26 C
Padang
Minggu, Januari 17, 2021
Beritasumbar.com

Musrenbang Kota Padang 2016, Penyelesaian Pasar Raya Masih Prioritas
M

Kategori -

Pemerintah Kota Padang memiliki ‘pekerjaan rumah’ yang cukup besar pada tahun mendatang. Diantaranya yang paling menjadi fokus, yaitu penyelesaian pembangunan Pasar Raya Inpres I, II , III dan IV, revitalisasi objek wisata serta penyelenggaraan pendidikan.

Hal ini diungkapkan Sekretaris Daerah Kota Padang Nasir Ahmad, usai membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kota Padang untuk tahun 2016 di Gedung Bagindo Aziz Chan , Balaikota, Selasa (24/3).

Dijelaskan, penyelesaian pembangunan Pasar Raya Inpres I sampai IV merupakan persyaratan mutlak dalam pengembalian fungsi kota sebagai pusat perdagangan regional. Kerusakan sarana ekonomi ini pasca gempa mendorong terjadinya pertumbuhan signifikan pada pasar – pasar yang terletak di pinggiran kota. Sekaligus ini menimbulkan permasalahan tersendiri dalam penataannya.

“Pada 2015 ini , minimal kita selesaikan pembangunan Pasar Inpres II, sehingga Inpres I dan II bisa dimanfaatkan secara lebih optimal dan pedagang bisa kita tata dengan lebih baik,” ujar Sekda Nasir Ahmad.

Di sektor Pariwisata, lanjutnya, revitalisasi objek wisata Kawasan Wisata Terpadu (KWT) Gunung Padang dan objek potensial lainnya menjadi wisata keluarga dan konvensi yang layak dan ramah. Nantinya diharapkan dapat mendorong pengembangan ekonomi kreatif dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), serta pemberdayaan masyarakat petani dan nelayan.

“Prioritas kita di tahun 2015 dan 2016 adalah pembenahan Pantai Air Manis. Kita sudah MoU dengan pihak provinsi Sumatera Barat terkait pengembangan Pantai Air Manis melalui dana sharing 40:60, sehingga legenda Malin Kundang dan legenda Siti nurbaya di Gunung Padang menjadi tujuan wisata utama,” tambahnya.

Demikian juga untuk sektor infrastruktur, menurut Sekda, Pemko Padang terus mengupayakan peningkatan jalan – jalan kota, terutama pembangunan jalur – jalur evakuasi, penyediaan terminal angkutan kota dan terminal bus serta penataan transportasi.

“Saat ini sudah dioptimalkan penggunaan angkot di samping Balaikota Lama sehingga dapat mengatasi kesemrawutan di kawasan tersebut,” katanya.

Begitu juga di bidang pendidikan, disamping tetap melaksanakan pendidikan gratis, dan direncanakan dapat diperluas dapat menjangkau sekolah swasta. Sedangkan di bidang ekonomi , peningkatan ekonomi berbasis masyarakat terus digalakkan. Juga peningkatan pelayanan masyarakat dan reformasi birokrasi terus dilakukan Pemko Padang.

“Kita semua tentu mengaharapkan, melalui Musrenbang ini dapat dimatangkan Rencana Kerja Pembangunan Daerah yang telah disusun berdasarkan Rencana Strategis SKPD yang merujuk pada RPJMD. Dan tetap memberi peluang masyarakat untuk berperan serta,” imbuhnya.

Pada kesempatan ini, Ketua DPRD Kota Padang Erisman menyampaikan dukungannya kepada Pemerintah Kota Padang terhadap pelaksanaan program. Terutama dalam penyelesaian Pasar Raya, pendidikan serta infrastruktur.

“Semua program unggulan yang sudah dicanangkan Pemko Padang tentunya agar dapat terlaksana sesuai harapan masyarakat. Kami di DPRD turut memberikan dukungan terkait pengalokasian anggaran,” sebut Erisman.

Namun Erisman menekankan, agar semua yang telah diprogramkan dijalankan dengan serius dan konsisten, agar tidak menimbulkan suatu kergauan di masyarakat terhadap kinerja Pemko.

“Semua yang kita lakukan tentunya untuk kesejahteraan masyarakat serta mengajak masyarakat untuk berperan serta,”ucapnya.

Sementara itu, Kepala Bappeda Kota Padang Hervan Bahar menambahkan, forum Musrenbang yang dilaksanakan ini merupakan harmonisasi keselarasan antara bottom up planning dan top down. Sebelumnya beberapa tahapan telah dilaksanakan sebagai proses, mulai dari Musrenbang tingkat kelurahan, tingkat kecamatan dan Forum SKPD serta Pra Musrenbang.

“Pada kesempatan ini, Walikota Padang memberikan penghargaan kepada tiga kecamatan yang dinilai terbaik dari yang baik pada pelaksanaan Musrenbang Kecamatan 2016,” kata Hervan.

Kecamatan yang dinilai terbaik tersebut, yaitu Kecamatan Padang Timur (terbaik I), Kecamatan Koto Tangah (terbaik II) dan Kecamatan Padang Utara (terbaik III).

 

Sumber: Humas Kota Padang
- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Turun Tinjau Lokasi Banjir Dan Longsor, Kapolres Pessel Serahkan Bantuan

Kapolres Pesisir Selatan AKBP. Sri Wibowo, S.Ik turun menuju lokasi longsor di Kampung Langgai, Nagari Ganting Mudiak Utara Surantih, Kecamatan Sutera, Kabupaten Pesisir Selatan. Lokasi longsor ini ada sekitar 35 km dari jalan nasional yang melintasi kabupaten ini.
- Advertisement -

Ide Sekolah Tangguh Covid-19, Erwin Yunaz Siapkan Pilot Proyek Di Kecamatan Payakumbuh Barat

Proses belajar mengajar (PBM) tatap muka sudah dimulai di Payakumbuh sejak awal tahun 2021. Namun kondisi pandemi Covid-19 membuat protokol kesehatan ketat harus diterapkan di sekolah. Seluruh warga sekolah seperti siswa, guru, dan tenaga kependidikan wajib memakai masker, mencuci tangan, dan mengecek suhu tubuh untuk bisa masuk ke lingkungan sekolah.

Melalui Disperkim, Pemko Payakumbuh Lanjutkan Program peningkatan Kualitas RTLH

Pemerintah Kota (Pemko) Payakumbuh melalui Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (Perkim) Kota Payakumbuh kembali lanjutkan program kegiatan bantuan swadaya peningkatan kualitas Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di Payakumbuh untuk tahun 2021.
- Advertisement -

Warga Tanjuang Gadang dihebohkan Penemuan Mayat Laki Laki

Masyarakat Jorong Guaguak None Kenagarian Tanjung Gadang kabupaten Sijunjung dihebohkan dengan penemuan mayat laki-laki Minggu (10/1) Sekitar pukul 09.30 WIB.

Ini Pesan Dewan Kehormatan PWI Sumbar Didepan Peserta KLW

Sebanyak 35 orang wartawan muda Tanah datar mengikuti kegiatan karya latihan wartawan ( KLW) yang diselenggarakan oleh PWI Tanah datar di pendopo Indojalito Kamis (14/01) kemarin.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Nofrijal Hidupkan Wisata Kuliner Lewat Gowes Wes Wes

Suasana pagi di Kota Padang dihidupkan oleh olahraga bersepeda yang dikenal dengan gowes. Saat ini komunitas bersepeda tumbuh bagaikan jamur di musim penghujan, dipicu pandemi Covid-19 yang tengah melanda Sumatera Barat dan Indonesia pada umumnya sejak Maret 2020 lalu.

Ribuan Guru Di Payakumbuh Telah Ikuti Rapid Tes

Payakumbuh, beritasumbar.com - Ribuan guru di Kota Payakumbuh mengikuti rapid tes antibodi untuk mengantisipasi penyebaran virus corona disease 2019 (Covid-19) di sekolah. "Sekarang proses belajar...

Payakumbuh Minta Guru Beri Contoh Pada Siswa Dalam Mematuhi Protokol Kesehatan

Payakumbuh, beritasumbar.com -Kepala Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh Bakhrizal memaparkan perihal pembelajaran tatap muka yang telah dilaksanakan, beberapa catatan atau evaluasi yang didapatkan oleh tim gugus...

Hadapi Pemberian Vaksin, Payakumbuh Siapkan 49 Vaksinator

Payakumbuh, beritasumbar.com - Menghadap pemberian vaksin, Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat meyiapkan 49 tenaga vaksin. Petugas tersebut yang akan memberikan vaksin...

Padang Panjang Siap Laksanakan Belajar Tatap Muka

Padang Panjang, beritasumbar.com- Wakil Walikota Padang Panjang  Asrul menyatakan daerah tersebut siap menjalankan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) yang akan dimulai Senin, 11 Januari. "Kami meninjau...

Pada Usia 17 Tahun, Solok Selatan Alami Berbagai Kemajuan

Padang Aro - Pada usia Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat yang sudah menginjak usia 17 tahun berbagai kemajuan daerah terus akan dicapai. Pejabat Sekdakab Solok...

Terkait Visi-Misi Bupati Ke Depannya, Ini Penegasan DPRD Solok Selatan

Padang Aro, beritasumbar.com - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Solok Selatan, Zigo Rolanda menegaskan pihaknya akan mendukung visi dan misi pasangan bupati-wakil terpilih...

Momentum HAB Ke-75, Wako Padang Panjang: Tanpa Toleransi Tidak Ada Kerukunan

Padang Panjang, beritasumbar.com -  Kerukunan umat beragama sebagai salah satu modal bangsa ini untuk maju. Tanpa kerukunan, akan sukar menggapai cita-cita besar bangsa agar sejajar...

DPRD Solok Selatan “Jemput Bola” Dana Hibah Rehab Rekon BNPB

Padang Aro, beritasumbar.com - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Solok Selatan melakukan jemput bola untuk mendapatkan dana hibah rehabilitasi dan rekonstruksi (Rehab Rekon)...

Warga Dua Nagari Di Tanah Datar Goro Bersama Perbaiki Jalan 1,5 Kilometer

Tanah Datar beritasumbar.com - Warga pada dua nagari yang ada Kabupaten Tanah Datar melakukan gotong royong  memperbaiki jalan kabupaten sepanjang 1,5 kilometer, Senin...
- Advertisement -