Padang Pariaman, beritasumbar.com,-Sungai Batang Balinghi, Korong Buluah Apo, Nagari Koto Dalam Barat meluap dan membawa satu buah jembatan serta sawah masyarakat petani sepanjang aliran sungai itu, hal itu akibat hujan deras yang mengguyur di wilayah Kabupaten Padang Pariaman, Senin (1/10) dari sore hingga malam hari.

Ketua LPM Nagari Koto Dalam Barat Ali Muzar mengatakan, air sungai ini meluapnya sekitar pukul 17.30 wib, dengan kondisi sungai terlalu membesar dan menghanyutkan satu pohon besar yang melewati dibawah jembatan. “Ini adalah jembatan yang dibutuhkan masyarakat untuk membawa hasil tani menuju pasar kecamatan,” ujarnya.

Baca juga: Dua Rumah di Padang Pariaman Tertimbun Longsor

Dia menjelaskan, jembatan ini juga menghubungkan dua kecamatan, yaitu Korong Buluah Apo, Nagari Koto Dalam Barat, Kecamatan Padang Sago dengan Korong Guguak, Nagari Lurah Ampalu, Kecamatan VII Koto Sungai Sariak. “Tentu jembatan ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat dua kecamatan ini,” terangnya.

Katanya, jembatan ambruk sekitar pukul 17.30 wib sehingga akses ke daerah tersebut putus. Saat ini sejumlah warga sedang bergontong royong untuk membuat jembatan darurat. “Sekarang ini, kita bersama masyarakat mengadakan gotong royong bersama untuk bisa dilalui kendaraan roda dua, karena akses untuk mengantarkan anak ke sekolah serta membeli keperluan rumah tangga lainnya,” ujarnya.

Selain itu katanya, sejumlah jalan tertimbun longsor sehingga mengambat akses jalan di daerah itu. “Untuk itu, kami bersama masyarakat sangat mengharapkan bantuan kepada pemerintah agar bisa secepatnya memperbaiki jembatan yang putus ini, karena ini adalah satu-satunya jembatan yang menghubungkan ke ibu kecamatan dengan jarak tempuh yang dekat,” harapnya. (bus)

loading...