Sijunjung ,BeritaSumbar.com,- Hingga kini Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Gerakan Indonesia Raya, Sumatera Barat, belum memberikan pernyataan khusus terkait Pilkada (pemilihan kepala daerah) di sejumlah daerah, termasuk di Kabupaten Sijunjung.

Meski begitu, Ketua DPD Gerindra Sumbar, Nasrul Abit (NA) juga memberi sinyal kepada sejumlah tokoh yang bakal berkeinginan maju di Pilkada Sijunjung 2020. Sebut saja terhadap Kepala Biro Umum Kemenag RI, Drs Haji Syafrizal, MSi Intan Kayo sebagai Bakal Calon Bupati (Bacalbup) Sijunjung.

Belum lama ini, Nasrul Abit bersama Syafrizal lebih banyak membicarakan soal pendidikan keagamaan, MTQ dan Kehidupan Umat beragama di Sumbar serta kriteria pimpinan di Sumbar (Minangkabau).

“Kami tak membas politik, hanya saja beliau mengistilahkan harus punya 4T kalau ingin jadi pemimpin. T-pertama Tokoh, T-kedua Takah, T-ketiga Tageh dan T-keempat Toke.Itu pesan beliau. Soal maju Pilkada itu tergantung partai,”ucap Syafrizal pada awak media, Sabtu (30/8) kemaren.

Tak bisa dipungkiri, suhu politik Sijunjung, Sumatera Barat, terus kian memanas. Bahkan arah politik jelang pemilihan kepala daerah (Pilkada) Sijunjung 2020 mendatang pun sulit ditebak.

Buktinya, meski Ketua Dewan Pimpinan Daerah Partai Gerakan Indonesia Raya Sumatera Barat (DPD Partai Gerindra Sumbar) Nasrul Abit, belum membahas soal Pilkada. Namun “sinyal dan bisikan” ke bursa pencalonan kepala daerah pun sudah mulai dibidik.

Kendati demikian, Nasrul Abit masih berbasa-basi, bahwa pihaknya hingga kini belum membahas untuk penjaringan calon kepala daerah termasuk dirinya yang juga bakal maju pada Pilgub Sumatera Barat.

“Belum, belum ada, belum masuk pembahasan itu, sekarang yang kita bahas di Jakarta, bagaimana semua ketua DPRD kabupaten/kota, 11 dari Gerindra dan 4 wakil ketua, itu belum selesai semua, baru lima yang kabupaten yang selesai, termasuk Sijunjung sudah selesai,
kita masih bicara mendudukkan ketua DPRD kabupaten/kota se-Sumbar, termasuk yang provinsi,”ucap Nasrul Abit yang digadang-gadangkan sebagai kandidat kuat Bacalgub Sumbar.

“Belum bicara pilkada, setelah ini baru bicara pilkada dan semua bisa saja terjaring,” tuturnya.

Etalase suhu politik di bumi Lansek Manih, Sijunjung, Sumatera Barat mulai kian panas. Hal itu menyusul Dewan Pimpinan Cabang Partai Gerakan Indonesia Raya (DPC Gerindra) Sijunjung, nyatakan sepakat mengusung Kabiro “Drs Haji Syafrizal,MSi” Umum Kemenag RI maju di pemilihan kepala daerah (Pilkada) Sijunjung 2020 mendatang.

DPC Partai Gerindra besutan Prabowo Subianto di Sijunjung pun telah siap mengusung kader partainya Kepala Biro “Syafrizal” Umum Kemenag RI sebagai Bacalbup nya.

Setidaknya pernyataa itu disampaikan Ketua dan Sekretaris DPC Partai Gerindra Sijunjung, Drs Syahril Syamra, didampingi Sekretaris DPC Gerindra Naswardi,NS dan pengurus lainnya kepada awak media pada Rabu (28/8/2019) lalu di kantor DPC partai berlambang burung garuda itu di Muaro Sijunjung.

Bahkan ditegaskan Sayahril, bahwa DPD Partai Gerindra Sumbar juga sepakat untuk mengusung Syafrizal sebagai kandidat calon bupati (Calbup) Sijunjung.

“Kami (DPC-red) dan DPD sudah sepakat untuk mengusung calon keder kami sebagai Cabup Sijunjung. Soal siapa pendampingnya tunggu saja nanti dan Syafrizal adalah calon kader Gerindra,”kata Syahril Syamra bla-blakan.

Alsasan DPC Gerindra mengusung Syafrizal, karena Syafrizal adalah tokoh terbaik, plus sepak terjangnya telah dikenal hingga ke tingkat nasional. Tak kalah pentingnya, Ia juga publik figure nan agamais, cerdas, intelektual.

“Syafrizal figur paling potensial untuk menjadi pimpinan daerah kedepan, karena atas apa yang dibutuhkan daerah ada pada beliau,” tegasnya pula. (saptarius)

loading...