30 C
Padang
Friday, October 30, 2020

Jokowi: Target Dua Minggu Hilangkan Asap

Pekanbaru – Presiden Joko Widodo menyatakan dengan bantuan negara asing dalam penanggulangan kebakaran lahan dan hutan, penanggulangan masalah asap di Indonesia ditargetkan selesai dalam tempo dua pekan ke depan.

“Target (selesaikan masalah asap) kira-kira dua minggu dari Menko Polhukam dan Kepala BNPB, tapi saya berharap bisa lebih cepat dari itu,” kata Presiden Jokowi saat meninjau penanggulangan kebakaran lahan di Desa Rimbo Panjang, Kabupaten Kampar, Riau, Jumat.

Presiden mengatakan Menteri Koordinator Politik Hukum dan HAM (Menko Polhukam) Luhut B. Panjaitan dan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Willem Rampangilei kini sudah berada di Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) untuk mengurus kedatangan pesawat bantuan negara asing.

Menurut Presiden, bantuan pesawat-pesawat dari luar negeri yang sudah dipastikan adalah dari Malaysia, Singapura, Rusia dan Tiongkok.

“Dalam sehari-dua hari (bantuan) sudah masuk dan langsung fokus melakukan konsentrasi ke Sumsel karena asap masuk dari sana,” kata Presiden Jokowi.

Dalam kunjungan ke lahan bekas terbakar di Rimbo Panjang tersebut, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya sempat menyatakan bahwa luas kebakaran lahan dan hutan mencapai sekitar 1,7 juta hektare, dan telah mengakibatkan kabut asap menyelimuti hampir seluruh Pulau Sumatera, Kalimantan hingga ke negeri jiran.

“Luas kebakaran sekitar 1,7 juta hektare, itu di Sumatera dan Kalimantan,” kata Siti Nurbaya saat mendampingi Presiden Jokowi.

Sementara itu, Pelaksana Tugas Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman mengatakan selama September hingga awal Oktober ini, kebakaran di Riau relatif bisa dikendalikan.

Hal itu dilihat dari jumlah titik panas (hotspot) yang sangat sedikit, bahkan seringkali nihil. Masyarakat Riau justru menjadi korban asap kiriman dari provinsi tetangga.

“Kebanyakan hotspot di wilayah Sumsel dan Jambi. Asap yang ada di Riau pun karena keadaan alam, angin yang berembus itu membawa kabut asap ke Riau,” katanya.

Meski begitu, ia mengatakan pemerintah daerah di Riau tetap akan terus melakukan pencegahan dan pengawasan agar jangan sampai ada pihak perusahaan dan masyarakat melakukan pembakaran kembali.

Mengenai upaya pencegahan, Arsyadjuliandi mengatakan upaya pencegahan kebakaran di Riau akan terus ditingkatkan dengan program sekat kanal.

“Sekat kanal sebenarnya sudah mulai dari 2014 tapi memang kurang optimal, karena itu akan kamia anggarkan lagi melalui APBD Perubahan 2015,” katanya. (Ant/FB Anggoro)

- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Wako Riza Harapkan ASN Berikan Pelayanan Bersih. Tolak Pungli Dan Gratifikasi

Payakumbuh --- Wali Kota Riza Falepi berharap setiap Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kota Payakumbuh dapat menjunjung tinggi nilai-nilai dalam pelayanan yang...

Polres Limapuluh Kota Berhasil Mengamankan Dua Tersangka yang Miliki 135 Paket Besar Ganja

Limapuluh Kota, www.beritasumbar.com - Kepolisian Resor (Polres) Limapuluh Kota berhasil mengamankan dua tersangka penyalahgunaan narkotika berinisial RS dan YFA yang miliki 135...

Amrizal Munaf Pimpin Tim Pemenangan Darma Tani Batipuah

Tanah Datar,- Puluhan orang yang tergabung dalam barisan pemenangan darma tani berkumpul sambil santap siang dirumah makan pak martin kota padang panjang...

Bea Serendy Ajak Generasi muda Peduli Pantai di Peringatan Hari Sumpah Pemuda

YOGYAKARTA - Satu nusa jadi isi pertama pada Sumpah Pemuda, dimaknai Bea Serendy dengan peduli pada pantai. Penyanyi lagu U Give Me...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Bea Serendy Ajak Generasi muda Peduli Pantai di Peringatan Hari Sumpah Pemuda

YOGYAKARTA - Satu nusa jadi isi pertama pada Sumpah Pemuda, dimaknai Bea Serendy dengan peduli pada pantai. Penyanyi lagu U Give Me...

Cuaca Ekstrim, Pemko Tata Pohon Pelindung Yang Berpotensi Tumbang Dan Patah

Payakumbuh --- Petugas kebersihan dinas lingkungan hidup Kota Payakumbuh tampak membenahi beberapa pohon pelindung yang ada di sepanjang Jalan Soekarno Hatta. Upaya...

Menteri PPN Soroti Ketersediaan Air Bersih di Pulau Jawa Pada Acara International Workshop on Coastal Reservoir

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas menjadi narasumber dalam acara International Workshop on Coastal Reservoir: “Water Availabilty, Coastal Security and Sustainability” yang...

Polres Inhil Ungkap Narkoba, 50 KG Sabu Berhasil Diamankan

Riau, - Sat Narkoba Polres Inhil patut diapresiasi karena berhasil menggagalkan peredaran narkotika jenis shabu seberat 50 kilo, di Perkebunan milik PT...
- Advertisement -