25 C
Padang
Sabtu, April 17, 2021
Beritasumbar.com

Hal-Hal yang Dapat Membuat Anda Pintar
H

Kategori -

Memiliki otak yang cerdas adalah dambaan semua orang. Tidak jarang banyak orang melakukan banyak hal agar dapat meningkatkan kepandaiannya. Mulai dari cara yang sederhana sampai ada yang menghabiskan dana yang cukup banyak. Sebenarnya istilah orang pintar dan orang bodoh itu tidak ada, yang adalah orang malas dan orang rajin. Seseorang dikatakan pintar adalah orang yang berhasil mengatasi rasa malasnya untuk belajar dan mau berubah menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Kepandaian diperoleh bukan dengan cara yang instan tetapi melalui berbagai proses juga. Berikut adalah hal-hal yang dapat membuat Anda pintar.

1. Biasakan untuk membaca
Membaca adalah salah satu cara yang bisa kita lakukan untuk mendapatkan pengetahuan dan informasi. Dengan membaca kita akan sering melatih otak kita untuk bekerja dalam memahami isi bacaan yang kita baca. Semakin banyak Anda membaca semakin banyak wawasan dan ilmu baru yang Anda peroleh.

2. Saat menonton TV pilihlah acara yang mendidik
Televisi adalah media informasi yang sering kita jumpai tiap harinya. Menonton televisi sudah menjadi gaya hidup sebagian orang baik itu di kota maupun di desa. Tetapi sangat disayangkan acara televisi sekarang telah didominasi dengan acara-acara yang kurang mendidik. Sehingga kita harus pintar-pintar memilih acara televisi yang baik untuk kita. Pilihlah acara televisi yang mendidik agar pengetahuan Anda dapat bertambah pula. Walaupun didominasi oleh acara yang kurang mendidik, tetapi masih ada stasiun televisi yang menayangkan acara yang baik sekaligus mendidik untuk kita tonton.

3. Memainkan game dan olahraga yang mengasah otak
Jika Anda suka bermain game, cobalah untuk memilih game yang dapat merangsang otak Anda untuk bekerja. Sekarang banyak produsen game membuat game yang dapat mengasah otak. Begitu juga dengan olahraga, seperti catur, panahan, dan tembak menuntut kita untuk fokus dan berkonsentrasi. Seorang olahragawan biasanya dapat berpikir dan mengambil keputusan dengan cepat sehingga kegiatan ini cocok digunakan untuk meningkatkan kemampuan otak kita.

4. Melawan rasa takut dan keluarlah dari zona nyaman Anda
Terlalu lama di zona nyaman menjadikan Anda pribadi yang tidak berkembang dan kemampuan yang Anda miliki terbatas. Sebisa mungkin tiap harinya motivasi diri sendiri untuk dapat melakukan hal yang belum pernah Anda lakukan sebelumnya. Lawan rasa takut Anda, jangan terlalu lama untuk berpikir. Terlalu lama untuk berpikir hanya akan membuat rasa takut Anda semakin besar dan pada akhirnya Anda batal untuk melakukan hal tersebut.

5. Pelajari tentang seni dan musik
Tidak ada salahnya Anda mempelajari musik dan belajar memainkan salah satu instrumen musik. Banyak penelitian yang membuktikan bahwa dengan belajar musik dapat menambah tingkat kecerdasan seseorang. Musik digunakan untuk menyeimbangkan kemampuan otak kita. Oleh karena itu, sekarang banyak sekolah yang memasukkan materi musik dalam proses pembelajarannya.

6. Bergaul dengan orang yang pandai
Berinteraksi dengan orang pandai yang perlu diingat adalah memiliki sifat mau mendengar dan mau untuk belajar dari mereka. Dengan berinteraksi dengan mereka kita akan tahu bagaimana cara pandang dan pola pikir mereka. Hal tersebut dapat memotivasi kita untuk bisa berkembang lebih baik lagi untuk menjadi lawan bicara yang seimbang bagi mereka.

7. Memberikan opini tentang berita terbaru
Memberikan pendapat dapat merangsang otak kita untuk berpikir kritis dalam menanggapi suatu berita. Dengan memberikan pendapat kita juga bisa menambah kemampuan otak dan melatih otak kita agar selalu aktif terus walaupun usia sudah tidak lagi muda.

8. Mengistirahatkan otak
Bukan hanya tubuh yang perlu kita istirahatkan tetapi otak juga perlu kita istirahatkan. Gunakanlah waktu istirahat dengan sebaik-baiknya tanpa memikirkan hal-hal membuat kita tidak tenang alias gelisah. Cara efektif untuk mengistirahatkan otak kita adalah dengan tidur, mengistirahatkan otak juga dapat mengembalikan kemampuan otak seperti awalnya sehingga siap kita gunakan lagi untuk berpikir kembali.

9. Mengaplikasikan ilmu yang telah Anda pelajari
Dengan mempraktikkan ilmu yang telah kita peroleh, dapat membuat ilmu itu melekat dan tidak akan lenyap dari otak kita walaupun kita masih perlu belajar lagi, cara ini cukup efektif untuk terus mengembangkan kemampuan otak Anda.

10. Banyak mengonsumsi makanan yang menyehatkan
Asupan gizi juga memiliki pengaruh untuk meningkatkan kecerdasan kita. Perbanyak makan makanan yang dapat menyehatkan otak kita seperti ikan laut, daging tanpa lemak, sayuran, buah, susu, dan lain sebagainya. Bahan makanan tersebut banyak mengandung senyawa kimia yang sangat dibutuhkan untuk tumbuh kembang otak kita.

Penulis: Yobel Hermanto

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Wako Riza Harapkan ASN Jadi Contoh Bagi Masyarakat, Jaga Kinerja Demi Pelayanan Prima

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Wali Kota Riza Falepi mengatakan ASN harus menjadi pionir dan contoh bagi masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan saat menjalankan ibadah shalat berjemaah di mesjid selama bulan Ramadhan.
- Advertisement -

Untuk Tingkatkan Pelayanan, RSUD Sijunjung Tampung Kritik Dan Saran Masyarakat

Sijunjung, beritasumbar.com - Pada usia yang relatif muda keberadaan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sijunjung memerlukan perbaikan dan peningkatan dari semua sisi,  guna memberikan...

Sarang Tawon Di Depan SPBU Ngalau Dibasmi Damkar Payakumbuh

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Keberadaan sarang tawon di pohon pelindung tepatnya di depan SPBU Ngalau, Jalan Soekarno Hatta sangat meresahkan warga. Hal itu diketahui berawal dari postingan di grup facebook Informasi Payakumbuh dan Limapuluh Kota, ada warga yang mengingatkan pengendara untuk hati-hati dengan adanya keberadaan sarang tawon tersebut pada Sabtu, 10 April 2021 sore.
- Advertisement -

Luncurkan Program Lumbung Air Wakaf, Wako Payakumbuh Apresiasi ACT

Payakumbuh, beritasumbar.com - Aksi Cepat Tanggap (ACT) meluncurkan program Lumbung Air Wakaf di Halaman PT. Multi Rezeki Selaras, di Kelurahan Padang Data Tanah Mati, Kecamatan...

Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Gelar Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan

Padang,BeritaSumbar.com,-Anggia Erma Rini Wakil ketua Komisi IV DPR RI melaksanakan sosialisasi 4 pilar kebangsaan bertempat di Hotel Pangeran Beach. Padang, Minggu (11/04).
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Startup Milenial Bekerja Membangun Negeri: Pelatihan Gratis Digital Marketing dengan Instagram untuk KUMKM se-Indonesia

Startup digital agency Dig.It.All untuk keseskian kalinya kembali berkontribusi dalam pengembangan kapasitas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menegah (KUMKM) yang sedang berupaya melakukan transformasi, dari bisnis tradisional brick and mortar menjadi bisnis yang mampu memanfaatkan peluang dari geliat pertumbuhan pasar online.

BNPT Gandeng Pemuka Agama untuk Cegah Pengaruh Radikal Terorisme pada Generasi Milenial

Generasi milenial sangat rentan terpengaruh pada paham radikal terorisme yang menjadi misi bagi organisasi terlarang dunia, seperti ISIS dan Wahabi. Guna mencegah hal tersebut, Deputi Bidang Pencegahan Perlindungan dan Deradikalisasi - Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) bekerjasama dengan Yayasan Harmoni Pemersatu Bangsa menggelar Dialog Kebangsaan dengan tema ‘Kebhinekaan Penyelamat Bangsa’, pada Jumat malam (9/4/2021) di Taman Miniatur 99 Masjid Dunia, Desa Pasir Madang, Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Munas IV Akbarindo Canangkan Profesionalisme Masyarakat Jasa Konstruksi untuk Pembangunan Indonesia

Sebagai upaya untuk meningkatkan profesionalisme masyarakat jasa konstruksi dalam mewujudkan pembangunan Indonesia, Asosiasi Kontraktor Bangunan Konstruksi Indonesia (Akbarindo) mengadakan Musyawarah Nasional (Munas) IV pada Kamis, 8 April 2020 di Hotel Ambhara, Kebayoran Baru, Jakarta.

BNPT: Perkuat Sinergi Antar Lembaga Untuk Cegah Terorisme

Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) menggelar Rapat Koordinasi dalam Rangka Penandatanganan Dokumen Kesepakatan Rencana Aksi Kementerian/Lembaga Dalam Program Penanggulangan Terorisme di Wilayah Provinsi Sulawesi Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat, Provinsi Jawa Timur, Provinsi Jawa Barat, dan Provinsi Jawa Tengah Tahun 2021 pada Kamis, 8 April 2021 di Hotel Pullman, Jakarta.

Ridwan Kamil Tepati Janji, Hadiah Motor Buat THL Pemko Payakumbuh Akhirnya Datang

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menepati janjinya kepada salahsatu Tenaga Harian Lepas (THL) Pemerintah Kota (Pemko) Payakumbuh, Adi Ironi.

Alodokter– Alomedika Berkalaborasi Dengan Dinkes, Puslatkesda, Dan IDI Dukung Percepatan Program Vaksinasi Dengan Pelatihan Vaksinator Terbesar Di Indonesia

Jakarta, - ALODOKTER, platform kesehatan digital no.1 di Indonesia, berkolaborasi dengan Dinas Kesehatan (Dinkes), Pusat Pelatihan Kesehatan Daerah (Puslatkesda), dan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) untuk mengadakan pelatihan vaksinator massal. Pelatihan ini menargetkan lebih dari 10.000 tenaga kesehatan untuk berpartisipasi dan mendapatkan sertifikasi vaksinator COVID 19.

TERKAIT INSIDEN MABES POLRI, Ketum PB Perbakin ; Pelaku Bukan Anggota dan KTA Tersebut Palsu !

JAKARTA | Ditemukan sejenis KTA Perbakin dari terduga pelaku penyerangan MABES POLRI pada Rabu 31/03 siang kemarin yang menjadi pemberitaan pada media massa mendapat klarifikasi dari Ketua Umum PB Perbakin Letnan Jenderal TNI Joni Supriyanto.

DPRD Lima Puluh Kota Dorong Pemda Tangkap Peluang Ekonomi Yang Ditawarkan Gubernur Jawa Barat

Lima Puluh Kota,  - Ketua DPRD Kabupaten Lima Puluh Kota Deni Asra mendorong pemerintah daerah setempat agar segera mengambil peluang ekonomi yang ditawarkan Gubernur...

Kunjungi Payakumbuh, Ridwan Kamil Buka Peluang Pemasaran Produk UMKM-Pertanian Luak Limopuluh Di Jabar

Payakumbuh, beritasumbar.com - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil membuka peluang untuk pemasaran hasil produk Usaha Mikro, Kecil dan menengah (UMKM) serta pertanian dari Kota...

Bea Serendy Garap Videoklip Lagu Romantis Karya AM. Kuncoro, Sampai Matahari Berhenti Bersinar

Bea Serendy akan meramaikan dunia musik Indonesia dengan single solo perdananya yang berjudul ‘Sampai Matahari Berhenti Bersinar’, setelah sukses merilis lagu duet bersama Alex Yunggun, kakak kandungnya. Penyanyi cantik tersebut menjalani syuting videoklipnya pada Jumat 26 Maret 2021 di Yogyakarta.
- Advertisement -