23 C
Padang
Kamis, Januari 21, 2021
Beritasumbar.com

Hal-Hal yang Dapat Membuat Anda Pintar
H

Kategori -

Memiliki otak yang cerdas adalah dambaan semua orang. Tidak jarang banyak orang melakukan banyak hal agar dapat meningkatkan kepandaiannya. Mulai dari cara yang sederhana sampai ada yang menghabiskan dana yang cukup banyak. Sebenarnya istilah orang pintar dan orang bodoh itu tidak ada, yang adalah orang malas dan orang rajin. Seseorang dikatakan pintar adalah orang yang berhasil mengatasi rasa malasnya untuk belajar dan mau berubah menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Kepandaian diperoleh bukan dengan cara yang instan tetapi melalui berbagai proses juga. Berikut adalah hal-hal yang dapat membuat Anda pintar.

1. Biasakan untuk membaca
Membaca adalah salah satu cara yang bisa kita lakukan untuk mendapatkan pengetahuan dan informasi. Dengan membaca kita akan sering melatih otak kita untuk bekerja dalam memahami isi bacaan yang kita baca. Semakin banyak Anda membaca semakin banyak wawasan dan ilmu baru yang Anda peroleh.

2. Saat menonton TV pilihlah acara yang mendidik
Televisi adalah media informasi yang sering kita jumpai tiap harinya. Menonton televisi sudah menjadi gaya hidup sebagian orang baik itu di kota maupun di desa. Tetapi sangat disayangkan acara televisi sekarang telah didominasi dengan acara-acara yang kurang mendidik. Sehingga kita harus pintar-pintar memilih acara televisi yang baik untuk kita. Pilihlah acara televisi yang mendidik agar pengetahuan Anda dapat bertambah pula. Walaupun didominasi oleh acara yang kurang mendidik, tetapi masih ada stasiun televisi yang menayangkan acara yang baik sekaligus mendidik untuk kita tonton.

3. Memainkan game dan olahraga yang mengasah otak
Jika Anda suka bermain game, cobalah untuk memilih game yang dapat merangsang otak Anda untuk bekerja. Sekarang banyak produsen game membuat game yang dapat mengasah otak. Begitu juga dengan olahraga, seperti catur, panahan, dan tembak menuntut kita untuk fokus dan berkonsentrasi. Seorang olahragawan biasanya dapat berpikir dan mengambil keputusan dengan cepat sehingga kegiatan ini cocok digunakan untuk meningkatkan kemampuan otak kita.

4. Melawan rasa takut dan keluarlah dari zona nyaman Anda
Terlalu lama di zona nyaman menjadikan Anda pribadi yang tidak berkembang dan kemampuan yang Anda miliki terbatas. Sebisa mungkin tiap harinya motivasi diri sendiri untuk dapat melakukan hal yang belum pernah Anda lakukan sebelumnya. Lawan rasa takut Anda, jangan terlalu lama untuk berpikir. Terlalu lama untuk berpikir hanya akan membuat rasa takut Anda semakin besar dan pada akhirnya Anda batal untuk melakukan hal tersebut.

5. Pelajari tentang seni dan musik
Tidak ada salahnya Anda mempelajari musik dan belajar memainkan salah satu instrumen musik. Banyak penelitian yang membuktikan bahwa dengan belajar musik dapat menambah tingkat kecerdasan seseorang. Musik digunakan untuk menyeimbangkan kemampuan otak kita. Oleh karena itu, sekarang banyak sekolah yang memasukkan materi musik dalam proses pembelajarannya.

6. Bergaul dengan orang yang pandai
Berinteraksi dengan orang pandai yang perlu diingat adalah memiliki sifat mau mendengar dan mau untuk belajar dari mereka. Dengan berinteraksi dengan mereka kita akan tahu bagaimana cara pandang dan pola pikir mereka. Hal tersebut dapat memotivasi kita untuk bisa berkembang lebih baik lagi untuk menjadi lawan bicara yang seimbang bagi mereka.

7. Memberikan opini tentang berita terbaru
Memberikan pendapat dapat merangsang otak kita untuk berpikir kritis dalam menanggapi suatu berita. Dengan memberikan pendapat kita juga bisa menambah kemampuan otak dan melatih otak kita agar selalu aktif terus walaupun usia sudah tidak lagi muda.

8. Mengistirahatkan otak
Bukan hanya tubuh yang perlu kita istirahatkan tetapi otak juga perlu kita istirahatkan. Gunakanlah waktu istirahat dengan sebaik-baiknya tanpa memikirkan hal-hal membuat kita tidak tenang alias gelisah. Cara efektif untuk mengistirahatkan otak kita adalah dengan tidur, mengistirahatkan otak juga dapat mengembalikan kemampuan otak seperti awalnya sehingga siap kita gunakan lagi untuk berpikir kembali.

9. Mengaplikasikan ilmu yang telah Anda pelajari
Dengan mempraktikkan ilmu yang telah kita peroleh, dapat membuat ilmu itu melekat dan tidak akan lenyap dari otak kita walaupun kita masih perlu belajar lagi, cara ini cukup efektif untuk terus mengembangkan kemampuan otak Anda.

10. Banyak mengonsumsi makanan yang menyehatkan
Asupan gizi juga memiliki pengaruh untuk meningkatkan kecerdasan kita. Perbanyak makan makanan yang dapat menyehatkan otak kita seperti ikan laut, daging tanpa lemak, sayuran, buah, susu, dan lain sebagainya. Bahan makanan tersebut banyak mengandung senyawa kimia yang sangat dibutuhkan untuk tumbuh kembang otak kita.

Penulis: Yobel Hermanto

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Pemko Payakumbuh Gelar Rapat Sekolah Tangguh

Menindaklanjuti persiapan program sekolah tangguh pada rapat evaluasi covid 19 beberapa waktu lalu, Pemerintah Kota Payakumbuh menggelar Rapat persiapan sekolah tangguh yang dilaksanakan di SMP Negeri 1 Payakumbuh, Rabu(13/1/2021).
- Advertisement -

Lima Kantor Hukum Ajukan Diri Mewakili KPU Lima Puluh Kota di Sidang MK

Tanjung Pati, beritasumbar.com - Menhhadapi sidang persengketaan hasil Pilkada 2020 di Mahkamah Kostitusi, lima kantor hukum mengajukan proposal untuk mewakil Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten...

Diduga Takut Lihat Polisi Patroli, Sopir L 300 Tinggalkan Mobil Bermuatan Kayu

Diduga takut saat melihat anggota Polsek Lengayang melakukan patroli wilayah, mobil L 300 warna bermuatan kayu diduga hasil Ilegal Logging ditinggal sopir ditengah jalan, di simpang Lubuak Bagalung, Nagari Lakitan Induk, Kecamatan Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan.
- Advertisement -

Nofrijal Hidupkan Wisata Kuliner Lewat Gowes Wes Wes

Suasana pagi di Kota Padang dihidupkan oleh olahraga bersepeda yang dikenal dengan gowes. Saat ini komunitas bersepeda tumbuh bagaikan jamur di musim penghujan, dipicu pandemi Covid-19 yang tengah melanda Sumatera Barat dan Indonesia pada umumnya sejak Maret 2020 lalu.

Riza Falepi : JK Pensiun, Saya dan Wartawan Merasa Kehilangan

Rapat Koordinasi Pemko Payakumbuh di awal tahun 2021 terasa berbeda. Karena juga ada momen perpisahan dengan pejabat yang memasuki purna tugas atau pensiun di Kafe Agam Jua, Kawasan Batang Agam, Rabu (13/1).
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Polri Ambil Langkah Cepat Antisipasi Peningkatan Kasus Covid-19

Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) segera mengambil langkah cepat sebagai antisipasi melonjaknya jumlah kasus terkonfirmasi dan kematian akibat COVID-19 periode 1-14 Januari 2021.

Seleksi LTMPT Terbuka untuk Jalur Vokasi

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) siap mendukung seleksi penerimaan mahasiswa baru di perguruan tinggi vokasi se-Indonesia. Selain Politeknik, perguruan tinggi yang memiliki jalur vokasi dapat bergabung pada seleksi yang khusus dibuka untuk jenjang Diploma IV atau Sarjana Terapan.

Ketua MPR RI Apresiasi, Ormas Surosowan Indonesia Bersatu, yang Peduli Adat dan Budaya Nusantara

Organisasi Masyarakat (Ormas) Surosowan Indonesia Bersatu menjalin silaturahmi dengan Ketua MPR RI Bambang Soesatyo. Ketua MPR RI Bambang Soesatyo menerima silaturahmi DPP Surosowan Indonesia Bersatu di Black Stone, Jl Proklamasi, Jakarta Pusat pada Kamis (14-01-2021)

Ini Pesan Dewan Kehormatan PWI Sumbar Didepan Peserta KLW

Sebanyak 35 orang wartawan muda Tanah datar mengikuti kegiatan karya latihan wartawan ( KLW) yang diselenggarakan oleh PWI Tanah datar di pendopo Indojalito Kamis (14/01) kemarin.

13 Paket Kecil Sabu Ditemukan Polres Pessel, 3 Tersangka Diamankan

Pesisir Selatan, beritasumbar.com- Tim Ospnal Satnarkoba Polres Pesisir Selatan kembali membekuk tiga orang tersangka penyalagunaan narkoba, berinisial RE (46) warga Pasar 60, Kecamatan Batang...

AMPERA, Komjen. Pol. Dr. Drs. Boy Rafli Amar, M.H Sosok yang tepat menjadi Kapolri

akarta,Minggu (3/1/21). Ditengah akan habisnya jabatan KAPOLRI Idham Aziz Bapak presiden Ir. Joko widodo meminta wakil komisi 3 DPR RI diminta memanggil Komjen. Pol. Dr.Drs. Boy Rafli Amar untuk menjalani ujian kelayakan sebagai KAPOLRI.

Di Hari Jadi Ke 46, Perumda Air Minum Kota Padang Luncurkan Air Minum Dalam Kemasan

Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Kota Padang meluncurkan produk Air Minum Dalam Kemasan ( AMDK) pada momen hari jadinya yang ke-46 tahun, Rabu (30/12) kemaren.

Antisipasi Jadi Zona Merah, Wilayah Zona Oranye Diminta Perketat Penanganan Covid-19

Zona Oranye atau daerah berstatus risiko sedang penularan Covid-19 bukanlah zona yang aman untuk ditempati. Sayangnya, dalam zona ini diisi mayoritas kabupaten/kota di Indonesia. Satgas Penanganan Covid-19 menyoroti sejumlah daerah yang saat ini masih menghuni zona oranye, jumlahnya mencapai 378 kabupaten/kota berdasarkan data terakhir.

Antisipasi Varian Baru Covid-19, Pemerintah Tutup Sementara Perjalanan WNA ke Indonesia

Adanya informasi ditemukannya strain atau varian baru virus Covid-19, yang menurut berbagai data ilimiah memiliki tingkat penyebaran lebih cepat, Pemerintah memutuskan untuk menutup sementara masuknya warga negara asing ke Indonesia sebagai upaya pencegahan.

WMI Kecam Pelecehan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya

Ketua Umum Wahana Muda Indonesia (WMI), Handriansyah mengecam aksi pelecehan yang dilakukan oleh Nitizen Malaysia terhadap lagu Kebangsaan Indonesia Raya dalam sebuah content YouTube, menurutnya hal ini merupakan pelecehan terbesar terhadap harga diri dan Martabat Bangsa Indonesia yang berdaulat.
- Advertisement -