26 C
Padang
Sabtu, Juli 27, 2024
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Jaga Ketahanan Pangan, Serka Aris Bajibaku Dengan Lumpur
J

Kategori -
- Advertisement -

Langsa,BeritaSumbar.com, – Guna mendukung program pemerintah dalam menjaga ketahanan dan swasembada pangan, Bintara Pembina Desa (Babinsa) 02/Langsa Sersan Kepala (Serka) Aris bantu dan dampingi kelompok tani Ingin Jaya di desa binaannya dalam program Luas Tambah Tanam (LTT) pasca musim kemarau di Gampong Alue Beurawe kecamatan Langsa Kota Kota Langsa, Kamis (19/07/2018).
Aris mengatakan, meski harus berjibaku dengan lumpur dirinya berharap para petani dapat memperoleh hasil yang maksimal. Pasalnya, pasca musim kemarau yang lalu para petani tidak dapat turun ke sawah karena sawah tadah hujan yang mereka kelola hanya mengharapkan pengairan dari air hujan, ungkapnya.
Namun saat ini sawah seluas 25 hektare (ha) di daerah ini sudah mulai ditanam padi, lebih kurang “sekitar empat hektare sudah ditanam. Hal ini bisa dilakukan para petani karena sawah sudah teraliri air setelah turun hujan kemaren. Akan tetapi, sekitar 21 Ha lainnya belum bisa ditanami Padi, hal ini disebabkan oleh kurangnya intensitas hujan sehingga para Petani hanya dapat mengandalkan aliran air di parit desa, terangnya lagi.
Bersama Kelompok Tani Ingin Jaya yang diketuai oleh T. Hanafiah Ali yang juga merangkap jabatan sebagai imam gampong pagi itu, Babinsa Ramil 02/Lgs membantu mengolah sawah menggunakan alat jetor milik salah satu petani guna mempermudah pengolahan tanah sawah. Apalagi pasca musim kemarau kemaren, tanah menjadi keras karena sudah lama tidak dialiri oleh air sehingga membutuhkan tenaga yang ekstra.
Namun demikian, setelah pengolahan tanah ini rampung dikerjakan, para petani dapat melakukan penanaman bibit padi. Apalagi saat ini sudah mulai musim penghujan, semoga asupan air di sawah tadah hujan ini tercukupi sehingga sawah seluas 25 Ha ini semuanya dapat ditanami padi, pungkasnya lagi.(*/dima)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img