Payakumbuh — Wakil Wali Kota Erwin Yunaz membuka rangkaian kegiatan dalam rangka Peringatan Hari Ibu (PHI) ke 91 tahun 2019 di Medan Nan Bapaneh Ngalau Indah, Minggu (8/12) yang diikuti oleh ratusan ibu-ibu.

Selaku panitia, Kadis DP3AP2KB Syahnadel Khairi dalam laporannya mengatakan ada 3 kegiatan yang digelar dan semuanya melibatkan seluruh ibu-ibu PKK, GOW, Dharmawanita, IKADE, Bhayangkari, dan organisasi wanita lainnya.

“Sebelumnya telah digelar lomba pidato adat. Hari ini kita melaksanakan lomba senam three ends, dan gerak jalan keluarga sehat dan bahagia, tujuan kita pastinya untuk memasyarakatkan dimana mengakhiri kekerasan terhadap perempuan dan anak, mengakhiri perdagangan orang, dan memberikan keadilan akses ekonomi kepada perempuan,” katanya.

Sementara itu, Ketua TP-PKK Kota Payakumbuh Henny Riza Falepi mengatakan kegiatan ini diharapkan sebagai pemicu hidup sehat, dan bersama-sama bergerak melangkah menciptakan keluarga yang berkualitas.

“Keseimbangan, tidak terjadi penyakit degeneratif dalam keluarga. Apabila ibu-ibu sakit, maka bapak-bapak dan anak-anaknya akan terbengkalai. Mari akhiri kekerasan dan ketidakadilan kepada perempuan dan anak,” ajak Henny.

Wakil Wali Kota Erwin Yunaz menyebut semangat untuk meningkatkan kualitas hidup harus mengalir agar hambatan yang dihadapi ke depan menjadi kecil. Program pemerintah mewujudkan generasi unggul Indonesia maju, tidak lepas dari besar peranan ibu-ibu.

“Payakumbuh akan menjadi yang terhebat di Sumatra Barat. Semangat mencerdaskan bangsa lahir dari rumah. Momentum PHI ke 91 kita jadikan sebagai saat untuk mengekspresikan peran ibu-ibu dalam membangun keluarga,” kata Erwin mantap.

Kegiatan ini juga dihadiri Sekda Rida Ananda, Ketua GOW Maghdalena Erwin Yunaz, Asisten Setdako. Sementara hadiah yang tersedia merupakan sumbangan dari BUMN, BUMD, OPD, dan organisasi wanita di Payakumbuh. (Humas)

loading...