24.8 C
Padang
Sabtu, Januari 16, 2021
Beritasumbar.com

Pengusaha Tambang Membangkang, Bukit Palano Payakumbuh Digunduli Lagi
P

Kategori -

Sepertinya oknum pengusaha galian C yang melakukan penambangan di Bukit Palano, Jalan Lingkar Utara, Kelurahan Talang, Koto Nan Ampek Payakumbuh, terkesan membangkang terhadap perintah tegas Walikota Payakumbuh yang telah memerintahkan untuk menghentikan aktivitas penambangan di Bukit Palano tersebut.

Buktinya, meski usaha tambang illegal itu sudah resmi ditutup Walikota, namun setelah berhenti beberapa bulan, diam-diam pengusaha tambang berusaha kembali melakukan penambangan di bukit Palano tersebut mempergunakan satu unit alat berat jenis eskapator.

Wakil Walikota Payakumbuh, Suwandel Muhktar, ketika diminta komentarnya, Kamis (15/1) terkait beroperasinya kembali usaha penambangan di Bukit Palano tersebut terlihat berang dengan adanya usaha pembangkangan oleh oknum pengusaha tambang tersebut.

“Kita sudah perintahkan untuk menghentikan aktivitas tambang tersebut karena sangat berdampak kepada lingkungan,” ujar Suwandel Muhktar sembari meminta Sekdako memerintahkan Satpol PP untuk menghentikan kegiatan tambang tersebut.

Sekdako Payakumbuh, Benny Warlis, didampingi Kepala Dinas Tata Ruang dan Kebersihan Pemko Payakumbuh, Linda Kamal, terkejut mendapat informasi adanya aktivitas tambang di Bukit Palano tersebut.

“Kita tidak pernah menerbitkan izin, jika benar adanya aktivitas penambangan di Bukit Palano tersebut kegiatan itu jelas illegal,” ujar Benny Warlis.

Sementara itu Kepala Dinas Tata Ruang dan Kebersihan Pemko Payakumbuh, Linda Kamal,di hadapan Sekdako mengaku tidak pernah memberikan izin kepada pengusaha tambang.

“Kita tidak pernah memberikan izin. Kalau memang ada kegiatan penambangan di lokasi tersebut hal itu jelas liar dan illegal,” sebut Linda Kamal.

Seorang tokoh masyarakat Koto Nan Ampek, Astra Santayana, ketika diminta komentarnya menyesalkan adanya usaha pembangkangan oknum pengusaha tambang galian C di Bukit Palano tersebut.

Menurut Astra Santayana, dia tidak hanya menyesalan sikap oknum pengusaha tambang yang terkesan ‘basibanak’ untuk mencari keuntungan. Namun sikap Pemko dalam hal ini Dinas Tata Ruang dan Kebersihan Pemko Payakumbuh yang tidak tegas, karena lembaga itu memiliki wewenang untuk melakukan pengawasan termasuk peranan Satpol PP yang bertugas mengawasi prodak hukum yang dilahirkan Pemko, juga sangat disesalkan.

“Seharusnya, Dinas Tataruang dan Kebersihan dan Satpol PP harus proaktif melakukan pengawasan dan dilakukan secara berkelanjutan,” ujar Astra Santayana.

 

Sumber: Minang-Terkini.com
reporter: skt

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Warga Tanjuang Gadang dihebohkan Penemuan Mayat Laki Laki

Masyarakat Jorong Guaguak None Kenagarian Tanjung Gadang kabupaten Sijunjung dihebohkan dengan penemuan mayat laki-laki Minggu (10/1) Sekitar pukul 09.30 WIB.
- Advertisement -

Tokoh Masyarakat Latina Duduk Semeja Dengan Riza Falepi, Bahas Pembangunan Kedepan

Wali Kota Riza Falepi didampingi Sekda Rida Ananda dan Camat David Bachri menjamu tokoh masyarakat Kecamatan Lamposi Tigo Nagori (Latina) di salah satu rumah makan di Payakumbuh, Senin (11/1) siang.

Laga Divisi 3 Turnamen Nusa Bersinar Cup Di NDB Ditutup Wawako Erwin Yunaz

Wakil Wali Kota Erwin Yunaz tidak setengah-setengah memberikan support kepada pemain dan panitia sejak Turnamen Nusa Bersinar CUP dihelat pertengahan Desember tahun lalu. Laga Divisi 3 yang dibuka dan diresmikan orang nomor dua di Kota Payakumbuh itu, juga ditutupnya dengan menyerahkan hadiah langsung kepada sang pemenang, Kamis (8/1) malam, di lapangan Badminton Outdoor Kelurahan Nunang Daya Bangun (NDB), Kecamatan Payakumbuh Barat.
- Advertisement -

BPC. HIPMI Pessel Periode 2021 – 2024 dilantik

Para pengusaha muda di Kabupaten Pesisir Selatan diajak untuk lebih bersatu lagi dalam suatu wadah atau organisasi. Ini diperlukan untuk lebih memproteksi para pengusaha muda hingga meningkatkan kompetensinya.

Dilaporkan LSM Ke Kejaksaan,PT.IMP,PT Trifillia Karya Bantah Tudingan Pelapor

Dilaporkan LSM ke Kejaksaan Tanah Datar,PT.Ikhwan Mega Power (IMP),PT.Trifillia Karya selaku pengembang dan pelaksana Proyek PLTMH Kalo Kalo Nagari Lubuk Jantan Kecamatan Lintau Buo,bantah tudingan atas pelanggaran Undang-undang RI nomor 3 tahun 2020 tentang Minerba dan Perda Tanah Datar nomor 6 tahun 2011 tentang pajak Minerba serta merusak lingkungan hidup dan kerusakan jalan di Tanah Datar.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Ini Pesan Dewan Kehormatan PWI Sumbar Didepan Peserta KLW

Sebanyak 35 orang wartawan muda Tanah datar mengikuti kegiatan karya latihan wartawan ( KLW) yang diselenggarakan oleh PWI Tanah datar di pendopo Indojalito Kamis (14/01) kemarin.

13 Paket Kecil Sabu Ditemukan Polres Pessel, 3 Tersangka Diamankan

Pesisir Selatan, beritasumbar.com- Tim Ospnal Satnarkoba Polres Pesisir Selatan kembali membekuk tiga orang tersangka penyalagunaan narkoba, berinisial RE (46) warga Pasar 60, Kecamatan Batang...

AMPERA, Komjen. Pol. Dr. Drs. Boy Rafli Amar, M.H Sosok yang tepat menjadi Kapolri

akarta,Minggu (3/1/21). Ditengah akan habisnya jabatan KAPOLRI Idham Aziz Bapak presiden Ir. Joko widodo meminta wakil komisi 3 DPR RI diminta memanggil Komjen. Pol. Dr.Drs. Boy Rafli Amar untuk menjalani ujian kelayakan sebagai KAPOLRI.

Di Hari Jadi Ke 46, Perumda Air Minum Kota Padang Luncurkan Air Minum Dalam Kemasan

Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Kota Padang meluncurkan produk Air Minum Dalam Kemasan ( AMDK) pada momen hari jadinya yang ke-46 tahun, Rabu (30/12) kemaren.

Antisipasi Jadi Zona Merah, Wilayah Zona Oranye Diminta Perketat Penanganan Covid-19

Zona Oranye atau daerah berstatus risiko sedang penularan Covid-19 bukanlah zona yang aman untuk ditempati. Sayangnya, dalam zona ini diisi mayoritas kabupaten/kota di Indonesia. Satgas Penanganan Covid-19 menyoroti sejumlah daerah yang saat ini masih menghuni zona oranye, jumlahnya mencapai 378 kabupaten/kota berdasarkan data terakhir.

Antisipasi Varian Baru Covid-19, Pemerintah Tutup Sementara Perjalanan WNA ke Indonesia

Adanya informasi ditemukannya strain atau varian baru virus Covid-19, yang menurut berbagai data ilimiah memiliki tingkat penyebaran lebih cepat, Pemerintah memutuskan untuk menutup sementara masuknya warga negara asing ke Indonesia sebagai upaya pencegahan.

WMI Kecam Pelecehan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya

Ketua Umum Wahana Muda Indonesia (WMI), Handriansyah mengecam aksi pelecehan yang dilakukan oleh Nitizen Malaysia terhadap lagu Kebangsaan Indonesia Raya dalam sebuah content YouTube, menurutnya hal ini merupakan pelecehan terbesar terhadap harga diri dan Martabat Bangsa Indonesia yang berdaulat.

Sanggar Seni Luak Limopuluah Hoyak TMII

Sanggar kesenian Limpapeh asal Kabupaten Limapuluh Kota berhasil menghibur dan menghipnotis ratusan pasang mata pengunjung yang ada di Taman Mini Indonesia Indah (TMIII) dengan berbagai suguhan kesenian khas Kabupaten Limapuluh Kota, Jakarta pada Minggu (27/12/2020).

Kementerian PUPR Serahkan Bantuan IPLT Dan 1 Truk Penyedot

Instalasi Pengolahan Lumpur Tinja (IPLT) Kota Payakumbuh diresmikan dan diserahkan pengelolaannya sekaligus bersama truk penyedot lumpur tinja oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) kepada Pemko Payakumbuh di Kelurahan Sungai Durian, Kecamatan Lamposi Tigo Nagori (Latina), Rabu (23/12).

Kabaharkam Polri Ikut Donor Darah

Baharkam Polri bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia DKI Jakarta menggelar kegiatan donor darah di Ruang Rapat Utama Baharkam Polri, Kompleks Mabes Polri, Jakarta, Rabu, 23 Desember 2020.
- Advertisement -