26 C
Padang
Selasa, April 23, 2024
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Kado Ulang Tahun dari Pusat, Payakumbuh Terima IGRA Award
K

Kategori -
- Advertisement -

Lagi Kota Payakumbuh terima penghargaan prestisus dari Pemerintah Pusat. Di penghujung tahun ini, hanya berselang  sembilan hari setelah menerima Bung Hatta Award dari Menteri Hukum dan HAM, Payakumbuh kembali menerima penghargaan  Indonesia Green Region Award (IGRA) 2013. Tahun 2012, penghargaan yang sama juga diboyong Payakumbuh.

Indonesia Green Region Award 2011, baru pertama kali dilakukan untuk kota dan kabupaten di Indonesia, sedangkan pada tahun 2010, Majalah SWA bersama Kantor Berita 68H Jakarta, yang menggawangi lomba ini, baru memberikan IGRA untuk tingkat provinsi. Sejak 2011 hingga 2013, Payakumbuh selalu memperoleh IGRA Award.

Sesuai jadwal, penghargaan ini akan diserahkan  Menteri Lingkungan Hidup Prof Balthasar Kambuaya atau Menteri Kehutanan RI, Zulkfli Hasan kepada Wakil Walikota Payakumbuh H. Suwandel Muchtar, dalam acara pada sebuah hotel berbintang lima di Ancol  Jakarta, Kamis (19/12).

Penghargaan buat ketiga kalinya ini sangat berarti bagi kota Payakumbuh  yang sudah berkomitmen menjaga lingkungan tetap hijau. Penghargaan ini juga merupakan bukti kerja keras masyarakat Payakumbuh  bersama dengan Pemko  dalam menjaga dan melestarikan lingkungannya. “Kita akan terus dorong masyarakat berpartisipasi untuk memelihara dan menghijaukan lingkungan kota, agar Payakumbuh semakin terpelihara dan bebas polusi,  ucap Sekdako Benni Warlis, di Payakumbuh, Minggu (15/12).

Ia mengatakan,  perolehan penghargaan IGRA tahun 2013 merupakan bukti keseriusan Pemko dan warganya dalam usaha melestarikan lingkungan. Sekdako  sangat berterima kasih kepada segenap warga dan semua stake holder yang turut membantu menjaga kelestarian bumi Kota Batiah.

“Karena itu, penghargaan IGRA ini pantas dipersembahkan kepada masyarakat Payakumbuh yang telah berperan serta aktif dalam menjaga dan melestarikan lingkungannya,” sebut Benni didampingi Kepala Kantor Lingkungan Hidup Prima Yanuarita, SH, M.Si.

Menurut Walikota, banyak cara telah dilakukan warga dalam melestarikan   lingkungan hidup, seperti  menanam pohon dan tanaman lain di pekarangan rumah atau lahan kosong yang mereka miliki. Malahan, Dinas Pertanian dan bersama TP-PKK Payakumbuh, Senin (16/12) ini, akan ada penanaman pohon penghijauan di jalan lingkat luar utara, di Kelurahan Kubu Gadang Payakumbuh.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img