30 C
Padang
Kamis, Agustus 5, 2021
Beritasumbar.com

Investor ‘Country Garden’ Jajaki Padang
I

Kategori -

Kota Padang kembali dilirik investor dari luar negeri. Kali ini, investor asal China, Country Garden melakukan penjajakan dalam rencana berinvestasi di Kota Padang. Pimpinan perusahaan Country Garden, Mr. Yang Guoqiang bertemu langsung dengan Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah di kediamannya, Senin (23/3) malam kemarin.

Pertemuan yang dikemas dalam acara bertajuk ‘Dinner and Gathering’ di kediaman Wako itu, Walikota Mahyeldi Ansharullah dan pimpinan Country Garden terlihat penuh keakraban. Dalam rencana investasinya di Kota Padang, perusahaan Country Garden yang berkantor di Guangdong, China itu berkeinginan membangun “Seibba Country Garden” di kawasan Sungai Bangek, Kecamatan Koto Tangah. “Rencana pembangunan di Sungai Bangek itu seluas 217 hektar. Pembangunan yang akan dilakukan investor Country Garden ini sudah sejalan dengan rencana kita membangun ‘Kota Mandiri’ yang pusatnya di Aia Pacah di pusat pemerintahan,” kata Walikota Padang, Mahyeldi Ansharullah usai berdiskusi dengan pimpinan Country Garden.

Kedatangan Country Garden ke Kota Padang difasilitasi PT Dempo Group. Sebelumnya, komunikasi antara Country Garden dengan Pemko Padang sudah terjalin dengan baik melalui PT Dempo Group. Beberapa tim dari Country Garden bahkan sebelumnya sudah melakukan pertemuan dan diskusi dengan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Pemko Padang. “Pada hari ini kita bertemu langsung dan bertatap muka dengan pimpinan Country Garden. Mudah-mudahan ini langkah untuk meyakinkan pimpinan mereka untuk berinvestasi di sini,” ujar Wako.

Malam itu, Wako Mahyeldi melakukan presentasi rencana pembangunan Kota Padang di depan pimpinan dan awak Country Garden. Wako memaparkan pembangunan di sejumlah titik seperti di jalan Khatib Sulaiman serta di sepanjang jalan Bypass dan lainnya. Country Garden juga melakukan presentasi hasil investasi mereka di sejumlah negara seperti Malaysia, Singapura dan Australia.

Dalam dialog itu, pimpinan Country Garden, Mr. Yang Guoqiang juga menanyakan akses jalan menuju lokasi rencana ‘Seibba Country Garden’. Wako Mahyeldi menjawab, akses ke lokasi dimaksud sudah sejalan dengan rencana Pemko Padang membangun jalan ‘Padang Ring Road’. “Jalannya sudah ada dan akan ditingkatkan, jaraknya ke lokasi sekitar 5 kilometer,” kata Wako yang kemudian dialihbahasakan ke pimpinan Country Garden.

Selain menawarkan kawasan ‘Kota Mandiri’, Wako juga menawarkan kawasan wisata seperti Gunung Padang, Kota Tua, Pantai Padang dan Pantai Air Manis. Termasuk menawarkan rencana pembangunan kawasan perkantoran milik SKPD di Aia Pacah.

Untuk besaran nilai investasi yang akan ditanamkan Country Garden di Kota Padang, Wako Mahyledi mengaku belum mengetahui nilai secara pasti. Wako menaksir, investor asal China itu akan berinvestasi di atas Rp 1 triliun. “Yang jelas, untuk investasi di atas Rp 1 triliun, sesuai dengan Peraturan Daerah kita kan ada insentif dan kemudian dari tenaga kerja yang mereka serap, minimal 500 orang. Mudah-mudahan ini akan berjalan,” tukuk Wako.

“Ketika berdialog, cukup banyak pertanyaan mendasar yang cukup teknis. Mudah-mudahan ini suatu pertanda mereka serius dan sungguh-sungguh berinvestasi,” tambahnya.

Dalam rencana pembangunan dan investasi ini, Pemko Padang mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk memberi dukungan dan menciptakan Kota Padang yang kondusif serta memberikan kenyamanan kepada investor yang berinvestasi ke Kota Padang. “Alhamdulillah tahap demi tahap investor sudah mulai berdatangan ke Padang,” kata Wako.

Sebelumnya, Country Garden sudah melakukan investasi cukup besar di sejumlah negara diantaranya seperti Malaysia dan Singapura. Di Malaysia, Country Garden membangun ‘Forest City’ yang dapat dihubungkan dengan negara tetangga Singapura. ‘Forest City’ ini dibangun tiga level, dimana di dalam kawasan ini terdapat hutan, terminal dan pertokoan dengan cara mereklamasi pantai seluas 13 Km2.(Charlie)

Teks foto: Walikota Padang, Mahyeldi Ansharullah menerima cenderamata patung kuda yang terbuat dari giok yang diserahkan pimpinan Country Garden, Mr. Yang Guoqiang, dalam kunjungan ke kediaman Wako, Senin (23/3) malam kemarin.

 

Sumber: Humas Kota Padang
- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Kakankemenag Padang Panjang Lantik Emi Ratna Aprilana Sebagai Kasi Penmad

Padang Panjang,BeritaSumbar.com,_Kakankemenag Kota Padang Panjang Drs. H. Gusman Piliang, MM lansung pimpin Pelantikan dan Serah Terima Jabatan Kepala Seksi Pendidikan Madrasah pada Kantor Kementerian Agama Kota Padang, Senin (02/08/2021)
- Advertisement -

Kakankemenag Padang Panjang Lantik Emi Ratna Aprilana Sebagai Kasi Penmad

Padang Panjang,BeritaSumbar.com,_Kakankemenag Kota Padang Panjang Drs. H. Gusman Piliang, MM lansung pimpin Pelantikan dan Serah Terima Jabatan Kepala Seksi Pendidikan Madrasah pada Kantor Kementerian Agama Kota Padang, Senin (02/08/2021)

Ny.Nevi Syafaruddin Dt Bandaro Rajo Lantik Ketua PKK Kecamatan Kapur IX

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,- Senin 2/8 Ketua PKK Kecamatan Kapur IX dilantik. Pelantikan tersebut dilansungkan di gedung UDKP Kecamatan Kapur IX.
- Advertisement -

23 Positif Covid-19 Dan 8 Bebas Isolasi Di Payakumbuh

Payakumbuh - Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh kembali mengumumkan terjadinya penambahan kasus positif Covid-19 yang hasil swabnya keluar Senin (02/08) sebanyak 23 orang dan delapan bebas isolasi.

Ny.Nevi Syafaruddin Dt Bandaro Rajo Lantik Ketua PKK Kecamatan Kapur IX

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,- Senin 2/8 Ketua PKK Kecamatan Kapur IX dilantik. Pelantikan tersebut dilansungkan di gedung UDKP Kecamatan Kapur IX.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

School of Randang Sebagai Wisata Gastronomi Kota Payakumbuh

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Tantangan kedepan dari kepala daerah adalah bagaimana membangun network dan komunikasi, tetapi yang perlu digaris bawahi adalah sumber daya manusia (SDM) di dalam tentu perlu untuk mereka benahi.

Investasi Cryptocurrency Naik Signifikan

Padang,- Investasi beberapa Cryptocurrency mengalami Kenaikan signifikan pada 2021, Triliunan Rupiah terserap dalam investasi ini

Padang Pariaman Bantu Alsintan Untuk 22 Kelompok Tani

Pariaman, beritasumbar.com - Dalam rangka meningkatkan produktifitas para petani, Pemkab Kabupaten Padang Pariaman memberikan bantuan Alat Mesin Pertanian (Alsintan). Penyerahan bantuan alat pertanian kepada 20...

Bukittinggi Siap Menuju Pusat Kuliner dengan Konsep Malioboro

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Sebagai pusat kunjungan wisatawan di Sumatera Barat, Kota Bukittinggi terus berbenah. Tidak hanya pada objek wisatanya, pusat kuliner juga menjadi perhatian...

DPRD Lima Puluh Kota Dorong Pemda Tangkap Peluang Ekonomi Yang Ditawarkan Gubernur Jawa Barat

Lima Puluh Kota,  - Ketua DPRD Kabupaten Lima Puluh Kota Deni Asra mendorong pemerintah daerah setempat agar segera mengambil peluang ekonomi yang ditawarkan Gubernur...

Terkait Kebijakan Impor Beras, ini Komentar PPI

Jakarta,-Pemerintah baru saja memutuskan untuk melakukan impor beras 1 juta ton dan menugaskan Bulog untuk melaksanakan kebijakan impor tersebut. Terkait dengan kebijakan tersebut, PPI merasa perlu untuk menyampaikan pandangan

Permata Bank dan Astra Life Luncurkan AVA iFamily Protection

Produk e-bancassurance inovatif hasil kolaborasi PermataBank dan Astra Life yang memberikan santunan rawat inap hingga Rp3jt per hari, hadirkan produk perlindungan dan layanan terbaik yang terdigitalisasi bagi keluarga Indonesia

NYALA | OCBC NISP Luncurkan Solusi Finansial Fitness Guna Membangun Generasi Indonesia yang Financially Fit

Solusi Financial Fitness by NYALA OCBC NISP fokus membangun generasi Indonesia agar memiliki pengetahuan, kebiasaan dan mindset finansial yang tepat. Solusi Financial Fitness hadirkan lebih dari sekadar produk keuangan, ini adalah program pendampingan keuangan untuk membawa Indonesia melaju jauh menjadi salah satu kekuatan ekonomi terbesar di dunia pada tahun 2045.

Wujudkan Transaksi di Sumbar Berbasis Syariah, Ini Harapan Mahyeldi dan Wako Payakumbuh

Payakumbuh, beritasumbar.com - Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Sumatera Barat mengharapkan masyarakat lebih paham dengan ekonomi syariah serta ke depannya semua transaksi keuangan di daerah...

DEREKSI hadir di Padang

Hallo Sumbar. YEAY!! 🤗 DEREKSI hadir di Padang niiih 😍😍 Khawatir tidak efektif? Dengerin dulu testimoni dari alumni kita 😊
- Advertisement -