26 C
Padang
Sunday, October 25, 2020

Pasar Ibuah Juara Sumbar

Pasar Tradisional Ibuah Payakumbuh tampil sebagai juara Lomba Pasar Rakyat Tingkat Sumatera Barat 2015. Sebagai juara Sumbar dalam lombanitu,  Payakumbuh berhak mengantongj hadiah sebesar Rp28 juta, plus sertifikat  atau penghargaan dari Gubernur Sumatera Barat. Dalam lomba ini, gelar juara II dan III milik Pasar Tanah Datar dan Sawahlunto.

Hadiah dan penghargaan itu diserahkan pj. Gubernur Sumatera Barat  Raydonnizar Moenek,  kepada Walikota Payakumbuh diwakili Kepala Dinas  Koperasi UMKM Industri Perdagangan Dahker, SH,  dalam acara di  Audiotorium Gubernuran di Jalan Sudirman Padang, awal Desember lalu.

Kepala Dinas Koperasi Industri Perdagangan Payakunbuh Dahler, didampingi Kabid Pengeloka Pasar Agusrubiono, S.Sos, di Balaikota, Kamis (10/12), menginformasikan,  lomba pasar rakyat itu baru pertama kali diadakan  pemprov, untuk merangsang kabupaten dan kota, dalam menciptakan kondisi pasar tradisional yang bersih dan sehat lingkungannya.

Dalam lomba tahun ini, tak ada larangan Payakumbuh tak boleh ikut serta. Karena, pasar Ibuah sendiri merupakan pasar tradisional yang sudah menyandang predikat terbaik nasional sebagai pasar sehat,  2012 dan 2013. Yaitu dengan diterimanya plakat berupa Inovasi Managemen Perkotaan (IMP) Award dari Mendagri.

Kemudian, dalam tahun 2015 ini, dengan direbutnya Piala Adipura dan Piala Kota Sehat Wistara oleh Payakumbuh, cerminan pasar tradisional pasar Ibuah bena-benar pasar yang baik. Tak mungkin Payakumbuh beroleh Adipura dan Kota Sehat, jika pasar Ibuah baleak peak atau semrawut, kata Dahler.

Dikatakan, selain memberikan kontribusi PAD buat pemko, pasar ini merupakan tempat mencatk nafkah oleh ribuan pedagang keçil dan mikro. Setiap subuh hingga pukuk 09.00 WIB, sudah terjadi transaksi sebesar Rp2 Miliyar. Dampak dari sekitar 800 pedagang garendong dengan sepeda motor yang berbelanja di pasar itu.

Pasar Ibuah sudah dilengkapi dengan pabrik pupuk organik, klinik kesehatan, lapangan parkir, ruang terbuka hijau, toilet representatif, radio land, papan pengumuman, masjid, wastafel dan lapangan futsal. Khusus lapangan futsal milik pedagang .

Sementara, los dan kios di pasar tersebut sudah cukup baik, didukung dengan jalan lingkungan dan sistem drainase  pasar yang sangat memadai, sehingga meski hujan deras datang, pasar tak banjir.

- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Polres Payakumbuh Musnahkan Barang Bukti Narkotika Jenis Ganja

Payakumbuh - Setelah berhasil menangkap peredaran gelap narkotika lintas provinsi awal Oktober lalu, Kepolisian Resor (Polres) Payakumbuh melakukan pemusnahan barang bukti narkotika...

Tim Saber Pungli Kota Payakumbuh Gelar Sosialisasi di Kantor Camat Payakumbuh Barat

Payakumbuh,- Ciptakan Kota Payakumbuh Bebas pungli dan gratifikasi, tim Saber Pungli Kota Randang turun ke kecamatan. Kamis 22/10 Tim Gabungan yang terdiri...

Tetap Konsisten Pertahankan Kampung Tangguh, Dit Pam Obvit Polda Sumbar Apresiasi Warga Kubang Gajah

Payakumbuh --- Direktur Pengamanan Objek Vital Polda Sumbar Kombes Pol Agus Krisdiyanto bersama Kasubdit Wisata Ilva Siswanto mendatangi Kampung Tangguh Nusantara Perumnas...

Sempat Bersitegang Dengan Pendemo,DPRD Tanah Datar Terima Aspirasi Mahasiswa

Tanah Datar,Beritasumbar.com - Aliansi Mahasiswa seluruh Tanah Datar sempat bersitegang dengan aparat kepolisian saat melakukan demo di kantor DPRD Tanah Datar,Rabu 21/10/2020.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Keripik Karamunting Cemilan Kaya Antioksidan

Padang,- Pandemi Covid-19 tak hanya menghentikan kegiatan perkuliahan mahasiswa secara tatap muka di kampus. Pandemi ini juga memaksa program kreativitas mahasiswa (PKM)...

Polling Pilkada Kota Bukittinggi 2020

Mari semangati calon Walikota - Wakil Walikota Bukittinggi pilihan pembaca dengan klik dukungan di polling di bawah ini.

Polling Pilgub Sumbar 2020

Mari dukung dan semangati kandidat calon Gubernur Sumbar di Pilkada serentak 2020 pilihan pembaca dengan klik polling berikut ini.

Sabar AS, Kearifan Lokal Harus Terus Dijaga

Pasaman,-Bakal calon Wakil Bupati Pasaman SABAR AS beserta rombongan hadiri tradisi buka ikan larangan di Jorong 5 Pertemuan Pasaman, Minggu, 30/8/2020
- Advertisement -