27 C
Padang
Sabtu, Agustus 13, 2022
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

HMM Jakarta Laporkan Penghina Orang Minang ke Bareskrim Mabes Polri
H

Kategori -
- Advertisement -

Jakarta – Himpunan Masyarakat Minang (HMM) Jakarta Raya melaporkan Muhammad Riza Chalid ke Bareskrim Mabes Polri, Kamis (10/12). Surat pengaduan tersebut disampaikan beberapa perwakilan HMM seperti Ben Ibratama Tanur, Sarman El Hakim serta didamping penasehat hukum Syafriadi Asri.

“Dalam rekaman percakapan antara pengusaha Riza Chalid dengan Ketua DPR Setya Novanto dan Presiden Direktur Freeport Indonesia, Maroef Sjamsoeddin, Riza telah menyebut orang Minang “dajjal”. Dajjal artinya pembohong. Dengan demikian, dia (Riza Chalid, red) menyebut orang Minang pembohong,” kata Sarman El Hakim melalui rilisnya yang dikirim ke GoSumbar.

Dijelaskan Sarman, dengan menyebut orang Minang “dajjal”, Riza telah melakukan penistaan terhadap orang Minang. Padahal, putra-putri Minang telah banyak memberikan konstribusi terhadap negara ini. Bahkan, tambah Salman, tokoh-tokoh dari Minang banyak yang telah menjadi Pahlawan Nasional. Mulai dari Tuanku Iman Bonjol, Tan Malaka, Haji Agus Salim, Syahrir, Muhammad Yamin, Muhammad Natsir, sampai Mohammad Hatta sebagai Proklamator bangsa ini.

“Dengan kontribusi pendahulu-pendahulu kami bagi bangsa ini yang begitu besar, pantaskah kami orang Minang disebut “dajjal”? tanya Salman.

Atas penghinaan ini, HMM meminta Kepolisian untuk serius dan menindaklanjuti laporan. Sebab, HMM menilai Riza Chalid telah melakukan perbuatan penghinaan dan penistaan terhadap kami orang Padang/orang Minang, sebagaimana
diatur dalam Pasal 310 ayat (1) jo Pasal 156 KUHP jo Pasal 28 ayat (2) UU ITE.

Kemudian, HMM juga meminta seluruh orang Minang baik yang ada di Jakarta maupun di daerah lain memantau dan melaporkan keberadaan Riza Chalid apabila menemukan keberadaan pengusaha tersebut. Selanjutnya, HMM meminta Riza Chalid untuk segera meminta maaf kepada seluruh masyarakat minang atas ucapan saudara yang telah sangat menghina tersebut. (agb)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img