30.7 C
Padang
Friday, October 30, 2020

Kapolres: Kondisi Solok Kondusif

Padang Aro – Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Solok Selatan, Sumatera Barat, AKBP Ahmad Basahil menyatakan bahwa kondisi daerah itu kondusif pasca adanya dugaan upaya yang akan menggagalkan tahapan pemilihan kepala daerah setempat.

“Saat ini kondisi Solok Selatan kondusif. Kemarin memang sempat terjadi insiden karena ada yang coba-coba ingin menggagalkan proses tahapan pilkada saat rekapitulasi penghitungan suara di Kecamatan Sangir, tapi dengan cepat kami atasi,” katanya di Padang Aro, Senin.

Ia mengatakan pihaknya kini menempatkan sekitar 50 personil, termasuk perwira, dalam mengamankan proses rekapitulasi penghitungan suara di Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Sangir yang dilanjutkan hari ini. “Kalau kemarin malam hingga ratusan personil,” ujarnya.

Proses rekapitulasi penghitungan suara Pilkada Solok Selatan di Sangir sempat dihentikan setelah adanya kericuhan pada Minggu (13/12) malam dan dilanjutkan Senin.

Ia menambahkan, pihaknya juga menempatkan personil di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU), dalam upaya menjaga kantor penyelenggara pilkada tersebut. “Untuk di KPU, kami menempatkan sekitar 45 hingga 50 personil, termasuk Brimob,” ujarnya.

Ia mengatakan, Solok Selatan kini dalam kondisi Siaga I. Status Siaga I ini, jelasnya, merupakan status secara nasional terkait pilkada yang dimulai sejak 4 Desember 2015 hingga selesainya penghitungan suara di tingkat KPU.

“Siaga I bisa diperpanjang oleh Polres masing-masing sesuai dengan kondisi di daerah itu,” katanya.

Ia mengatakan, Kapolda Sumbar Brigjen Pol Bambang Sri Herwanto meninjau situasi Solok Selatan pada Senin.

Kapolda bertemu dengan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) serta kedua calon di aula Kantor Bupati setempat.

Ia menyebutkan, dalam pertemuan itu Kapolda berpesan agar aparatur, penyelenggara pilkada, kedua calon Solok Selatan serta masyarakat untuk tetap menjaga kondisi kondusif dan tidak mudah terpancing oleh isu-isu yang mengganggu keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas).

Tambahan Personil Brimob

Dalam memperkuat pengamanan proses rekapitulasi suara di Solok Selatan, pasca-terjadinya kericuhan di Kecamatan Sangir, Polda Sumbar menambah pasukan Brimob satu kompi.

“Guna pengamanan proses rekapitulasi kita menambah satu kompi Brimob di Solok Selatan, dan jika masih kurang kita tambah lagi,” kata Kapolda Sumbar, Brigjen Pol Bambang Sri Herwanto.

Sementara itu, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Solok Selatan, Isyuliardi Maas mengatakan, pasca-kericuhan saat rekapitulasi di Sangir sekarang prosesnya kembali dilanjutkan oleh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Sangir.

“Proses rekapitulasi semalam dihentikan karena adanya kericuhan, dan hari ini PPK kembali melakukan proses rekapitulasi hasil pencoblosan,” katanya.

Untuk Kecamatan Sangir, katanya, saat ini hanya tersisa satu nagari lagi yaitu Lubuak Gadang dari empat nagari yang ada.

“Kita berharap proses rekapitulasi hari ini berjalan aman dan lancar sehingga proses rekapitulasi tingkat kabupaten juga bisa dilaksanakan sesuai jadwal,” katanya. (Ant/Oleh Agung Pambudi)

- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Pengukuhan Pengurus Baru Forum Kota Sehat Payakumbuh, Erwin Yunaz “Kita Siap Meraih Penghargaan Kota Sehat”

Payakumbuh— Sebagai bentuk usaha dalam mewujudkan kota sehat, Forum Kota Sehat Kota Payakumbuh menggelar Rapat Koordinasi Kota Sehat dan Pengukuhan Pengurus Forum...

Warganya Lahirkan Bayi Tak Normal, Camat Payakumbuh Timur Serahkan Bantuan Spontan ASN Kantor Camat

Payakumbuh, - Mujur tak dapat diraih, malang tak dapat ditolak. Begitu pepatah yang mungkin mewakili perasaan Depi Andriani (41), warga Kelurahan Kotobaru...

Masyarakat Tanjung Barulak Batipuah Sepakat Satu Untuk Darma Tani

Tokoh masyarakat, pemuda, generasi milenial nagari Tanjung barulak kecamatan batipuh sepakat satu suara untuk memenangkan H Zuldafri Darma- H. Sultani S.Pt nomor...

Diusung PKS, Sultani Hadiri Wirid Yasinan Pagaruyung

Calon wakil bupati H. Sultani S.Pt yang diusung serta sekaligus kader PKS, turut hadiri wirid yasinan bersama masyarakat pagaruyung pada sabtu (...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Bea Serendy Ajak Generasi muda Peduli Pantai di Peringatan Hari Sumpah Pemuda

YOGYAKARTA - Satu nusa jadi isi pertama pada Sumpah Pemuda, dimaknai Bea Serendy dengan peduli pada pantai. Penyanyi lagu U Give Me...

Cuaca Ekstrim, Pemko Tata Pohon Pelindung Yang Berpotensi Tumbang Dan Patah

Payakumbuh --- Petugas kebersihan dinas lingkungan hidup Kota Payakumbuh tampak membenahi beberapa pohon pelindung yang ada di sepanjang Jalan Soekarno Hatta. Upaya...

Menteri PPN Soroti Ketersediaan Air Bersih di Pulau Jawa Pada Acara International Workshop on Coastal Reservoir

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas menjadi narasumber dalam acara International Workshop on Coastal Reservoir: “Water Availabilty, Coastal Security and Sustainability” yang...

Polres Inhil Ungkap Narkoba, 50 KG Sabu Berhasil Diamankan

Riau, - Sat Narkoba Polres Inhil patut diapresiasi karena berhasil menggagalkan peredaran narkotika jenis shabu seberat 50 kilo, di Perkebunan milik PT...
- Advertisement -