29 C
Padang
Kamis, Januari 28, 2021
Beritasumbar.com

Tim Dosen Fakultas Keperawatan Unand Gelar Pelatihan Tanggap Bencana
T

Dosen Fakultas Keperawatan Universitas Andalas Dorong Masyarakat Pakan Sinayan Kecamatan Banuhampu Kabupaten Agam Wujudkan Keluarga Tangguh Bencana

Kategori -

Sumatera Barat mengalami 746 total kejadian bencana sepajang tahun 2019. Kita mengetahui bencana yang terjadi dapat menimbulkan banyak kerugian. Untuk mengantisipasi bencana dari awal sehingga dapat meminimalkan risikonya, penanggulangan bencana harus dilakukan. Penangulangan bencana membutuhkan kerjasama yang terpadu dari berbagai elemen, tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah, akan tetapi merupakan tanggung jawab bersama termasuk akademisi, dunia usaha, media massa dan masyarakat.

Dalam rangka membangun kesadaran kolektif dalam masyaraka untuk mengantisipasi terjadinya bencana, sangat diperlukan sekali pemberian edukasi bencana kepada masyarakat ,agar memahami ancaman bencana dan memiliki pengetahuan tentang bencana, sehingga mampu melakukan mitigasi dan kesiapsiagaan jika sewaktu-waktu bencana terjadi.

Untuk itu, tim dosen dari Fakultas Keperawatan yang terdiri dari Ns. Rahmi Muthia, M.Kep, Ns. Fitri Mailani, M.Kep, dan Emil Huriani, S.Kp, MN, melakukan kegiatan pendidikan dan pelatihan penanganan bencana yang berfokus pada masa tidak terjadi bencana (prabencana). Kegiatan ini merupakan Pengabdian Masyarakat Iptek Berbasis Dosen dan Masyarakat sebagai bagian dari pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Pendidikan dan pelatihan penaggulangan bencana ini dilaksanakan pada tanggal  8 Agustus 2020 di Nagari Pakan Sinayan Kecamatan Banuhampu Kabupaten Agam, dan dihadiri oleh 47 orang warga masyarakat.

Kegiatan diawali dengan pengisian angket singkat oleh peserta untuk menilai potensi bencana pada daerah tersebut, selanjutnya dilakukan penyampaian materi dan diskusi tentang analisa resiko bencana yang mungkin terjadi di daerah Pakan Sinayan. Materi dilanjutkan dengan mitigasi dan kesiapsiagaan bencana, terutama bencana yang brpotensi terjadi di daerah tersebut yaitu longsor, gempa bumi, kebakaran dan erupsi gunung api.

Pada akhir pemaparan masyarakat  diminta mengisi kuisioner evalusi, ntuk mengukur pengetahuan masyarakat setelah pemaparan. Di akhir kegiatan edukasi, tim membagikan buku Tangguh Bencana yang berisi panduan dalam penanggualangan bencana. Buku ini dibuat dengan bahasa ringan dan semenarik mungkin, sehingga mudah dipahami dan dapat dibaca kembali oleh peserta serta disampaikan kepada keluarga di rumah.

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan keluarga sebagai unit terkecil dari masyarakat memiliki ilmu dalam menghadapi bencana, terlatih dan memiliki budaya sadar bencana, sehingga mampu mempersiapkan diri dengan penanggulangan bencana, untuk melakukan pencegahan dan meminimalkan resiko, menyelamatkan diri dan meminimalisasi korban ketika terjadi bencana.

Penulis: Rahmi Muthia

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Lakukan Program Sambang Warga,Bhabinkamtibmas Pasa Gadang Kunjungi Sekolah

Dalam Rangka melaksanakan program Sambang Warga, Bhabinkamtibmas Kelurahan Pasa Gadang kunjungi Sekolah SD.N 27 dan 32 Pemancungan Kelurahan Pasa Gadang Kecamatan Kota Padang,Jum'at 22/01/2021.
- Advertisement -

Pemuda Lingkungan Tarok Serahkan Bantuan Bagi Yayasan Cahaya Islam

Belasan pemuda Lingkungan Tarok mendatangi pengurus pondok pesantren Cahaya Islam yang bangunan asrama putri yayasan itu mengalami musibah kebakaran pada Sabtu (16/1) dini hari lalu. Kedatangan anak-anak muda itu didampingi langsung oleh Gusmulyadi, Ketua Karang Taruna Puti Elok, Kelurahan Tigo Koto Diate, Kecamatan Payakumbuh Utara.

Maharnis Zul, Jadikan Payakumbuh Kota Tujuan

Untuk meningkatkan Pariwisata di Kota Payakumbuh, Ketua Komisi B DPRD Kota Payakumbuh, Maharnis Zul, memboyong anggotanya di Komisi B ke Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kota Payakumbuh, Selasa 26 Januari 2020. Dalam Kunjungan itu, ia meminta kepada jajaran dinas setempat untuk meningkatkan pengawasan dan keamanan terhadap objek wisata Ngalau Indah.
- Advertisement -

DPD PKS Limapuluh Kota Kukuhkan Pengurus di 13 Kecamatan dan 79 Nagari

Dewan Pengurus Daerah (DPD) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kabupaten Limapuluh Kota gelar Musyawarah Cabang (Muscab) serentak se-Limapuluh Kota di Aula Hotel Sago Bungsu, Tanjung Pati, Ahad (24/1).

Sekolah TK dan Paud Dimasa Pandemi, Ini Komentar Bunda Paud Payakumbuh

Guna memutus mata rantai penyebaran wabah Covid 19 dan aktifitas masyarakat bisa berjalan, Pemerintah telah membolehkan masyarakat beraktifitas dengan ketentuan tetap menjalani protokol kesehatan.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Berontaknya Alam di Provinsi Kalimantan Selatan

Seminggu yang lalu kita dikejutkan denganbencana banjir yang parah yang terjadi di Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel). Mengapa saya katakan parah? Karena banjir ini melanda hampir seluruh kabupaten/kota di Kalsel. Barang kali ini adalah banjir yangterparah yang pernah terjadi di wilayah provinsi ini.Sekali lagi, mengapa bisa separah ini? Sebelum tahun 1990Provinsi Kalsel terkenal dengan hutan tropikalnya,dan saat itu hasil tambang yang dikenal masyarakat umum hanyalah intan.

Mimpi bertemu sang Ayah, “Sang Datuk” nya anak-anak; Ceracau soal Wanita hingga Virus Corona

Lama tak berjempa dengan beliau, seingat kami sejak kasus Aksi Panas 4 Maret 2004 bersama Forum Aksi Demokrasi Arus Bawah Univ. Negeri Padang yang berujung di tahannya 20 aktivis UNP oleh sang Rektor waktu itu, beliau mangkat pas seminggu sebelum usai kami dibebas tahankan tepatnya 4 Mei 2004; baru sekali beliau datang dalam mimpi panjang. Entah apa hikmahnya gerangan, hanya Allah SWT yang lebih tahu.

Darurat Gempa Majene! Segera Bantu Saudara Terdampak!

Dilansir laman resmi BNPB, Data per Jumat (15/1), pukul 06.00 WIB, BPBD Mamuju melaporkan korban meninggal dunia 3 orang dan luka-luka 24. Sebanyak 2.000 warga mengungsi ke tempat yang lebih aman. Sedangkan kerugian material berupa kerusakan, antara lain Hotel Maleo dan Kantor Gubernur Sulbar mengalami rusak berat (RB). Jaringan listrik masih padam pascagempa.

Melahirkan Kepercayaan Masyarakat Untuk di Vaksinasi

Untuk lahirkan Kepercayaan Masyarakat Pada Vaksin Covid-19 pemerintah perlu lebih transparan soal vaksin Covid-19, terutama pada aspek keamanan dan biaya.

Waspadai ! Perbudakan Intelektual dibalik Akreditasi Perguruan Tiggi

Perguruan Tinggi / Kampus adalah salah satu wadah pendidikan yang sangat berperan penting untuk kemajuan peradaban bangsa dengan mencetak para intelektual yang berkualitas. Melalui keilmuan yang dimilikinya mereka akan terjun kemasyarakat untuk menyelesaikan berbagai problem yang dihadapi.

Menkes: Bantu para Tenaga Medis dengan Patuhi Protokol Kesehatan

Upaya keras pemerintah dalam menghadapi dan menangani pandemi Covid-19 di sisi hilir tidak akan lengkap bila tanpa dibarengi dengan upaya di sisi hulu atau pencegahan. Maka itu, kesadaran seluruh pihak untuk melakukan upaya proaktif mencegah penyebaran Covid-19 amat diharapkan.

Keuntungan Berbisnis Kotoran

Mungkin agak tekesan jorok istilah keuntungan berbisnis kotoran ini kita dengar. Tapi hal ini sangat membantu meningkatkan ekonomi para petani. Kotoran disini yang dimaksud adalah kotoran binatang ternak seperti sapi, kambing, kerbau atau lainnya yang banyak di pelihara masyarakat.

Universitas Bung Hatta Padang Tekan MoU dengan Yayasan Madani

Kamis 17 Desember 2020, bertempat di ruang Rektorat Universitas Bung Hatta Padang telah ditanda tangani kesepakatan atau MOU antara universitas Bung Hatta Padang dengan Yayasan Madani yang mempelopori gerakan Kembalikan Marwah Minangkabau.

Politik Dinasti dan Gerbang Meritokrasi

Bagi banyak individual, tata aturan kekerabatan tidaklah secara teoritis mengesampingkan aturan politik. Menurut definisi morgan terdahulu, kekerabatan megatur keadaan socitas dan yang kedua mengatur civitas. Atau menggunakan terminologi yang sering digunakan sekarang ini yang pertama merujuk pada struktur-struktur respositas dan kedua merujuk pada dikotomi yang jelas.

Simalakama Pandemi: Liburan atau Stay at Home?

Oleh : Niken Februani dan Siska Yuningsih - Mahasiswa Biologi FMIPA Universitas Andalas Corona sudah menjadi beban dunia sejak pertama kalinya China melaporkan adanya penyakit...
- Advertisement -