25 C
Padang
Sabtu, April 17, 2021
Beritasumbar.com

Karang Taruna Sawahlunto Kelola 2 Jenis UEP
K

Ketua Karang Taruna Sawahlunto, Andri Maha Putra: Dorong Ekonomi Masyarakat, Bantu Kelola Usaha Ekonomi Produktif (UEP) Budidaya Jahe Merah dan Ikan Nila

Kategori -

SAWAHLUNTO – Mendorong peningkatan ekonomi dan Sumber Daya Manusia (SDM) generasi muda, dilaksanakan Karang Taruna Kota Sawahlunto melalui program Usaha Ekonomi Produktif (UEP). Saat ini Karang Taruna Sawahlunto telah mulai mengelola 2 jenis UEP, yakni budidaya jahe merah dan budidaya ikan nila.

Walikota Sawahlunto, Deri Asta sangat mengapresiasi kegiatan Karang Taruna tersebut, kemudian mengarahkan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait untuk turut membantu pengelolaan UEP oleh Karang Taruna itu.

Pada Jum’at 28 Agustus 2020 tadi, Walikota Deri Asta meninjau langsung 3 lokasi pengelolaan UEP Karang Taruna tersebut, yaitu di Kelurahan Aur Mulyo, Kelurahan Tanah Lapang dan Desa Pasar Kubang.

“Ada semangat yang hebat dari pemuda – pemuda kita di Desa/Kelurahan untuk mencoba memulai kegiatan – kegiatan yang bisa meningkatkan ekonomi, itulah yang disupport adik – adik di Karang Taruna ini dengan memfasilitasinya melalui Usaha Ekonomi Produktif (UEP). Kita lihat bersama, yang paling diandalkan dari ini memang semangat dan kebersamaan para pemuda – pemudi pengelola dengan para pengurus Karang Taruna. Karena kalau dari sisi anggaran segala macam kan semua serba terbatas, Alhamdulillah dengan semangat menggelora melahirkan juga kreatifitas sehingga apa pun rintangan tetap bisa dihadapi,” ujar Walikota Deri Asta.

Pemerintah Kota (Pemko), kata Walikota mendukung UEP ini sehingga Dinas – Dinas terkait diminta untuk membantu baik dari sisi administrasi/regulasi maupun kegiatan. Seperti Dinas Pertanian misalnya kata Walikota Deri Asta, bisa membantu pada UEP budidaya jahe merah melalui pemberian bibit dan memberikan pelatihan serta bimbingan ilmu untuk budidaya tersebut.

“Yang pasti kita dukung, kalau karena keterbatasan anggaran belum bisa maksimal, maka paling tidak dari Dinas kita bisa mendampingi untuk memberikan pelatihan atau bimbingan ilmu. Kan pelatihan dan pendampingan ilmu ini tidak kalah penting, karena kalau saat ini kita dalam bertani atau beternak tanpa ilmu tentu hasilnya tidaka akan bisa maksimal. Makanya, kita dampingi dan kita bantu dengan menyampaikan ilmu,” kata Walikota Deri Asta.

UEP yang sedang dikelola Karang Taruna dan ditinjau oleh Walikota Deri Asta tadi adalah ; budidaya jahe merah di Kelurahan Aur Mulyo dan budidaya ikan nila di Kelurahan Tanah Lapang dan Desa Pasar Kubang.

Ketua DPD Karang Taruna Kota Sawahlunto Andri Maha Putra, menyebutkan bahwa saat ini Karang Taruna Sawahlunto memang sedang memberikan perhatian khusus pada kegiatan-kegiatan untuk peningkatan ekonomi dan skill Sumber Daya Manusia (SDM) masyarakat, khususnya generasi muda, sebab itulah, program Usaha Ekonomi Produktif (UEP) itu yang saat ini digalakkan oleh Karang Taruna ‘Kota Arang’ itu.

“Kita ingin keberadaan Karang Taruna ini memang bisa memberikan dampak dan manfaat bagi masyarakat, sekaligus kita memback – up program Pemerintah Kota terutama di bidang peningkatan ekonomi produktif”, ujar Andri Maha Putra yang pernah menjadi Presiden Mahasiswa ini.

Andri Maha Putra yang juga Ketua DPD KNPI Kota Sawahlunto dulunya ini menambahkan “Kita ingin mengubah anggapan bahwa selama ini Karang Taruna hanya muncul berkegiatan saat momen HUT RI saja, sekarang kita buktikan bahwa Karang Taruna mampu bergerak membantu masyarakat,” kata Andri tokoh muda sawahlunto ini dengan penuh optimis

Dalam peninjauan ke lokasi UEP, Walikota Deri Asta didampingi Kepala Dinas Pertanian Lelis Epriyenti dan Camat Lembah Segar Afriandes. (mg)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

BNPT Gandeng Pemuka Agama untuk Cegah Pengaruh Radikal Terorisme pada Generasi Milenial

Generasi milenial sangat rentan terpengaruh pada paham radikal terorisme yang menjadi misi bagi organisasi terlarang dunia, seperti ISIS dan Wahabi. Guna mencegah hal tersebut, Deputi Bidang Pencegahan Perlindungan dan Deradikalisasi - Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) bekerjasama dengan Yayasan Harmoni Pemersatu Bangsa menggelar Dialog Kebangsaan dengan tema ‘Kebhinekaan Penyelamat Bangsa’, pada Jumat malam (9/4/2021) di Taman Miniatur 99 Masjid Dunia, Desa Pasir Madang, Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.
- Advertisement -

Sarang Tawon Di Depan SPBU Ngalau Dibasmi Damkar Payakumbuh

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Keberadaan sarang tawon di pohon pelindung tepatnya di depan SPBU Ngalau, Jalan Soekarno Hatta sangat meresahkan warga. Hal itu diketahui berawal dari postingan di grup facebook Informasi Payakumbuh dan Limapuluh Kota, ada warga yang mengingatkan pengendara untuk hati-hati dengan adanya keberadaan sarang tawon tersebut pada Sabtu, 10 April 2021 sore.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional RI / Kepala Bappenas Suharso Monoarfa Kunjungi Lima Puluh Kota

Lima puluh Kota, BeritaSumbar.com,- Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional RI / Kepala Bappenas Suharso Monoarfa melaksanakan kunjungan ke Kabupaten Lima Puluh Kota, Jumat, (9/4/2021). Turut hadir Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah, Anggota DPR RI Rezka Oktoberia dan Nurhayati, Bupati Lima Puluh Kota, Wakil Bupati Lima Puluh Kota, Forkopimda, dan Kepala OPD.
- Advertisement -

Luncurkan Program Lumbung Air Wakaf, Wako Payakumbuh Apresiasi ACT

Payakumbuh, beritasumbar.com - Aksi Cepat Tanggap (ACT) meluncurkan program Lumbung Air Wakaf di Halaman PT. Multi Rezeki Selaras, di Kelurahan Padang Data Tanah Mati, Kecamatan...

Berusaha Kabur, DPO Narkoba Ini Tewas Ditembak Polisi

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,- E Pria 32 tahun asal Simalanggang Kecamatan Payakumbuh Kabupaten Limapuluh Kota tewas terkena timah panas Tim Satresnarkoba Polres Limapuluh Kota. Pria yang berstatus DPO (Daftar Pencarian Orang) tersebut berusaha meloloskan diri dari kepungan pihak berwajib pada Selasa 13/4 kemaren dengan meloncat dari lantai 2 rumahnya.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Gandeng Satres Narkoba, Kepala Rutan Sawahlunto Razia Narkoba di Sel Tahanan

Sawahlunto,BeritaSumbar.com, - Sebanyak 86 warga binaan yang ada di Rumah Tahanan (Rutan) Kelas II B kota Sawahlunto, 3 diantaranya perempuan, diperiksa satu persatu. Bahkan, usai diperika seluruh ruang tahanan pun digeledah oleh petugas Rutan di bawah komando Subhan Malik, Selasa 6/4).

Wako Sawahlunto: Mari Ciptakan Generasi Berlandaskan Al-Quran-Hadits

Sawahlunto, beritasumbar.com - Walikota Sawahlunto Deri Asta menyebutkan perlu menciptakan anak-anak di daerah itu agar memiliki landasan hidup yang kuat dengan Al-Quran dan Hadits....

Menuju Zona Integritas, Rutan Sawahlunto Terus Genjot Pelayanan

Sawahlunto,BeritaSumbar.com,- Rutan Kelas IIB kota Sawahlunto terus membuktikan komitmen untuk meningkatkan pelayanan kepada warga binaan mereka. Hal tersebut dibuktikan dengan dilaksanakannya renovasi di Lapas tersebut di tahun 2021 ini, dengan menggunakan anggaran perawatan sumber anggaran DIPA Tahun 2021.

Kukuhkan Pengurus Lokal Orari, Wako Sawahlunto: Solusi Sulitnya Jaringan Telekomunikasi

Sawahlunto, beritasumbar.com - Walikota Sawahlunto Deri Asta mengukuhkan pengurus lokal Organisasi Radio Amatir (Orari) Sawahlunto Sijunjung, Camping Ground Kandi, Minggu (14/3). Walikota berjanji akan membantu...

Rezka Oktoberia Lantik Ketua Unit Kerja Srikandi PP Se Kota Sawahlunto

Ketua Unit Kerja Srikandi Pemuda Pancasila Sawahlunto dilantik pada Minggu 24/01 kemaren. Menariknya, yang melantik lansung ketua DPW Srikandi PP Sumbar. Hal ini merupakan pertama di SumbarPelantikan Unit Kerja Kecamatan Srikandi PP Dilantik lansung ketua DPW.

Promosikan Wisata Di Kota Tambang, Rezka Oktoberia Gelar Sepeda Sehat Explore Sawahlunto

Ikut promosikan wisata sehat di kota Sawahlunto, Rezka Oktoberia Ketua Srikandi Pemuda Pancasila Sumbar bekerja sama dengan Rebana Foundation menggelar event Sepeda Sehat Explore Wisata Sawahlunto pada Minggu (24/01/2021) pagi.

Puncak Cemara Sawahlunto Pukau Decak Kagum Bundo Kanduang Sumbar Rezka Oktoberia

Anggota DPR-RI dari fraksi Demokrat dari daerah pemilihan Sumatera Barat Rezka Oktoberia didampingi Putri Yoan Clara Teken, kembali melanjutkan silaturrahmi ke kota tambang penuh sejarah Sawahlunto, Sumatera Barat, Sabtu (23/1).

6 Siswa MTsN 2 Terima Penghargaan Internasional Di HAB Ke 75 Sawahlunto

Upacara Hari Amal Bakti (HAB) ke-75 Kementerian Agama tingkat Kota Sawahlunto digelar terbatas dengan menerapkan protokol kesehatan, Selasa (5/1).

Sawahlunto Terima Penghargaan Kota Sangat inovatif

Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menilai Pemerintah Kota (Pemko) Sawahlunto berhasil melakukan inovasi dalam mengelola pemerintahan. Untuk itu, Kemendagri memberikan 'kado' yakni predikat Kota Sangat Inovatif dalam ajang Innovative Government Award (IGA) Tahun 2020 sebagai apresiasi pada inovasi - inovasi di Pemko Sawahlunto.

Sawahlunto Tuan Rumah Kejurda Panjat Tebing Tingkat Sumbar 2020

Kejuaraan Daerah (Kejurda) Panjat Tebing Tingkat Provinsi Sumatera Barat tahun 2020, berlangsung di Kota Sawahlunto pada Sabtu dan Minggu (12 -13 Desember 2020). Kejurda ini untuk kelompok umur pemula (anak – anak dan remaja) ini diikuti oleh lebih dari 100 orang atlit.
- Advertisement -