24.9 C
Padang
Jumat, Juli 30, 2021
Beritasumbar.com

Musrenbang Kota Padang 2016, Penyelesaian Pasar Raya Masih Prioritas
M

Kategori -

Pemerintah Kota Padang memiliki ‘pekerjaan rumah’ yang cukup besar pada tahun mendatang. Diantaranya yang paling menjadi fokus, yaitu penyelesaian pembangunan Pasar Raya Inpres I, II , III dan IV, revitalisasi objek wisata serta penyelenggaraan pendidikan.

Hal ini diungkapkan Sekretaris Daerah Kota Padang Nasir Ahmad, usai membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kota Padang untuk tahun 2016 di Gedung Bagindo Aziz Chan , Balaikota, Selasa (24/3).

Dijelaskan, penyelesaian pembangunan Pasar Raya Inpres I sampai IV merupakan persyaratan mutlak dalam pengembalian fungsi kota sebagai pusat perdagangan regional. Kerusakan sarana ekonomi ini pasca gempa mendorong terjadinya pertumbuhan signifikan pada pasar – pasar yang terletak di pinggiran kota. Sekaligus ini menimbulkan permasalahan tersendiri dalam penataannya.

“Pada 2015 ini , minimal kita selesaikan pembangunan Pasar Inpres II, sehingga Inpres I dan II bisa dimanfaatkan secara lebih optimal dan pedagang bisa kita tata dengan lebih baik,” ujar Sekda Nasir Ahmad.

Di sektor Pariwisata, lanjutnya, revitalisasi objek wisata Kawasan Wisata Terpadu (KWT) Gunung Padang dan objek potensial lainnya menjadi wisata keluarga dan konvensi yang layak dan ramah. Nantinya diharapkan dapat mendorong pengembangan ekonomi kreatif dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), serta pemberdayaan masyarakat petani dan nelayan.

“Prioritas kita di tahun 2015 dan 2016 adalah pembenahan Pantai Air Manis. Kita sudah MoU dengan pihak provinsi Sumatera Barat terkait pengembangan Pantai Air Manis melalui dana sharing 40:60, sehingga legenda Malin Kundang dan legenda Siti nurbaya di Gunung Padang menjadi tujuan wisata utama,” tambahnya.

Demikian juga untuk sektor infrastruktur, menurut Sekda, Pemko Padang terus mengupayakan peningkatan jalan – jalan kota, terutama pembangunan jalur – jalur evakuasi, penyediaan terminal angkutan kota dan terminal bus serta penataan transportasi.

“Saat ini sudah dioptimalkan penggunaan angkot di samping Balaikota Lama sehingga dapat mengatasi kesemrawutan di kawasan tersebut,” katanya.

Begitu juga di bidang pendidikan, disamping tetap melaksanakan pendidikan gratis, dan direncanakan dapat diperluas dapat menjangkau sekolah swasta. Sedangkan di bidang ekonomi , peningkatan ekonomi berbasis masyarakat terus digalakkan. Juga peningkatan pelayanan masyarakat dan reformasi birokrasi terus dilakukan Pemko Padang.

“Kita semua tentu mengaharapkan, melalui Musrenbang ini dapat dimatangkan Rencana Kerja Pembangunan Daerah yang telah disusun berdasarkan Rencana Strategis SKPD yang merujuk pada RPJMD. Dan tetap memberi peluang masyarakat untuk berperan serta,” imbuhnya.

Pada kesempatan ini, Ketua DPRD Kota Padang Erisman menyampaikan dukungannya kepada Pemerintah Kota Padang terhadap pelaksanaan program. Terutama dalam penyelesaian Pasar Raya, pendidikan serta infrastruktur.

“Semua program unggulan yang sudah dicanangkan Pemko Padang tentunya agar dapat terlaksana sesuai harapan masyarakat. Kami di DPRD turut memberikan dukungan terkait pengalokasian anggaran,” sebut Erisman.

Namun Erisman menekankan, agar semua yang telah diprogramkan dijalankan dengan serius dan konsisten, agar tidak menimbulkan suatu kergauan di masyarakat terhadap kinerja Pemko.

“Semua yang kita lakukan tentunya untuk kesejahteraan masyarakat serta mengajak masyarakat untuk berperan serta,”ucapnya.

Sementara itu, Kepala Bappeda Kota Padang Hervan Bahar menambahkan, forum Musrenbang yang dilaksanakan ini merupakan harmonisasi keselarasan antara bottom up planning dan top down. Sebelumnya beberapa tahapan telah dilaksanakan sebagai proses, mulai dari Musrenbang tingkat kelurahan, tingkat kecamatan dan Forum SKPD serta Pra Musrenbang.

“Pada kesempatan ini, Walikota Padang memberikan penghargaan kepada tiga kecamatan yang dinilai terbaik dari yang baik pada pelaksanaan Musrenbang Kecamatan 2016,” kata Hervan.

Kecamatan yang dinilai terbaik tersebut, yaitu Kecamatan Padang Timur (terbaik I), Kecamatan Koto Tangah (terbaik II) dan Kecamatan Padang Utara (terbaik III).

 

Sumber: Humas Kota Padang
- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

8 Fungsi Keluarga: dengan Kacamata Baru

Cerita Berseri, Seribu Asa untuk Bahagia #Seri 4/1000 cerita “8 Fungsi Keluarga: dengan Kacamata Baru” Oleh : H. Nofrijal, MA Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama (PUMA) IV-e Sebutan 8...
- Advertisement -

MTsN 5 Padang Pariaman Gelar Kegiatan Madrasah Berbagi di Momen Idul Adha.

Padang Pariaman, beritasumbar.com,- "Bahagia itu bersama, bukan sendiri. Senang itu bersama, bukan sendiri. Bahagia itu sesungguhnya sederhana, ketika digapai bersama". Itulah ungkapan yang terucap, oleh Dra. Lismaini Amir, M.Si. Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 5 Padang Pariaman, ketika disambangi awak media di ruang kerjanya usai penyerahan bantuan paket sembako kepada beberapa murid-muridnya.

Jadi Lokus Studi Tiru, GTP UIakan Kembali Dikunjungi Pokdarwis se Kabupaten Sijunjung.

Padang Pariaman, beritasumbar.com.,-Nagari Ulakan melalui potensi kawasan Ekowisata dan Edukasi Green Talao Park (GTP) yang dimiliki, kembali menjadi pusat perhatian. Hal itu dibuktikan, dengan adanya kunjungan Studi Tiru ke destinasi wisata ini, yang digagas oleh Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Barat. Dalam kesempatan kali ini, Dinas Pariwisata Provinsi selaku penyelenggara Pelatihan Sadar Wisata di Kabupaten Sijunjung memboyong seluruh peserta untuk melakukan Studi Tiru ke kawasan Ekowisata dan Edukasi Green Talao Park di Nagari Ulakan Kecamatan Ulakan Tapakih Kabupaten Padang, pada Selasa (27/7).
- Advertisement -

IKM Baruah Gunuang Terbentuk

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,-Dua puluh dua orang mahasiswa yang berasal dari Nagari Baruah Gunuang yang merupakan perwakilan dari berbagai kampus di Indonesia menghadiri kegiatan first gathering dalam pembentukan keluarga mahasiswa di nagari dengan nama Ikatan Keluarga Mahasiswa Baruah Gunuang (IKMB).

Turnamen Hercules Cup II Digelar

Sijunjung, Berita Sumbar--Sebanyak 16 ( Enam Belas) Club bola berlaga pada turnamen Hercules Cup ll Tanjung Ampalu, kecamatan Koto Vll Kabupaten Sijunjung, pertandingan perdana di mulai pada Minggu (25/7) dilapangan bola kaki Tuna Karya Tanjung Ampalu.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Paket Tender Solok Selatan Rp299,2 juta Tanpa Ada Penawar

Padang Aro, beritasumbar.com - Satu paket tender di Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat dengan Pagu dan Rp299,2 juta dinyatakan gagal karena tidak ada penawaran...

Besok, Belajar Tatap Muka Akan Dimulai Di Kabupaten Sijunjung

Sijunjung,  - Kegiatan proses belajar mengajar tatap muka di Kabupaten Sijunjung akan dimulai pada Senin (12/7), akan tetapi belajar tatap muka akan dilangsungkan 50...

Audiensi Dengan Kepala Sekolah, DPRD Sijunjung Tampung Aspirasi Masalah Pendidikan

Sijunjung, beritasumbar.com - Banyak aspirasi dan permasalahan di dunia pendidikan yang belum terwujud selama ini, maka Kepala Sekolah Paud/TK, SD, dan SLTP se-Kecamatan Koto Vll...

Disdukcapil Lima Puluh Kota Imbau Masyarakat Proaktif Urus Administrasi Kependudukan

Sarilamak, beritasumbar.com - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Lima Puluh Kota mengimbau masyarakat setempat agar proaktif mengurus administrasi kependudukan. Kadis Dukcapil Kabupaten Lima...

Buka Akses Unggan-Pamusian, Jarak Kabupaten Sijunjung-Tanah Datar Bisa Dipangkas

Sijunjung, beritasumbar.com - Dalam waktu dekat ini diperkirakan, hubungan Kabupaten Sijunjung dengan Kabupaten Tanah Datar lewat jalur Unggan ke Pamusian akan terhubung. Perbatasan kedua daerah yang...

Sambut HUT RI ke-76, DHD-BPK 45 Sumbar Buka Pendaftaran Lomba Baca Puisi dan Lagu Perjuangan

Sebagai salah satu bentuk upaya berkesinambungan dalam penanaman nilai-nilai kejuangan 45 pada generasi muda, Dewan Harian Daerah Badan Pembudayaan Kejuangan 45 Provinsi Sumatera Barat (DHD BPK 45 Sumbar) mengadakan Lomba Baca Puisi dan Lagu Perjuangan Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2021, dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76, pendaftaran calon pesertanya resmi dibuka pada Jumat, 2 Juli 2021.

Bantu Para Petani, Pemkab Sijunjung Salurkan 114 Alsintan

Sijunjung, beritasumbar.com - Untuk mempermudah pekerjaan lahan usaha pertanian, mulai dari kegiatan pengolahan lahan dan perawatan tanaman pertanian, maka Dinas Pertanian Kabupaten Sijunjung menyalurkan sebanyak...

Mangombang Nan Talipek, Rang Kampai Nagari Simpang Kapuak Bapanghulu

Limapuluh Kota, beritasumbar.com - Setelah belasan tahun gelar penghulu Datuak Monti Bosa talipek atau tidak dipakainya, Warga Suku Kampai Nagari Simpang Kapuak, Kecamatan Mungka,...

Pimpin Rapat Percepatan Pembangunan Infrastruktur, Wabup Sijunjung Minta Camat-Walnag Jalin Komunikasi Dengan Masyarakat

Sijunjung, beritasumbar.com - Wakil Bupati Sijunjung, Sumatera Barat, Iraddatillah memimpin rapat kerja usaha percepatan penanganan dan pembangunan infrastruktur di wilayah tersebut, Rabu, 30/6. Raker tersebut melibatkan...

Kapolres Padang Pariaman Semprot Disinfektan di Seputar Rumah Warga Isolasi Mandiri

Padang Pariaman,   - Mendengar laporan terkait adanya satu keluarga sedang isolasi mandiri melanggar protokol kesehatan, Kapolres Padang Pariaman AKBP. Dian Nugraha HBWPS. SH. SIK,...
- Advertisement -