25 C
Padang
Sabtu, Mei 8, 2021
Beritasumbar.com

Harga TBS Wilayah Selatan Sumbar Rp.1,214/Kilogram
H

Kategori -

Padang – Harga Tandan Buah Segar (TBS) kelapa sawit daerah selatan Provinsi Sumatera Barat Rp1.214,65 per kilogram yang mencakup Kabupaten Dharmasraya, Sijunjung, Solok Selatan dan Pesisir Selatan berlaku dua pekan ke depan.

“Harga Rp1.214,65 merupakan harga tertinggi dengan umur tanaman kelapa sawit kisaran 10 sampai 20 tahun.

sedangkan yang termurah adalah Rp910,78 untuk umur kelapa sawit yang berumur tiga tahun, ” kata Kepala Bidang Pengolahan dan Pemasaran hasil Dinas Perkebunan, Sumbar, Reno Budi didampingi Ketua Ketua Dewan Pimpinan Wilayah Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (Apkasindo), Irman di Padang, Senin.

Sedangkan umur empat tahun Rp1.024,35, umur lima tahun Rp1.085,69, umur enam tahun Rp1.097,62, umur tujuh tahun Rp1.105,43, umur delapan tahun Rp1.197,37 dan umur sembilan tahun Rp1.213,21 per kilogram.

Untuk umur 21 tahun turun menjadi harga Rp1.177,30, umur 22 turun ke Rp1.173,13, umur 23 turun ke Rp1.157,22, dan umur 24 tahun menjadi Rp1.097,37 per kilogram.

Ia mengatakan penetapan harga ini berdasarkan data crude palm oil (CPO) dari PT. Dharmasraya Letarindo, PT. Tidar Kerinci Agung, PT. Salogo Makmur Plt dan PT. KSI.

Ia melanjutkan, penetapan harga ini dibuat sebagai bahan acuan untuk membayar TBS oleh perusahaan kelapa sawit kepada petani, kelompok tani dan KUD kelapa sawit setempat.

Ia juga mengatakan dengan adanya kesepakatan harga ini tidak ada pihak yang dirugikan baik petani maupun perusahaan kelapa sawit.

“Kami bersama-sama menuntaskan penetapan harga ini, tentu tidak ada pihak yang dirugikan dan untuk harga berlaku paling lambat tujuh hari sesudah ditetapkan,” kata dia.

Sementara itu, Sekretaris KUD Taqwa Indrapura Barat, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumbar Afrizal Kirun mengatakan penetapan harga ini sangat membantu petani karena petani kelapa sawit menjadi tahu berapa harga TBS yang sebenarnya.

“Berapa bulan yang lalu kami masih buta dengan informasi penetapan harga TBS, tapi setelah kami diikutsertakan kedalam wilayah selatan kami diajak dalam kegiatan penetapan harga ini,” kata dia.

Di Sumbar pentapan harga TBS dibagi menjadi dua wilayak selatan dan utara, di wilayah utara adalah Kabupaten Pasaman Barat dan Agam. (Ant/Oleh M R Denya Utama)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Wantan Wabup Limapuluh Kota Gelar Silaturahmi Dengan Awak Media

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,- Mantan Wakil Bupati Limapuluh Kota Ferizal Ridwan bersilaturahmi bersama tokoh masyarakat Luak Limopuluah dan anggota Balai Wartawan di Sarilamak, Kamis (6/5).
- Advertisement -

Kunjungi Tiga Kementerian, Gubernur Sumbar Buya Mahyeldi Ingin Percepatan Pembangunan di Sumbar

Jakarta,BeritaSumbar.com,- Kunjungan kerja Gubernur Sumatera Barat Buya Mahyeldi yang didampingi oleh tujuh orang kepala OPD Provinsi Sumatera Barat ke Jakarta, Selasa (4/5) diisi pertemuan dengan beberapa menteri Kabinet Indonesia Maju

DWP Payakumbuh Gelar Bagi Sembako

Payakumbuh ,BeritaSumbar.com,- Darma Wanita Persatuan (DWP) Payakumbuh melalui program DWP peduli memberikan bantuan sembako untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) golongan I, II A, THL serta masyarakat kurang mampu yang tidak mendapatkan BLT dari pemerintah.
- Advertisement -

Kader Muda PKB Sumbar Gelar Pembagian Takjil

Pesisir Selatan,BeritaSumbar.com,-Kader Muda Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Provinsi Sumatera Barat melakukan pembagian takjil kepada masyarakat Silaut, Pesisir Selatan, Rabu (05/05)

Kebakaran Di Ibuh, Damkar Payakumbuh Kerahkan Seluruh Armada

Payakumbuh, BeritaSumbar.com,- Pemadam kebakaran (DAMKAR) Kota Payakumbuh segera bergerak meluncur setelah mendapat informasi dari warga via telepon kalau ada kebakaran rumah di Jalan Lampuang Kelurahan Ibuah, Kamis (6/5) sekitar pukul 13.00 siang.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Jelang Idul Fitri, Gema Sehat Juken BKKBN Sumbar Bagi-Bagi Sembako untuk Kaum Dhuafa di Padang

Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1442 H, Persatuan Juang Kencana Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional Provinsi Sumatera Barat (Juken BKKBN Sumbar) melalui Gerakan Amal Sedekah Harian Anggota (Gema Sehat) mendistribusikan paket sembako kepada warga dhuafa di Kota Padang, pada Kamis (6/5/2021).

Serahkan 100 Paket Sembako Untuk Petugas Kebersihan, Wabup Sijunjung: Terima Kasih Emersia Grup

Sijunjung, beritasumbar.com - Wakil Bupati Sijunjung Iradatillah menyerahkan 100 paket sembako bantuan Emersia Grup untuk petugas kebersihan yang ada di Lingkungan Pemkab Sijunjung. Penyerahan paket...

Tujuh OPD Kota Padang Panjang Peroleh Hak Akses Data Perseorangan Penduduk

Padang Panjang, beritasumbar.com - Sebanyak tujuh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Lingkungan Pemerintah Kota Padang Panjang telah memperoleh hak akses terhadap data perseorangan penduduk. "Ini...

Investasi Cryptocurrency Naik Signifikan

Padang,- Investasi beberapa Cryptocurrency mengalami Kenaikan signifikan pada 2021, Triliunan Rupiah terserap dalam investasi ini

Bupati Sijunjung Imbau ASN Hingga Masyarakat Salurkan Zakat Lewat Baznas

Sijunjung, beritasumbar.com - Bupati Sijunjung Beny Dwifa Yuswir mengimbau para Aparatur Sipil Negara (ASN), pegawai BUMN, BUMD di daerah itu supaya menyerahkan zakat kepada  Baznas...

Anggota DPR RI Rezka Oktoberia Tampung Aspirasi, Warga Minta Akses Penghubung Bukik Limbuku-Payobasuang

Lima Puluh Kota, beritasumbar.com - Sejumlah tokoh masyarakat Nagari Bukik Limbuku, Kecamatan Harau, Lima Puluh Kota menyampaikan aspirasi kepada anggota DPR RI, Rezka Oktoberia...

Peduli Petani, Pemkab Sijunjung Beri Bantuan 173 Alsintan

Sijunjung, beritasumbar.com - Sebanyak 173 unit alat mesin pertanian (alsintan) diserahkan kepada kelompok tani di Kabupaten Sijunjung guna meningkatkan produktivitas pertanian di daerah tersebut. Alsintan itu...

Padang Pariaman Bantu Alsintan Untuk 22 Kelompok Tani

Pariaman, beritasumbar.com - Dalam rangka meningkatkan produktifitas para petani, Pemkab Kabupaten Padang Pariaman memberikan bantuan Alat Mesin Pertanian (Alsintan). Penyerahan bantuan alat pertanian kepada 20...

Shelia Band, Anak Petani Bawang di Alahan Panjang Rilis Lagu Satu Cinta

Anak-anak petani bawang di Kecamatan Lembah Gumanti, Kabupaten Solok, Provinsi Sumatera Barat mendirikan grup musik bernama Shelia Band. Meskipun berada di daerah minim fasilitas bermusik, tak jadi kendala bagi mereka untuk berkarya. Terbukti dengan peluncuran single perdana mereka yang berjudul Satu Cinta, dirilis pada Selasa, 27 April 2021 di channel Youtube Trinswara Record.

DEMA STAIDA Payakumbuh Gelar Aksi Sosial-Edukasi Dengan Anak Yatim

Payakumbuh, beritasumbar.com - DEMA STAIDA Payakumbuh atau yang dulu dikenal dengan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) langsungkan kegiatan Daurah Tahfizh Juz 30 di Panti Asuhan Muhammadiyah...
- Advertisement -