30 C
Padang
Minggu, Februari 28, 2021
Beritasumbar.com

Kapolres: Kondisi Solok Kondusif
K

Kategori -

Padang Aro – Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Solok Selatan, Sumatera Barat, AKBP Ahmad Basahil menyatakan bahwa kondisi daerah itu kondusif pasca adanya dugaan upaya yang akan menggagalkan tahapan pemilihan kepala daerah setempat.

“Saat ini kondisi Solok Selatan kondusif. Kemarin memang sempat terjadi insiden karena ada yang coba-coba ingin menggagalkan proses tahapan pilkada saat rekapitulasi penghitungan suara di Kecamatan Sangir, tapi dengan cepat kami atasi,” katanya di Padang Aro, Senin.

Ia mengatakan pihaknya kini menempatkan sekitar 50 personil, termasuk perwira, dalam mengamankan proses rekapitulasi penghitungan suara di Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Sangir yang dilanjutkan hari ini. “Kalau kemarin malam hingga ratusan personil,” ujarnya.

Proses rekapitulasi penghitungan suara Pilkada Solok Selatan di Sangir sempat dihentikan setelah adanya kericuhan pada Minggu (13/12) malam dan dilanjutkan Senin.

Ia menambahkan, pihaknya juga menempatkan personil di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU), dalam upaya menjaga kantor penyelenggara pilkada tersebut. “Untuk di KPU, kami menempatkan sekitar 45 hingga 50 personil, termasuk Brimob,” ujarnya.

Ia mengatakan, Solok Selatan kini dalam kondisi Siaga I. Status Siaga I ini, jelasnya, merupakan status secara nasional terkait pilkada yang dimulai sejak 4 Desember 2015 hingga selesainya penghitungan suara di tingkat KPU.

“Siaga I bisa diperpanjang oleh Polres masing-masing sesuai dengan kondisi di daerah itu,” katanya.

Ia mengatakan, Kapolda Sumbar Brigjen Pol Bambang Sri Herwanto meninjau situasi Solok Selatan pada Senin.

Kapolda bertemu dengan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) serta kedua calon di aula Kantor Bupati setempat.

Ia menyebutkan, dalam pertemuan itu Kapolda berpesan agar aparatur, penyelenggara pilkada, kedua calon Solok Selatan serta masyarakat untuk tetap menjaga kondisi kondusif dan tidak mudah terpancing oleh isu-isu yang mengganggu keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas).

Tambahan Personil Brimob

Dalam memperkuat pengamanan proses rekapitulasi suara di Solok Selatan, pasca-terjadinya kericuhan di Kecamatan Sangir, Polda Sumbar menambah pasukan Brimob satu kompi.

“Guna pengamanan proses rekapitulasi kita menambah satu kompi Brimob di Solok Selatan, dan jika masih kurang kita tambah lagi,” kata Kapolda Sumbar, Brigjen Pol Bambang Sri Herwanto.

Sementara itu, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Solok Selatan, Isyuliardi Maas mengatakan, pasca-kericuhan saat rekapitulasi di Sangir sekarang prosesnya kembali dilanjutkan oleh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Sangir.

“Proses rekapitulasi semalam dihentikan karena adanya kericuhan, dan hari ini PPK kembali melakukan proses rekapitulasi hasil pencoblosan,” katanya.

Untuk Kecamatan Sangir, katanya, saat ini hanya tersisa satu nagari lagi yaitu Lubuak Gadang dari empat nagari yang ada.

“Kita berharap proses rekapitulasi hari ini berjalan aman dan lancar sehingga proses rekapitulasi tingkat kabupaten juga bisa dilaksanakan sesuai jadwal,” katanya. (Ant/Oleh Agung Pambudi)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

BNPT Angkat Novel ‘Si Doel Anak Jakarta’ Versi Original Jadi Webseries untuk Media Pendidikan Toleransi

Novel Si Doel Anak Jakarta versi original yang ditulis oleh Aman Datuk Madjoindo yang diterbitkan oleh Balai Pustaka pada tahun 1932 akan dijadikan webseries oleh Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT). Pesan webseries tersebut lebih menitikberatkan pada kesalehan, jiwa sosial, dan toleransi anak-anak Betawi.
- Advertisement -

Pengecoran Lantai Saluran saat Air Tergenang, Kualitas Coran PT. MRN Dicurigai

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Pekerjaan pengecoran saluran drainase di kawasan Aur Tanjungkang Tangah Sawah, Pakan Kurai, Kota Bukittinggi dilakukan di tengah air dalam keadaan tergenang....

Rakor Kepala Daerah se-Sumbar, Gubernur Apresiasi Daerah Dengan Capaian Vaksinasi 100 Persen

Dalam rangka percepatan pembangunan Sumatera Barat (Sumbar), hari pertama setelah serah terima jabatan, Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi dan Audy Joinaldi langsung menggelar rapat koordinasi dengan bupati dan walikota se-Sumbar, di Aula Kantor Gubernur Sumbar, Jumat (26/2/2021).
- Advertisement -

Rida Ananda : Wanita Fokus Jangan Rawat Wajah Saja

Kesehatan organ kewanitaan untuk pencegahan kanker serviks menjadi topik utama dalam Webinar Inspirasi Sehat yang digelar Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kota Payakumbuh secara daring di Aula Ngalau Indah Lantai III Balai Kota Payakumbuh, Selasa (23/2).

CURHAT NYI BLORO; RATU LAUT KIJING

“Berani karena benar, takut karena salah,Rajin pangkal pandai (pintar), bisa karena biasa,Hemat pangkal kaya, boros pangkal miskin,Maka pelajarilah sebab musababnya itu,& berharaplah takdir bisa...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Wako Bukittinggi Erman Safar Buktikan Janji dan Komitmennya

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Sering memang, seseorang setelah duduk di tahta yang telah didapat, bakal banyak lupa apa yang telah dijanjikan. Penyakit lupa, terkadang harus...

Dilantik Jadi Wako dan Wawako Bukittinggi, Erman Safar – Marfendi Minta Doa Masyarakat

Padang, beritasumbar.com -- Hari ini, Bukittinggi telah resmi memiliki wali kota dan wakil wali kota baru. Dilantik langsung Gubernur Sumbar, Erman Safar - Marfendi...

Presiden Jokowi Lantik Mahyeldi-Audi bersama Dua Gubernur dan Wagub lainnya, Masa Bakti Hingga 2024

Jakarta, beritasumbar.com - Presiden Joko Widodo melantik tiga pasang gubernur dan wakil gubernur terpilih pada Kamis, (25/2), dimana pelantikan tersebut berlangsung di Istana Negara,...

Dirujuk ke RS M Djamil, Pasien Lutut Besar Dibezuk Danlantamal Padang

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Bintang Herlambang (18), pasien lutut membesar sebesar bola kaki karena kanker stadium 4, akhirnya dirujuk ke Rumah Sakit M. Djamil Padang...

BNPT Angkat Novel ‘Si Doel Anak Jakarta’ Versi Original Jadi Webseries untuk Media Pendidikan Toleransi

Novel Si Doel Anak Jakarta versi original yang ditulis oleh Aman Datuk Madjoindo yang diterbitkan oleh Balai Pustaka pada tahun 1932 akan dijadikan webseries oleh Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT). Pesan webseries tersebut lebih menitikberatkan pada kesalehan, jiwa sosial, dan toleransi anak-anak Betawi.

Lutut Membesar Sebesar Bola Kaki, Ini Penyebabnya

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Miris, rupanya lutut membesar sebesar bola kaki dialami Bintang Herlambang (18), yang kini tengah dirawat di Rumah Sakit Yarsi Bukittinggi, karena...

Kecelakaan di Pendakian Kodok Palupuh, 20 Penumpang Nyaris Tewas

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Sebanyak 20 penumpang bus PO Family BA 7983 DU nyaris tewas, setelah bus hilang kendali di Simpang Pendakian Kodok, Jorong Batang...

Terlambat Laporkan SPT Tahunan, Wismar: Tak Berpenghasilan Tetap Didenda

Bukittinggi, beritasumbar.com - KPP Pratama Bukittinggi mengimbau masyarakat wajib pajak pribadi atau badan, meski tak berpenghasilan diwajibkan melaporkan SPT tahunan 2020 sebelum jatuh tempo,...

KH. T. ZULFIKAR ; Penyertaan BUMA Pasca Berakhirnya Kontrak Chevron Jadi Momentum Kebangkitan Riau

Akan segera berakhirnya kontak migas Chevron di blok rokan Provinsi Riau pada bulan Agustus 2021 nanti tengah menjadi atensi yang tinggi dari masyarakat Riau, bahwasanya dengan berakhirnya kontrak migas Chevron di blok rokan Riau merupakan sebuah momentum bagi masyarakat Riau untuk dapat bangkit melalui imbal hasil dari sumber daya alam yang besar sehingga mampu menjadi Provinsi yang lebih maju

Jadi Kabareskrim Polri, Komjen Pol Agus Andrianto Dukung Penuh Program Presisi Kapolri

Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo menunjuk Komjen Pol Agus Andrianto menjabat Kabareskrim Polri. Sebelumnya, Agus menjabat Kabaharkam Polri.
- Advertisement -