26.4 C
Padang
Selasa, April 13, 2021
Beritasumbar.com

Musrenbang Kota Padang 2016, Penyelesaian Pasar Raya Masih Prioritas
M

Kategori -

Pemerintah Kota Padang memiliki ‘pekerjaan rumah’ yang cukup besar pada tahun mendatang. Diantaranya yang paling menjadi fokus, yaitu penyelesaian pembangunan Pasar Raya Inpres I, II , III dan IV, revitalisasi objek wisata serta penyelenggaraan pendidikan.

Hal ini diungkapkan Sekretaris Daerah Kota Padang Nasir Ahmad, usai membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kota Padang untuk tahun 2016 di Gedung Bagindo Aziz Chan , Balaikota, Selasa (24/3).

Dijelaskan, penyelesaian pembangunan Pasar Raya Inpres I sampai IV merupakan persyaratan mutlak dalam pengembalian fungsi kota sebagai pusat perdagangan regional. Kerusakan sarana ekonomi ini pasca gempa mendorong terjadinya pertumbuhan signifikan pada pasar – pasar yang terletak di pinggiran kota. Sekaligus ini menimbulkan permasalahan tersendiri dalam penataannya.

“Pada 2015 ini , minimal kita selesaikan pembangunan Pasar Inpres II, sehingga Inpres I dan II bisa dimanfaatkan secara lebih optimal dan pedagang bisa kita tata dengan lebih baik,” ujar Sekda Nasir Ahmad.

Di sektor Pariwisata, lanjutnya, revitalisasi objek wisata Kawasan Wisata Terpadu (KWT) Gunung Padang dan objek potensial lainnya menjadi wisata keluarga dan konvensi yang layak dan ramah. Nantinya diharapkan dapat mendorong pengembangan ekonomi kreatif dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), serta pemberdayaan masyarakat petani dan nelayan.

“Prioritas kita di tahun 2015 dan 2016 adalah pembenahan Pantai Air Manis. Kita sudah MoU dengan pihak provinsi Sumatera Barat terkait pengembangan Pantai Air Manis melalui dana sharing 40:60, sehingga legenda Malin Kundang dan legenda Siti nurbaya di Gunung Padang menjadi tujuan wisata utama,” tambahnya.

Demikian juga untuk sektor infrastruktur, menurut Sekda, Pemko Padang terus mengupayakan peningkatan jalan – jalan kota, terutama pembangunan jalur – jalur evakuasi, penyediaan terminal angkutan kota dan terminal bus serta penataan transportasi.

“Saat ini sudah dioptimalkan penggunaan angkot di samping Balaikota Lama sehingga dapat mengatasi kesemrawutan di kawasan tersebut,” katanya.

Begitu juga di bidang pendidikan, disamping tetap melaksanakan pendidikan gratis, dan direncanakan dapat diperluas dapat menjangkau sekolah swasta. Sedangkan di bidang ekonomi , peningkatan ekonomi berbasis masyarakat terus digalakkan. Juga peningkatan pelayanan masyarakat dan reformasi birokrasi terus dilakukan Pemko Padang.

“Kita semua tentu mengaharapkan, melalui Musrenbang ini dapat dimatangkan Rencana Kerja Pembangunan Daerah yang telah disusun berdasarkan Rencana Strategis SKPD yang merujuk pada RPJMD. Dan tetap memberi peluang masyarakat untuk berperan serta,” imbuhnya.

Pada kesempatan ini, Ketua DPRD Kota Padang Erisman menyampaikan dukungannya kepada Pemerintah Kota Padang terhadap pelaksanaan program. Terutama dalam penyelesaian Pasar Raya, pendidikan serta infrastruktur.

“Semua program unggulan yang sudah dicanangkan Pemko Padang tentunya agar dapat terlaksana sesuai harapan masyarakat. Kami di DPRD turut memberikan dukungan terkait pengalokasian anggaran,” sebut Erisman.

Namun Erisman menekankan, agar semua yang telah diprogramkan dijalankan dengan serius dan konsisten, agar tidak menimbulkan suatu kergauan di masyarakat terhadap kinerja Pemko.

“Semua yang kita lakukan tentunya untuk kesejahteraan masyarakat serta mengajak masyarakat untuk berperan serta,”ucapnya.

Sementara itu, Kepala Bappeda Kota Padang Hervan Bahar menambahkan, forum Musrenbang yang dilaksanakan ini merupakan harmonisasi keselarasan antara bottom up planning dan top down. Sebelumnya beberapa tahapan telah dilaksanakan sebagai proses, mulai dari Musrenbang tingkat kelurahan, tingkat kecamatan dan Forum SKPD serta Pra Musrenbang.

“Pada kesempatan ini, Walikota Padang memberikan penghargaan kepada tiga kecamatan yang dinilai terbaik dari yang baik pada pelaksanaan Musrenbang Kecamatan 2016,” kata Hervan.

Kecamatan yang dinilai terbaik tersebut, yaitu Kecamatan Padang Timur (terbaik I), Kecamatan Koto Tangah (terbaik II) dan Kecamatan Padang Utara (terbaik III).

 

Sumber: Humas Kota Padang
- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

BNPT Gandeng Pemuka Agama untuk Cegah Pengaruh Radikal Terorisme pada Generasi Milenial

Generasi milenial sangat rentan terpengaruh pada paham radikal terorisme yang menjadi misi bagi organisasi terlarang dunia, seperti ISIS dan Wahabi. Guna mencegah hal tersebut, Deputi Bidang Pencegahan Perlindungan dan Deradikalisasi - Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) bekerjasama dengan Yayasan Harmoni Pemersatu Bangsa menggelar Dialog Kebangsaan dengan tema ‘Kebhinekaan Penyelamat Bangsa’, pada Jumat malam (9/4/2021) di Taman Miniatur 99 Masjid Dunia, Desa Pasir Madang, Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.
- Advertisement -

Pemko Payakumbuh Kembali Sukses Gelar Lomba Karya Inovasi dan Teknologi Tepat Guna

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Untuk kedua kalinya, Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Badan Perencana Pembangunan Daerah (Bappeda) kembali menggelar Lomba Karya Inovasi dan Teknologi Tepat Guna Tingkat Kota Tahun 2021.

Kota Payakumbuh kembali Raih Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) Tahun 2021

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,– Kota Payakumbuh berhasil meraih juara II Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) Tahun 2021 yang diserahkan langsung oleh Gubernur Provinsi Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah kepada Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi pada acara Musrenbang RKPD tingkat provinsi tahun 2021 di Hotel Grand Inna, Jumat(9/4).
- Advertisement -

Angin Puting Beliung Porak Porandakan 8 Rumah Warga di Jorong Sianggai-Anggai

Kabupaten Solok ,BeritaSumbar.com,- Angin puting beliung menerjang rumah warga di Jorong Sianggai-anggai, Nagari Sarik Alahan Tigo, Kecamatan Hiliran Gumanti, Kabupaten Solok, Sumatera Barat pada sore hari Jum'at (09 April 2021).

Ustadz Orange, Sampaikan Tausiah di Masjid Terapung Samudera Ilahi Carocok

Pesisir Selatan,BeritaSumbar.com,-Ustadz Narlis Nazar, yang dikenal dengan Ustadz Orange ini, memberikan Tausiah agama di Masjid Terapung Samudera Ilahi Carocok Painan, Kabupaten Pesisir Selatan Kamis (8/4).
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Polres Sijunjung Beri Penghargaan Untuk Personil-Masyarakat Yang Penanganan Tindak Kejahatan

Sijunjung, beritasumbar.com - Kapolres Sijunjung AKBP Andry Kurniawan SIK.M.Hum memberikan apresiasi berupa reward/penghargaan berupa sertifikat kepada enam orang masyarakat dan 29 personel polres setempat atas...

Mengintip Pemilihan Legislatif Tingkat Nagari Di Simpang Kapuak Dalam Kabupaten Lima Puluh Kota

Lima Puluh Kota, beritasumbar.com - Pada Rabu (7/4) puluhan warga Jorong Lobuah Tunggang Nagari Simpang Kapuak berbondong-bondong menuju bangunan Taman Kanak-kanak (TK) yang terletak...

Saat Rampungkam RPJMD, Bupati Minta OPD Sijunjung Himpun Data Ril Ke Lapangan

Sijunjung, beritasumbar.com - Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kabupaten Sijunjung diberi waktu selama dua minggu untuk turun ke lapangan dan menyusun langkah strategis untuk...

Polres Payakumbuh Amankan Tiga Tersangka Terduga Penggelapan Dana Koperasi

Payakumbuh, beritasumbar.com - Polres Payakumbuh, Sumatera Barat mengamankan tiga orang tersangka terduga penggelapan dana Koperasi Serba Usaha (KSU) Sutra Ketinggian Sarilamak, Kabupaten Limapuluh Kota. Kasat...

Polres Sinjunjung Bekuk Dua Orang Pengedar Narkoba

Sijunjung, beritasumbar.com - Kepolisian Resos Sijunjung mengamankan dua orang pengedar dan pemakai nakorba jenis yang selama ini beroperasi di wilayah hukum polres tersebut. “Yang bersangkutan berhasil...

Mahyeldi Dukung Pemajuan Kebudayaan Koto Gadang Koto Anau untuk Jadi Destinasi Wisata Dunia

Peninggalan sejarah memiliki potensi besar bagi kemakmuran masyarakatnya. Jika tidak dijadikan cagar budaya, keberadaannya akan mengalami kepunahan. Menyikapi hal tersebut, Dra. Zusneli Zubir, M.Hum., Peneliti di Balai Pelestarian Nilai Budaya Provinsi Sumatera Barat (BPNB Sumbar) memprakarsai Penyusunan Grand Design Pemajuan Kebudayaan Nagari Koto Gadang Koto Anau yang digelar pada 3 - 4 April 2021 di Depan Balai Adat Nagari Koto Gadang Koto Anau, Kabupaten Solok, Kecamatan Lembang Jaya, Provinsi Sumatera Barat.

Tak Sampai 24 Jam Polres Sinjujung Bekuk Sindikat Pencuri Antar Provinsi, Korban Rugi Puluhan Juta

Sijunjung, beritasumbar.com - Sekitar 12 jam setelah kejadian jajaran Polres Sijunjung berhasil membekuk enam orang pelaku pencurian dengan modus gembos ban dan pecah kaca mobil. “Pelaku...

Wako Sawahlunto: Mari Ciptakan Generasi Berlandaskan Al-Quran-Hadits

Sawahlunto, beritasumbar.com - Walikota Sawahlunto Deri Asta menyebutkan perlu menciptakan anak-anak di daerah itu agar memiliki landasan hidup yang kuat dengan Al-Quran dan Hadits....

Percepat Pembangunan Infrastruktur, DPRD Sumbar Raker Bersama Pemkab Pasaman-Pasbar

Padang, beritasumbar.com - Anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat Daerah Pemilihan (Dapil) IV Pemilihan Kabupaten Pasaman dan Pasaman Barat, melakukan Rapat Kerja Usaha Percepatan Penanganan dan...

Terlibat Kasus Narkoba, Dua Personel Polres Sijunjung Dipecat

Sijunjung, beritasumbar.com - Dua personil Polres Sijunjung dipecat dari Anggota Kepolisian Republik Indonesia karena terlibat kasus narkoba. Upacara pemberhentian tidak hormat untuk Brigadir  Andres Ofiyandra sesuai...
- Advertisement -