29 C
Padang
Minggu, Januari 17, 2021
Beritasumbar.com

HKN Ke-50 Kota Padang Tingkatkan Pelayanan Kesehatan
H

Kategori -

Pemerintah Kota Padang terus berupaya meningkatkan kualitas pelayanan di bidang kesehatan. Selain memperhatikan infrastruktur puskesmas dan RSUD, profesionalitas tenaga kesehatan juga ditingkatkan.

Hal itu dikatakan Walikota Padang H. Mahyeldi Ansharullah pada puncak peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) tingkat Kota Padang di GOR H. Agus Salim, Sabtu (15/11).

“Disamping beberapa capaian dalam peningkatan kesehatan tersebut, kita juga harus menyadari masih ada kekurangan dalam memberikan pelayanan kesehatan yang bermutu kepada masyarakat,” ujar Walikota.

Ia menambahkan, hal itu ditandai masih ada keluhan warga terkait pelayanan, baik di puskesmas dan pustu maupun di RSUD.” Namun saya yakin, dengan tekad yang sungguh – sungguh Pemko, khususnya Dinas Kesehatan dan jajaran secara berangsur pasti akan dapat memenuhi harapan masyarakat,” imbuhnya.

Sedangkan Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Padang drg. Eka Lusti mengungkapkan, sebanyak 22 Puskesmas yang tersebar di sebelas kecamatan saat ini sudah berbenah terkait pelayanan dan memenuhi indikator. “Kita selalu pantau laporan dari setiap puskesmas dan pustu. Hasilnya menunjukkan setiap bula terlihat grafik naik dalam hal melayani masyarakat,” kata Eka.

Disamping itu, tambahnya, setiap ada pengaduan dan komplain dari masyarakat yang kurang mendapatkan pelayanan, maka secepatnya ditindaklanjuti.

Adapun indikator keberhasilan capaian kesehatan masyarakat, menurut Eka, diantaranya, adanya kebijakan publik yang berwawasan kesehatan, mudahnya akses kepelayanan kesehatan, ketersediaan obat, penanggulangan penyakit.

“Kemudian masyarakat ters melakukan upayapromotif dan preventif. Terciptanya lingkungan yang sehat, masyarakatnya berperilaku hidup bersih dan sehat. Lalu masyarakat juga mendapatkan Jaminan Kesehatan Nasional,” ulasnya.

Pada peringatan “tahun emas” HKN Kota Padang ini, bebagai hadiah juga dibagikan buat para pemenang lomba, Yaitu, Lomba Penerapan Kawasan Anti Rokok dimenangkan Kecamatan Bubgus Teluk Kabung, pemenang II Padang Timur, dan pemenang III Lubuk Kilangan.

Selanjutnya, Lomba K3 Puskesmas pemenang I Puskesmas Lubuk Buaya dan Lomba K3 Pustu Pemenang I Pustu Tabing Banda Gadang.

Selain itu juga ada Lomba Aerobic antar Pskesmas yang dimenangkan Puskesmas Ambacang, pemenang II Puskesmas Lapai, pemenang III Puskesmas Subarang Padang.(rel)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Pakan Sinayan Perdana Gelar Musrenbang Di Tahun 2021

Mengawali tahun 2021, Kelurahan Pakan Sinayan Payakumbuh Barat menggelar kegiatan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) di Tingkat Kelurahan, Senin, 11 Januari 2021.
- Advertisement -

Seleksi LTMPT Terbuka untuk Jalur Vokasi

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) siap mendukung seleksi penerimaan mahasiswa baru di perguruan tinggi vokasi se-Indonesia. Selain Politeknik, perguruan tinggi yang memiliki jalur vokasi dapat bergabung pada seleksi yang khusus dibuka untuk jenjang Diploma IV atau Sarjana Terapan.

Dengan Dana CSR, PT HKI Bantu Perbaikan Jalan Di Lareh Sago Halaban

Upaya keras dan perjuangan masyarakat Lasahan untuk perbaikan infrastruktur jalan utama di Kecamatan Lareh Sago Halaban yang menghubungkan Payakumbuh-Tanah Datar ini akhirnya berbuah manis dan segera terwujud, setelah sejumlah tokoh masyarakat dan pemuda mengadakan perbahasan final yang bertempat di ruangan Kantor Camat Lareh Sago Halaban pada Rabu (13/01) siang.
- Advertisement -

Erwin Yunaz Pimpin Goro Di Gedung Asrama Ponpes CI Yang Terbakar

Wakil Wali Kota Erwin Yunaz memimpin gotong royong pembersihan dan pembenahan puing-puing bekas kebakaran yang menimpa Asrama Putri Pondok Pesantren Cahaya Islam di Lingkungan Padang Kaduduak, Kelurahan Tigo Koto Diate, Kecamatan Payakumbuh Utara Minggu (17/1) pagi.

Dengan Dana CSR, PT HKI Bantu Perbaikan Jalan Di Lareh Sago Halaban

Upaya keras dan perjuangan masyarakat Lasahan untuk perbaikan infrastruktur jalan utama di Kecamatan Lareh Sago Halaban yang menghubungkan Payakumbuh-Tanah Datar ini akhirnya berbuah manis dan segera terwujud, setelah sejumlah tokoh masyarakat dan pemuda mengadakan perbahasan final yang bertempat di ruangan Kantor Camat Lareh Sago Halaban pada Rabu (13/01) siang.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Nofrijal Hidupkan Wisata Kuliner Lewat Gowes Wes Wes

Suasana pagi di Kota Padang dihidupkan oleh olahraga bersepeda yang dikenal dengan gowes. Saat ini komunitas bersepeda tumbuh bagaikan jamur di musim penghujan, dipicu pandemi Covid-19 yang tengah melanda Sumatera Barat dan Indonesia pada umumnya sejak Maret 2020 lalu.

Ribuan Guru Di Payakumbuh Telah Ikuti Rapid Tes

Payakumbuh, beritasumbar.com - Ribuan guru di Kota Payakumbuh mengikuti rapid tes antibodi untuk mengantisipasi penyebaran virus corona disease 2019 (Covid-19) di sekolah. "Sekarang proses belajar...

Payakumbuh Minta Guru Beri Contoh Pada Siswa Dalam Mematuhi Protokol Kesehatan

Payakumbuh, beritasumbar.com -Kepala Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh Bakhrizal memaparkan perihal pembelajaran tatap muka yang telah dilaksanakan, beberapa catatan atau evaluasi yang didapatkan oleh tim gugus...

Hadapi Pemberian Vaksin, Payakumbuh Siapkan 49 Vaksinator

Payakumbuh, beritasumbar.com - Menghadap pemberian vaksin, Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat meyiapkan 49 tenaga vaksin. Petugas tersebut yang akan memberikan vaksin...

Padang Panjang Siap Laksanakan Belajar Tatap Muka

Padang Panjang, beritasumbar.com- Wakil Walikota Padang Panjang  Asrul menyatakan daerah tersebut siap menjalankan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) yang akan dimulai Senin, 11 Januari. "Kami meninjau...

Pada Usia 17 Tahun, Solok Selatan Alami Berbagai Kemajuan

Padang Aro - Pada usia Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat yang sudah menginjak usia 17 tahun berbagai kemajuan daerah terus akan dicapai. Pejabat Sekdakab Solok...

Terkait Visi-Misi Bupati Ke Depannya, Ini Penegasan DPRD Solok Selatan

Padang Aro, beritasumbar.com - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Solok Selatan, Zigo Rolanda menegaskan pihaknya akan mendukung visi dan misi pasangan bupati-wakil terpilih...

Momentum HAB Ke-75, Wako Padang Panjang: Tanpa Toleransi Tidak Ada Kerukunan

Padang Panjang, beritasumbar.com -  Kerukunan umat beragama sebagai salah satu modal bangsa ini untuk maju. Tanpa kerukunan, akan sukar menggapai cita-cita besar bangsa agar sejajar...

DPRD Solok Selatan “Jemput Bola” Dana Hibah Rehab Rekon BNPB

Padang Aro, beritasumbar.com - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Solok Selatan melakukan jemput bola untuk mendapatkan dana hibah rehabilitasi dan rekonstruksi (Rehab Rekon)...

Warga Dua Nagari Di Tanah Datar Goro Bersama Perbaiki Jalan 1,5 Kilometer

Tanah Datar beritasumbar.com - Warga pada dua nagari yang ada Kabupaten Tanah Datar melakukan gotong royong  memperbaiki jalan kabupaten sepanjang 1,5 kilometer, Senin...
- Advertisement -