27 C
Padang
Rabu, Januari 20, 2021
Beritasumbar.com

Ingin Menjadi Awardee LPDP? Perhatikan Tiga Hal ini!
I

Kategori -

Buat kamu yang baru saja lulus sarjana atau sedang bekerja, pasti sudah memiliki rencana baik dalam waktu dekat maupun tidak untuk bisa segera melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi yaitu magister baik di dalam maupun di luar tanah air. Mahalnya biaya pendidikan tidak perlu membuat kamu merasa takut atau khawatir untuk tetap maju berjuang. Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Keuangan telah menyediakan beasiswa buat kamu yang ingin melanjutkan pendidikanmu ke jenjang yang lebih tinggi, atau yang lebih dikenal dengan istilah Beasiswa LPDP.

Tentunya butuh persiapan dan kerja keras untuk dapat terpilih menjadi salah satu penerima Beasiswa LPDP ini. Karena yang perlu kamu ingat, pada saat proses seleksi berlangsung maka kamu akan bertemu dengan banyak sekali pemuda dari Sabang sampai Merauke yang tidak kalah hebatnya, tidak kalah semangat dan antusisasnya serta tidak kalah rasa baktinya untuk Indonesia. Oleh karena itu, berikut ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan dan berikan perhatian ekstra lebih dalam proses persiapan yang akan kamu lakukan sebelum menuju ke proses seleksi yang sesungguhnya.

  1. Kemampuan Berbahasa Sesuai Dengan Negara Tujuan

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa bahasa adalah faktor fundamental yang paling dibutuhkan. Bahasa adalah satu-satunya alat yang dapat menjembatani proses interaksi dan proses transfer ilmu. Sehingga sebelum kamu memberanikan diri untuk mengikuti seleksi Beasiswa LPDP akan lebih baik jika kamu sudah membekali dirimu dengan sertifikat bahasa sesuai dengan negara yang akan kamu tuju untuk melanjutkan perkuliahan. Biasanya setiap negara memiliki standar bahasanya masing-masing. Seperti IELTS, Toefl , Delf ( Perancis ), TOAFL ( Arab ), Dele ( Spanyol ), N2T ( Belanda ), TOCFL ( Tiongkok ), JLPT ( Jepang ), dll. Jadi, setelah membidik negara yang akan kamu tuju jangan lupa untuk mengejar sertifikat bahasanya ya teman-teman.

  1. Apa yang telah dan sedang kamu lakukan untuk Indonesia

Sedikit berbeda dengan beasiswa pada umumnya, setiap penerima beasiswa LPDP adalah generasi muda terpilih yang sudah disiapkan dan diharapkan untuk dapat berperan aktif terhadap roda perputaran Indonesia kedepannya. Penerima beasiswa LPDP diharapkan dapat menjadi nahkoda dan berdiri di garda terdepan sebagai bentuk tanggung jawab atas kemajuan bangsa ini kedepannya. Oleh karena itu penerima beasiswa tidak hanya harus pintar , berwawasan luas, dan bersertifikat . Hal yang tidak kalah pentingnya adalah setiap calon penerima beasiswa LPDP adalah merupakan pemuda yang telah melakukan kontribusi positif secara nyata untuk perkembangan Indonesia baik itu melalui komunitas maupun lingkungan terdekatnya. Penerima beasiswa LPDP diharapkan adalah pemuda yang telah berani dan mau untuk keluar dari zona nyamannya untuk melakukan aksi secara nyata baik besar maupun kecil dalam ikut membantu menyelesaikan permasalahan yang terjadi di negeri ini.

  1. Rencana Pasca Studi

Faktor lain yang akan sangat menjadi bahan pertimbangan pada saat proses seleksi adalah mengenai rencana dan rancangan yang telah kamu buat mengenai aksi yang akan kamu lakukan setelah pendidikan selesai dan kembali ke tanah air. Seperti yang telah sempat disebutkan sebelumnya bahwa Beasiswa LPDP diharapkan dapat sejalan dengan visi misi Indonesia di tahun 2045 dimana garda terdepan yang akan dijadikan sebagai agen perubahan salah satunya adalah melalui para penerima LPDP. Oleh karena itu, sebagai pemuda yang akan diberangkatkan oleh negara dalam melihat cakrawala dan menimba ilmu, kita juga harus mulai menyiapkan rencana strategis yang akan kita lakukan untuk tanah air. Memaksimalkan kemampuan pikiran dan luasnya pengalaman yang kita punya dalam berperan secara aktif melakukan program secara nyata yang dapat menghasilkan perubahan positif di negeri ini.

Jadi, tunggu apalagi  ???

Di sela-sela waktu yang kamu punya, ayo segera mantapkan hati menyusun rencana yang akan kamu lakukan untuk beberapa waktu kedepan. Persiapkan dirimu secara maksimal, usahakan yang terbaik dan yang terpenting selalu iringi setiap usahamu dengan doa dan restu orang tua ya …

Jangan tunda-tunda semangatmu yang begitu besar dalam meraih mimpi yang tidak kalah besarnya. Karena negeri ini membutuhkan banyak orang baik yang mau terjun dan terlibat langsung untuk membenahi segala kelemahan yang ada dan kamu adalah salah satunya !!

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Bantuan Randang Siap Saji Dari Pemko Kepada Yayasan Cahaya Islam Yang Alami Musibah Kebakaran

Pemerintah Kota Payakumbuh memberikan bantuan berupa randang kepada Pondok Pesantren Cahaya Islam yang dilanda musibah. Asrama putri ponpes yang berada di Kawasan Padang Kaduduak, Kelurahan Tigo Koto Diate itu ludes dilahap si jago merah, Sabtu (16/1) dini hari.
- Advertisement -

Dua Orang Petugas Satuan Pengaman Sentra IKM Randang Dapat Penghargaan

Apel pagi di Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kota Payakumbuh agak sedikit berbeda dari hari biasanya, dua orang petugas pengamanan dipanggil kedepan oleh kepala dinas secara khusus, Senin (18/1).

Jalan Puncak Pato Lintau Berubah Menjadi Objek Wisata Dadakan

Tanah Datar, beritasumbar.com- Puluhan warga masyarakat sekitar Kecamatan Lintau Buo Utara dengan Kecamatan Sungayang ramai mendatangi Jalan Puncak Pato karena menjadi objek wisata dadakan...
- Advertisement -

Riza Falepi : JK Pensiun, Saya dan Wartawan Merasa Kehilangan

Rapat Koordinasi Pemko Payakumbuh di awal tahun 2021 terasa berbeda. Karena juga ada momen perpisahan dengan pejabat yang memasuki purna tugas atau pensiun di Kafe Agam Jua, Kawasan Batang Agam, Rabu (13/1).

Buntut Tertangkapnya Pembunuh OK, Warga Tanjung Gadang Datangi Mapolres

Buntut dari penangkapan tersangka pembunuhan Ok, Warga Nagari Tanjung Gadang mendatangi Mapolres Sijunjung, Rabu (20/1).
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Polri Ambil Langkah Cepat Antisipasi Peningkatan Kasus Covid-19

Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) segera mengambil langkah cepat sebagai antisipasi melonjaknya jumlah kasus terkonfirmasi dan kematian akibat COVID-19 periode 1-14 Januari 2021.

Seleksi LTMPT Terbuka untuk Jalur Vokasi

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) siap mendukung seleksi penerimaan mahasiswa baru di perguruan tinggi vokasi se-Indonesia. Selain Politeknik, perguruan tinggi yang memiliki jalur vokasi dapat bergabung pada seleksi yang khusus dibuka untuk jenjang Diploma IV atau Sarjana Terapan.

Ketua MPR RI Apresiasi, Ormas Surosowan Indonesia Bersatu, yang Peduli Adat dan Budaya Nusantara

Organisasi Masyarakat (Ormas) Surosowan Indonesia Bersatu menjalin silaturahmi dengan Ketua MPR RI Bambang Soesatyo. Ketua MPR RI Bambang Soesatyo menerima silaturahmi DPP Surosowan Indonesia Bersatu di Black Stone, Jl Proklamasi, Jakarta Pusat pada Kamis (14-01-2021)

Ini Pesan Dewan Kehormatan PWI Sumbar Didepan Peserta KLW

Sebanyak 35 orang wartawan muda Tanah datar mengikuti kegiatan karya latihan wartawan ( KLW) yang diselenggarakan oleh PWI Tanah datar di pendopo Indojalito Kamis (14/01) kemarin.

13 Paket Kecil Sabu Ditemukan Polres Pessel, 3 Tersangka Diamankan

Pesisir Selatan, beritasumbar.com- Tim Ospnal Satnarkoba Polres Pesisir Selatan kembali membekuk tiga orang tersangka penyalagunaan narkoba, berinisial RE (46) warga Pasar 60, Kecamatan Batang...

AMPERA, Komjen. Pol. Dr. Drs. Boy Rafli Amar, M.H Sosok yang tepat menjadi Kapolri

akarta,Minggu (3/1/21). Ditengah akan habisnya jabatan KAPOLRI Idham Aziz Bapak presiden Ir. Joko widodo meminta wakil komisi 3 DPR RI diminta memanggil Komjen. Pol. Dr.Drs. Boy Rafli Amar untuk menjalani ujian kelayakan sebagai KAPOLRI.

Di Hari Jadi Ke 46, Perumda Air Minum Kota Padang Luncurkan Air Minum Dalam Kemasan

Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Kota Padang meluncurkan produk Air Minum Dalam Kemasan ( AMDK) pada momen hari jadinya yang ke-46 tahun, Rabu (30/12) kemaren.

Antisipasi Jadi Zona Merah, Wilayah Zona Oranye Diminta Perketat Penanganan Covid-19

Zona Oranye atau daerah berstatus risiko sedang penularan Covid-19 bukanlah zona yang aman untuk ditempati. Sayangnya, dalam zona ini diisi mayoritas kabupaten/kota di Indonesia. Satgas Penanganan Covid-19 menyoroti sejumlah daerah yang saat ini masih menghuni zona oranye, jumlahnya mencapai 378 kabupaten/kota berdasarkan data terakhir.

Antisipasi Varian Baru Covid-19, Pemerintah Tutup Sementara Perjalanan WNA ke Indonesia

Adanya informasi ditemukannya strain atau varian baru virus Covid-19, yang menurut berbagai data ilimiah memiliki tingkat penyebaran lebih cepat, Pemerintah memutuskan untuk menutup sementara masuknya warga negara asing ke Indonesia sebagai upaya pencegahan.

WMI Kecam Pelecehan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya

Ketua Umum Wahana Muda Indonesia (WMI), Handriansyah mengecam aksi pelecehan yang dilakukan oleh Nitizen Malaysia terhadap lagu Kebangsaan Indonesia Raya dalam sebuah content YouTube, menurutnya hal ini merupakan pelecehan terbesar terhadap harga diri dan Martabat Bangsa Indonesia yang berdaulat.
- Advertisement -