian peenegasan Walikota Sawahlunto Deri Asta menjawab pertanyaan di rumah dinasnya Kamis (10/12/20) kemaren.

SISSCa 2020 Masuk Top 100 Wonderful Event Kemenparekraf

Sawahlunto,BeritaSumbar.com,- Perhelatan Sawahlunto International Songket Silungkang Carnival (SISSCa) 2020 masuk dalam Top 100 Wonderful Event versi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). Dengan...

80 KK Terima Bantuan Kambing Dari Pemko Sawahlunto

Sawahlunto, BeritaSumbar.com,- Pemerintah Kota (Pemko) Sawahlunto Provinsi Sumatra Barat memberikan bantuan ternak kambing kepada masyarakat. Tahun 2020 ini, bantuan ternak kambing diserahkan kepada...

Pemerintah Desa Kubang Tangah Bantu Masyarakat Kelola Lahan Pertanian

Sawahlunto, BeritaSumbar.com, - Pemerintah Desa Kubang Tangah Kecamatan Lembah Segar memberikan bantuan benih dan pupuk untuk membantu masyarakat mengolah dan mengembangkan lahan pertanian. Tak...

KPU Sawahlunto Gelar Rapat Pleno Penetapan DPT Pilgub 2020

Sawahlunto – Bertempat di Gedung Pusat Kebudayaan (GPK), Rabu (14/10) Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Sawahlunto menggelar Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi dan Penetapan Daftar...

Rombongan Bimtek Kepala Desa Sawahlunto Lakukan Kunjungan Kepusat Hidroponik Jambi

Jambi, Berita Sumbar--Rombongan Bintek Implementasi Permendagri 110/2016 serta Harmonisasi BPD dan Pemerintah Desa Kota Sawahlunto melakukan studi tiru pengembangan sayur hidroponik ke adipura hidroponik,...
- Advertisement -