24 C
Padang
Rabu, Januari 20, 2021
Beritasumbar.com

Ikan Larangan Lubuak Alai Juara 1 Tingkat Provinsi
I

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,-Kebolehan terbaru berupa Juara 1 Lomba Kelompok Ikan Larangan Tingkat Provinsi Sumatera Barat yang diraih Kelompok Masyarakat Pengawas (Pokmaswas) Muaro Siknabun Kenagarian Lubuak Alai Kecamatan Kapur IX. Tropi dan penghargaan terbaik pertama itu diserahkan Dirjen Pengairan PUPR di Kampus Unand Limau Manih Padang, (3/5) kemaren.
Pokmaswas Muaro Siknabun berhasil merebut posisi terdepan antara lain karena dinilai unggul dalam hal konservasi sumberdaya perairan. Kelompok ini sukses mengembangkan sejumlah ikan langka seperti Ikan Kpiek, Tabiang Alan, Tapa, Gariang dan Bauang, serta jenis ikan lainnya.
Disamping itu, konservasi sungai di lokasi ikan larangan Muaro Siknabun sangat alami dan memiliki tumbuhan pengaman tebing sungai seperti pohon bambu yang banyak tumbuh disepanjang tebing Sungai Siknabun. Tak kalah menariknya, Pokmaswas Siknabun dan sejumlah kelompok perikanan lainnya di daerah ini sudah memiliki regulasi berupa Peraturan Nagari (Pernag).
Dengan adanya Pernag tentang Pomaswas Perikanan tersebut, semua sudah diatur secara baik dan memiliki sanksi. Dalam regulasi itu termuat aturan main, pembangian hasil untuk kelompok, pemerintah nagari dan pemilik ulayat kawasan ikan larangan dimaksud. Selain itu, Pokmaswas ini senantiasa memperhatikan kearifan lokal.
Bupati Limapuluh Kota H. Irfendi Arbi mengaku sangat bersyukur atas diraihnya predikat juara 1 kelompok ikan larangan dimaksud. “Alhamdulillah, kita berhasil membawa pulang juara pertama. Saya berharap prestasi ini terus meningkat. Bahkan saya berharap Pokmaswas kini mampu menggondol juara di tingkat nasional,” ungkap Bupati Limapuluh Kota H. Irfendi Arbi ketika menerima penghargaan itu dari Kepala Dinas Perikanan Ir. Refilza yang didampingi Kabid Pengembangan Sumberdaya Perikanan Ir. Nelti Hafni di pendopo rumah dinas bupati, kemaren.
Dikatakan, mengembangkan sektor perikanan sudah menjadi tekat yang harus dicapai di daerah ini. Untuk itu, semua pihak terkait harus berkomitmen untuk benar-benar konsisten membangun sektor perikanan tersebut.
“Komitmen mengembangkan perikanan itu harus diwujukan dengan pembangunan sektor perikanan dengan didukung berbagai pihak terkait. Tekat kita, Limapuluh Kota menjadi yang terdepan di sektor perikanan. Apalagi kita memiliki potensi sungai tidak kurang dari 13.888 hektar yang hingga kini baru termanfaatkan sekitar 10%” tutur Irfendi.
Irfendi berharap, daerah ini harus bisa memanfaatkan potensi perairan untuk mendukung perwujudan kesejahteraan masyarakat. Selain itu masyarakat juga perlu memakan ikan buat pemenuhan gizi. Sebab, hewan yang hidup di air itu termasuk makanan sehat.
“Saya mengajak kita semua senantiasa mengkosumsi ikan. Perlu diketahui, ikan termasuk makanan sehat serta mengandung omega 3, dan lainnya. Kita berharap ini bisa menginspirasi masyarakat lainnya agar ikut mengembangkan  usaha perikanan,” papar Bupati Irfendi.
Dilkatakan, tidak saja memberikan dampak ekonomi, saya yakin kegiatan Pokmaswas Lubuak Alai itu juga memberikan dampak hebat terhadap konservasi Sungai.
Terpisah Kepala Dinas Perikanan Refilza kepada wartawan menyebut, dengan diraihnya juara 1 tingkat Sumbar, dengan sendirinya Kabupaten Limapuluh Kota akan mewakili Provinsi Sumbar dalam lomba tingkat Nasional.
“Untuk menghadapi lomba tingkat nasional itu, kita akan melakukan pembinaan  secara keroyokan dalam tiga hal yang masing-masingnya, urusan pelestarian ikan oleh Dinas Perikanan. Berikutnya, terkait dengan konservasi sungai, bakal ditangani Dinas PUPR , dan urusan Lingkungan Hidup bakal digarap Dinas Lingkungan Hidup,” terang Refilza.(*/rel)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Polres Pessel Gelar Giat AYO PAKAI Masker

Anggota Satlantas Polres Pesisir Selatan memasang stiker bertuliskan " Ayo Pakai Masker", di kendaraan roda dua dan roda empat, yang melintas di kota Painan, Jum'at (15/1). Selain stiker, juga dibagikan masker pada warga, juga pengendara di wilayah Hukum Polres Pessel, Jum'at (15/1).
- Advertisement -

Melalui Disperkim, Pemko Payakumbuh Lanjutkan Program peningkatan Kualitas RTLH

Pemerintah Kota (Pemko) Payakumbuh melalui Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (Perkim) Kota Payakumbuh kembali lanjutkan program kegiatan bantuan swadaya peningkatan kualitas Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di Payakumbuh untuk tahun 2021.

Irfendi Arbi Serahkan APD Bantuan Donatur

Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi menyerahkan bantuan mesin hand sprayer, cairan desinfektan, masker dan hand sanitizer serta vitamin bagi sekolah-sekolah, kantor wali nagari, kantor camat dan lainnya di Kecamatan Payakumbuh Kabupaten Limapuluh Kota. Ia berharap bantuan donatur yang disalurkan melalui forum peduli Sumatera Barat itu mampu mencegah penyebaran Covid-19 di daerah ini.
- Advertisement -

Dengan Dana CSR, PT HKI Bantu Perbaikan Jalan Di Lareh Sago Halaban

Upaya keras dan perjuangan masyarakat Lasahan untuk perbaikan infrastruktur jalan utama di Kecamatan Lareh Sago Halaban yang menghubungkan Payakumbuh-Tanah Datar ini akhirnya berbuah manis dan segera terwujud, setelah sejumlah tokoh masyarakat dan pemuda mengadakan perbahasan final yang bertempat di ruangan Kantor Camat Lareh Sago Halaban pada Rabu (13/01) siang.

Jalan Puncak Pato Lintau Berubah Menjadi Objek Wisata Dadakan

Tanah Datar, beritasumbar.com- Puluhan warga masyarakat sekitar Kecamatan Lintau Buo Utara dengan Kecamatan Sungayang ramai mendatangi Jalan Puncak Pato karena menjadi objek wisata dadakan...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

77 Pejabat Baru Dilantik, Ini Tuntutan Wako Padang Panjang

Padang Panjang, beritasumbar.com - Walikota Padang Panjang H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano melantik 77 pejabat struktural daerah itu di Hall Lantai III...

Disnakerin Payakumbuh: 51 Paket Pelatihan Akan Diselenggarakan Pada 2021

Payakumbuh, beritasumbar.com- Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian (Disnakerperin) Kota Payakumbuh, mengemukakan pada tahun 2021 akan  ada 51 pelatihan keterampilan dari berbagai bidang yang akan...

Polres Payakumbuh Rekonstruksi Pembunuhan Di Situjuah, 40 Adegan Diperagakan

Payakumbuh, beritasumbar.com - Polres Payakumbuh, Sumatera Barat melakukan rekonstruksi peristiwa pembunuhan di Jorong Bumbuang, Nagari Situjuah Batua, Kabupaten Limapuluh Kota yang terjadi saat hari H...

Jalan Puncak Pato Lintau Berubah Menjadi Objek Wisata Dadakan

Tanah Datar, beritasumbar.com- Puluhan warga masyarakat sekitar Kecamatan Lintau Buo Utara dengan Kecamatan Sungayang ramai mendatangi Jalan Puncak Pato karena menjadi objek wisata dadakan...

Bantuan Covid- 19 Untuk TPA Tidak Transparan, Pengurus Dilaporkan Ke Polisi

Tanah Datar, beritasumbar.com- Diduga dana bantuan Covid-19 Taman Pendidikan Al-qur'an (TPA) Surau Annur, Jorong Tanjung Tengah, Nagari Tanjung Bonai,Kecamatan Lintau Buo Utara tidak transparan,...

Gugatan SALAM Terhadap Sengketa Pilkada Limapuluh Kota Terregistrasi MK

Limapuluh Kota, beritasumbar.com - Gugatan Pasangan Darman Sahladi-Maskar, M Dt. Pobo (SALAM) terhadap hasil Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Limapuluh Kota tahun 2020 terregistrasi...

Edward DF Anggota F-PPP Bantu Turnamen Bolavoli Salincam HARMAS

Edward DF anggota Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (F-PPP) DPRD Kota Payakumbuh memberikan bantuan pada panitia Turnamen Bolavoli Salincam HARMAS Balai Panjang Kecamatan Lareh Sago Halaban

Nofrijal Hidupkan Wisata Kuliner Lewat Gowes Wes Wes

Suasana pagi di Kota Padang dihidupkan oleh olahraga bersepeda yang dikenal dengan gowes. Saat ini komunitas bersepeda tumbuh bagaikan jamur di musim penghujan, dipicu pandemi Covid-19 yang tengah melanda Sumatera Barat dan Indonesia pada umumnya sejak Maret 2020 lalu.

Peringatan Peristiwa Situjuah Diisi Dengan Ziarah Dan Tabur Bunga

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, peringatan peristiwa Situjuah ke-72 tahun 2021, Jumat (15/1/2021), berlangsung secara sederhana. Bila sebelumnya acara diawali dengan upacara dan berbagai atraksi, kali ini hanya berupa ziarah dan tabur bunga di makam Lurah Kincia Nagari Situjuah Batua, Kecamatan Limo Nagari.

Irfendi Arbi Serahkan APD Bantuan Donatur

Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi menyerahkan bantuan mesin hand sprayer, cairan desinfektan, masker dan hand sanitizer serta vitamin bagi sekolah-sekolah, kantor wali nagari, kantor camat dan lainnya di Kecamatan Payakumbuh Kabupaten Limapuluh Kota. Ia berharap bantuan donatur yang disalurkan melalui forum peduli Sumatera Barat itu mampu mencegah penyebaran Covid-19 di daerah ini.
- Advertisement -