24.8 C
Padang
Kamis, Agustus 5, 2021
Beritasumbar.com

Hadapi Puasa, Pemko Ajak Pelaku Usaha Jaga Inflasi Daerah
H

Kategori -

Walikota Payakumbuh diwakili Sekdako H. Benni Waris, ajak seluruh pelaku usaha di kota setempat menjaga inflasi daerah. Kenaikan harga pangan yang biasa terjadi menjelang bulan suci Ramadhan, dari sekarang harus diantisipasi. Para pelaku usaha diminta, jangan sampai berbuat nakal, sengaja menimbun sejumlah  barang yang tinggi permintaannya selama Ramadhan mendatang.

Penegasan tersebut disampaikan Sekdako Benni Warlis, ketika rapat  bersama pelaku usaha, pedagang grosir, jajaran perbankan dan   SKPD terkait, di aula Balaikota di Bukik Sibaluik Payakumbuh, Jum’at (5/6). Rapat  dipimpin  Asisten III Setdako Drs. Iqbal Bermawi, dan difasilitasi Bagian Perekonomian Setdako itu, juga dihadiri perwakilan dari Bulog, PT Pos,  Polresta dan PLN Payakumbuh.

Sekdako Payakumbuh Benni Warlis meminta kerjasama semua pihak, agar memelihara  suasana kota agar selalu dalam keadaan kondusif. Dengan  tidak terjadinya inflasi yang tinggi di kota ini, berarti semua pelaku usaha sudah berpartisipasi  meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Dikatakan, sejumlah  barang keperluan dapur, seperti  beras, cabe, bawang, minyak goreng,  gula pasir,  diperkirakan bakal naik sekitar Rp500 sampai Rp2.000 dari harga sebelumnya.  Kenaikan harga yang tidak terlalu tinggi,   kata sekdako, masih dinilai wajar. Namun, jika kenaikannya sudah mencolok, ini perlu ducurigai,  apakah ada penimbunan  barang dilakukan oknum pedagang. Dalam hal ini, SKPD terkait atau  TPID (Tim Pengendalian Inflasi Daerah) Payakumbuh terus memantau gejolak harga pangan  tersebut.

Di bagian lain, Sekdako Benni Warlis juga mengingatkan pihak PLN, untuk memastikan tidak terjadi pemadaman listrik PLN.  Begitu juga  pihak PDAM, agar memelihara kucuran air pada setiap rumah pelanggan serta tempat-tempat peribadatan, agar jemaah tarwih dapat bersuci dengan nyaman. Pihak SPBU dan SPPBE juga diingatkan untuk melakukan penambahan stok BBM dan gas elpiji, agar selama Ramadhan dan lebaran nanti, Payakumbuh tidak kekurangan BBM.

Sejumlah pimpinan SKPD terkait, seperti Kadis Koperindag Dahler, SH, Kadis Kesehatan Elzadaswarman, SKM, MPPE, Sekretaris Pertanian Ir. Syahril, Kadis Perikanan dan Peternakan Depi Sastra, Kepala Kantor Ketahanan Pangan Antoni Jaya, serta perwakilan PLN dan Bulog, siap menyambut datangnya bulan suci Ramadhan, dengan memelihara tak terjadi kenaikan harga yang akan berpengaruh kepada inflasi daerah.

Kabag Perekonomian Setdako, Julpiter, SE, MM, bersama Kasubdivre Perum Bulog Bukittinggi,  Sri Wulan Astuti, memastikan, kondisi harga sembilan bahan pokok di Sumatera Barat dan khususnya di Payakumbuh, hingga sekarang, masih relatif stabil.

Stok komoditi  sembako masih dalam keadaan aman atau cukup. Jika ada kekurangan barang di pasaran, Bulog dan Koperindag siap untuk melakukan operasi pasar, hingga sampai ke kecamatan di Payakumbuh. “Warga jangan risau dan cemas terhadap kekurangan bahan pokok, semuanya cukup tersedia di pasar,” tegas Julpiter.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Qori Lestari Semangati Masyarakat Jalani PPKM Lewat Rilis Lagu Jangan Menyerah

Penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) membuat Qori Lestari tersentuh dan terinspirasi menulis lagu Jangan Menyerah. Dokter cantik asal Kota Bandung tersebut ingin menyemangati masyarakat Indonesia dalam menjalaninya.
- Advertisement -

Mahasiswa KKN Unand Padang Lakukan kegiatan bagi-bagi masker dan hand sanitizer buatan sendiri.

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, - Sebanyak 18 mahasiswa Universitas Andalas Padang angkatan 2018 yang dari berbagai jurusan melaksanakan bakti masyarakat di kelurahan Bulakan Balai Kandi kecamatan Payakumbuh Barat Kota Payakumbuh.

Seratusan ASN dan Non ASN Jalani Swab PCR Massal di Dinas Kominfotik Sumbar

Padang,BeritaSumbar.com,-Sebanyak 116 orang terdiri dari ASN dan non ASN Dinas Komunikasi Informatika dan statistik (Kominfotik) Sumbar, Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Sumbar dan Komisi Informasi (KI) Sumbar menjalani tes swab PCR, di Kantor Diskominfotik Sumbar, Senin (2/7/2021). Tes swab massal tersebut merupakan upaya untuk memutus penyebaran Covid-19.
- Advertisement -

MTsN 5 Padang Pariaman Gelar Kegiatan Madrasah Berbagi di Momen Idul Adha.

Padang Pariaman, beritasumbar.com,- "Bahagia itu bersama, bukan sendiri. Senang itu bersama, bukan sendiri. Bahagia itu sesungguhnya sederhana, ketika digapai bersama". Itulah ungkapan yang terucap, oleh Dra. Lismaini Amir, M.Si. Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 5 Padang Pariaman, ketika disambangi awak media di ruang kerjanya usai penyerahan bantuan paket sembako kepada beberapa murid-muridnya.

8 Fungsi Keluarga: dengan Kacamata Baru

Cerita Berseri, Seribu Asa untuk Bahagia #Seri 4/1000 cerita “8 Fungsi Keluarga: dengan Kacamata Baru” Oleh : H. Nofrijal, MA Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama (PUMA) IV-e Sebutan 8...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

School of Randang Sebagai Wisata Gastronomi Kota Payakumbuh

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Tantangan kedepan dari kepala daerah adalah bagaimana membangun network dan komunikasi, tetapi yang perlu digaris bawahi adalah sumber daya manusia (SDM) di dalam tentu perlu untuk mereka benahi.

Investasi Cryptocurrency Naik Signifikan

Padang,- Investasi beberapa Cryptocurrency mengalami Kenaikan signifikan pada 2021, Triliunan Rupiah terserap dalam investasi ini

Padang Pariaman Bantu Alsintan Untuk 22 Kelompok Tani

Pariaman, beritasumbar.com - Dalam rangka meningkatkan produktifitas para petani, Pemkab Kabupaten Padang Pariaman memberikan bantuan Alat Mesin Pertanian (Alsintan). Penyerahan bantuan alat pertanian kepada 20...

Bukittinggi Siap Menuju Pusat Kuliner dengan Konsep Malioboro

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Sebagai pusat kunjungan wisatawan di Sumatera Barat, Kota Bukittinggi terus berbenah. Tidak hanya pada objek wisatanya, pusat kuliner juga menjadi perhatian...

DPRD Lima Puluh Kota Dorong Pemda Tangkap Peluang Ekonomi Yang Ditawarkan Gubernur Jawa Barat

Lima Puluh Kota,  - Ketua DPRD Kabupaten Lima Puluh Kota Deni Asra mendorong pemerintah daerah setempat agar segera mengambil peluang ekonomi yang ditawarkan Gubernur...

Terkait Kebijakan Impor Beras, ini Komentar PPI

Jakarta,-Pemerintah baru saja memutuskan untuk melakukan impor beras 1 juta ton dan menugaskan Bulog untuk melaksanakan kebijakan impor tersebut. Terkait dengan kebijakan tersebut, PPI merasa perlu untuk menyampaikan pandangan

Permata Bank dan Astra Life Luncurkan AVA iFamily Protection

Produk e-bancassurance inovatif hasil kolaborasi PermataBank dan Astra Life yang memberikan santunan rawat inap hingga Rp3jt per hari, hadirkan produk perlindungan dan layanan terbaik yang terdigitalisasi bagi keluarga Indonesia

NYALA | OCBC NISP Luncurkan Solusi Finansial Fitness Guna Membangun Generasi Indonesia yang Financially Fit

Solusi Financial Fitness by NYALA OCBC NISP fokus membangun generasi Indonesia agar memiliki pengetahuan, kebiasaan dan mindset finansial yang tepat. Solusi Financial Fitness hadirkan lebih dari sekadar produk keuangan, ini adalah program pendampingan keuangan untuk membawa Indonesia melaju jauh menjadi salah satu kekuatan ekonomi terbesar di dunia pada tahun 2045.

Wujudkan Transaksi di Sumbar Berbasis Syariah, Ini Harapan Mahyeldi dan Wako Payakumbuh

Payakumbuh, beritasumbar.com - Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Sumatera Barat mengharapkan masyarakat lebih paham dengan ekonomi syariah serta ke depannya semua transaksi keuangan di daerah...

DEREKSI hadir di Padang

Hallo Sumbar. YEAY!! 🤗 DEREKSI hadir di Padang niiih 😍😍 Khawatir tidak efektif? Dengerin dulu testimoni dari alumni kita 😊
- Advertisement -