24.8 C
Padang
Kamis, Agustus 5, 2021
Beritasumbar.com

Pengusaha Tambang Membangkang, Bukit Palano Payakumbuh Digunduli Lagi
P

Kategori -

Sepertinya oknum pengusaha galian C yang melakukan penambangan di Bukit Palano, Jalan Lingkar Utara, Kelurahan Talang, Koto Nan Ampek Payakumbuh, terkesan membangkang terhadap perintah tegas Walikota Payakumbuh yang telah memerintahkan untuk menghentikan aktivitas penambangan di Bukit Palano tersebut.

Buktinya, meski usaha tambang illegal itu sudah resmi ditutup Walikota, namun setelah berhenti beberapa bulan, diam-diam pengusaha tambang berusaha kembali melakukan penambangan di bukit Palano tersebut mempergunakan satu unit alat berat jenis eskapator.

Wakil Walikota Payakumbuh, Suwandel Muhktar, ketika diminta komentarnya, Kamis (15/1) terkait beroperasinya kembali usaha penambangan di Bukit Palano tersebut terlihat berang dengan adanya usaha pembangkangan oleh oknum pengusaha tambang tersebut.

“Kita sudah perintahkan untuk menghentikan aktivitas tambang tersebut karena sangat berdampak kepada lingkungan,” ujar Suwandel Muhktar sembari meminta Sekdako memerintahkan Satpol PP untuk menghentikan kegiatan tambang tersebut.

Sekdako Payakumbuh, Benny Warlis, didampingi Kepala Dinas Tata Ruang dan Kebersihan Pemko Payakumbuh, Linda Kamal, terkejut mendapat informasi adanya aktivitas tambang di Bukit Palano tersebut.

“Kita tidak pernah menerbitkan izin, jika benar adanya aktivitas penambangan di Bukit Palano tersebut kegiatan itu jelas illegal,” ujar Benny Warlis.

Sementara itu Kepala Dinas Tata Ruang dan Kebersihan Pemko Payakumbuh, Linda Kamal,di hadapan Sekdako mengaku tidak pernah memberikan izin kepada pengusaha tambang.

“Kita tidak pernah memberikan izin. Kalau memang ada kegiatan penambangan di lokasi tersebut hal itu jelas liar dan illegal,” sebut Linda Kamal.

Seorang tokoh masyarakat Koto Nan Ampek, Astra Santayana, ketika diminta komentarnya menyesalkan adanya usaha pembangkangan oknum pengusaha tambang galian C di Bukit Palano tersebut.

Menurut Astra Santayana, dia tidak hanya menyesalan sikap oknum pengusaha tambang yang terkesan ‘basibanak’ untuk mencari keuntungan. Namun sikap Pemko dalam hal ini Dinas Tata Ruang dan Kebersihan Pemko Payakumbuh yang tidak tegas, karena lembaga itu memiliki wewenang untuk melakukan pengawasan termasuk peranan Satpol PP yang bertugas mengawasi prodak hukum yang dilahirkan Pemko, juga sangat disesalkan.

“Seharusnya, Dinas Tataruang dan Kebersihan dan Satpol PP harus proaktif melakukan pengawasan dan dilakukan secara berkelanjutan,” ujar Astra Santayana.

 

Sumber: Minang-Terkini.com
reporter: skt

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Mewujudkan Zona Integritas, Kakankemenag Lakukan Pembinaan ASN

Padang Panjang,BeritaSumbar.com,_Selesai acara Pelantikan Pejabat dan Serah Terima Jabatan Kepala Seksi Penmad Kankemenag Kota Padang Panjang, acara dilanjutkan dengan Pembinaan ASN dilingkungan Kemenag Kota Padang Panjang tentang Zona Integritas (ZI) oleh Kakankemenag H.Gusman Piliang didampingi oleh Kasubbag TU H. Bustami di Aula Kankemenag, Senin, (02/08/2021)
- Advertisement -

Iskandar Fuaddin Pimpin Tapak Suci 140 Tanah Datar

TANAH DATAR, - Ketua Pimpinan Wilayah XIV Sumatera Barat Jel Fathullah melantik Pengurus Pimpinan Daerah Tampak Suci Putera Muhammadiyah 140 Tanah Datar periode 2019 - 2024, Minggu (1/8) di aula kantor bupati di Pagaruyung.

Seratusan ASN dan Non ASN Jalani Swab PCR Massal di Dinas Kominfotik Sumbar

Padang,BeritaSumbar.com,-Sebanyak 116 orang terdiri dari ASN dan non ASN Dinas Komunikasi Informatika dan statistik (Kominfotik) Sumbar, Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Sumbar dan Komisi Informasi (KI) Sumbar menjalani tes swab PCR, di Kantor Diskominfotik Sumbar, Senin (2/7/2021). Tes swab massal tersebut merupakan upaya untuk memutus penyebaran Covid-19.
- Advertisement -

Ny.Nevi Syafaruddin Dt Bandaro Rajo Lantik Ketua PKK Kecamatan Kapur IX

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,- Senin 2/8 Ketua PKK Kecamatan Kapur IX dilantik. Pelantikan tersebut dilansungkan di gedung UDKP Kecamatan Kapur IX.

Kadiv Pemasyarakatan Kemenkunham Sumbar Serahkan Bantuan Sembako

Sijunjung, Berita Sumbar—Kepala Divisi Permasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Barat M. Ali Syeh Banna, menyerahkan bantuan dalam bentuk Paket Sembako kepada masyarakat terdampak Covid-19 didampingi Bistok Aloan Situngkir Kalapas kelas ll B Muaro Sijunjung, Subhan Maliq Karutan Sawahlunto dan Robi Kepala Lapas Narkotika Sawahlunto di Lapas Kelas ll B, Muaro Sijunjung, Kamis (29/7).
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Mewujudkan Zona Integritas, Kakankemenag Lakukan Pembinaan ASN

Padang Panjang,BeritaSumbar.com,_Selesai acara Pelantikan Pejabat dan Serah Terima Jabatan Kepala Seksi Penmad Kankemenag Kota Padang Panjang, acara dilanjutkan dengan Pembinaan ASN dilingkungan Kemenag Kota Padang Panjang tentang Zona Integritas (ZI) oleh Kakankemenag H.Gusman Piliang didampingi oleh Kasubbag TU H. Bustami di Aula Kankemenag, Senin, (02/08/2021)

23 Positif Covid-19 Dan 8 Bebas Isolasi Di Payakumbuh

Payakumbuh - Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh kembali mengumumkan terjadinya penambahan kasus positif Covid-19 yang hasil swabnya keluar Senin (02/08) sebanyak 23 orang dan delapan bebas isolasi.

Backdrop Pemimpin Birokrasi

Cerita Berseri: Seribu Asa untuk Bahagia Seri 8/1000 “Backdrop Pemimpin Birokrasi” Kali ini, kita berbincang tentang “backdrop” atau latar belakang penampilan seorang pemimpin birokrasi yang merujuk...

BNPT dan YHPB bersama Pemuda-Mahasiswa Berikan Bantuan pada Mahasiswa Perantauan dan Masyarakat Terdampak Covid-19

Badan Nasional Penanggulangan Terorisme Republik Indonesia (BNPT RI) bekerjasama dengan Yayasan Harmoni Pemersatu Bangsa (YHPB) membuat gerakan bakti sosial, bertajuk ‘Pemuda dan Mahasiswa Bergerak untuk Indonesia Harmoni: Bakti Sosial kepada Mahasiswa Perantauan se-Indonesia di wilayah Jakarta, Depok, Tangerang, Bekasi (Jadetabek), dan masyarakat terdampak pandemi Covid-19’.

MTsN 5 Padang Pariaman Gelar Kegiatan Madrasah Berbagi di Momen Idul Adha.

Padang Pariaman, beritasumbar.com,- "Bahagia itu bersama, bukan sendiri. Senang itu bersama, bukan sendiri. Bahagia itu sesungguhnya sederhana, ketika digapai bersama". Itulah ungkapan yang terucap, oleh Dra. Lismaini Amir, M.Si. Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 5 Padang Pariaman, ketika disambangi awak media di ruang kerjanya usai penyerahan bantuan paket sembako kepada beberapa murid-muridnya.

MENUJU MEJA MAKAN

Cerita Berseri: Seribu Asa untuk Bahagia #Seri 5/1000cerita Oleh : H. Nofrijal, MA Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama (PUMA)IV-e Kembali ke meja makan, pernah menjadi “trendy topic” pada tahun...

8 Fungsi Keluarga: dengan Kacamata Baru

Cerita Berseri, Seribu Asa untuk Bahagia #Seri 4/1000 cerita “8 Fungsi Keluarga: dengan Kacamata Baru” Oleh : H. Nofrijal, MA Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama (PUMA) IV-e Sebutan 8...

Pohon Kebahagiaan, Watering..

Cerita Berseri: Seribu Asa untuk Bahagia Seri 3/1000 Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama (PUMA) IV-e Di hamparan hijau sawah yang subur, sumber pengairannya berasal dari banyak penjuru mata...

Tua, dalam Keajaibannya (Miracle Life)

Cerita Berseri: Seribu Cerita untuk Bahagia Seri 2/1000 Cerita Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama (PUMA)/IV-e Kita semua berhak tahu…! Sebuah penelitian besar di Amerika Serikat menemukan bahwa: Usia...

Ada Temaram di Pintu Aging

Cerita Berseri: Seribu Cerita untuk Bahagia Seri 1/1000 “Ada Temaram di Pintu Aging” Oleh : H. Nofrijal, MA  Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama/IV-e Sudah biasa dan terbiasa ada kata-kata...
- Advertisement -