25 C
Padang
Jumat, Januari 21, 2022
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Kajati: Hai-Hati Terima Laporan Bermuatan Politik
K

Kategori -
- Advertisement -

Padang – Kepala Kejaksaaan Tinggi (Kajati) Sumatera Barat (Sumbar), Sugiyono mengingatkan jajarannya agar mengantisipasi dan berhati-hati menerima laporan yang bermuatan politik.

“Memasuki tahun politik di Sumbar akan berdampak pada laporan pengaduan yang akan diterima kejaksaan untuk itu diminta agar pengaduan itu diantisipasi dan ditindaklanjuti dengan cermat dan hati-hati,” katanya di Padang, Sabtu.

Sebagai salah satu langkah antisipasi, ia meminta agar tugas-tugas intelinjen yang berada di korps Adhiyaksa wilayah Sumbar bekerja secara maksimal.

Sugiyono mengatakan, perintah itu sengaja disampaikan mengingat saat ini kegiatan partai politik telah dimulai, salah satunya adalah penjaringan calon untuk wilayah masing-masing.

Pemilihan Umum yang akan digelar di Sumbar adalah untuk pemilihan gubernur di tingkat provinsi, dan pemilihan bupati/walikota secara serentak pada 13 kabupaten/kota.

“Jika tidak cermat, kami tidak ingin hukum malah termanfaatkan. oleh kepentingan individu atau kelompok tertentu dalam hal ini Kejaksaan juga harus aktif terhadap perkembangan terbaru,” tegasnya.

Selain itu, ia juga mengatakan pihaknya akan aktif melakukan penindakan terhadap pelanggaran yang terjadi saat pemilihan umum berlangsung.

Sementara itu sebelumnya Kajari baru Tua Pejat Kabupaten Mentawai, Mustafa mengatakan bahwa pihaknya akan mengikuti setiap aturan yang berlaku di Sumbar.

Termasuk dalam hal mengantisipasi adanya laporan palsu yang bermuatan politik.

Salah seorang warga Padang, Sofyan berharap agar lembaga tinggi hukum seperti Kejati tidak terpengaruh oleh isu politik.

“Bila lembaga tinggi hukum sudah terbawa arus politik, kemana lagi rakyat akan mengadu,” ucapnya.

 

[Ant/Oleh M R Denya Utama]
- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img